alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/516117797b1243c40b000008/6-tips-jago-mengendarai-motor-matic
6 Tips Jago Mengendarai Motor Matic
6 Tips Jago Mengendarai Motor Matic

Quote:6 Tips Jago Mengendarai Motor Matic

Motor matic saat ini memang banyak diminati oleh masyarakat, terutama untuk kaum cewek. Kaum hawa biasanya memilih motor matic karena lebih simple hanya tinggal gas langsung jalan, tidak perlu repot untuk mengoper gigi.

Motor matic pun sangat berbeda dengan motor manual selain tidak repot untuk mengoper gigi, karaktristiknya juga sangat berbeda dari motor manual. Meskipun motor matic termasuk motor yang mudah untuk dikendarai, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat mengendarainya.


Berikut beberapa tips untuk mengendarai motor matic agar aman dan nyaman pada saat di jalan:

1. Pada saat menghidupkan mesin atau elektirk stater pada motor matic, jangan lupa terlebih dahulu menekan rem. Sebaiknya gunakan rem depan dan rem belakang. Hal ini dilakukan agar pada saat menarik tuas gas, motor matic tidak melompat. Usahakan jangan menarik tuas gas berlebihan kalau perlu tidak ditarik, karena sistem posisi belt langsung menghubungkan gerak yang dihasilkan oleh mesin ke roda belakang.

2. Untuk motor matic biasanya agak berat pada tarikan tuas gas pertama, hal itu merupakan pengamanan pada saat matic distarter. Tarikan tuas gas pertama berat, karena putaran mesin masih belum mencapai pada putaran maksimal untuk menggerakkan sistem sentrifugal. Maka dari itu sesuaikan dengan wajar untuk menarik tuas gasnya dan jangan terlalu dipaksakan.

3. Jika bagi yang terbiasa menggunakan motor dengan persenling , untuk pengaturan gasnya pun pasti masih belum stabil dan lancar. Hal itu dikarenakan pengaturan gas pada motor manual dengan motor matic memang berbeda. Sebagian motor matic memang sudah dilengkapi dengan kunci pengamanan rem belakang. Hal ini membuat motor bergerak ketika tarikan gas mencapai pada titik RPM (rotation per minute tertentu). Walaupun terkesan agak lambat, justru fungsinya sebagai keselamatan.

4. Meskipun motor matic mampu dipakai pada kondisi jalan pegunungan, alangkah baiknya gunakan motor matic pada jalanan yang datar saja agar lebih aman dan motor matic pun lebih awet. Sebab desain motor matic yang rendah kurang mendukung pada jalanan yang tidak rata.

5. Pengendalian terhadap rem pada motor matic pun harus diperhatikan.
Rem belakang motor matic dioperasikan dengan tuas rem berbeda dengan motor manual yang rem belakangnya yang digerakkan oleh kaki. Pada motor matic disarankan untuk menggunakan 4 jari pada saat pengoperasian tuas rem, sehingga kekuatan pengoperasian tuas rem akan lebih baik. Alangkah baiknya gunakan rem depan dan rem belakang secara bersamaan, agar lebih stabil saat matic berhenti.


6. Kontrolah kecepatan dengan menggunakan rem pada saat berjalan di jalanan menurun dan menikung, agara matic tidak keluar dari jalur, sehingga tidak membahayakan keselamatan kita.

Sumber


Itulah beberapa 6 tips untuk mengendarai motor matic dengan baik. Jangan lupa juga selalu menerapkan standar keamanan dalkam mengendarai matic. Semoga bermanfaat. emoticon-Smilie

Spoiler for Buka:
ooh gitu caranya..
ane coba terapin dulu deh
spa tau makin lancar bawa motor maticnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By immateriallight
ooh gitu caranya..
ane coba terapin dulu deh
spa tau makin lancar bawa motor maticnya emoticon-Big Grin


silahkan gan emoticon-Smilie
Sepi emoticon-Sorry

emoticon-Sundul Gan (S) dulu gan emoticon-Sundul Gan (S)
Thanks Sharingannya gan, sangat bermanpaat emoticon-Smilie
ane keseringan bwa matic,, pas naek sepmor kopling jadi gak lancar lagi emoticon-Frown

Quote:Original Posted By EkyNauljam
Thanks Sharingannya gan, sangat bermanpaat emoticon-Smilie


sama-sama gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Elizabesu
ane keseringan bwa matic,, pas naek sepmor kopling jadi gak lancar lagi emoticon-Frown


Emang begitu gan, kalau udah terbiasa sama sesuatu pasti hal laen jadi lupa emoticon-Hammer
Oke tips bermanfaat emoticon-thumbsup:
motor ane bukan matic gan tapi nice share hehehe
Wah gaaan.. emoticon-Hammer2 ane seh lebih suka motor yang make gear gaan.. emoticon-Hammer2 kalo make matic kek gimana gituu.. emoticon-Hammer2 kagak enak.. emoticon-Hammer2
walopun ane gak pake motor matic tp nais dah inponya gan emoticon-Salaman
Quote:Original Posted By givemychildhood
Oke tips bermanfaat emoticon-thumbsup:


Quote:Original Posted By HarisHadiyanto
motor ane bukan matic gan tapi nice share hehehe


makasih gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By Aardaannnaagraa
Wah gaaan.. emoticon-Hammer2 ane seh lebih suka motor yang make gear gaan.. emoticon-Hammer2 kalo make matic kek gimana gituu.. emoticon-Hammer2 kagak enak.. emoticon-Hammer2


kalo ga biasa emang jadinya rada aneh gan emoticon-Hammer
begitu juga sama yang biasa make matic abis ntu dikasih motor kopling, pasti berasa aneh emoticon-Hammer
thanks gan tipsnya, kebetulan ane lumayan sering bawa matic emoticon-thumbsup
kalau abis bawa matic langsung naik motor yang make gear, ane jadi berasa bingung... emoticon-Ngakak (S)
ane mah udah mahir gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By 123tech
walopun ane gak pake motor matic tp nais dah inponya gan emoticon-Salaman


Quote:Original Posted By kuroshitsuji777
thanks gan tipsnya, kebetulan ane lumayan sering bawa matic emoticon-thumbsup
kalau abis bawa matic langsung naik motor yang make gear, ane jadi berasa bingung... emoticon-Ngakak (S)


makasih gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By legendkribo
ane mah udah mahir gan emoticon-Cool


kalau ikutin tips ini jadi lebih mahir gan emoticon-Cool
sip...
makasih gan
betul tuh gan....

ane sih lebih senang naik motor dengan persnelling (gigi), penggunaan bensin lebih terkontrol dan irit. perawatan lebih mudah dan biaya perawatan serta harga sparepart lebih murah.

dari sisi body juga lebih berat matic.

untuk pemula belajar naik motor, idealnya dan lebih mudah pakai motor non matic.
ane ga make matic gan emoticon-Matabelo
yang paling ane sering lupa.. harus direm dulu sbelum di starter
Bisa nih gan, emang kalo buat naek gunung bikin nggak awet, tapi enak gan, nggak perlu gonta ganti gigi, tinggal gas terus aja emoticon-Ngakak