alexa-tracking

Dampak Negatif AC atau Air Conditioner

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5160fdee542acfa579000002/dampak-negatif-ac-atau-air-conditioner
Dampak Negatif AC atau Air Conditioner
Selamat siang agan² sekalian..
Ane coba bikin thread yang inspirasinya dari HT beberapa jam yg lalu..
Semoga bermanfaat..



No Repost!!
Spoiler for Bukti:


Terinspirasi dari HT beberapa jam yg lalu tentang Asal usul AC..
Ane coba share Dampak negatif dari AC itu sendiri bagi kesehatan..
Silahkan disimak..


Spoiler for AC:


AC di rumah anda memang diakui sangat bermanfaat. Tapi tanpa kepedulian dalam pengoperasian dan pemeliharaannya, AC yang sepertinya sederhana bisa mengancam keamanan dan kesehatan kita, keluarga kita dan mungkin anak cucu keturunan kita.

Fungsi AC adalah mendinginkan udara dengan cara mensirkulasikan udara dari ruangan dilewatkan pada media pendingin kemudian udara yang sama dihembuskan kembali ke ruangan, demikian seterusnya. Sehingga pada dasarnya, udara dingin yang terjadi adalah udara yang itu-itu juga dari ruangan tersebut. Trend teknologi AC rumah tangga sekarang banyak yang dilengkapi filter, ozonasi atau media pengikat bakteri. Tapi bagaimana pun juga kita sebaiknya tidak begitu saja mempercayai keefektifan perangkat kelengkapan AC tersebut dan mempertaruhkan kesehatan kita dan keluarga kita.

Spoiler for AC:


Penggunaan Air Conditioner (AC) sebagai alternatif untuk mengganti ventilasi alami dapat meningkatkan kenyamanan dan produktivitas kerja, namun AC yang jarang dibersihkan akan menjadi tempat nyaman bagi mikroorganisme untuk berbiak. Kondisi tersebut mengakibatkan kualitas udara dalam ruangan menurun dan dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan yang disebut sebagai Sick Building Syndrome (SBS) atau Tight Building Syndrome (TBS).

Banyaknya aktivitas di gedung meningkatkan jumlah polutan dalam ruangan. Kenyataan ini menyebabkan risiko terpaparnya polutan dalam ruangan terhadap manusia semakin tinggi, namun hal ini masih jarang diketahui oleh masyarakat.

Pada dasarnya desain AC yang dipakai untuk mengatur suhu ruangan secara kontinu dapat mengeluarkan bahan polutan. Kadar gas-gas SO2, CO2, dan O2 di dalam ruangan tidak dipengaruhi oleh keberadaan AC. Bahan partikulat dapat dikurangi secara signifikan oleh AC dengan filter yang efektif. Kadar pollen di dalam ruangan dapat berkurang secara signifikan dengan adanya AC. Jumlah bakteri dan spora di gedung dengan AC kemungkinan akan lebih sedikit daripada gedung tanpa AC, walaupun sampai saat ini hal tersebut masih diperdebatkan.

Spoiler for AC:


Hasil pemeriksaan The National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), menyebutkan ada 5 sumber pencemaran di dalam ruangan yaitu (Aditama, 2002) :

1. Pencemaran dari alat-alat di dalam gedung seperti asap rokok, pestisida, bahan-bahan pembersih ruangan.
2. Pencemaran di luar gedung meliputi masuknya gas buangan kendaraan bermotor, gas dari cerobong asap atau dapur yang terletak di dekat gedung, dimana kesemuanya dapat terjadi akibat penempatan lokasi lubang udara yang tidak tepat.
3. Pencemaran akibat bahan bangunan meliputi pencemaran formaldehid, lem, asbes, fibreglass dan bahan-bahan lain yang merupakan komponen pembentuk gedung tersebut.
4. Pencemaran akibat mikroba dapat berupa bakteri, jamur, protozoa dan produk mikroba lainnya yang dapat ditemukan di saluran udara dan alat pendingin beserta seluruh sistemnya.
5. Gangguan ventilasi udara berupa kurangnya udara segar yang masuk, serta buruknya distribusi udara dan kurangnya perawatan sistem ventilasi udara.

Spoiler for AC:

Dampak pencemaran udara dalam ruangan terhadap tubuh terutama pada daerah tubuh atau organ tubuh yang kontak langsung dengan udara meliputi organ sebagai berikut:

1. Iritasi
iritasi selaput lendir: Iritasi mata, mata pedih, mata merah, mata berair ritasi hidung, bersin, gatal: Iritasi tenggorokan, sakit menelan, gatal, batuk kering gangguan neurotoksik: Sakit kepala, lemah/capai, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi.
2. Masalah Pernapasan
Walau AC mobil dapat membuat Anda tetap merasa sejuk saat harus bermacet-macetan di siang hari, namun AC bisa mengedarkan kuman serta mikro-organisme yang menyebabkan masalah pernapasan. Para peneliti Louisiana State Medical Center menemukan delapan jenis kuman yang hidup pada 22 dari 25 mobil yang telah di uji coba. AC juga diketahui bisa dapat menyebarkan penyakit pernapasan seperti Legionnaire, yang bisa sebabkan batuk, demam hingga pneumonia (penyakit paru-paru).
3. Terkena Penyakit & Kelelahan Rutin
Penelitian menunjukkan bahwa orang yang selalu bekerja dalam ruangan ber-AC memiliki kemungkinan untuk mengalami sakit kepala kronis dan rasa lelah yang terus menerus terjadi. Mereka yang bekerja di dalam gedung terus menerus terkena udara dingin sehingga mungkin alami iritasi membran mukosa dan kesulitan bernapas. Hal itu membuat Anda lebih rentan terhadap pilek, flu dan penyakit lainnya.
4. Kulit Kering
Berjam-jam menghabiskan waktu di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan kulit Anda kehilangan kelembaban. Apalagi jika Anda tidak membantu kelembaban kulit dengan mengaplikasikan lotion. Beberapa kasus kulit kering yang parah bisa mengakibatkan eksim atau penyakit kulit lainnya.
5. Membuat Kondisi Penyakit Semakin Parah
Pendingin udara dengan sistem sentral diketahui dapat membuat penyakit yang sudah diderita menjadi lebih parah. AC membuat proses 'merasakan' sakit menjadi lebih sulit dan hal ini berbahaya bagi mereka yang mengalami sakit. Selain itu, AC juga dipercaya dapat meningkatkan gejala tekanan darah rendah, rematik dan neuritis.
6. Ketidakmampuan Tubuh Menghadapi Panas
Tubuh mereka yang menghabiskan banyak waktu di lingkungan ber-AC cenderung sulit mentolerir suhu musim panas. Biasanya ini diakibatkan stres tubuh karena berpindah dari lingkungan dingin ke area outdoor yang panas. Ketidakmampuan tubuh mentolerir suhu panas itu juga bisa meningkatkan kasus kematian akibat cuaca panas.

Keluhan tersebut biasanya tidak terlalu parah dan tidak menimbulkan kecacatan tetap, tetapi jelas terasa amat mengganggu, tidak menyenangkan dan bahkan mengakibatkan menurunnya produktivitas kerja para pekerja.

Spoiler for AC:


Cara menghindari dampak negatif AC, ikuti beberapa tip berikut:

1. Sebaiknya luangkan waktu Anda, walau sedikit, untuk berjalan-jalan keluar ruangan. Selain baik bagi tubuh, pikiran juga akan terasa lebih rileks.
2. Jangan biarkan udara AC langsung mengenai tubuh karena dapat berefek buruk pada kesehatan.
3. Aktifitas fisik, terlebih olahraga teraturlah, sangat dianjurkan. Termasuk pula Anda yang menjalani rutinitas sehari-hari di ruang ber-AC.
4. Jagalah kebersihan. Secanggih apapun fasilitas Anda gunakan demi kenyamanan Anda bekerja, tidak akan efektif jika Anda tidak menjaga kebersihan ruangan tersebut.
5. Biarkan sesekali udara dan cahaya masuk ke dalam ruangan ber-AC Anda, untuk memberikan efek fresh pada udara dalam ruangan tersebut.
6. Letakkan tanaman indoor ditempat Anda bekerja, sangat membantu mengurangi dampak polusi.
7. Bagi pekerjaan kantor, jujurlah pada diri sendiri, jika kondisi kesehatan sedang tidak fit, sebaiknya minta izin untuk tidak masuk daripada menularkannya pada orang lain.
8. Gunakan hanya AC yang bebas CFC atau freon, karena ratifikasi standar lingkungan dunia sudah mengharuskan penghapusan terhadap CFC yang dapat mengakibatkan lapisan ozon dalam waktu yang lama.


Sekian trit dari ane..
Semoga bisa memberikan informasi yg baik untuk semua..
Dan juga ane ucapin terimakasih udah baca trit ane yg panjang ini..emoticon-Malu (S)


Sumber1
[URL="http://wolipop.detik..com/read/2012/11/28/183839/2104279/1135/5-dampak-negatif-ac-terhadap-kesehatan-tubuh"]Sumber2[/URL]

Bner si terutama bisa mengeringkkan muka.
Kadang kadang bikin saya jadi Flu (gangguan pernapasan)
bener juga sih kalau terus2an di ruangan ber AC ya gak baik buat pernafasan emoticon-Ngakak
Quote:


kalo ane sih sering pening kalo terpapar udara AC secara langsung dalam waktu yg lumayan lama..
Quote:


pernah ngalamin juga ya gan?
wah ngeri juga ternyata ganemoticon-Bingung (S)
Agan cerdas ya, HT dibikin inspirasi buat thread emoticon-2 Jempol
yang ane tau ac bahayanya itu yang freon gan ngerusak ozon (cmiiw)
bener juga nice info....ane baru tau emoticon-Cendol (S)
bikin muka kering emoticon-Big Grin
ane pernah pake AC trus kipas angin, ga mempan emoticon-Malu (S)
nais share
nambah wawasan

emang sih dinginnya dingin sejuk
tapi kalo lama kelamaan emang bikin kering dan udara yg kita hirup ga enak di badan (itu sih yg ane rasain)
susah hidup tanpa ac sekarang gan dunia dah semakin panas
aduh padahal AC enak loh gan, tanpa AC hidupku kepanasan emoticon-Matabelo
Quote:


iya gan emoticon-Ngakak dulu pernah sih hampir 24 jam di ruangan berAC eehh pas paginya nafas jadi gak teratur emoticon-DP apalagi pass keluar ruangan emoticon-Ngakak
kipas angin masuk gak tuh gan?
Ane alergi AC kendaraan gan.. emoticon-Najis
Ane sih tau nya cuma buat kulit kering doank gan... ternyata masih banyak dampak negatif lainnya... emoticon-Takut
BTW nice info gan...
wah ternyata AC ada efek negatifnya ya emoticon-Mewek

tapi klo gk pake AC juga kepanasan emoticon-Mewek


nais inpoh gan emoticon-2 Jempol
serem juga gan, tergantung jangka waktu pakenya juga kali ya gan
emoticon-Matabelo
kulit kering iya gan. ane kalo ke mall kulit ane jadi kering emoticon-Cape d... (S)
adanya kipas angin gan dirumah ane emoticon-Malu (S)
×