alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51609274621243af7d000008/tips-n-cara-mengatasi-insomnia
Tips N Cara mengatasi INSOMNIA
Pengertian Insomnia sendiri adalah merupakan gejala kelainan tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur dan membuat tidur menjadi sebuah rutinitas. Secara umum orang mengartikan insomnia adalah susah tidur di malam hari. Dinyakini, saat ini tingkat penderita gejala kelainan tidur ini semakin meningkat seiring dengan beragam rutinitas yang sudah mengganggu jadwal tidurnya.
Penyebab Insomnia
1. Insomnia dipengaruhi oleh kelainan emosional,
2. Insomnia dipengaruhi oleh kelainan fisik,
3. Insomnia diakibatkan oleh pemakaian obat-obatan,
4. Insomnia diakibatkan oleh menahan rasa kantuk yang berulang-ulang,
5. Insomnia disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kurang nyaman.
6. Insomnia disebabkan oleh kondisi jiwa.

Nah, beberapa poin penyebab insomnia diatas akan membuat atau menimbulkan 'ketidak harmonisan' antara mata dan pikiran. Saat mata sudah ingin terlelap/badan sudah ingin istirahat, kemudian akan dikesampingkan oleh pikiran.

Beberapa sumber terpercaya keadaan jiwa dan pikiran yang tenang dan nyaman akan membuat badan akan lebih cepat merasa kantuk dan ingin tidur.

Tips Menghilangkan Insomnia:

Sebelum jam tidur, tenangkan pikiran dan jiwa dengan suasana nyaman dan hening, Anda harus rileks.
Mengurangi konsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda tetap terjaga seperti teh,kopi,alkohol dan rokok.
Jaga kebersihan kamar dan tempat tidur. Kebersihan juga sangat berpengaruh pada insomnia, jadi sebaiknya bersihkan kamar dan tempat tidur secara teratur.
Kontrol cahaya diruangan tidur. Cahaya yang terlalu terang dipercaya bisa membuat mata tetap terjaga. Sebaiknya, dengan menggunakan lampu tidur dengan tingkat cahaya yang lebih redup, akan memacu anda untuk segera tidur.
Dengarkan musik tenang. Relaksasi ini akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks. Anda bisa menyetel volume musik senyaman mungkin. Anda bisa mencoba mendengar musik instrumen.
Mengkonsumsi makanan yang memiliki tingkat kandungan karbohidrat yang lebih tinggi atau segelas susu hangat. Tentu, pilihan ini akan menambah berat badan anda.
Makan kacang. Dalam kacang, terdapat zat triptofan. Jika zat ini mengalir dalam aliran darah ditubuh, akan menghasilkan hormon melatonin yang bisa membuat merasa kantuk.
Berdoa sebelum tidur. Selain ucapan syukur kepada Tuhan, kita akan merasa lebih tenang.


Nah, itulah beberapa tips mengatasi insomnia yang bisa kami bagikan. Silahkan komen dan berikan tips-pribadi anda dalam mengatasi insomnia. Semoga informasi tentang insomnia ini bermanfaat bagi kita semua.

emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)
PERTAMAX ada benernya juga gan ane susah tidur nahan2 ngatuk, makasih infonya
wah ane udah sering coba gan tapi ttp aja gagal
Quote:Original Posted By zainctryou
wah ane udah sering coba gan tapi ttp aja gagal


keberhasilan itu awalnya dari gagal dlu gan...
dan butuh proses... siapa tau aja ini bisa membantu agan-agan...emoticon-Matabelo
kurang olahraga tuh gan.
coba kalo malem main futsal, atau badminton, pasti langsung pules dah tidurnya emoticon-shakehand
wah makasih gan tipsnya.. nanti malem gw cobain tipsnya kali aja bisa ngilangin insomnia gw
aduh ane lagi kena insomnia nih, dari kemaren malahan. Jadinya dipake buat ngerjain tugas, walaupun malan dan hari minggu emoticon-Ngakak (S)
kayanya kondisi jiwa ane emang lagi ga tenang nih emoticon-Frown
pola hidup teratur emoticon-Toast
Tips N Cara mengatasi INSOMNIA

wah, ane nggak nih
Incomnia itu karena kebanyakan obo di ciang hari
gegara teknologi juga bisa bikin insom gan emoticon-Cool
kalo ane insomnia ane maen game biar ngantuk
atau
dengerin musik yang Slow emoticon-Toast
Rutin olahraga gan emoticon-2 Jempol
lg imson nih mlm..

vale mtornya ngebul
And insomnia ganemoticon-Sorry