alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515f84d8e574b48f3000000b/cara-menghilangkan-bekas-jerawat--lengkap
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – LENGKAP!
Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – LENGKAP!

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – LENGKAP!

Jerawat merupakan hal yang cukup menyebalkan bagi sebagian besar orang selain mengganggu penampilan, timbulnya jerawat tak jarang menimbulkan rasa gatal dan perih. Selain itu jerawat yang mengering terkadang meninggalkan bekas pada kulit wajah. Untuk kasus yang lebih tidak menyenangkan, bekas jerawat menyebabkan permukaan wajah menjadi kasar dan rusak sehingga secara tak langsung dapat mempengaruhi penampilan / kepercaya-dirian seseorang.

Terdapat beberapa metode penyembuhan untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah, dimulai dari metode kedokteran (ilmiah) hingga ke cara tradisioanal. Pada artikel ini akan membahas segala informasi yang anda butuhkan, tips, pencegahan, penyembuhan dan cara – cara untuk menghilangkan jerawat. Sebelum membahas poin – poin tersebut ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebab munculnya jerawat yang kerap menghantui kita semua.

Penyebab Jerawat

  • Lapisan kulit mati yang ditinggalkan oleh jerawat menyumbat pori – pori yang terinfeksi
  • Berlebihnya lapisan kulit wajah berminyak yang disebabkan oleh kalenjar minyak
  • Faktor Keturunan (genetika)
  • Dipengaruhi oleh faktor emosi (stress)
  • Perubahan hormon manusia yang lazim dialami oleh remaja yang akan menginjak dewasa (masa puber)
  • Dipengaruhi oleh adanya iritasi pada kulit
  • Efek samping dari obat – obatan / suplemen yang dikonsumsi seperti Amino, Pil KB dan sejenisnya.
  • Kurangnya konsumsi sayuran


Tips Mencegah Jerawat

  • Untuk mencegah timbulnya jerawat, selalu sempatkan diri anda untuk membersihkan wajah anda setiap hari dengan sabun pencuci wajah.
  • Selalu bersihkan wajah setiap menjelang tidur, terutama bagi yang menggunakan make-up, karena deposit tumpukan bahan – bahan make-up yang tidak bersih akan menumpuk dan menjadi tempat bersarangnya kuman yang berakibat tumbuhnya jerawat.
  • Perbanyakan konsumsi sayuran hijau dan makanan lain yang mengandung vitamin C


Jenis – Jenis Jerawat

Jerawat Umum

Jerawat ini adalah jerawat yang paling banyak dialami oleh sebagian besar orang. Bentuk jerawat mudah dikenali berupa tonjolan kecil berwarna kemerahan. Beberapa hal yang menyebabkan timbulnya jerawat ini adalah disebabkan oleh suhu / udara lembab, hormanal yang memicu kulit memproduksi minyak secara berlebih sehingga menjadikannya tempat berkembang biaknya bakteri yang kemudian menyebabkan pori – pori wajah tersumbat sehingga menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Cara Menyembuhkan Jerawat Umum

Dianjurkan agar memakai sabun pencuci wajah yang mengandung zat benzoyl-peroxida (bisa dilihat dari informasi pada kemasan) atau menggunakan sabun sulfur untuk merontokkan bakteri – bakteri penyebab jerawat. Barangkali anda telah mencoba aneka obat jerawat yang beredar dipasaran namun masih kurang memberikan hasil maksimal, janganlah mencoba dari satu produk ke produk lainnya!

Langkah terbaik adalah memeriksakan ke dokter kulit yang lebih memiliki kapasitas untuk memberikan anda solusi dan obat yang tepat untuk menyembuhkan jerawat anda. Obat – obatan yang dapat menyembuhkan jerawat umumnya mengandung vitamin A derivatif seperti Retin-A.

Untuk mencegah dan meminimalkan peradangan pada kulit wajah sekaligus membunuh bakteri kulit, disarankan agar menggunakan obat jerawat yang mengandung zat benzoyl-peroksida atau salep obat yang memiliki kandungan antibiotik seperti Garamicyn (bisa di dapatkan di apotik).

Jerawat Batu / Jerawat Jagung (Stone Acne)

Menyebut kata Stone Acne, tentu saja bukan membahas tentang sebuah nama band punk rock yang ada J .Stone Acne atau Jerawat batu memiliki ciri khas berupa tonjolan yang lebih besar dibandingkan jerawat umum. Jerawat batu umumnya meradang pada seluruh bagian wajah, tidak hanya pada titik tertentu seperti halnya jerawat biasa. Jerawat ini umumnya menjadi penyebab masalah bagi kepercaya-dirian seseorang

Cara Menyembuhkan Jerawat Batu

Jerawat jenis ini umumnya lebih sulit disembuhkan karena tidak mempan akan obat – obatan yang digunakan untuk menyembuhkan jerawat biasa. Yang bisa anda lakukan hanyalah berkonsultasi sesegera mungkin ke dokter kulit untuk mengobatinya. Dan umumnya penyembuhan yang paling efektif untuk jerawat batu ini adalah melalui metode suntikan / serum, atau yang disebut dengan cortisone yang dapat memberikan hasil maksimal –umumnya- sekitar 48 jam (2 atau 3 hari).

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Setelah membahas lebih jauh mengenai jenis – jenis jerawat, penyebabnya serta cara penyembuhannya, sekarang yang perlu diketahui adalah bahwa: Jerawat yang telah mengering atau sembuh tak jarang meninggalkan bekas, dan hal ini cukup menjengkelkan!

Melalui teknik – teknik dibawah ini akan dibahas 13 cara menghilangkan bekas jerawat yang di dapat dan digabungkan dari berbagai sumber menjadi satu bagian pada artikel ini :

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Ubi Kayu

Temukan sepotong ubi kayu (bisa ditanyakan kepada penjual ubi di pasar), lalu bersihkan ubi dan buang kulitnya. Parut ubi yang telah dibersihkan tersebut lalu ambil airnya, lalu gunakan air hasil perasan tersebut untuk dioleskan ke wajah anda / bekas jerawat berada. Rutinkan hal ini setiap hari selama kurang lebih satu minggu untuk melihat hasilnya. Bila bekas jerawat sedikit menghilang, lanjutkan perawatan hingga bekas jerawat menghilang secara total.
Jeruk Nipis

Peras beberapa jeruk nipis, lalu oleskan pada bekas jerawat. Anda dapat menggnakan kapas atau cottonbud untuk melakukan hal ini. Diamkan wajah selama kurang lebih 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Metode lainnya yang juga bisa digunakan adalah dengan mengoleskan secara langsung ke kulit wajah dengan jeruk nipis yang telah dibelah menjadi dua. Cara ini juga diyakini dapat menguras dan mengurangi minyak di wajah.
Kayu Manis

Ambil lah beberapa batang kulit kayu manis lalu hancurkan dan jadikan serbuk dengan cara menumbuknya. Setelah itu baurkan dengan sedikit air lalu oleskan pada bekas jerawat. Lakukan secara rutin selama satu atau dua minggu hingga bekas jerawat menghilang secara sempurna.
Telur

Gunakan putih telur sebagai masker wajah. Metode ini sudah diketahui sejak zaman dahulu selain sebagai cara menghilangkan bekas jerawat juga sebagai resep untuk merawat wajah agar tetap halus dan lembab. Cukup oles dan diamkan selama 15 hingga 20 menit kemudian bersihkan dengan air bersih. Untuk perawatan, lakukan hal ini 2x dalam seminggu.

Daun Sirih Muda

Dapatkan sekitar 10 helai daun sirih muda. Lumatkan daun sirih lalu balurkan secara merata pada bagian – bagian yang di tinggalkan oleh bekas jerawat dan diamkan wajah selama setengah jam. Lakukan secara rutin selama seminggu hingga bekas jerawat menghilang. Agar olesan daun sirih dapat menempel pada wajah, ada baiknya mencuci wajah terlebih dahulu sebelum mengoleskan tumbukan daun sirih.

Masker Wajah

Anda dapat juga menggunakan masker wajah yang terbuat dari SandalWood. Anda dapat mendapatkannya di apotik, salon kecantikan ataupun di internet. Masker yang terbuat dari pepohonan jenis Sandalwood ini diyakini ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

Untuk hasil yang lebih maksimal, anda dapat mencampurkan masker Sandalwood dengan susu, telur atau oatmeal (gandum) sebelum dioleskan pada wajah.

Kulit Kayu Manis & Madu

Pada cara sebelumnya telah dibahas salah satu metode dengan menggunakan kayu manis. Pada cara berikut anda dapat menambahkan sedikit madu. Oleskan campuran kulit kayu manis dan madu pada bekas jerawat setiap malam menjelang tidur dan bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan hal yang sama setiap harinya hingga bekas jerawat menghilang. Bila anda termasuk orang yang sibuk dan cenderung malas untuk membeli bahan – bahan yang sulit, cukup oleskan madu lebah murni pada bekas jerawat juga cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

(( bersambung ))
Kulit Pisang

Kulit pisang yang digunakan adalah dari pisang batu (klutuk) yang telah masak. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menempelkan kulit pisang batu pada kulit wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit. Cara ini bukan saja menghilangkan bekas jerawat atau noda – noda lainnya, tetapi juga menyegarkan kulit wajah.

Setelah itu bilaslah dengan air teh basi (air teh yang telah didiamkan selama semalaman). Lakukan hal ini pada pagi atau sore hari sebelum pergi mandi.

Pinang

Ambillah biji pinang tua, hancurkan pinang dengan ditumbuk lalu campur dengan air mawar. Kemudian oleskan ke bekas jerawat. Lakukan secara rutin hingga bekas jerawat menghilang.

Nanas

Ambillah nanas, hancurkan dengan ditumbuk lalu gunakan sebagai masker wajah. Sama seperti metode sebelumnya, diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu bersihkan wajah dengan air.

Minyak Pohon Teh

Dengan mengoleskan minyak pohon teh juga dapat menghilangkan bekas jerawat. Oleskan secara teratur setiap malam menjelang tidur.

Asam Jawa & Kunyit

Beberapa rempah – rempah masakan seperti asam jawa dan kunyit juga dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat. Cukup hancurkan kunyit dan asam jawa lalu campurkan dengan sedikit air kemudian gunakan sebagai masker wajah seperti halnya cara – cara diatas.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat – Lasering

Metode terakhir adalah menggunakan peralatan kosmetik klinis, umumnya menggunakan metode microdermabrasion, chemical peeling dan laser resurfacin. Metode – metode tersebut dilakukan jika bekas jerawat sudah terlampau parah merusak permukaan wajah.

Demikian lah metode – metode yang bisa anda lakukan atau cara cara menghilangkan bekas jerawat di wajah anda. Tentunya anda tak perlu mencoba semua cara diatas secara bersamaan, cukup sesuaikan dengan yang anda anggap paling mudah dan tidak merepotkan, karena semuanya memiliki tujuan yang sama atau cara untuk menghilangkan bekas jerawat sekaligus menghaluskan kulit wajah. Kunci keberhasilan dari cara diatas adalah mengerjakan nya secara rutin hingga kulit wajah anda kembali seperti sedia kala. Jangan berhenti!

-----

update: uda ane tambahkan gan tadi emoticon-Big Grin

semoga bermanfaat gan emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Cendol (S)
nice info gan emoticon-Big Grin
sgt membantu
iya nih lg byk bekas jerawat
thx sharingnya gan emoticon-Big Grin
pgn coba pk masker dl dagh emoticon-Big Grin
kira2 berapa harganya tuh masker sandalwood?? trus di apotek pasti ada?
Jerawat Batu Nie Gan... Bikin BETE... emoticon-Frown
makasih infonya emoticon-Big Grin kebetulan saya lagi bener-bener cari cara menghilangkan jerawat yang ampuh dan manjur emoticon-Big Grin hehehehe