CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
UJIAN NASIONAL 2013 ( 20 Paket Soal & Barcode )
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515d6b65562acfcc28000008/ujian-nasional-2013--20-paket-soal-amp-barcode

UJIAN NASIONAL 2013 ( 20 Paket Soal & Barcode )

emoticon-Matabelo 20 Paket & Sistem Barcode emoticon-Matabelo

UJIAN NASIONAL 2013 ( 20 Paket Soal & Barcode )

Persoalan kebocoran soal Ujian Nasional (UN) menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam penyelenggaraan UN selanjutnya. Untuk mengatasi hal tersebut, Kemdikbud mengeluarkan format baru untuk naskah soal dan lembar jawaban UN 2013.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud, Khairil Anwar Notodiputro, mengatakan bahwa tahun ini naskah soal dan lembar jawaban UN dibuat menjadi satu kesatuan sehingga pembagiannya tidak dilakukan terpisah seperti pada pelaksanaan UN sebelumnya.

"Tahun ini, antara naskah soal dengan lembar jawaban tidak terpisah seperti biasa. Kalau dipisah malah petaka, karena jawaban anak bisa jadi tidak sesuai antara soal dan lembar jawaban UN," kata Khairil saat Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan 2013 di Pusat Pengembangan Tenaga Pendidikan di Depok, Selasa (12/2/2013).

Ia juga mengingatkan jika ada lembar jawaban yang rusak dan minta penggantian maka naskah soalnya juga harus diganti begitupula sebaliknya. Dengan demikian, potensi rumor kecurangan pada UN melalui cara memasukkan kode soal secara acak tidak lagi dapat dilakukan.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Teuku Ramli, membenarkan format baru ini. Bahkan pada lembar jawaban UN tertera barcode yang mengindikasikan kode naskah soal UN. Nantinya barcode ini akan dipindai oleh alat tertentu saat jawaban UN dikoreksi.

Contoh LJK UN dengan Barcode ( QR code / Quick Respons code )
UJIAN NASIONAL 2013 ( 20 Paket Soal & Barcode )

"Jadi tidak perlu lagi siswa memasukkan kode naskah soal karena sudah ada barcode itu," ujar Ramli.

"Jika mau curang dengan menukar lembar jawaban maka saat dikoreksi jawabannya tidak akan sesuai dengan soal karena ada barcode itu," tandasnya.

Selain penggunaan barcode dan penyatuan naskah soal dengan lembar jawaban UN, Kemdikbud juga menyiapkan 20 variasi soal pada UN tahun ini sehingga anak-anak bisa berkonsentrasi pada soalnya masing-masing tanpa perlu melihat pekerjaan temannya.

UJIAN NASIONAL 2013 ( 20 Paket Soal & Barcode )

Semoga UJIAN NASIONAL TAHUN 2013 ini LULUS 100% Aminn emoticon-Toast
UJIAN NASIONAL 2013 ( 20 Paket Soal & Barcode )
Diubah oleh addhim
Halaman 1 dari 85
emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabeloemoticon-Matabeloemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takutemoticon-Takut

permisi agan2 semua, ane sebagai TS ... mohon do'a buat bsok hari snen yang akan ngadepin UN 2013, smoga ane bisa ngerjain Ujian Nasional dengan lancar ,sukses dan LULUS dengan nilai yang memusakan ... Ane juga nge do'a in buat agan2 semua supaya Ujian Nasional nya bisa sukses dan bisa LULUS dengan nilai yang memuaskan .. AMIIIN emoticon-Shakehand2

emoticon-Maaf Aganane juga mohon maaf jika ada salah sama agan2 di sini biar ane bisa ngerjain UN dengan tenang gan .. hehehe emoticon-Ngakak

Thx gan .. jgn lupa emoticon-Rate 5 Star threat ini ya gan ..
ane juga nerima emoticon-Blue Guy Cendol (L) dari agan agan yang udah iso , kalo ada salah dikit jangan kasih emoticon-Blue Guy Bata (L) yaa
Diubah oleh addhim
wahahahahaha... bagus bagus.. semakin banyak yang tereliminasi nih, memang untuk memaksa siswa belajar itu dengan UN yang dipersulit emoticon-Ngakak
Quote:



iya gan makin sulit aja nih ... banyak2 berdoa aja deh emoticon-Ngakak

kontra

langkah yang terlalu ambisius.. cm memikirkan kejujuran semata.. stiap orang punya keahlian yg beda2 bung... ga hrs sma pelajaran yg diunaskan..
ane gatau siapa yg buat keputusan ini,tp langkah ini dah mmbuat sulit pserta.. n ane doain siapapun yg buat keputusan ini, hdpnya slalu susah n ga berkah..!!!
hrsnya yg mnilai lulus dan tdknya itu dr skolah n guru yg bersangkutan..
apa kelulusan cuma syaratnya pnter aja? gak kan? sikap,budi pekerti,etika,sopan santun jg msk pertimbangan harusnya.. n yg bs mnilai itu ya guru itu sendiri yg bersangkutan.. dasar pemerintah goblok!!!! dinas pendidikan direvolusi aja tuh, byk mafia yg suka korupsi
tugas murid cuma belajar.. gak pengen belajar ya gak usah sekolah.. toh banyak tokoh2 one in the million yang bisa dijadikan panutan soal putus sekolah kan? hihihihi....
...Minta do'anya dari agan" buat kita-kita yang mau UN ya gan... emoticon-Sorry
Quote:


Iya juga siih gan
Namanya aja pelajar, yha uda belajar aja yang serius emoticon-Ngakak (S)

diskusi, masalah UN

pemerintah masih blum mendapatkan pemikiran yang baik.sdngkn negara asing yang lebih maju dri kita pun, tdak melaksanakan UN. gmana dngn negara kita ini? toh nantinya kalo ada yg nggk lulus UN, jstru menambah, angka pengangguran. kan yang repot pemerintah.

saran ?
pasti yg pro kalo un di persulit pasti belom pernah merasakan emoticon-Takut
pasti yg pro kalo un di persulit pasti belom pernah merasakan emoticon-Takut
Quote:


numpang ketawa aja.. UN itu menguji soal/materi yang pernah diajarkan atau bukan sih?

emoticon-Ngakak

cari pembenaran aja..
Sumpah "PARAH" bener menurut ane..
indonesia Terlalu pengen maju ampe segininya ujian nasional dibikin pake barcode..
sistem pendidikan yang maju seperti filandia dan amerika juga ga ampe segini malah ga pake UN lagi..

mungkin cuman indonesia kali ya pake barcode untuk ujian Nasional..
yang sangat disayangkan dari ini ya..
kalau kertas jawaban kita rusak atau soal kita rusak mesti minta soal baru..
kalau rusaknya disetengah jalan gimana..
ga sengaja kekoyak atau apalah..
jadi dengan waktu yang tinggal sedikit mana bisa selesai semua..
emoticon-Cape d...

Gak semua siswa pande dalam semua pelajaran pak..
Maksa banget.. mesti pande semua pelajaran..

Gimana kalau ntar MENTERI PENDIDIKAN ditantang ama murid seiindonesia buat ngerjain soal UN "SEPANDAI" manakah mereka sanggup menjawab soal UN..

Disekolah Kita belajar 2 semester per tahunnya 3 tahun 6 semester..
dalam 1 semester setidaknya ada 5 bab pelajaran...
5x2 = 10 x 3 = 30..
dalam 3 tahun 30 bab pelajaran..
yang di UN kan ada 6 pelajaran
jadi 30x6 = 180 pelajaran yang diUN kan..
emoticon-Cape d...

ane sih pengen masuk dunia IT gan..
yang katanya lebih terfokus pada
- Matematika
- Fisika..

jujur ane kurang jago kimia.. ntr kalau ane gagal dikimia..cita cita ane jadi IT malah hilang emoticon-Cape d..., setidaknya kalau sama paket ya ane bisa tanya temen dikit cara ngerjainnya atau gimanalah..

kalau semuanya pasti lulus sih menurut ane gak apa apa ya.. mau pake barcode.. mau pake yang tak terlihat pun tidak apa apa..

kalau yang ada standard nilainya..
ane mau masuk kuliah pun tidak bisa kalau dapat kata "Tidak Lulus"
Diubah oleh stopbullying
Quote:


haduh nulis panjang bener..

anak2 UN skrg kan dikasih tahu kisi2nya. dari sekian banyak materi yg ente tulis itu kan udah tahu materi apa2 aja yg harus dipelajari dan yg bisa dilupain ga usah dibaca. guru juga udah nyiapin itu pula..

lagipula 20 paket ini dah tahu dari tahun kemarin..

udah belajar aja..

en jangan dibandingin ma finland dan amerika
ne facts ttg pendidikan di finland yg ane rangkum dan tulis di forum lain tahun lalu.


  1. Pendidikan minimal bagi guru di Finland adl S2
  2. Masuk jurusan pendidikan lbh sulit daripada mnjadi Dokter. Hanya yg tercerdas yg jd Guru. Hanya 10 persen terbaik yg bisa mnjadi Guru.
  3. Di tiap sekolah ada guru khusus, yg berpendidikan lbh tinggi dari guru lain, dan digaji lbh tinggi pula dari lainnya. Anggaran utk guru tsb didapat dr pemerintah hingga 47.000 Euro. Kalau ditambah konselor dan kebutuhan utk kelas2nya bisa hingga 83.000 Euro per tahun!
  4. Satu guru 6 siswa di sekolah trtentu. 16 siswa per kelas. Satu kelas dgn 2 atau lbh guru.
  5. Setiap anak naik kelas hingga grade 10, walau kemampuannya kurang (=nilai jelek) yg kemudian mendapat guru khusus utk kemampuannya yg kurang.
  6. Siswa SD sering kali mndapatkan guru yg sama selama beberapa tahun.
  7. 93 persen Finns lulus dari Sekolah Menengah.
  8. 43 persen lulusan SMK, sisanya SMA
  9. 2/3 Finns merupakan lulusan universitas.
  10. Finland memberikan cuti hamil 3 thn dan mensubsidI daycare utk org tua..so dipastikan sejak bayi gizi cukup shg cerdas nantinya.
  11. Preschool 5 thn penuh dgn fokus bermain dan sosialisasi
  12. Pemerintah Finland memberi org tua 150 euro per anak hingga umur 17 th.
  13. Semua pendidikan anak gratis hingga Universitas!!
  14. Semua kebutuhan makanan, buku, dan transportasi utk sekolah GRATIS. Begitu jg layanan kesehatan.
  15. Ujian wajib baru di Sekolah menengah untuk seleksi masuk universitas.
  16. Tidak ada nilai untuk anak SD.
  17. Transformasi pendidikan Finlad dimulai 40 thn yg lalu dan baru tahun 2000an kelihatan hasilnya.



bandingin dl tu ma Indonesia..

soal amerika..ada yg namanya no child left behind. google aja dl..
case-nya US mah sama ma Indonesia, masalahnya more and less sama..khas masalah negara yg luas dan penduduk banyak..

Quote:


di amerika banyak yg jujur gan... di indonesia pembohong smua... termasuk agan dan juga ane emoticon-Matabelo

makanya harus di persulit!! supaya ngak ada lagi yg nyontek!!!
kalau d amerika ujiannya mereka pada sadar kalau tidak ada gunanya mencontek...
tapi kalau di indonesia pada sadar kalau mencontek itu jalan terbaik.... emoticon-Ngakak
untung ane sudah lulus emoticon-Hammer

dah gak bisa ngandelin bocoran lagi nih emoticon-Malu (S)
Quote:

mantab banget ya sistem pendidikan di finland emoticon-Matabelo
sebenernya di indonesia bisa gak yah kalo meniru sistem pendidikan tersebut emoticon-Malu
yang di kota si enak..pengajar bagus..buku lengkap..perpustakaan lengkap..
bs bimbel..
yang di desa gmn gan..emoticon-Big Grin.
bknx mengdiskreditkan desa..cm yang ga lengkap kualitas tenaga pengajar dll itu kasian -__-
tp soal uan kan gampangemoticon-Big Grin
Quote:


bisa aja gan..tapi semua berproses ga bisa instan. Finland aja butuh 40 tahun utk bisa spt sekarang. mrk penduduknya dikit lho. Indonesia? bertahap lah...
bagus ini tp jangan ada indikator tidak lulus harusnya tp pakai lah grade lulusnya seperti akreditasi itu.

jd misal UAN nya total 1-4 itu E, 5 itu D dst. semua lulus p nanti waktu kerja atau masuk ptn terima nasib misal buat bs ikut SNPTN di perguruan tingg negeri itu harus minimal grade B level nilainya dsb,

ngelamar kerja aja sudah ada grade2x ini misal univ yg ngelamar harus akreditasi A buat PTS dgn IPK3.25 atau B buat TN negeri dgn IPK 3.0
Itu namanya QR CODE kali emoticon-Cape d... (S)

Komen : 20 kode soal.Satu-satunya di dunia mungkin emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 85


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di