KOMUNITAS
Home / FORUM / All / Female / ... / Kids & Parenting /
Tempat Bertanya Seputar Masalah Pada Anak - Reborn - cek index sebelum bertanya
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515c420a5a2acf2e7d00000b/tempat-bertanya-seputar-masalah-pada-anak---reborn---cek-index-sebelum-bertanya

Tempat Bertanya Seputar Masalah Pada Anak - Reborn - cek index sebelum bertanya

Dikarenakan trit ●◊●◊● Tempat Bertanya Seputar Masalah Pada Bayi / Balita / Anak ●◊●◊● masih hilang dan momod juga masih away jadi blm bisa balikin trit itu
dengan tidak mengurangi rasa hormat thd sesepuh gundam_24 sebagai TS dr trit yg ilang itu, ijinkan ane yg nubi ini membuka trit penggantinya, untuk sekedar membantu para parents yang mempunyai masalah/pertanyaan seputar anak-anaknya, sehingga bisa menghindari dibuatnya trit baru hanya untuk menanyakan satu masalah saja yang biasanya berakhir jadi "sirkuit" para junker akut emoticon-Stick Out Tongue

jadi untuk yg mau chit-chat silahkan di lounge aja ya emoticon-Smilie

dan klo trit yg ilang itu udah ketemu, mgkn momod bisa balikin atau trit ini di merge dengan trit tersebut.
untuk meminimalisir pertanyaan yang di ulang, jika ada waktu luang ane coba bikin indexnya.

ane bukan praktisi anak dan masih sangat2 minim pengetahuan soal anak maka diharapkan temen2 di KP jg bisa ikut berbagi atau ikut membantu menjawab pertanyaan² yang di ajukan para parents disini.

disini juga ane coba ketik ulang beberapa isi dari buku yang biasa dipake istri ane sbg pedoman dlm merawat anak ane, judul bukunya gk perlu ane sebutkan ntar malah dikira promosi emoticon-Hammer
dan ya memang ane gk minta izin dulu dr penulisnya tp ane murni pgn berbagi aja
tp klo ada yg merasa keberatan krn ane mengutip dr isi buku itu silahkan pm ane, ntar ane hapus.


let's share and be a smart parents emoticon-Salaman
profile-picture
profile-picture
profile-picture
megatsg967 dan 10 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh derryll
Halaman 1 dari 31
Diubah oleh derryll
Tentang Demam


  • Demam bukan penyakit namun merupakan "alarm" bahwa telah terjadi sesuatu yang sedang terjadi dalam tubuh. Pikirkan penyebabnya bukan mematikan alarmnya
  • Demam adalah suhu tubuh > 38,5 derajat celsius untuk waktu minimal 24 jam. peningkatan suhu tubuh ini disebabkan oleh beredarnya suatu molekul kecil di dalam tubuh kita yang disebut pirogen (zat pencetus panas) yang meningkat pada saat infeksi, radang, keganasan, alergi dan lain-lain
  • sebagian besar demam pada anak disebabkan infeksi. Selama infeksinya masih aktif, memang harus ada demam. karena demam itu merupakan bagian darisistem pertahan tubuh kita untuk membasmi infeksi.
  • Tingginya demam tidak berarti penyakitnya makin parah.
  • Gunakan termometer untuk mengukur suhu tubuh dengan akurat (jangan hanya mengandalkan perabaan saja)


Prinsip penanganan

  1. jangan panik
  2. amati perilaku anak
  3. cegah dehidrasi dengan memberi ekstra cairan/minuman
  4. kompresi air hangat
  5. ruangan dijaga agar tidak panas. anak memakai baju yang tidak tebal.


  • jika demamnya tinggi dapat diberikan obat penurun panas, tujuan pemberian obat penurun panas bukan untuk menormalkan suhu tubuh, melainkan untuk sedikit menurunkan suhu sehingga membuat anak merasa lebih nyaman
  • jangan berikan dua macam obat demam. jangan campur asetaminofen dengan fenobartital(luminal) jangan berikan aspirin (asetosal/aspilet) pada anak < 12 tahun (dapat meningkatkan resiko sindrome reye)


kapan harus ke dokter?

  1. demam > 38 derajat pada bayi usia 3 bulan, 38,5 derajat pada bayi usia 3-6 bulan atau 40 derajat pada bayi usia > 6 bulan
  2. kondisi anak memburuk
  3. demam sudah berlangsung 72 jam
  4. anak tidak mau minum atau sudah mengalami dehidrasi
  5. rewel atau nangis terus menerus dan tidak dapat ditenangkan
  6. tidur terus menerus, lemas dan sulit dibangunkan (letargi)
  7. kejang atau kaku kuduk
  8. sakit kepala hebat yang menetap
  9. sesak napas
  10. muntah, diare terus menerus


Kejang demam
Kejang demam adalah kejang yang penyebabnya diluar otak(bukan karena kelainan di otak) beda dengan kejang akibat kelainan diotak seperti meningits, ensefalitis.
jadi kejang demam tidak berbahaya dan tidak menganggu inteligensia
kejangnya juga singkat, kalo kejangnya lama, sesudah kejang tidak sadar atau lama sadarnya dan berulang dalam waktu dekat itu berarti bukan kejang demam.
sediakan diazepam supositoria(rektal) untuk persediaan kalo kejangnya berulang dan tidak perlu antibiotik
Lebih lengkap soal kejang demam
profile-picture
profile-picture
viensi dan Cahayahalimah memberi reputasi
Diubah oleh derryll
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Tentang Batuk


- Batuk bukan penyakit, melainkan suatu gejala dan umumnya tidak berbahaya
- Batuk merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dan paru-paru dari mikroorganisme, lendir dan benda asing
- Prinsip penanganan batuk adalah watchful waiting, yaitu diobservasi sambil memperhatikan keadaan umum lainnya. bukan langsung membeli obat.
- Berdasarkan berlangsungnya batuk dibedakan menjadi :
  1. batuk akut : bila berlangsung kurang dari 8 minggu
  2. batuk kronik : bila berlangsung lebih dari 8 minggu

- Batuk akut pada anak umumnya disebabkan infeksi virus. tidak perlu obat-obatan khusus apalagi antibiotik dan kortokosteroid. cukup berikan carian
- Batuk akut memerlukan penanganan serius (dibawa ke dokter) apabila disertai gejala berikut:
  1. dehidrasi berat, anak benar² menolak minum atau mntah-muntah hebat
  2. penurunan kesadaran
  3. sesak napas
  4. kejang lama atau kejang berulang
  5. demam tinggi (hipereksia, suhu diatas 40,5 derajat celcius)
  6. muntah-muntah berwarna hijau
  7. pendarahan saluran cerna atau organ dalam lainnya

- Tanda tanda sesak napas :
> Frekuensi napas lebih dari :
  1. 40 kali/menit (usia 0-2 bulan)
  2. 30 kali/menit (usia 3-12 bulan)
  3. 24 kali/menit (usia 1-6 tahun)
  4. 20 kali/menit (usia 7-13 tahun)
  5. 16 kali/menit (usia diiats 13 tahun)

> Ada tarikan otot-otot bantu napas(terlihat cekungan di bawah leher, dada, di bawah tulang rusuk)
> Napas cuping hidung(cuping hidung tampak kembang kempis)
> Napas terengah-engah, susah bicara

- Batuk kronik butuh penanganan serius apabila :
a. munculnya batuk pada awal kelahiran bayi, hal ini dapat menunukan :
  • kelainan bawaan yang menyebabkan gangguan makan dan menimbulkan aspirasi(tersedak), kelainan anatomi jalan napas
  • gangguan pada fungsi silia termasuk penyakit fibrosis kristik
  • adanya pneumonia virus kronik (misal oleh cmv) yang dialami selama dalam kandungan

b Batuk kronik disertai dahak yang kental dan purulen (bernanah)
c. Batuk menetap setelah anak tersedak
d. Batuk terjadi setelah atau selama pemberian makanan
e. anak tampak sakit dan mengalami gangguan tumbuh kembang

- Pemeriksaan rontgen yang menunjukan adanya bercak infiltrat bukan pertanda ada infeksi TBC paru
Diubah oleh derryll
Tentang Diare & Muntah


  1. Diare dan muntah bukan penyakit melainkan gejala. oleh karena itu hal pertama yang mesti dilakukan adalah memikirkan penyebabnya

  2. Diare dan muntah merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk membersihkan saluran cerna dari mikroorganisme, racun dan benda asing

  3. Diare dan muntah pada anak umumnya disebabkan infeksi virus dan akan sembuh sendiri

  4. Prinsip utama penanganannya adalah mencegah terjadinya dehidrasi

  5. Berdasarkan lamanya gejala berlangsung, diare dibedakan menjadi:
    • diare akut : bila berlangsung kurang dari dua minggu
    • diare kronik : bila berlangsung lebih dari dua minggu

  6. Diare akut dengan atau tanpa muntah pada anak umumnya disebabkan oleh infeksi virus. obat utamanya adalam minum banyak cairan dan cairan elektrolit/oralit. tidak diperlukan antibiotik dan obat penekan diare atau muntah

  7. Diare memerlukan penanganan serius apabila disertai gejala berikut:
    • dehidrasi berat
    • anak sama sekali menolak minum atau muntah² hebat
    • diare disertai darah pada feses
    • penurunan kesadaran
    • kejang
    • demam tinggi diatas 40,5 derajat celcius
    • muntah² berwarna hijau
    • pendarahan saluran pencernaan atau organ dalam lainnya
    • nafas cepat dan dangkal
    • diare berlangsung lebih dari dua minggu

  8. tanda-tanda dehidrasi :
    • Dehidrasi ringan
      - mata kering dan menangis tanpa air mata atau hanya sedikit air matanya
      - mulut dan bibir lebih kering
      - buang air kecil sedikit lebih jarang
    • dehidrasi sedang-berat
      - mata cekung
      - lemas
      - sangat kehausan
      - semakin jarang buang air kecil atau ganti popok
      - kulit kering
    • dehidrasi berat
      - pada bayi dibawah 6 bulan, ubun² terlihat cekung
      - tidak mau minum
      - tidak buang air kecil lebih dari 8 jam
      - ketika kulit "dicubit" dengan dua jari, kulit sulit balik ke bentuk asal
      - sangat lemas atau kesadaran menurun

  9. prinsip penanganan diare adalah :
    • atasi kekurangan cairan dengan memberikan cairan sebanyak mungkin setiap kali anak BAB. cairan yang dapat diberikan antara lain oralit, ASI, susu atau air tajin
    • untuk anak yang susah makan tetap berikan makana dalam jumlah yang lebih sedikit dari biasanya namun diberikan lebih sering
    • obat antidiare tidak boleh diberikan. akan memperpanjang sakit dan ada resiko efek samping
    • antibiotik tidak diperlukan, kecuali bila terbukti penyebabnya adalah bakteri yang membutuhkan antibiotik
    • cairan infus diberikan bila anak mengalami dehidrasi berat
    • hindari pemberian makanan tertentu bila diare disebabkan oleh gangguan absorpsi makanan
    • selalu menjaga kebersihan, berguna untuk mengatasi penyebaran penyakit

Diubah oleh derryll
Tentang Gigi


Pertumbuhan gigi pada setiap bayi berbeda-beda secara alami, yaitu berkisar antara usia lima sampai sembilan bulan. Tetapi mayoritas gigi bayi tumbuh pada bulan keenam.

Kemudian tumbuhlah gigi-gigi yang lain pada bayi, seperti keterangan di bawah ini:

- Pertama : Dua gigi bawah di depan.
- Kedua : Dua gigi atas di depan.
- Ketiga : Dua gigi atas di samping.
- Keempat : Dua gigi bawah di samping.
- Ketika mencapai usia tiga tahun, maka jumlah gigi bayi adalah tiga puluh, dan muncul di antaranya gigi geraham dan gigi taring.
Pada usia enam tahun, gigi-gigi bayi akan copot secara bertahap dan digantikan dengan gigi tetap. (Gigi-gigi yang tumbuh pada periode pertama dari bersifat sementara diberi nama gigi susu).

Biasanya, gigi yang terlambat tumbuh pada bayi disebabkan karena adanya kekurangan zat tertentu dalam makanan, atau disebabkan karena penyakit tertentu. Jika terjadi keterlambatan tumbuhnya gigi pada anak Anda, maka konsultasikan kepada dokter gigi untuk mendapatkan pengobatan.

Gejala-gejala yang muncul bersamaan tumbuhnya gigi
Adalah sesuatu yang normal jika bersamaan dengan tumbuhnya gigi, akan muncul pula beberapa gejala. Seperti naiknya suhu badan, atau sedikit mencret, disamping itu juga bayi akan merasa kesal, atau tidak bergairah, dan kadang merasa gusinya sakit, karena giginya akan muncul. Oleh karena itu, ibu hendaknya tidak terlalu khawatir jika mendapati gejala seperti diatas. Karena hal tersebut wajar terjadi ketika gigi tumbuh pertama kali.


Gigi Anak Anda Terlambat Tumbuh?

Rata-rata gigi susu anak tumbuh pertama kali saat anak berusia +/- 6 bulan. Diawali dengan gigi seri bawah yang rata-rata tumbuh sekitar usia 6-10 bulan, sedangkan gigi seri atas tumbuh sekitar usia 8-12 bulan. Meski demikian, kecepatan pertumbuhan gigi antara anak yang satu dengan anak lainnya belum tentu sama. Ada yang tumbuh lebih cepat tapi ada juga yang lebih lama. Tidak sedikit anak yang baru tumbuh gigi pertama saat usianya mencapai 1 tahun, dan saat gigi tersebut keluar boleh jadi lebih dari satu gigi dalam waktu bersamaan. Hal tersebut adalah variasi normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Meski demikian, memang ada faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhan gigi anak. Proses pembentukan gigi sudah dimulai saat anak masih dalam kandungan ibu, kira-kira saat janin berusia 4 bulan. Kemungkinan gigi susu tumbuh lebih lambat dari yang semestinya lebih besar pada anak yang lahir prematur atau berat badan bayi lahir kurang, karena proses pertumbuhan dan perkembangannya secara umum belum sempurna termasuk juga giginya.

Namun jika gigi susu terlambat tumbuh padahal anak lahir cukup bulan, maka tentu ada faktor lain diantaranya pola makan anak. Jika selama ini bayi hanya diberi makanan yang lunak saja maka sebaiknya anak mulai dikenalkan dengan makanan yang bertekstur dan agak kasar. Tentunya cara memasak dan jenis makanan disesuaikan dengan usia bayi. Perlu diketahui, makanan yang lunak kurang memberi rangsangan bagi pertumbuhan gigi dan rahang anak. Justru dengan diberi makanan yang agak sedikit lebih keras, otot-otot pengunyahan, gigi dan tulang rahang akan bekerja lebih keras dan memberi stimulasi bagi pertumbuhan gigi dan tulang. Pertumbuhan gigi juga dapat dirangsang dengan memberi anak mainan yang dapat digigit-gigit. Fungsinya sama, yaitu untuk memberi stimulasi bagi gigi dan tulang. Namun jangan lupa memperhatikan kebersihan mainan tersebut mengingat mainan itu akan masuk ke mulut anak, dan pilih mainan yang aman dan bebas zat beracun.

Faktor lainnya bisa karena gusi anak lebih tebal dari normal atau hal lain yang lebih kompleks seperti kekurangan nutrisi atau kelainan genetik meski hal tersebut biasanya bergandengan dengan gejala lainnya. Jika usia anak sudah lebih dari 1 tahun dan giginya belum tumbuh juga, ada baiknya Anda berkonsultasi langsung ke dokter gigi spesialis gigi anak (drg Sp.KGA) untuk mencari penyebabnya dan bagaimana mengatasinya.

drg. Martha Mozartha
Diubah oleh derryll
Olah Raga buat anak


Quote:


Diubah oleh derryll
Quote:
Diubah oleh derryll

Biang Keringat

  • Biang Keringat terjadi akibat tersumbatnya saluran kelenjar keringat, sehingga menimbulkan peradangan bila produksi keringat meningkat. Umumnya menghilang saat remaja. biang keringat tidak perlu diobati karena akan menghilang dengan sendirinya.
  • kurangi produksi keringat agar tidak berlebihan, ruangan jangan terlalu panas. untuk mengurangi rasa panas bisa dibasuh atau mandikan anak. kenakan pakaian yang tidak panas dan mampu meyerap keringat.
  • kalau biang keringatnya berat, mandi jangan pakai sabun, hanya disiram lalu keringkan dengan handuk lembut, sore setelham main mandi lagi pakai air dingin, sebelum tidur malam mandi lagi dengan ari hangat
  • hindari penggunaan bedak atau salep karena akan menutup pori2nya dan juga tidak perlu pakai kosmetik
Diubah oleh derryll

TBC Paru

  1. Penyakit TBC disebabkan oleh infeksi Mycobacterium tuberculosis
  2. Gejala penyakit TBC paru anak tidak khas, batuk bukan merupakan gejala utamanya
    • ada riwayat kontak dengan penderita TBC paru
    • terjadi reaksi cepat BCG pada bayi yang baru di vaksinasi BCG
    • ada masalah makan dan berat badan selama tiga bulan terakhir
    • Diare kronik yang tidak sembuh dengan terapi biasa
    • Ada pembesaran kelenjar getah bening di daerah leher seolah kaung mutiara
    • pada anak besar, ditemukan batuk lebih dari delapan minggu (bukan batuk berulang)
  3. Anak dicurigai menderita TBC paru bila :
  4. Setiap anak yang dicurigai menderita TBC harus dites mantoux terlebih dahulu
  5. Tes Mantoux dilnilai dari besarnya diameter indurasi atau pembengkakan (bukan kemerahan). diameter kurang dari 10 mm dinyatakan sebagai mantoux negatif dan lebih dari 10 mm dinyatakan positif.
  6. Tes Mantoux tidak bisa berdiri sendiri karena hanya menyatakan ada infeksi kuman TBC. Diagnosis ditegakkan dengan memperhatikan pemeriksaan lainnya (rontgen dan pemeriksaan darah)
  7. Diagnosis pasti TBC paru adalah ditemukannya kuman Mycobacterium tuberculosis, biasanya di dahak
  8. TBC paru menular melalui droplet yang terdapat pada dahak
  9. Penderita TBC paru yang berusia dibawah 5 tahun tidak menular karena blm bisa mengeluarkan dahak, oleh karena itu bila ada anak menderita TBC paru harus dicari orang dewasa atau anak besar di sekitarnya yang terkena TBC paru.
  10. TBC paru tidak menular melalui sentuhan, penggunaan alat makan atau pakaian
  11. Pengobatan TBC paru membutuhkan waktu yang cukup lama, minimal 6 bulan, namun dalam 2 minggu pengobatan TBC paru (pada orng dewasa) sudah tidak menular dan dalam satu bulan pengobatan sudah menunjukan perbaikan gejala.
Diubah oleh derryll
Reserved buat index


udah ah kebanyakan
ntar malem insya Alloh ane update emoticon-Smilie
pejone dl om der emoticon-Thinking
pantesannn dr kmrn cari2 itu trid kmn kagak nemu2 gw emoticon-Nohope
ijin ndeprok emoticon-linux2
om der..tambahin tentang tumbuh gigi dong emoticon-Smilie
kt nya tumbuh gigi bs bikin siy dede demam yahhh ? nah kl demam gt apa yg musti d lakuin emoticon-Smilie
pengen taw ne info nya..bntr lg dede mo tumbuh gigi nya... emoticon-Smilie
ane kontak Pak dokter-nya dulu yak biar Beliau mau singgah ke mari emoticon-Ngacir
Quote:

klo si anak mulai demam ya liat aja di bagian soal demam emoticon-Big Grin
klo ane sih dulu anak pas demam cm di kompres aja pake aer anget


Quote:

sama mak nekot juga om, om sandy juga dan praktisi anak laennya yg ane gk tau
emoticon-Recommended Seller om
---> target buat jadi enthut berikut nya emoticon-Big Grin





ts itu tulisanya pake item dong emoticon-Malu
rada2 siwer gw bacanya emoticon-Hammer
Diubah oleh moethell
Quote:


setuju..undang master2 nya...biar info nya makin byk yg d terima emoticon-Big Grin

Quote:


oo cm kompres doang ya..
tp mang rata2 kl anak tumbuh gigi selalu demam yah ? ato ada efek laen kah ?

Quote:


buat sticky dong emoticon-Stick Out Tongue
masih dapet pakiwen gak ya emoticon-Bingung

tinggal nunggu distyki nih emoticon-Ngacir
Diubah oleh deny1986
Quote:

done emoticon-Salaman

Quote:

setujuh emoticon-Salaman

Quote:

done emoticon-Salaman
setujuh emoticon-Salaman
Quote:


tanggung dah..abisin pejone emoticon-Cool
Tempat Bertanya Seputar Masalah Pada Anak - Reborn - cek index sebelum bertanya

busyy lg....emoticon-Ngacir
Halaman 1 dari 31


×
© 2022 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di