alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515af5ec0c75b4fe29000009/manfaat-dan-efek-samping-tipe-posisi-tidur
Smile 
Posisi Tidur yang Benar dan Salah
Posisi tidur yang optimal dapat melindungi tulang belakang, memungkinkan tubuh untuk beristirahat secara efektif dan memaksimalkan manfaat tidur bagi kesehatan keseluruhan.

Postur tubuh seseorang baik itu di siang hari atau malam hari memainkan peran yang sangat besar dalam kesehatan tulang dan sistem saraf. Postur tubuh yang buruk menyebabkan masalah dengan tulang belakang yang dapat menyebabkan tantangan kesehatan seperti sakit kepala, nyeri leher dan sakit punggung.

Selain itu, kelainan tulang belakang dapat mengganggu fungsi saraf dalam tubuh hingga menyebabkan lambatnya penyembuhan terhadap nyeri punggung, malfungsi organ dan tantangan sistem kekebalan tubuh.

Agar postur tubuh tidak terganggu ketika tidur, hindari beberapa posisi tidur berikut ini:
  1. Tidur tengkurap
    Tidur tengkurap membuat Anda harus memalingkan wajah ke salah satu sisi yang dapat menyebabkan respon peregangan panjang di ligamen dan menyebabkan deformitas ligamen plastik dan kerusakan tulang belakang.
  2. Tidur dengan bantal yang terlalu besar
    Tidur dengan bantal besar di bawah kepala dapat menyebabkan hyperflexion dan uluran leher. Hal ini juga dapat menyebabkan deformitas plastik yang menyebabkan postur kepala agak maju.

    Hal ini sangat berbahaya karena postur kepala ke depan telah terbukti menurunkan kapasitas paru-paru, mengurangi asupan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kondisi asma, sleep apnea dan penyakit kardiovaskular.

    Postur kepala yang terlalu maju juga mempengaruhi sistem pencernaan yang mengarah ke sembelit, mencegah penyerapan nutrisi, dan sindrom iritasi usus besar.


Sebaliknya, berikut adalah posisi tidur yang bermanfaat bagi kesehatan :
  • Tidur telentang dengan beralaskan bantal
    Tidurlah dengan posisi terlentang dan posisikan bantal Anda dengan tepat. Anda juga dapat menambahkan di bawah lutut dengan tujuan agar pinggul lebih fleksibel dan lututlah yang akan menanggung tekanan dari tulang belakang lumbar dan sendi sacroiliac.
  • Tidur dengan posisi miring
    Beberapa orang merasa lebih nyaman ketika tidur dengan posisi miring dengan pinggul dan lutut tertekuk sekitar 45 derajat. Anda membutuhkan dukungan bantal di bawah leher yang membuat tingkat kepala dan wajah dalam posisi netral.

    Jika bantal di bawah leher terlalu besar dan tegas, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi lateral terlalu jauh dari bahu. Jika bantal terlalu kecil dan halus, hal ini dapat menyebabkan posisi fleksi lateral terlalu dekat dengan bahu. Kedua posisi ini sangat berbahaya bagi sistem saraf tulang belakang.


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Nice inpoh gan...

Ane suka banget sama tidur tengkurap dan ternyata tidur seperti itu berbahaya...
wah bermanfaat banget ya emoticon-Matabelo
nice share emoticon-2 Jempol
thanks gan infonya emoticon-Jempol
mnrt yg ane dengar di radio, tidur telentang itu bagus utk kulit wajah, krn gravitasi membuat kulit wajah kencang.
Krn minggu lalu bahu dan leher kecethit wkt bangun tidur, ane cb modifikasi posisi bantal.... Ane tidur di tengah, tnp bantal, tp di kanan kiri diganjel bantal spy kalau miring lgs ada sandarannya.
lumayan, sdh bbrp hari bebas kecethit
Quote:Original Posted By aldisa
thanks gan infonya emoticon-Jempol


sama2 gan emoticon-Malu (S)

ask

Gak ngaruh gan,walaupun pas mau tidur posisinya di atur, pas udah tidur pastii berantakan, gimana tuh ngaturnya?
wah... emoticon-Matabelo emoticon-Wow
mantap gan tipsnya... emoticon-2 Jempol
kebetulan ane udah menerapkan semuanya, kecuali tengkurap... emoticon-Hammer2
soalnya rasanya enak gitu tidur tengkurap.
ane rate 5 gan... emoticon-Rate 5 Star
×