alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Setelah 60th Akhirnya ditemukan Golongan Darah Baru yang Mematikan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/515929b21dd7195569000000/setelah-60th-akhirnya-ditemukan-golongan-darah-baru-yang-mematikan

Setelah 60th Akhirnya ditemukan Golongan Darah Baru yang Mematikan

Selama 60 tahun, ilmuwan dibingungkan dengan suatu jenis golongan darah yang mematikan jika ditransfusi. Beberapa waktu lalu, misteri ini pun terkuak. Golongan darah mematikan tersebut sudah berhasil diidentifikasi dan disebut dengan golongan darah 'Vel'.

Bermula pada suatu kasus di tahun 1952, seorang wanita berusia 66 tahun di New York menderita kanker usus besar. Pasien tersebut mendapatkan transfusi darah namun tanpa diduga mengalami penolakan dan berpotensi fatal. Para peneliti menggunakan nama belakang si pasien untuk mengingat kasusnya, yaitu kasus pasien Vel.

Hasil penelitian menemukan bahwa terjadi respons kekebalan yang kuat dalam tubuh Vel terhadap senyawa yang tak ditemukan pada sel-sel darah merah yang ditransfusikan. Namun para ilmuwan tidak dapat mengidentifikasi senyawa ini. Mereka hanya menyebutnya misteri tipe darah baru, yaitu 'Vel negatif'.

"Dasar molekuler dari golongan darah Vel negatif tetap sulit dipahami selama lebih dari 60 tahun, meskipun upayanya cukup intens di seluruh dunia," kata peneliti, Bryan Ballif, seorang ahli biokimia dan spectrometrist massa di University of Vermont, seperti dilansir LiveScience (1/4/2013).

Kebanyakan orang di dunia memiliki golongan darah Vel-positif. Diperkirakan ada lebih dari 200.000 orang di Eropa dan lebih dari 100.000 di Amerika Utara yang memiliki golongan darah Vel-negatif. Pada 1 dari 2.500 orang keturunan Eropa yang memiliki Vel negatif lalu menerima transfusi Vel positif, tubuhnya akan mengalami gagal ginjal dan kematian dengan mudah.

Sel darah merah dilapisi molekul yang dapat berfungsi sebagai antigen atau senyawa pendorong respons sistem kekebalan tubuh. Cara kerjanya adalah memompa protein yang disebut antibodi dan menetralisir antigen. Kebanyakan orang hanya menghasilkan antibodi terhadap antigen dari selain sel darah merahnya sendiri.

Antigen darah yang paling umum membentuk kelompok darah utama manusia, yaitu A, B, AB dan O. Namun golongan darah yang tidak umum sebenarnya juga ada, seperti golongan darah Vel yang berpotensi membahayakan transfusi darah pasien.

Golongan darah Vel negatif adalah salah satu jenis golongan darah yang paling sulit ditemukan. Untuk mengidentifikasi Vel-negatif atau Vel-positif, dokter menggunakan antibodi pemilik golongan darah Vel-negatif setelah tubuhnya menolak darah yang ditransfusi. Banyak rumah sakit dan bank darah kekurangan antibodi untuk menguji golongan darah Vel.

Para peneliti mengembangkan tes DNA untuk mengidentifikasi Vel-negatif pada tubuh pasien. Tes ini dengan mudah dapat diintegrasikan ke dalam prosedur tes darah yang sudah ada dan dapat dilakukan oleh dokter dalam waktu 2 jam atau kurang.

"Bagi pemilik Vel-negatif yang membutuhkan transfusi darah, ini adalah prosedur yang dapat menyelamatkan jiwa. Bahkan jika Anda adalah 1 dari 2.500 pemilik Vel-negatif yang amat langka, sekarang kita tahu bagaimana cara menemukan darah untuk Anda," kata Ballif.

Temuan Ballif ini dimuat dalam jurnal Molecular Medicine EMBO. Tak hanya itu, tahun lalu Ballif dan timnya mengidentifikasi protein yang bertanggung jawab atas 2 jenis golongan darah langka lainnya, yaitu Junior dan Langeris. Ditambah dengan Vel, maka jumlah golongan darah yang sudah dipahami ahli kini naik menjadi 33 jenis.

Sumber:

[url]http://m.detik..com/health/read/2013/04/01/115533/2208152/763/setelah-60-tahun-peneliti-temukan-golongan-darah-langka-yang-mematikan[/url]
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 3
nice info ,
ginama cara chek darah tipe ini ?
Wah..emank ada golongan darah seperti itu? Unik bener..Berarti sistem penggolongan darah A,B,O, AB dan berdasarkan rhesus masing belum lengkap donk? emoticon-Bingung
wah ditemukan gol darah baru dri sebuah kasus emoticon-Matabelo
WAduuuh....Ane mo chek lagi aah darahnya, kali aja berubah jadi biru..
Nice info gan, kasusnya baru terjadi dari penelitian..
Quote:



iya seperti itulah gan
Quote:


mungkin sama gan,dgn cek darah yg lain
Quote:

seiring perkembangan teknologi,
semakin pinter ilmuan dan alat alat jg semakin canggih gan,,,
Quote:


hahaha parah biru ,,,
ngeceknya di jogja ato solo coba gan ,,,,

emoticon-Ngakak
Quote:


semoga bukan kasus korupsi ya gan,,,

emoticon-Ngakak emoticon-Stick Out Tongue
astagah, ngeri amat gan emoticon-Takut
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

wow... selama ane belajar gk pernah denger Vel positif ama Vel negatif...
nice info gan! jadi pengen masuk fakul. kedokteran...emoticon-Malu (S)
terkadang temuan para ahli bisa mengerikan tapi kembali ke pribadi nasing2 bgmn kita menyikapinya.
jroot, susah dapet donor dong emoticon-Hammer
________________________________________________________________
faisallamri

baru denger gol darah vel emoticon-Takut
ninggalin jejak dlu ya gan,,
emoticon-Traveller
Ijin nyimmaak ya ganemoticon-Traveller
Jgn2 ini darahnya dah nyampur sama darah alien hiiii...
emoticon-Ngakak
nz share gan
nambah ilmu lagi
Vel negatif
klo di ndo adanya tukang vel ya gan emoticon-Ngakak
wihh nice inpoh gann, bermanfaat nihh emoticon-Ngakak
nice share gan, sangat bermanfaat emoticon-Angkat Beer
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di