alexa-tracking

Hati - hati pilih dokter gigi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5158ffb3621243fb2300000c/hati---hati-pilih-dokter-gigi
Hati - hati pilih dokter gigi
Jakarta, Walau sudah menyadari betapa pentingnya kebersihan demi kesehatan pasien, nampaknya seorang dokter gigi di Oklahoma, AS malas menerapkannya. Sebagai akibatnya, sebanyak 7.000 orang pasien diduga tertular virus hepabaiks ataupun HIV.

Dokter gigi bernama W. Scott Harrington ini ketahuan tidak membersihkan peralatan yang digunakan di tempat praktiknya dengan baik. Padahal dia menyadari bahwa pasiennya bisa terinfeksi penyakit menular akibat peralatan yang dipakai secara bergantian.

"Kami masih belum tahu pasti berapa lama praktik praktik-praktik tersebut berlangsung. Dia sudah berpraktik selama 36 tahun," kata Kaitlin Snider, juru bicara departemen kesehatan setempat seperti dilansir New York Daily News, Minggu (31/3/2013).

Untungnya dr Harrington mau bekerjasama dengan penyidik dan menutup tempat praktiknya. Walau demikian, dokter gigi ini tetap terancam dicabut izin praktiknya karena melakukan pelanggaran besar terhadap Undang-Undang Gigi Oklahoma.

Sebanyak 7.000 orang pasien yang pernah mengunjungi klinik dr Harrington sudah dikirimi surat rekomendasi untuk memeriksakan diri apakah terinfeksi virus hepabaiks ataupun HIV. Kesemua pasien tersebut merupakan pasien dr Harrington yang tercatat sejak tahun 2007.

Kecerobohan dokter ini terbongkar setelah departemen kesehatan melakukan pemeriksaan di tempat praktiknya. Penyidik menemukan ada banyak kontaminasi silang pada peralatan yang digunakan antar pasien. Belum lagi alat pensteril di klinik ternyata tidak berfungsi dengan baik.

Pasien dr Harrington dijanjikan pemeriksaan kesehatan gratis di departemen kesehatan Tulsa, Oklahoma. Departemen kesehatan setempat menyatakan bahwa hepatitis B, hepatitis C dan HIV adalah penyakit yang serius dan pasien yang terinfeksi seringkali tidak menampakkan gejala selama bertahun-tahun.

"Sebagai tindakan pencegahan dan untuk mengambil langkah yang tepat demi melindungi kesehatan mereka, penting bagi pasien untuk diperiksa. Perlu dicatat bahwa penularan dalam tempat kerja cukup jarang," kata Snider.
[URL="http://health.detik..com/read/2013/03/31/100537/2207528/763/peralatan-tak-bersih-dokter-gigi-diduga-sebarkan-hiv-ke-7000-pasiennya?l992205755"]Sumber[/URL]

Jadi hati - hati gan kalau mau pergi ke dokter gigi, kalau dilihat dari tempatnya saja sudah agak kumuh mending mencari dokter lain dari pada terkena hal yang tidak diinginkan. ini masih dinegara lain gan, tapi sepertinya dinegara kita pun banyak dokter gigi yang peralatanya tidak bersih.
Owh gitu toh gan, Ane emoticon-Rate 5 Star
Kalau di jakarta,alat sterilisasi jd salah satu komponen yg wajib tersedia di klinik gigi,orang dinas kesehatan pasti ngecek itu dulu sebelum kasih ijin praktek
Jadi takut ke dokter gigi emoticon-Takut
Gara2 malas bikin ribuan orang terkena HIV? emoticon-Cape d... (S)
Quote:
iya semoga aja ga ada yang menyimpang emoticon-Cool
Quote:
thx gan emoticon-2 Jempol
nice info
parah nih dokternya emoticon-Cape d... (S)
wow bisa kena HIV juga.
serem bgt yah..
.paling males kalo ketemu dokter gigi.
mau dibius juga ttp aja sakit emoticon-Frown
Ke dokter gigi malah gak sembuh"
Sembuhnya malah di bawa ke pengobatan traditional cuman di pijit" doank uda ilang ampek sekarang.
emoticon-Ngakak
wuah serem ya emoticon-Takut (S)
wah bener" kudu teliti. nyari tempat dokter gigi yg bagus
jadi takut gan padahal ane mau cabut gigi emoticon-Takut
Jadi takut ke dokter gigi emoticon-Malu (S)
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
bukannya udah kode etik dokter ya gan buat sterilisasi gitu
emoticon-Matabelo waduh alat pensteril yg tidak berfungsi...ngeri bner emoticon-Takut
HIV gan???

gila bgt, dia gak higienis dgn peralatannya,

yg j korban pasien nya...ckckckckck