alexa-tracking

Agan punya masalah dengan kesehatan, dimari ane bantu.

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5158585948ba54484e000006/agan-punya-masalah-dengan-kesehatan-dimari-ane-bantu
Agan punya masalah dengan kesehatan, dimari ane bantu.
Punya masalah yang berkaitan dengan kesehatan, sakit/penyakit, pengobatan, obat2an herbal dan lain-lain ?

Dengan segela kerendahan hati, ane akan membantu agan sista dengan memberikan saran-saran yang tepat dan jitu menggunakan

Terapi holistik dan Obat herbal

Spoiler for Apa itu Terapi holistik ?:


Spoiler for Apa itu Obat herbal ?:


SEMOGA DAPAT MEMBANTU


Trims kalo berkenan mohon rate ya emoticon-Blue Guy Cendol (S) + emoticon-Cendol (S)

Kesehatan Adalah Anugrah

Menyepelekan Kesehatan Maka Akan dijauhi sehat

"Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu..."

Seperti sidik jari, setiap orang memiliki peta mata yang berbeda satu sama lain. Peta mata adalah fakta yang dapat dibaca. Melalui iris, mata membentuk sebuah peta yang menggambarkan kondisi kesehatan tubuh.

Mata merupakan organ yang sangat berharga. Tanpa dia, kemampuan kita untuk mengenal dunia luar akan sangat terbatas. Mata memang suatu hasil rancangan yang unik sekali, kombinasi dari kamera otomatis 3 dimensi yang mampu mengatur sendiri (auto-focus), yang sanggup merekam gambar-gambar bergerak dengan sangat baik dan mengirimkan informasi tersebut ke otak kita, memungkinkan kita mengambil keputusan dengan cepat dan tepat sesuai dengan info yang diberikan oleh mata kita.

Namun kemampuan mata tidak terbatas hanya di situ saja. Selain sebagai jendela untuk melihat dunia luar, mata ternyata juga bisa digunakan untuk melihat "dunia dalam", yaitu tubuh kita. Apakah kita sedang mengalami gangguan kesehatan? Atau apakah kita memiliki bibit penyakit yang belum terasa sakitnya? Mata mampu memberitahukan hal-hal sedemikian!

Iridologi (Inggris: Iridology) adalah ilmu yang mempelajari pola dan susunan serat pada iris mata. Selama jangka waktu ratusan tahun, banyak ahli iridologi yang telah mempelajari pola-pola pada mata ini, dan menghubungkannya dengan problem-problem kesehatan tertentu, kekuatan dan kelemahan fisik seseorang, dan karakter kepribadiannya. Melalui pengamatan dan observasi secara empiris ini, mereka mendapati adanya pola-pola yang beraturan, yang mengindikasikan adanya kelemahan fisik dalam diri seseorang, karena orang-orang yang memiliki pola iris mata sama ternyata mengalami problem kesehatan yang sama. Observasi ini merupakan dasar dari Analisa Iridologi Konstitusional (Constitutional Iridology Analysis), dan kemudian hasilnya disusun dalam sebuah peta mata.

Banyak ahli percaya bahwa mata adalah cermin dari segala sesuatu yang ada dan terjadi di dalam tubuh manusia. Kondisi yang sekarang dialami merupakan akumulasi dari sejumlah proses yang telah berlangsung beberapa waktu lamanya - yang seringkali tidak diketahui atau dirasakan gejalanya. Iridologi dapat digunakan agar kita dapat menyeimbangkan nutrisi dan gaya hidup kita, untuk mendapatkan kesehatan yang prima, baik secara fisik, mental maupun emosi.

Chart di bawah ini menunjukkan bagian dari iris mata yang dihubungkan dengan organ tubuh manusia,
disusun oleh ahli iridologi kenamaan, Dr. Bernard Jensen, D.C.

Agan punya masalah dengan kesehatan, dimari ane bantu.

Agan punya masalah dengan kesehatan, dimari ane bantu.

SUMBER IRIDIOLOGI

DIAGNOSA TELAPAK TANGAN (dan tangan pun dapat berbicara)

Analisis telapak tangan “The Sign of Hand ” telah lama digunakan oleh bangsa Yunani sejak ribuan tahun yang lalu. Itulah sebabnya analisis telapak tangan merupakan salah satu bentuk analisis yang sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh seorang Herbalis ketika hendak merawat penyakit pasien yang berobat kepadanya.

Tangan merupakan bagian saraf yang paling ujung dari tubuh manusia. Apa saja yang berlaku pada tubuh manusia akan terlihat pada tangan. Di antara bagian-bagian tangan yang bisa menunjukkan keadaan suatu penyakit yang berlaku pada manusia adalah; telapak tangan bagian atas, punggung tangan, semua jari (mulai dari kelingking hingga ibu jari), ruas-ruas jari bagian atas dan kuku. Pengamatan pada telapak tangan adalah menyangkut perubahan warna dan perubahan fisik (biasanya bengkok ke kiri / kekanan / ke hadapan).


Berikut adalah pembahasan terinci dari berbagai penyakit, dimulai dari pengertian/masalah penyakit, tanda-tanda yang dapat dilihat pada telapak tangan, simptom (gejala) nya sampai dengan sediaan produk-produk HPA untuk mengatasi permasalahan yang ada.

1. Masalah Kolon (Sembelit)
Penyakit bersumber dari masalah usus besar (kolon), dan sembelit merupakan masalah yang paling utama. Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah sembelit dan permasalahan kolon lainnya adalah sebagai berikut :

a) Garis-garis ruas jari-jari pada punggung tangan berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.

b) Garis-garis yang ada pada telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, semakin gelap warnanya mengindikasikan semakin parah permasalahan sembelitnya.

c) Terdapat bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, menandakan lebih kronik dari garis-garis berwarna gelap di ruas jari-jari.

d) Apabila jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, maka mengindikasikan juga adanya masalah sembelit.

e) Permasalahan usus besar lainnya dapat dilihat pada keadaan ibu jari (jempol) yang bengkok f) Jari telunjuk bengkok juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar.

Simptom dari sembelit adalah sebagai berikut :

a) Najis dikeluarkan melebihi 14 Jam ( >14 Jam)

b) Najis keluar seperti odol (pasta gigi)

c) Buang Air Besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak cukup kadarnya.

d) Buang Air Besar (BAB) sering (tiap hari) tapi tak keluar habis.

e) Terjadi kekurangan air dalam badan (kurang air minum)

f) Selalu Mengantuk

g) Buang Air Besar selang satu hari atau bahkan selang dua hari

h) Buang Air Besar mencret, menandakan sembelit yang parah

Jika terjadi keadaan sembelit yang sangat parah, dapat ditherapy dengan mesin kolon hydrotherapy, dimana najis-najis yang menempel di usus / kolon akan dikeluarkan dengan bantuan mesin dan biasanya berwarna kehitaman seperti ter (aspal).

Sembelit adalah sebuah permasalahan (sumber penyakit), namun wujudnya berupa penyakit-penyakit degeneratif seperti kencing manis, darah tinggi, asam urat, dan sebagainya.

2. Masalah Angin
Masalah angin tak bisa dipisahkan dengan masalah sembelit. Tanda-tanda di tangan pasien untuk masalah angin adalah terdapat bintik-bintik putih di telapak tangan berwarna kemerah-merahan. Ada dua kemungkinan, jika dasar telapak tangan berwarna merah maka bintik-bintik berwarna putih. Dan sebaliknya jika dasar telapak tangan berwarna putih maka bintik-bintik berwarna merah. Hal ini diakibatkan oleh gas yang berlebihan.

Simptom dari masalah angin adalah cepat marah / emosi; darah keluar lebih kental bila di bekam; suara tinggi dan pandangan tajam. Masalah angin ini terkait dengan masalah kolesterol.

3. Masalah Fikiran (Stress)
Alam fikiran menguasai 50% kesehatan pasien. Dalam keadaan tertekan (stress) yang berterusan tubuh akan mengeluarkan hormon steroid yang dapat melemahkan sistim imunity. Tanda-tanda di tangan pasien stress adalah terdapat urat-urat biru / hijau pergelangan tangan, telapak tangan dan disepanjang jari-jari serta sangat terlihat jelas di betis kaki.

Simptom dari stress adalah terlalu sedih, cepat marah / emosi; tidak nyenyak tidur dan terasa migrain. Masalah stress ini ada hubungannya dengan masalah jantung, paru-paru, dan kekurangan vitamin

4. Masalah Jantung
Masalah jantung tidak identik dengan penyakit jantung. Masalah jantung maksudnya adalah terdapat gangguan–gangguan pada organ jantung. Berlakunya arteriklorosis (penyumbatan arteri) adalah dikarenakan terjadinya kondisi stress yang berkepanjangan.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami gangguan jantung adalah sebagai berikut :

a) Jari kelingking yang bengkok mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam jantung.

b) Jari Tengah yang bengkok mengindikasikan adanya permasalahan pada organ pembungkus jantung.

c) Tapak tangan berpeluh / berkeringat menandakan seseorang mengalami gangguan pada jantung, paru-paru, sesak nafas dan stress.

d) Kuku bergelombang juga mengindikasikan adanya permasalahan jantung.

Simptom dari masalah jantung adalah dada kiri terasa sakit, kebas pada jari-jari, nyeri seperti di tusuk, mudah terperanjat, berdebar-debar, tidak lelap/sukar tidur. Masalah ini ada hubungannya dengan masalah kolesterol atau tingginya kadar LDL (Low Density Lipoprotein) dalam tubuh.

5. Masalah Kolesterol
Masalah kolesterol hampir menimpa kebanyakan penduduk yang tinggal di wilayah pesisir pantai, yang diakibatkan oleh pola diet/makan. Masalah kolesterol sangat terkait erat dengan masalah jantung dan kardiovaskular.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan kolesterol ini adalah sebagai berikut :

a) Ruas ujung jari-jari berwarna lebih merah / lebih gelap dari ruas jari di bawahnya. semakin gelap warnanya menandakan kadar kolesterol di tubuh makin tinggi.

b) Telapak tangan berwarna merah, terlihat bengkak dan terdapat urat berwarna biru.

Simptom dari masalah kolesterol adalah masalah emosi atau cepat marah. Masalah kolesterol terkait erat dengan masalah sembelit, masalah angin.

6. Masalah Alergi / Sinusitis
Masalah Alergi / Sinusitis hampir menimpa kebanyakan penduduk Asia. Masalah ini biasanya dikaitkan dengan masalah paru-paru (pernafasan) atau asma. Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ini adalah terdapat urat-urat berwarna biru / kehijau-hijauan pada perut telapak tangan di bagian bawah ibu jari. Ibu Jari bagian atas kempot, juga menandakan berlakunya masalah sinusitis.

Simptom dari masalah Alergi/Sinusitis adalah bersin-bersin, terutama di waktu pagi; rambut rontok, mata gatal, kaki pegal-pegal, cepat lelah, asma. Jika kondisi ini berkepanjangan maka akan menimbulkan masalah keputihan bagi perempuan, atau bawasir bagi laki-laki.

CEK :
Agan punya masalah dengan kesehatan, dimari ane bantu.

DIAGNOSA TELAPAK TANGAN (dan tangan pun dapat berbicara) 2

7. Masalah Inbalance Hormon (ketidakseimbangan Hormon)
Masalah inbalance hormon atau ketidak seimbangan hormon dapat menyebabkan berlakunya masalah berkurangnya keinginan seks (tapi tak identik dengan impotensi); masalah di rahim/peranakan. Masalah ini biasanya berlanjut pada masalah Tiroid, Ovarium, Prostat, Uterus, Fibroid (kista), Endrometris, dan Kanker Rahim.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan inbalance hormon adalah :

a) Telapak tangan berwarna pucat merah, terdapat urat berwarna biru dan terlihat sangat mencolok.

b) Telapak tangan licin/kesat dan kulit telapak tangan kering.

c) Terdapat bulan sabit terbalik hanya di kuku ibu jari menandakan hormon dalam keadaan balance. Sebaliknya apabila bulan sabit terbalik tersebut ada disemua kuku, atau ada di kuku-kuku lain selain ibu jari, maka menandakan terdapat masalah in balance hormon.

d) Jari Kelingking kempot menandakan berkurangnya kemampuan seks.

e) Ibu jari bengkok menandakan masalah kesuburan yang rendah.

Simptom dari masalah in balance hormon adalah berkurangnya keinginan seks, perasaan rendah diri, kemurungan yang mendalam, bahkan depresi.

8. Masalah Wanita (Rahim dan Uterus)
Masalah wanita yang banyak dialami adalah masalah rahim jatuh (prolapsus); keputihan; senggugut; fibroid; endrometrosis. Masalah wanita ini apabila berkepanjangan akan menyebabkan terjadinya kanker rahim.

Beberapa kondisi yang menyebabkan seorang wanita mudah terserang kanker:

a) Datang darah haid pada usia dibawah 10 tahun

b) Berhenti darah haid pada usia di atas 50 tahun

c) Tidak melahirkan anak

d) Melahirkan anak pada usia 35 tahun terutama anak sulung

e) Tidak menyusui anak

f) Pernah menderita kanker jinak (kista / tumor)

g) Memiliki garis keturunan terserang kanker

h) Pengguna Pil Kesuburan (Hormon) ataupun KB.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan wanita ini adalah

: a) Jari kelingking meruncing / menirus menandakan masalah rahim / peranakan.

b) Jari Kelingking bengkok bagian atasnya saja menandakan rahim jatuh (prolapsus); jika berkelanjutan akan mengarah pada permasalahan kista / tumor.

Simptom dari masalah wanita adalah keputihan, dilep, stress dalam jangka waktu lama, cepat lelah.

9. Masalah Buah Pinggang (Ginjal)

Masalah buah pinggang yang banyak dialami adalah masalah pegal-pegal di pinggang, kencing tak tuntas, menahan kencing, batu karang/ginjal, kencing tak keluar (edena), kencing darah, dan lain sebagainya. Masalah Ginjal ada kaitannya dengan masalah hati dan jantung. Perlu diketahui bahwa kondisi kerusakan ginjal tidak melebihi 25% belum memberikan kesan sakit pada pasien. Apabila seorang Ayah/Ibu telah mengalami masalah ginjal, maka berdasarkan penelitian di Malaysia sekitar 60% anak yang dilahirkan akan mewarisi masalah ginjal tersebut.

Tanda-tanda di tangan pasien yang mengalami permasalahan ginjal ini adalah:

a) Ruas pertama dari seluruh jari –jari terlihat buncit / bengkak air.

b) Ruas pertama jari telunjuk berkerut-kerut / keriput, menandakan kurang air atau sering menahan air kencing, biasanya juga terlihat kelopak mata berwarna hitam.

c) Terasa sakit di tiga jari (ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah)

d) Ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.

e) Mata kaki bengkak atau mata bergelambir menandakan ada masalah ginjal dan jantung.

f) Ruas ujung jari-jari bengkok ke dalam menandakan adanya masalah batu karang/ginjal dan gout/asam urat.

Simptom dari masalah ginjal adalah sakit di pinggang, obesitas, kebas ujung jari.

10. Masalah Lainnya
Selain tanda-tanda seperti yang diuraikan di atas, masih terdapat tanda-tanda lain yang bisa di lihat di telapak tangan, diantaranya adalah :

a) Apabila kuku bergelombang; strik (bergaris-2) dan telapak tangan keras / terdapat benjolan, ini menandakan keracunan / toksid heavy metal (logam berat).

b) Bawah mata dan telapak tangan terlihat pucat, banyak bintik-bintik putih dan urat berwarna biru tersebar merata menandakan seseorang mengalami masalah tekanan darah rendah atau anemia. Kondisi ini juga dapat di lihat jika kuku ditekan beberapa saat sampai berwarna putih, dan perlu waktu yang lama untuk kembali kekeadaan normal.

c) Adanya garisan di tepi perut ibu jari, terlihat bergetar berwarna biru/hijau, ini menandakan adanya masalah tiroid atau masalah gastric/maag (angin dalam usus). Simptomnya adalah jika letih / lapar terasa sakit di ulu hati.

d) Mata minus atau pernah mengalami kecelakaan (accident), dapat dilihat juga pada ujung jari kelingking yang bengkok.

e) Tanda kadar gula yang tinggi dapat dilihat di punggung jari-jari pas di bawah kuku, semakin gelap warnanya maka semakin tinggi kadar gulanya.

f) Kuku berwarna agak kemerah-merahan (pink) menunjukan seseorang mudah bingung.

g) Kuku bergelombang menunjukan kelainan (gangguan) pada hati h) Kuku bergaris menunjukan kelainan (gangguan pada ginjal)



11. Masalah Daya Tahan Tubuh (Sistim Imunity)
Dari keseluruhan tanda-tanda yang dijelaskan diatas, adalah baru sebatas indikasi adanya permasalahan pada organ yang bersangkutan. Permasalahan tersebut akan ujud pada pasien apabila sistim imunity tubuhnya dalam keadaan menurun/rendah. Tanda-tanda system imunity rendah adalah :

a) Ujung Jari manis terlihat bengkok mengindikasikan menurunnya sistim imunity. Selain itu juga terdapat masalah pada usus kecil dan usus 12 jari (masalah pencernaan). Ini ada kaitanya juga dengan masalah empedu, ulu hati dan maag.

b) Telapak tangan berwama hitam legam menandakan kondisi daya tahan tubuh lemah dan jelek.

c) Telapak tangan cekung atau berlopak (cukup dalam) menandakan sistim imunity yang rendah, juga menandakan adanya ganguan pada saraf dalaman. Jika diiringi rasa sakit di pundak / belikat, maka pada wanita ada kaitannya dengan rahim/peranakan. Jika pria ada kaitannya dengan tenaga hayat.

Contoh kasus berlakunya keadaan penyakit yang melibatkan keadaan telapak tangan cekung :

a) Pada pasien yang berusia lebih dari 40 tahun, jika memiliki telapak tangan yang cekung, ruas jari pertama buncit, adanya sembelit, warna telapak tangan kemerahan dan lembab, maka dapat dipastikan pasien tersebut telah mengidap kencing manis (diabetes).

b) Pada pasien wanita dewasa, yang memiliki telapak tangan yang cekung, dan juga mengalami gangguan pada hormon tiroid, telapak tangan kepucat-pucatan/kebiru-biruan, masalah angin yang kronik, masalah alergi maka dapat dipastikan pasien ini telah mengidap penyakit keputihan, fibroid dan endrometriosis.

c) Ujung jari tengah bengkok, terdapat bintik -bintik putih, telapak tangan licin, gemuk dan berkeringat, menandakan seseorang mengidap stroke / koleps.

DIAGNOSA PENYAKIT MELALUI PENGAMATAN LIDAH

Agan punya masalah dengan kesehatan, dimari ane bantu.

Selaput lidah
Tujuannya adalah untuk menentukan jenis serta sifat penyakit dengan cara memperhatikan keadaan:
1. Otot lidah : warna, bentuk dan gerakan
2. Selaput lidah : warna, tebal/tipis, bersih/kotor dan basah/kering


Warna otot lidah
Warna lidah normal adalah merah muda, sedang warna patologis yang sering kita observasi adalah pucat, merah, merah tua, merah keunguan dan biru.

Pucat
Lidah yang pucat dapat menunjukkan defisiensi darah atau defisiensi Yang Qi. Pada defisiensi Yang Qi, lidah biasanya terlalu basah, dan agak bengkak, karena defisiensi Yang Qi mengakibatkann terhambatnya proses transformasi dan transportasi cairan tubuh. Pada defisiensi darah, lidah pucat dan agak kering. Kalau kepucatan terutama terjadi pada sisi lidah, atau dalam kasus yang berat, agak jingga, maka berarti bahwa terjadi defisiensi darah hati

Merah
Warna merah pada lidah selalu menadakan adanya panas. Warna merah pada ujung lidah menandakan panas dalam jantung. Bila keadaan ini disertai dengan adanya selaput lidah, maka keadaannya adalah panas shi sedang bila tidak dijumpai selaput lidah menunjukkan adanya panas Xu. Dalam keadaan parah, ujung lidah bengkak dan terdapat bintik-bintik merah.
Jika warna merah itu terdapat pada sisi lidah menunjukkan adanya api dalam hati atau panas dalam kandung empedu. Bintik-bintik merah yang terlihat pada lidah merah biasanya disebabkan karena papila lidah yang menonjol, membesar, atau membengkak, dan terlihat sebagai bercak-bercak merah pada lidah. Ini semua merupakan tanda adanya panas dalam tubuh penderita.

Merah tua
Warna ini lebih gelap dari warna merah, dan seperti halnya warna merah pada lidah, warna merah tua juga menunjukkan adanya panas, akan tetapi keadaan penderita sudah lebih parah.

Ungu
Warna ungu selalu menunjukkan adanya statis darah. Warna yang dimaksud di sini ada dua macam, yaitu merah ungu atau biru ungu. Merah ungu adalah kelanjutan lidah merah dan berarti adanya panas dan statis darah. Biru ungu adalah kelanjutan lidah pucat, dan berarti adanya dingin dan statis darah pada penderita.

Biru
Arti dari lidah yang biru sama dengan lidah biru keunguan, yaitu adanya dingin di dalam tubuh yang mengakibatkan stasis darah.

Bentuk otot lidah
Bentuk lidah memberi indikasi keadaan darah dari Ying Qi tubuh, serta mencerminkan keadaan Xu atau Shi dari penderita
Tipis. Lidah yang tipis menunjukkan keadaan yang menahun. Lidah tipis dan pucat menandakan terjadinya defisiensi Darah. Lidah tipis, berwarna merah dan tidak ada selaputnya menandakan Defisiensi Yin.
Bengkak. Lidah yang bengkak dan pucat menandakan retensi lembab yang disebabkan oleh defisiensi Yang. Bila warnanya merah atau normal menunjukkan retensi panas lembab
Kaku. Lidah yang kaku selalu menunjukkan angina dalam.
Lembek. Lidah yang lembek menunjukkan defisiensi cairan tubuh.
Panjang. Lidah yang panjang menunjukkan kecenderungan panas terutama panas dari jantung.
Pendek. Lidah yang pendek, warnanya pucat dan basah, menandakan dingin dalam. Lidah yang pendek, berwarna merah dan tidak berselaput menunjukkan keadaan defisiensi Yin yang parah.
Retak. Retak pada lidah menandakan adanya panas dalam tubuh penderita, baik panas Shi maupun panas karena defisiensi Yin. Retak-retak pendek yang transversal menunjukkan defisiensi Yin Lambung. Bila retak-retak itu terdapat di sisi lidah di dekat pertengahan, maka berarti ada defisiensi Qi yang menahun dari Limpa. Retak longitudinal, pada garis tengah lidah yang panjang mendekati ujung lidah menunjukkan adanya gangguan pada Jantung, sedang bila retaknya tidak mencapai ujung lidah dan agak dangkal, menunjukkan adanya defisiensi Yin Lambung.
Tapak gigi : otot lidah yang tepinya bertapak gigi biasanya menunjukkan defisiensi limpa/Yang Xu Limpa
Tremor dan kaku : menunjukkan adanya angin
Tremor kering dan merah : menunjukkan adanya angin hati
Tremor dan pucat : menunjukkan defisiensi Qi dan darah.
Tertarik ke salah satu sisi. Lidah yang tertarik kesalah satu sisi menunjukkan adanya PPL angin.

Kelembaban
Keadaan lembab lidah menunjukkan keadaan cairan tubuh. Lidah yang normal biasanya agak basah. Ini menunjukkan bahwa cairan tubuh masih baik dan tidak terjadi gangguan pada proses transformasi dan transportasinya.
Bila lidah kering dan berwarna merah atau merah tua, maka ini merupakan indikasi bahwa panas telah merusak cairan tubuh.
Bila lidah terlalu basah, maka ini merupakan tanda bahwa Yang Qi tidak bekerja baik dan proses transportasi dan transformasi tidak berjalan dengan sempurna, sehingga cairan terkumpul dan terbentuklah lembab dalam tubuh.
Lidah yang kering, merupakan indikasi panas baik panas Xu atau panas Shi tergantung ada atau tidaknya selaput lidah.
Selaput yang lengket atau licin merupkan indikasi retensi lembab atau dahak.
Penyakit dapat menimbulkan perubahan pada badan lidah dan lapisan lidah. Badan lidah menunjukkan keadaan Yin-Yang-Qi-Xue organ tubuh. Sementara, lapisan lidah menunjukkan letak dan sifat faktor patogen. Keadaan lapisan lidah dapat juga dipengaruhi oleh makanan dan minuman. Pemeriksaan lidah dianjurkan untuk dilakukan dengan sinar alam.

Badan Lidah
Badan lidah yang normal berwarna merah muda dan bergerak bebas. Keadaan ini menunjukkan Yin-Yang-Qi-Xue berada dalam keadaan keseimbangan.
• Lidah pucat menunjukkan sindrom dingin, kelemahan Qi, atau kekurangan Xue
• Lidah pucat dan gemuk dengan bekas gigi pada bagian tepi menunjukkan kelemahan Qi-limpa dan Qi-ginjal
• Lidah berwarna merah menunjukkan sindrom panas dan kelebihan Yang.
• Lidah berwarna merah dan kurus menunjukkan sindrom panas dan kekurangan Yin.
• Lidah berwarna keungu-unguan atau berbintik-bintik keungu-unguan menunjukkan sindrom stagnasai darah.
• Lidah pecah-pecah tanpa gejala lain dapat dianggap normal.
• Lidah kaku atau mengalami deviasi menunjukkan sindrom penyakit stroke

Lapisan Lidah
Lapisan lidah yang normal berwarna putih tipis, cemerlang, dan lembap. Perkembangan penyakit dapat dilihat dari perubahan pada lapisan lidah. Perubahan lapisan lidah yang berwarna kuning tebal menjadi putih tipis menunjukkan penyakit menjadi ringan atau sembuh. Sebaliknya, bila lapisan lidah berubah dari putih tipis menjadi kuning tebal, berarti penyakit justru berkembang semakin berat.
• Lapisan lidah putih tipis menunjukkan sindrom angin-dingin atau normal.
• Lapisan lidah putih tebal menunjukkan sindrom dingin akibat kelemahan Qi tubuh.
• Lapisan lidah putih tebal dan lengket menunjukkan sindrom lembap akibat kelemahan Qi-limpa.
• Lapisan lidah kuning dan kering menunjukkan sindrom panas dan kekurangan Yin.
• Lapisan lidah kuning, tebal, dan lengket menunjukkan sindrom panas-lembap.
• Lapisan lidah yang terkelupas menunjukkan sindrom kekurangan Yin dan Qi dari lambung.
Semoga kajian lidah ini bermanfaat. Sebagai penutup, berikut zona pembagian organ dalam ilmu TCM.
maklum gan newbie nih, cuma bisa bantu emoticon-Rate 5 Star
Quote:


maksih gan.. baik amat... moga dikasih kesehatan, dan kebaikan selalu... jangan malu2 klo mau share masalah kesehatah... ni free..
ane sering pusing gan, kenapa ya ?
kaya setiap kecapean, kurang makan pasti berujungkan dengan pusing.
Quote:


coba cek warna lidah agan?

jika putih segeralah perbanyak minum air putih untuk memulihkan cairan tubuh, ane tidak menyarankan selain air putih dan air kelapa muda.

agan sudah berpa lama?

biasanya tidak begitu nafsu makan, wlo sebenarnya lapar.

yang pusing sebelah / seluruhnya? pandangan matanya berputar tidak saat pusing?

mohon di jawab dulu, nanti ane kasih resepnya yang mudah, segera ya biar lebih baik.

×