alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Inilah Hewan-hewan yang Mengalami Menstruasi Seperti Manusia
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5157d6365a2acf3a0d000000/inilah-hewan-hewan-yang-mengalami-menstruasi-seperti-manusia

Inilah Hewan-hewan yang Mengalami Menstruasi Seperti Manusia

Maaf jelek, soalnya ane nubie nih emoticon-Malu
Langsung aja gan, cekidot



Menstruasi merupakan satu siklus yang terjadi setiap bulannya pada kaum perempuan sebelum mengalami menopause. Tapi selain manusia, ternyata ada pula mamalia betina lain yang juga mengalami menstruasi.

Pada dasarnya, hanya manusia dan kera besar (gorila, orangutan, simpanse dan bonobo) yang benar-benar menunjukkan siklus menstruasi. Tapi sebenarnya mamalia lain juga mengalami menstruasi. Hanya saja, menstruasi pada mamalia lain tidak seperti menstruasi pada manusia.

Dilansir dari Madsci, beberapa spesies yang mengalami menstruasi yaitu monyet, lemur, kuda, kerbau, jerapah, zebra, badak, kucing, anjing, tikus pohon, gajah, landak dan serigala.

Pada manusia, proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan ditandai dengan pendarahan yang biasanya berlangsung 3 sampai 7 hari. Rata-rata selama menstruasi manusia kehilangan 10-80 mL darah.

Pada manusia, siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Sedangkan pada kera besar siklus menstruasi tergolong teratur. Panjang siklus menstruasi bervariasi, rata-rata 29 hari pada orangutan dan 37 hari pada simpanse.

Tidak seperti manusia dan kera besar, pada mamalia lain proses menstruasi bisa dikatakan ‘diam-diam’, karena proses peluruhan dinding rahim (endometrium) yang ditandai dengan pendarahan justru tidak terlihat secara eksternal atau kasat mata.

Saat tidak terjadi pembuahan, rahim akan menyerap dinding rahim sehingga tidak terjadi pendarahan. Ada beberapa memalia yang mengalami pendarahan, tetapi pendarahan tersebut tergolong ringan dan sangat singkat, sehingga banyak manusia yang tidak mengetahuinya. Mamalia lain juga tidak mengalami menstruasi rutin setiap bulan, tetapi hanya beberapa kali dalam setahun.


Sumber:
http://www.serupedia.com/search/label/Sains%20News


Wah ternyata kebanyakan mamalia gan. Kalo udah baca jangan lupa emoticon-Rate 5 Star
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
kayaknya repost cyn eike coba di cek cyn emoticon-kisssing
anjing juga gan
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
baru tau nich ane gan
nice info
Buka bisnis pembalut hewan kesayangan nih bagus yakk emoticon-Cool
bener banget gan.. dulu hamster betina ane juga menstruasi emoticon-Ngakak
Quote:




caranya gimana gan? ane gak ngerti. maklum nubieemoticon-Malu
Quote:



kayak gimana tuh gan? emoticon-Bingung (S)
Quote:


jangan lupa di emoticon-Rate 5 Star ya gan
Quote:


bisa aja si agan emoticon-Ngakak
Quote:


thx for info nya gan emoticon-shakehand

udah pernah baca ane gan hehehe
berarti semua mamalia emang menst ya gan emoticon-Big Grin
trenyata g beda jauh sama manusia y emoticon-Matabelo

Spoiler for :


ane baru tahu ternyata ada beberapa mamalia yang mens, mungkin rahimnya kecil makae waktunya lebih singkat n gak terlihat emoticon-Bingung (S)
Cuma bisa bantu emoticon-Rate 5 Star


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di