alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
plaza tertua di bumi berusia 2500 tahun
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51578be448ba546b79000007/plaza-tertua-di-bumi-berusia-2500-tahun

plaza tertua di bumi berusia 2500 tahun

Spoiler for No Repost:


Spoiler for foto 1:

Sebuah plaza bundar yang dibangun 5.500 tahun lalu telah ditemukan di Peru, dan para arkeolog yang terlibat dalam penggalian tealh menentukan bahwa tanggal karbon menunjukkan plaza itu merupakan salah satu bangunan tertua yang pernah ditemukan di Amerika. Satu tim ahli kekunoan Peru dan Jerman menemukan plaza itu, yang tersembunyi di bawah potongan lain arsitektur di reruntuhan yang dikenal sebagai Sechin Bajo, di Casma, 370 Km di utara Lima, ibukota Peru.

Spoiler for foto 2:

"Itu merupakan penemuan yang mengesankan, masyarakat ilmuwan dan arkeologi sangat senang," kata Cesar Perez, ilmuwan di Institut Kebudayaan Nasioal Peru yang mengawasi proyek tersebut. "Ini dapat mendesain kembali sejarah negara ini." Sebelum penemuan di Sechin Bajo, pakar arkeologi menganggap benteng kuno Caral Peru adalah salah satu dari yang tertua di belahan bumi Barat, umurnya sekitar 5.000 tahun.
Para ilmuwan mengatakan, Caral yang terletak beberapa jam jika ditempuh menggunakan mobil dari Sechin Bajo, merupakan satu dari enam tempat di dunia ( bersama dengan Mesopotamia, Mesir, Cina, India dan Mesoamerika ) dimana manusia memulai kehidupan di kota lima ribu tahun lalu. "Penentuan tanggal yang dilakukan oleh pakar arkeologi Jerman menyebutkan sekitar 5.500 tahun, tapi sebagian lainnya dapat lebih tua bergantung pada hal lainnya yang ditemukan," kata Perez. Sebelumnya penemuan terakhir yang terletak dekat Sechin Bajo hanya berusia 3.600 tahun. Ini adalah gambar ilustrasinya:

Spoiler for ilustrasi :


"Mereka telah sangat maju mengerti arsitektur dan bangunan. Ini dapat secara jelas terlihat dalam kenyataan bahwa material yang mereka gunakan bertahan sangat lama," Peter Fuchs, salah seorang arkeolog, mengatakan pada suratkabar El Comercio. Tempat pertemuan sosial yang Fuchs dan rekannya temukan ini dibangun dengan batu dan batako.
Ratusan tempat arkeologis banyak ditemukan di Peru, dan banyak puing dibangun oleh kebudayaann kerajaan Inca yang dulu sangat berkuasa, yang mencapai puncaknya pada abad ke16, sesaat sebelum penakluk Spanyol datang ke tempat yang sekarang dikenal dengan nama Peru.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
busettt dah peradapan lama banget ya emoticon-Malu itu dulunya bisa disebut sebagai pusat sentra keramaian ya gan emoticon-Malu
jaman dulu ternyata dah ada tempat belanja ya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
mantep,nemu aja y padahal udah lama banget emoticon-Big Grin
Quote:


Plaza tuh bukan selalu konotasinya ke tempat belanja gan...tapi ruang terbuka ditengah2 kota macam alun2 gitu selalu disebut PLAZA....emoticon-Ngakak
Ente bisa ajah...emoticon-Ngakak
orang jaman dulu emang lebih pintar menurut ane gan emoticon-Big Grin
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
2500 tahun..
emoticon-Matabelo
brarti kaya pasar ya gan??
plaza itu mungkin dulu tempat keramaian atau pusat tempat pemerintahan gtu ya...
raja2 penguasaemoticon-Malu (S)
Paling tempat kumpul2 atau belanja tradisionalnya ya, bukan belanja2 modern kaya mall yg diskon gede2an emoticon-Big Grin
jaman dulu ternyata udah ada mall ya, kirain mall dari tahun 50an
tua banget gan emoticon-Matabelo


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di