alexa-tracking

Berapa sih Berat Bumi? Temukan Jawabannya Disini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5157833d0975b4fe2f00000c/berapa-sih-berat-bumi-temukan-jawabannya-disini
Berapa sih Berat Bumi? Temukan Jawabannya Disini
BERAPA SIH BERAT BUMI?
Quote:Pada awalnya ane gapercaya klo hal ini bisa diitung, tpi waktu mapel Fisika ane mbahas tentang gravitasi, ane berpikiran mungkin bisa di itung, dan ternyata pacar ane punya bukunya emoticon-Hammer (S), ane baca tuh buku

Penjelasan
Quote:
Bagi yang malasa membaca, jawabannya 6x10^24 (6.000....(0-nya 24 gan)kg emoticon-Hammer (S)). Loh kok bisa? Tau darimana?
Cara nimbangnya ga pake timbangan yang ada di rumah agan, ato pake timbangan beras dan sebagainya. Cara menimbangnya dilakukan dengan menghitung daya tariknya terhadap benda-benda lain.

Newton (bukan bapak ane gan emoticon-Ngakak (S)) mengatakan bahwa benda yang berbentuk bola dapat disederhaakan jika masa benda-benda tersebut terkosentrasi pada bagian tengah bola tersebut.
Persamaan berikutnya meng-ekspresikan tarikan gravitasi yang dimiliki dua objek yang berbentuk bola tersebut.
F=GxM1x2/R^2
ket :
F = force/gaya
G = gravitation/gravitasi
R = radius/jari-jari
^ artinya pangkat ya gan

Anggaplah bumi adalah salah satu dari massa tersebut (M1) dan 1kg benda bulat adalah massa yang satunya (M2).M1 tidak dalam persamaan-nya.
kita dapat menghitung kekuatannya dengan cukup mudah, yaitu dengan menjatuhkan benda bulan 1kg dan menghitung percepatan yang disebabkan oleh gravitasi bumi.
kekuatan di antara keduanya 9,8kg xm/s^2 (satuan gravitasi bumi gan, paten! kadang ato seringnya malah dibuletin jadi 10). Dan jari2 bumi adalah 6.400.00m.
klo dimasukin rumus. klo dimasukin rumus ketemunya 6.000.000.000.000.000.000.000.000 kg.

ada 3 perbandindingan lain yang mungkin bisa membantu agan untuk mendapatkan suatu gambaran.

1. Perkiraan kasar manusia di bumi adalah 6milyar, jika setiap orang mempunyai berat 70kg berati ada 420.000.000.000kg
2. Kira-kira ada 1.000.000.000.000.000.000.000kg air dibumi dalam berbagai bentuk. Berari 0.02% massa bumi adalah air
3. Massa matahari kira-kira 2x10^30kg. Jadi kira-kira, matahari sama daengan 330.000bumi

Penyumbang berat bumi yang terbesar adalah inti besi besi



Sumber
Quote:
Buku "Berapakah Berat Bumi" dari Marshall Brain's HowStuff Works.
website : howstuffworks.com
dengan pengeditan/pengurangan biar ga nglanggar hak cipta klo disebar luaskan, tpi karna ada di website mungkin gpp emoticon-Big Grin


Beri Semangat
Quote:
Menerima emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Mengharapkan emoticon-Rate 5 Star
Menolak emoticon-Blue Guy Bata (L)
sepi amat gan emoticon-Bingung (S)
smpe ane pertamax emoticon-Ngakak (S)
nice inpoh gan
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
rajin amat tuh yang nimbang ya gan emoticon-Big Grin
kalo di jual sekilonya berapa duit ya gan?? emoticon-Hammer2
wow, kalo kita semua harus mengangkat bumi bersama2 kira2 kuat gak ya gan emoticon-Bingung (S)
tapi massa dengan berat itu bedan yah gan?
masih agak bingung nih ama trid agan emoticon-Bingung (S)
agung herkules gan yang nimbang wkwwk emoticon-Ngakak
berat juga ya..

kira-kira semakin banyak orang di atas bumi, terus unsur bumi nya makin banyak diambil ke atas, bumi nya bisa ambles gak yah gan? emoticon-Bingung (S)




Berapa sih Berat Bumi? Temukan Jawabannya Disini


ah bodo amat gan ane kaga ngerti emoticon-Bingung (S) pake timbangan pasar udah jebol kali itu timbangan emoticon-Ngakak
Itu bukannya massa ya? emoticon-Bingung



Posted Byfairuzi182
gile gan.... 0 nye banyak amat.. emoticon-Matabelo
itu nimbangnya di pos yandu mana gan wkwkwkw....

baydewey ane penasaran, kalo tiap ada bayi lahir dan tumbuh, berat bumi ini nambah enggak ya????
6.000.000.000.000.000.000.000.000 kg

emg akurat gan emoticon-Bingung (S)
itu bacanya 6 apa gan, banyak banget 0 nya
Pembantu Ane Jga Tau Gan.....
emoticon-Cool
Quote:Original Posted By troykun
sepi amat gan emoticon-Bingung (S)
smpe ane pertamax emoticon-Ngakak (S)

haha, iya gan smpe ente komen emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By xznx
wow, kalo kita semua harus mengangkat bumi bersama2 kira2 kuat gak ya gan emoticon-Bingung (S)

haha gatau gan, coba bayangin 6milyar orang ke luar angkasa buat ngangkat bumi emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By s4peda
tapi massa dengan berat itu bedan yah gan?
masih agak bingung nih ama trid agan emoticon-Bingung (S)

beda gan, F=w=m.g
F = force = gaya
W = Weight = berat
m = massa
g = gravitasi
Quote:Original Posted By fairuzi182
Itu bukannya massa ya? emoticon-Bingung

Posted Byfairuzi182


beda gan
beda gan, F=w=m.g
F = force = gaya
W = Weight = berat
m = massa
g = gravitasi

karna yg di cari F, jadinya itu berat gan soalnya F=w

Quote:Original Posted By .drawde.
itu bacanya 6 apa gan, banyak banget 0 nya

ane juga gatau gan emoticon-Hammer (S)

Quote:Original Posted By adith24plp
Pembantu Ane Jga Tau Gan.....
emoticon-Cool

pembantu ente aja tau apalagi ente ya gan emoticon-Hammer (S)
Quote:Original Posted By des.11
6.000.000.000.000.000.000.000.000 kg
emg akurat gan emoticon-Bingung (S)

engga dong gan, kisaran aja, hanya Tuhan yang tau emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By Ranad
berat juga ya..
kira-kira semakin banyak orang di atas bumi, terus unsur bumi nya makin banyak diambil ke atas, bumi nya bisa ambles gak yah gan? emoticon-Bingung (S)

Berapa sih Berat Bumi? Temukan Jawabannya Disini

haha
gatau tuh gan
tpi ada pembahasan gan, klo misalkan kita nge-bor bumi smpe tembus entah kemana emoticon-Hammer (S)


Wah sepi emoticon-Big Grin