CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Tiga Tingkatan Manusia menurut Abu Nawas
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51542b9d05346a4b69000023/tiga-tingkatan-manusia-menurut-abu-nawas

Tiga Tingkatan Manusia menurut Abu Nawas

Quote:


Abu Nawas sebenarnya adalah seorang ulama yang alim. Tak begitu mengherankan jika Abu Nawas mempunyai murid yang tidak sedikit. Diantara sekian banyak muridnya, ada satu orang yang hampir selalu menanyakan mengapa Abu Nawas mengatakan begini dan begitu.

Suatu ketika ada tiga orang tamu bertanya kepada Abu Nawas dengan pertanyaan yang sama.

Orang pertama mulai bertanya, "Manakah yang lebih utama, orang yang mengerjakan dosa- dosa besar atau orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil?"
"Orang yang mengerjakan dosa- dosa kecil" jawab Abu Nawas.
"Mengapa?" kata orang pertama.
"Sebab lebih mudah diampuni oleh Tuhan" kata Abu Nawas.
Orang pertama puas karena ia memang yakin begitu.

Orang kedua bertanya dengan pertanyaan yang sama. "Manakah yang lebih utama, orang yang mengerjakan dosa- dosa besar atau orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil?"
"Orang yang tidak mengerjakan keduanya" jawab Abu Nawas.
"Mengapa?" kata orang kedua.
"Dengan tidak mengerjakan keduanya, tentu tidak memerlukan pengampunan dari Tuhan" kata Abu Nawas.
Orang kedua langsung bisa mencerna jawaban Abu Nawas.

Orang ketiga juga bertanya dengan pertanyaan yang sama. "Manakah yang lebih utama, orang yang mengerjakan dosa-dosa besar atau orang yang mengerjakan dosa-dosa kecil?"
"Orang yang mengerjakan dosa- dosa besar" jawab Abu Nawas.
"Mengapa?" kata orang ketiga.
"Sebab pengampunan Allah kepada hamba-Nya sebanding dengan besarnya dosa hamba itu" jawab Abu Nawas.
Orang ketiga menerima alasan Abu Nawas.
Kemudian ketiga orang itu pulang dengan perasaan puas.

Karena belum mengerti seorang murid Abu Nawas bertanya, "Mengapa dengan pertanyaan yang sama bisa menghasilkan jawaban yang berbeda?"
"Manusia dibagi tiga tingkatan : Tingkatan mata, tingkatan otak dan tingkatan hati" jawab Abu Nawas.

"Apakah tingkatan mata itu?" tanya murid Abu Nawas
"Anak kecil yang melihat bintang di langit. la mengatakan bintang itu kecil karena ia hanya menggunakan mata" jawab Abu Nawas mengandaikan.

"Apakah tingkatan otak itu?" tanya murid Abu Nawas.
"Orang pandai yang melihat bintang di langit. la mengatakan bintang itu besar karena ia berpengetahuan" jawab Abu Nawas.

"Lalu apakah tingkatan hati itu?" tanya murid Abu Nawas.
"Orang pandai dan mengerti yang melihat bintang di langit. la tetap mengatakan bintang itu kecil walaupun ia tahu bintang itu besar. Karena bagi orang yang mengerti tidak ada sesuatu apapun yang besar jika dibandingkan dengan Ke Maha Besaran Allah" Jawab Abu Nawas menerangkan.

Kini murid Abu Nawas mulai mengerti mengapa pertanyaan yang sama bisa menghasilkan jawaban yang berbeda.

Spoiler for Thread lain:
Diubah oleh 54mur4ixXx
Halaman 1 dari 5
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
wadaw ... super sekali gan emoticon-2 Jempol
Quote:


ekwekwekwekwekwkewekw
abunawas itu sebenernya sufi, cendikiawan, pelawak & penyair juga bro
cuma ya itu
cerita2 tentang abunawas yg banyak diceritain kadang2 hanya tentang kekonyolannya sebagai pelawak & cendikiawan doank
thread bermutu yang kayak gini nih yang ane suka.......josssssssss
kaya pernah baca dari group di FB nih...emoticon-Big Grin
Quote:


dimana-mana juga banyak ini bro
ga di FB aja
di buku cerita anak2 juga ada -_-a

ya gw post aja lagi disini, karena blom ada kayaknya
sharing aja gitu XD
emoticon-Roll Eyes (Sarcastic)

nice sekali juragan abu nawas
emoticon-thumbsup
sesuai dengan logika
emoticon-army
manusia itu baik buruknya karna 3 faktor
mata, otak & hati
emoticon-Angkat Beer
Quote:


baik buruk karena 3 faktor itu
cara berpikir manusia bisa dengan 3 faktor itu
bagaimana manusia memandang masalah juga melalui 3 faktor tersebut

mangstab lah si abunawas

hehe
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
keren gan.....emoticon-Matabelo
Baca dulu ya gan
Hmmm..ijin cerna dulu gan
super sekali..
Quote:


ada hubungan keluarga ama marito teguh ya bro -_-a
kayaknya ane msh manusia mata deh.....emoticon-Matabelo

tp yg yg jelas...mata jg berguna utk ini gan....
awas....!!!!
Diubah oleh hunaivi

Nice Share

Nice share gan...
Sedikit faham ane gan.
wah sama seperti yang pernah ane baca dari buku cerita ane gan emoticon-2 Jempol
keren gann :2thumb
Subhanallah.. emoticon-Matabelo

bener juga ya gan emoticon-Big Grin ane emoticon-Rate 5 Star yah
keren euy penjelasannya,,
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di