alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5153dd98552acf9305000044/penyakit-darah-rendah
Breaking News! 
Penyakit Darah Rendah
Penyakit Darah Rendah

Penyakit darah rendah atau Hipotensi adalah suatu keadaan dimana tekanan darah seseorang turun dibawah angka normal, yaitu mencapai nilai rendah 90/60 mmHg. Nilai normal tekanan darah seseorang dapat diukur dengan tinggi badan, berat badan, tingkat aktifitas normal dan kesehatan secara umum adalah 120/80 mmHG.

Beberapa orang mungkin memiliki nilai tekanan darah (tensi) berkisar 110/90 mmHg atau bahkan 100/80 mmHg akan tetapi mereka belum atau jarang menampakkan beberapa keluhan berarti, sehingga hal itu dirasakan biasa saja dalam aktivitas kesehariannya. Apabila kondisi itu terus berlanjut, didukung dengan beberapa faktor yang memungkinkan memicu menurunnya tekanan darah yang signifikan.

Sebagai contoh berkeringat dan berkemih banyak namun kurang minum, kurang tidur atau kurang istirahat serta haid dengan perdarahan berlebihan (abnormal). Hal tersebut membuat tekanan darah akan mencapai ambang rendah 90/60 mmHg atau hipotensi.

Seseorang yang mengalami tekanan darah rendah umumnya akan mengeluhkan keadaan sering pusing, sering menguap, penglihatan terkadang dirasakan kurang jelas atau berkunang-kunang. Hal ini terjadi terutama sehabis duduk lama lalu berjalan sehingga berkeringat dingin, merasa cepat lelah tak bertenaga, bahkan mengalami pingsan yang berulang.

Banyak yang sering keliru membedakan antara anemia dan darah rendah. Tak sedikit pula yang mengira keduanya adalah gangguan kesehatan yang sama. Padahal, anemia dan darah rendah merupakan kondisi gangguan kesehatan yang berbeda.

Anemia dan darah rendah memang kondisi kesehatan yang berkaitan dengan darah. Namun, keduanya merupakan kondisi yang sangat berbeda.

Masyarakat memang banyak yang salah kaprah mengenai darah rendah dan anemia. Perlu diingat bahwa anemia adalah kondisi di mana kadar hemoglobin darah berkurang dalam tubuh, sedangkan darah rendah adalah kondisi di mana tekanan dalam darah atau tensi pompa darah dari jantung yang rendah

Solusi awal untuk menghindari penyakit darah rendah ini adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kandungan karbohidrat yang sedikit, serta perbanyak makan makanan yang mengandung garam. Mengkonsumsi garam bisa bermanfaat terhadap penderita hipotensi. Namun jangan sampai berlebihan karena bisa menyebabkan gagal jantung terutama pada orang dewasa. Untuk itu sebaiknya pastikan anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengatasi hipotensi anda. Jika dokter menyarankan anda untuk memperbanyak konsumsi sodium tapi tidak suka garam maka bisa anda coba untuk menggunakan kecap alami.

Sumber emoticon-Matabelo