BURONAN "ABID MARUTO" - KASUS TRANSAKSI JUAL BELI MUSICAL INSTRUMENTS
TS
Luqman.K
BURONAN "ABID MARUTO" - KASUS TRANSAKSI JUAL BELI MUSICAL INSTRUMENTS
Assalamualaikum ..
Mohon maaf sebelumnya atas tindakan sy untuk mempublish ini pada teman2 kaskus ..
Langsung sj, sy disini telah mendapatkan TROUBLE pada TRANSAKSI JUAL BELI yg dilakukan oleh saudara ABID MARUTO/ SIENYO BIRAWA/ BIRAWA NDUGAL <JONGER'S PICK CUSTOM / KARUNIA CUSTOM GUITAR / Guitar's House>..
Alasan sy mempublish adalah untuk memperoleh support dan saran terhadap kejadian ini tentang apa yg harus dilakukan selanjutnya dan sharing pengalaman ..
Spoiler for MASALAH:
-Saudara ABID MARUTO <JONGER'S PICK CUSTOM/KARUNIA CUSTOM GUITAR> tidak mengembalikan uang transfer sebesar 275rb
-Sama sekali tidak ada response ketika saya hubungi
-Mengulur waktu dengan alasan sibuk
-Beberapa kali menggunakan kata kata kurang sopan pada saya
Spoiler for STUDI KASUS for KRONOLOGIS:
Sy adalah penjual Asesoris dan Kelengkapan Gitar di Kaskus, untuk bukti disini.Suatu waktu agan "Abid" meng-sms sy yang isinya berminat terhadap barang dagangan saya, singkat cerita "deal dlam bertransaksi" agan ABID mentransfer dana pada sy sebesar 240rb untuk pemesanan brang. Sesuai ketentuan di thread barang langsung sy kirim pd hari itu juga apabila transfer sebelum jam 12. Karena pd hari itu petugas p*s sedang sakit(barang biasa dijemut ke rumah untuk selanjutnya dkirim) maka pengiriman menjadi status "subtitusi" pd hari ini. Oleh karena itu, saya beralih memakai ekspedisi pengantaran JN* pada hari itu juga sekitar jam 6 sore. Saudara "ABID" mungkin ingin tahu kapan brang barang bisa segera sampai, sehingga selalu memberitahu sy bahwa barang belum sampai. Sy maklumi hal itu karena wajar dalam pemesanan dengan pengecualian "tidak berlebihan" walau sy sampaikan mhon dibaca ulang pada "syarat dan ketentuan pemesanan pada penjualan sy" Singkat cerita tibalah barang di tangan agan "ABID". Dan agan ABID pun kecewa dengan brang pesanannya, karena ada part2 yang tidak ada (equalizer 7545T, yg kurang baut dan piezo). Sy kurang tahu persis akan hal ini tp biasanya brang yg sy kirim sy cek terlebih dahulu tp mungkin yg kali ini adalah keteledoran sy (human error). Walaupun sepengetahuan sy barang yg sy jual semua part pasti tersedia, kemungkinan hanya kurang berfungsi kurang baik atau cacat bukan sy menaruh curiga pada peniadaan kondisi part. Agan abid pun sy rasa agak berlebihan mengabari saya dengan kata kata yg menyinggung sy, sy potong sj beberapa bagian dr kesannya
Spoiler for KESANNYA >>:
. Hingga akhirnya sy tidak bisa terima, tadinya sy tawarkan untuk sy mengirim sisa part barang yg kurang, tp sy kurang bisa menanggapi ketidakpuasannya karena sy rasa berlebihan dlm penyampaiannya, akhirnya sy coba refund sj dengan pertimbangan sy kirim dulu biaya setengahnya lalu apabila telah sampai baru sy kirim sisanya, tp agan ABID pun tidak menyetujuinya dengan alasan resiko takut tertipu dan kalau mau pun, kirim dlu sj saldonya baru setelah itu barang dikirim agan ABID pada sy dalam transaksi(sy sempat bingung karena merasa diatur dlm posisi ini) atau barang dikirim sj sisanya walau sudah cacat sy ikhlas kok begitu ujarnya, (lho kok, sy heran ya kalau cacat ysdh berarti tidak puas dan dkirim balik sj) terlebih karena ada pembicaraan yg kurang enak pd sy sebagai penjual(aduh dsini sy kurang mengerti karena ini mungkin jenis keteledoran sy pribadi dan kalau sy slah, sy coba memastikan untuk memperbaikinya) tp okelah gpp sy rasa, yg penting masalah cepat selesai menurut sy, akhirnya sy REFUND(pengembalian biaya) sebesar 275rb dari pemesanan awal sebesar 240rb dengan include kirim balik via JNE sebesar 14rb, selisihnya sy harap sebagai permohonan maaf. Agan ABID pun menyetujui untuk REFUND, akhirnya sy transfer pd malamnya jam 10 malam. Untuk menjaga kerukunan sj, walau sy merasa kurang srek sj dengan pesan masuk berkalanya. Tdnya sy coba transfer via mobile banking BC* ke bank BR* tapi tidak mendapatkan konfirmasi bahwa transfer sukses (2kali sy coba). Kesal jg, mungkin sudah larut jd mobile banking kurang responsif, akhirnya sy ke ATM sj untuk transfer, dan kali ini berhasil masuk, sy konfirmasi kepada agan ABID bahwa dana sudah sy transfer sebesar 275rb, agan ABID meresponse dan mengabari untuk besok pesanan dikirim ulang jam 8 pagi.
Setelah keesokan harinya sy cek arus keluar masuk BANK BC*, sy kaget ternyata transaksi mobile sukses, berarti sy kirim 2x transfer ke agan ABID, sy langsung konfirmasi pada hari tanggal (7 Maret 2013)itu juga dan mhon untuk dikembalikan segera mungkin, tp response yg sy harapkan juga kurang baik dengan alasan sedang sibuk mengerjakan pesanan kalau mau ditunggu aja begitu ujarnya (okelah tp sy harap responsenya cepat seperti feedback sy), ysdh sy maklumi hal tersebut, tp agan ABID berjanji bahwa akan mengirimkannya kalau tidak malamnya berarti besok. Sy tunggu sj kabarnya. Dan sampai hari ini pun sy SMS tidak ada balasan begitu pun di telp (no tidak aktif) karena hari ini sudah tanggal 10 MARET 2013. Malah agan ABID mengganti akun FBnya dari JONGER'S PICK CUSTOM ke KARUNIA CUSTOM GITAR dan mengganti no-nya dari 0878-3657-9642 ke 0819-5375-3226.
Jujur sj mungkin itu nominal yg kurang berarti bagi agan ABID, tp sy memerlukannya untuk pembelian barang dagangan sy dan tidak terlepas dari tanggung jawabnya, sebagai itikad baik, sy coba untuk mengembalikan walau itu kesalahan sy dan sy yg menangung semua biayanya.
Maaf kepada kang ABID jika kurang berkenan atas apa yg sy sampaikan sy hanya ingin ("maaf") menagih apa yg seharusnya menjadi milik sy.
Jika itu sudah terpenuhi sy akan menutup thread ini dengan ketentuan penyelesaian yg adil.
Thread ini sy tujukan bukan sebagai bentuk kekecewaan pertemanan tp sekedar pengingat sj.
Sy tolerir waktu sampai tanggal 20 maret 2013, maaf sj, jika dlm tempo tersebut masih tidak ada response, okelah sy tutup thread ini, dan sy anggap ini adalah pengalaman menjadi seller sj, dan kerugian ini mungkin bukan rezeki sy sj.
Saran dan Kesan sy terima untuk perkembangan usaha sy kedepannya.
Maaf jika dengan mmbaca thread ini mnjadi membuang waktu terhadap catatan yg kurang baik terhadap online shopping, tp mhon jdkanlah ini sekedar sharing pengalaman sj.
Terima Kasih - Hatur Nuhun
Spoiler for BUKTI DUPLIKAT TRANSFER:
Spoiler for PROFIL dan PHOTO-nya:
Spoiler for PERCAKAPAN PEMESANAN:
Maaf tidak sy cantumkan beberapa pesan lainnya karena sy anggap itu sebagai arsip induk
Spoiler for CONTACT PERSONNYA >>>:
-087836579642
-081804464473
-085742912860
-081953753226 sms dan telp <tdk dresponse dan tdk aktif>
>>> UPDATE <<<
Quote:
Sy sudah berusaha berulang kali menghubungi tapi tidak ada jawaban, tidak ada response dan itikad baik, sy menawarkan permintaan pertemanan via Facebooknya malah statuss pertemanan sy di block satu minggu, sy message pd akun fb nya malah di block pesan sy tidak tahu sampai kapan, mungkin diapprove spam sama beliau, ini sepertinya tidak ada itikad baik, malah saya kejar terus ehh malah ganti profile picture facebook, Statusnya takut banget dah >> Profil Picture tokonya ganti lg >>