alexa-tracking

DUNIA ORGANIK

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51447b491fd7193751000002/dunia-organik
Thumbs up 
DUNIA ORGANIK
SELAMAT DATANG DI ORGANIKBERAS.COM
www.organikberas.com

Melayani Kebutuhan Beras Organik Anda
Memberikan Pelatihan Pertanian SRI Organik


Apa saja yang bisa anda dapatkan melalui website ini:

Informasi seputar produk organik (terutama beras)
Membeli produk organik (beras Organik BERASKU SEHAT)
Pertemanan (mengikuti acara2 yang diselenggarakan oleh komunitas Kami)
Peluang kemitraan sebagai re-seller Beras Sehat Organik
Financial benefit lainnya.
Informasi lebih lanjut Hubungi :
081286102166/www.organikberas.com

Thumbs up 

emoticon-Sundulemoticon-Sundul

Thumbs up 
APASICH.......BERAS ORGANIK ITU?

Apa Sih Beras Organik Itu ?

- Cara yang paling modern dan nyaman bagi orang untuk menikmati tanaman segar tanpa khawatir tentang racun kimia dalam tubuh adalah berkebun organik. Buah-buahan dan sayuran organik menjadi populer untuk vegetarian atau orang dengan makan sayuran saja. Tapi kemudian tidak berhenti di situ! Selain dari makan salad segar dan sehat, menikmati beras organik di meja makan Anda sekarang mungkin!

Sama seperti tumbuhan sayur dan buah organik, prinsip berkebun sama berlaku dengan beras organik. Menggunakan pupuk sintetis atau buatan dan pestisida dilarang. Selain itu, kesuburan tanah harus dijaga. Terakhir, pentingnya pengobatan alami dalam merawat dihargai.

Beras Organik terbukti jauh lebih sehat daripada beras non organik. Ini mengurangi kemungkinan toksin dalam tubuh melalui pupuk dan pestisida. Selain itu, karena diproses dengan cara alami, nutrisi yang ada dalam tanaman padi tidak berkurang. Di atas segalanya, hal ini membantu mengurangi keracunan kimia di lingkungan. Anda tidak hanya akan menjadi sehat, Anda akan menyelamatkan bumi juga.

Beras organik sangat mahal di pasar, dengan demikian, itu benar-benar ideal untuk menanam padi organik sendiri di rumah. Tumbuh beras organik di taman Anda sendiri adalah sama mudah sebagai menanam sayuran organik dan buah-buahan.

Anda hanya perlu mengikuti dasar-dasar berkebun organik. Langkah pertama adalah membuat rencana berkebun Anda. Rencana tersebut harus mencakup menanam apa di taman Anda. Karena tanaman padi yang lebih baik tumbuh di tanah yang sehat, yang terbaik untuk memiliki taman Anda di halaman belakang Anda. Hanya mulai dengan sebuah taman kecil untuk pertama kali, maka Anda dapat membuatnya lebih besar seiring berjalannya waktu.

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah memilih jenis bibit padi yang Anda miliki. Lebih baik untuk mempertimbangkan cuaca dan faktor lingkungan. Bibit padi harus sesuai dengan wilayah Anda berada, dengan cara itu, mereka pasti akan berkembang. Juga, Anda harus memilih tanah dan pastikan bahwa itu menumbuhkan habitat alami untuk tanaman organik beras. Juga harus memastikan memiliki sistem pengairan yang tepat untuk tanaman padi dengan cara itu tidak akan mati. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, Anda pasti akan menyediakan makanan yang benar dan perawatan yang dibutuhkan tanaman padi Anda.

Makan makanan organik yang sehat tidak hanya berhenti pada buah dan sayuran. Dengan menanam beras organik dalam kenyamanan rumah Anda, Anda sekarang dapat makan untuk menyenangkan perut Anda tanpa khawatir tentang kesehatan Anda
SUMBER: www.organikberas.com
emoticon-Sundulemoticon-Sundul

Smile 
Manfaat Beras Merah dan Cara Memasak Dengan Rice Cooker

Mengapa Harus Beras Organik?
Hal ini untuk mencegah adanya kandungan senyawa toksik arsenik yang umumnya terkandung dalam beras yang dibudidayakan secara anorganik. Kadar rendah arsenik memang tidak akan menimbulkan penyakit akut, tetapi beresiko menimbulkan kanker dalam jangka panjang.

Manfaat mengkonsumsi Beras Merah.
Mengkonsumsi beras merah dalam jangka panjang, umumnya dapat membantu mengatasi beragam gangguan kesehatan dan dapat meningkatkan kebugaran tubuh serta dapat meningkatkan corak kulit. Efek menguntungkan lainnya sebagai berikut :
- Menurunkan kadar kolesterol jahat
- Mencegah penyakit jantung koroner
- Membantu menyehatkan jantung, terutama bagi wanita pasca – menopause
- Mengurangi resiko sindrom metabolik
- Mencegah kanker
- Membantu mencegah batu kemih
- Melindungi terjangkitinya asma pada anak anak
- Mengendalikan stress dan membantu tidur agar lebih nyenyak
- Meningkatkan “qi” dan stamina
- Mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari
- Meningkatkan napsu makan
- Meningkatkan pencernaa dan mengatasi perut kembung
- Menghilangkan konstipasi
- Melancarkan sirkulasi darah
- Menghilangkan pegal pegal dan rematik
- Mengurangi perut gendut
- Meningkatkan corak kulit
- Mengingkatkan laju detoksifikasi
- Mengurangi sakit kepala dan migrain
- Meningkatkan pengaturan tekanan darah
- Menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan kondisi diabetes

Cara memasak beras merah dengan rice cooker :
  1. Cuci beras merah dengan air mengalir dan bersihkan kotoran yang bercampur di dalam-nya
  2. Masukkan beras merah ke dalam rice cooker dan tambahkan air bersih dengan perbandingan air dan beras = 3:1 atau 2:1 (tergantung rice cooker anda).
  3. Biarkan campuran tersebut di dalam rice cooker selama 30 menit sebelum memasaknya.
  4. Nyalakan rice cooker, biarkan hingga matang. Sebelum dihidangkan, aduk nasi.



Cara Menyimpan yg benar

Memang, lapisan bekatul yang kaya minyak membuat beras merah tidak tahan lama atau mudah tengik pada suhu ruang. Namun, jika kita menyimpan dengan cara yang benar, beras merah ini dapat tahan hingga 1 tahun.

Cara menyimpan beras merah yang benar adalah diletakkan dalam wadah tertutup rapat dan disimpan dalam kulkas. Ya, jaman dulu hanya sedikit orang mengenal kulkas, tapi sekarang hampir tiap rumah memiliki kulkas, jadi tunggu apa lagi?

Sumber Tulisan : Buku real Food True Health halaman 23 – 29. Tulisan Dr. Ir. Muhammad Ahkam Subroto, M. App. Sc.
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up

Alasan, Beras Merah Lebih Unggul Bagi Kesehatan

Belakangan ini sering kita dengar anjuran mengkonsumsi beras merah karena nilai gizi yang tinggi dan diklaim lebih unggul dibanding beras putih. Namun, seperti apa faktanya ?

Beras merah atau brown rice adalah beras yang tidak digiling atau setengah digiling. Jadi bisa dikatakan whole grain atau berbutir utuh. Beras ini mempunyai rasa sedikit seperti kacang dan lebih kenyal dari beras putih. Meski lebih cepat basi, beras merah lebih bernutrisi.

Di beberapa negara di Asia, dulu beras merah banyak dikaitkan dengan masa kemiskinan atau masa perang. Bahan pangan jenis ini jarang dikonsumsi kecuali oleh orang yang sedang sakit, manula, dan penderita sembelit. Namun kini beras merah banyak dicari karena kandungan gizinya.

Mengandung gizi penting

beras merah berasal dari beras tumbuk yang kulit arinya tidak banyak hilang. Kulit ari itu mengandung banyak gizi yang sangat penting bagi tubuh, kaya akan serat yang sangat penting untuk proses pengolahan energi dan pencernaan serta mengandung minyak alami.

Terdapat lemak esensial

Lemak yang terdapat di dalam kulit ari beras merah merupakan lemak esensial yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak anak. Berbagai senyawa dalam lemak kulit ari juga dapat menurunkan kolesterol yang merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Pencegah kanker kulit

Kandungan selenium dalam beras merah juga berperan dalam mencegah kanker dan penyakit degeneratif lainnya. Kemampuannya dalam mengubah peroksida menjadi komponen tidak beracun, menjadikan selenium berpotensi mencegah kanker dan penyakit degeneratif lainnya.

Kandungan vitamin & mineral unggul

Kandungan vitamin dan mineral beras merah 2-3 kali beras putih. Beras merah mengandung tiamin (vitamin BI) yang diperlukan untuk mencegah beri-beri pada bayi.

Zat besinya juga lebih tinggi, membantu bayi usia enam bulan ke atas yang asupan zat besinya dari ASI sudah tidak lagi mencukupi kebutuhan tubuh. Belum lagi vitamin dan sejumlah mineral penting lainnya.

Kaya akan serat

Kandungan serat yang tinggi dalam beras merah tak hanya mengenyangkan, tetapi juga dapat menurunkan kolestrol darah. Lemak yang terkandung dalam beras merah adalah lemak esensial yang baik untuk perkembangan otak
sumber : www.organikberas.com
moga laris gan emoticon-Smilie
amien.......thanks

DETOK DENGAN HEMODIALISIS

detox berupa cuci darah sangat diharuskan penderita gagal ginjal,dimana ginjal penderita sudah tidak sanggup lagi untuk mengeluarkan sisa sisa metabolisme dan air yang dapat memperburuk keadaan kesehatan nya.
Salah satu metode detox untuk penderita gagal ginjal adalah dengan hemodialisis atau cuci darah,suatu tindakan yang bertujuan membersihkan darah penderita dari zat sisa metabolisme yang bersifat toksin serta menghilangkan kelebihan garam dan membantu tubuh menjaga keseimbangan zat kimia tubuh seperti kalium,natrium dan klorida.Saat anda tiba di klinik hemodialisis berat badan anda akan ditimbang dan dicatat.kenaikan berat badan dianjurkan maksimal 5% dari berat badan kering.Selain itu juga dilakukan pengukuran tekanan darah.Ditempat tidur/kirsi,lengan anda akan dibersihkan dengan cairan pembersih agar tempat penusukan bebas dari sumber infeksi.Kemudian jarum dialisis ditusukkan dan mulailah proses dialisis.
Selama proses dialisis anda akan diberi zat anti koagulan untuk mencegah pembekuan darah.Proses dialisis dapat berlangsung antara 4-5jam dan dilakukan 2-3x seminggu.Bagi penderita gagal ginjal harus mengendalikan atau mengurangi masuknya cairan kedalam tubuh,masuknya cairan berlebihan berbahaya bagi jantung dan paru penderita.
Kurangi pemakaian garam dalam makanan,karena garam menghambat pengeluaran cairan dari tubuh.Usahakan makan obat dengan makanan bukan minuman untuk mengurangi masuknya cairan berlebihan kedalam tubuh

Pertimbangkan 10 tips pencegahan diabetes berikut:

1. Lakukan lebih banyak aktivitas fisik
Ada banyak manfaat berolahraga secara teratur. Latihan olahraga dapat membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Anda terhadap insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada pria yang diikuti selama 10 tahun, untuk setiap 500 kkal yang dibakar per minggu melalui latihan, ada penurunan 6% risiko relatif untuk pengembangan diabetes. Penelitian itu juga mencatat manfaat yang lebih besar pada pria yang lebih gemuk.

Dengan meningkatkan olahraga, tubuh menggunakan insulin lebih efisien sampai 70 jam setelah latihan. Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu akan bermanfaat pada kebanyakan orang. Penelitian menunjukkan bahwa baik latihan aerobik dan latihan ketahanan dapat membantu mengendalikan diabetes, tapi manfaat terbesar berasal dari program fitness yang meliputi keduanya. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat olahraga yang independen terhadap penurunan berat badan. Namun, bila dikombinasikan dengan penurunan berat badan, keuntungannya meningkat secara substansial.

2. Dapatkan banyak serat dalam makanan
Makanan berserat tidak hanya mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah tetapi juga menurunkan resiko penyakit jantung dan menjaga berat badan ideal dengan membantu Anda merasa kenyang. Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yang terbukti dapat mengendalikan diabetes adalah Beras merah, dedak padi atau bekatul.

3. Makanlah kacang-kacangan dan biji-bijian
Meskipun tidak jelas mengapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes dan membantu menjaga kadar gula darah. Dalam sebuah studi pada lebih dari 83.000 perempuan, konsumsi kacang-kacangan (dan selai kacang) tampaknya menunjukkan beberapa efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. Wanita yang mengonsumsi lebih dari lima porsi satu ounce kacang per minggu menurunkan resiko terkena diabetes dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi kacang sama sekali.

4. Turunkan berat badan
Sekitar 80% penderita diabetes kegemukan dan kelebihan berat badan. Jika Anda kelebihan berat badan, pencegahan diabetes dapat bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg Anda kehilangan berat badan dapat meningkatkan kesehatan Anda. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang kegemukan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 persen untuk setiap kilogram berat badan yang hilang. Juga, mereka yang kehilangan sejumlah berat setidaknya 5 sampai 10 persen berat badan awal dan berolahraga secara teratur mengurangi risiko diabetes hampir 60 persen dalam tiga tahun.

5. Perbanyak minum produk susu rendah lemak
Data mengenai produk susu rendah lemak tampaknya berbeda-beda, tergantung apakah Anda gemuk atau tidak. Pada penderita obesitas, semakin banyak susu rendah lemak yang dikonsumsi, semakin rendah risiko sindrom metabolik. Secara khusus, mereka yang mengonsumsi lebih dari 35 porsi produk susu tersebut seminggu memiliki risiko jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang mengonsumsi kurang dari 10 porsi seminggu. Menariknya, hubungan ini tidak begitu kuat pada orang yang ramping.

6. Kurangi lemak hewani
Dalam sebuah penelitian terhadap lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, produk susu tinggi lemak, dan permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes hampir dua kali dari mereka yang makan diet sehat. Hal ini independen terhadap berat badan dan faktor-faktor lain.

7. Kurangi konsumsi gula
Konsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes tipe 2. Namun, setelah disesuaikan dengan berat badan dan variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman sarat gula dan pengembangan diabetes tipe 2. Wanita yang selalu minum satu atau lebih minuman bergula sehari memiliki hampir dua kali lipat risiko terkena diabetes daripada wanita yang hanya kadang-kadang atau tidak minum minuman bergula.

8. Berhenti merokok
Merokok tidak hanya berkontribusi pada penyakit jantung dan menyebabkan kanker paru-paru tetapi juga terkait dengan pengembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari dapat meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat dibandingkan orang yang tidak merokok. Penyebab pasti untuk hal ini belum diketahui dengan baik. Kemungkinan merokok secara langsung menurunkan kemampuan tubuh untuk memanfaatkan insulin. Selain itu, ada hubungan antara merokok dan distribusi lemak tubuh. Merokok cenderung mendorong bentuk tubuh "apel" yang merupakan faktor risiko untuk diabetes.

9. Hindari lemak trans
Hindari mengonsumsi lemak trans (minyak sayur terhidrogenasi) yang banyak digunakan pada produk olahan dan makanan cepat saji. Minyak tersebut berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe- 2.

10. Dapatkan dukungan
Dapatkan teman, keluarga atau kelompok yang membantu Anda dalam mencegah diabetes. Mereka dapat mendukung Anda dalam mempertahankan gaya hidup sehat baru Anda.

www.organikberas.com