alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Ular Raksasa di Borneo (Kalimantan)
3 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513d5469542acfb22e000007/ular-raksasa-di-borneo-kalimantan

Ular Raksasa di Borneo (Kalimantan)

Ular Raksasa di Borneo (Kalimantan)

Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter.

Beberapa bulan yang lalu muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia.

Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter 11 Februari 2009 lalu.

Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube. Jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter.Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu.

Ada juga yang tidak memercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini.

Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di Sungai Baleh Borneo memercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu.

Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter.

Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (Python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter.

Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembapan, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat.

Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun yang lalu.
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
serem banget
wuih rajanya ular kali yah emoticon-Matabelo
foto hoax kok disebar luaskan gan, gua gak bohong loh gan
Diubah oleh alan.agil.f
Ga yakin 100% foto aseli
buseetttt panjang amir..

tapi kayaknya ular goib tuh
sereeem ameet emoticon-Matabelo
ini benaran atau hoax doang kali gan emoticon-Bingung
itu emoticon-Hoax kali vroh
hadeh emoticon-Cape deeehh
Panjang banget emoticon-Takut
ane ga yakin kalo ada ular sepanjang gitu emoticon-No Hope
Serem gan kalo ada beneran emoticon-Takut
hoax gw yakin emoticon-Cape d... (S)

wah sangar.. emang banyak makluk yang belum diketahui kali ya. ane jg perna liat tuh hewan ato apa deh itu dr pesawat segede jempol di laut (dr ketinggian pesawat loh ini)

subhanallah deh
sotosop bukan yeah??emoticon-Bingung
kalo segede itu kenapa sampai sekarang belom ada yg nangkep yaemoticon-Bingung (S) setidaknya ya ada yg pernah liat langsung gitu
Widihhh... Panjang amat itu sampe 33 M...
ihhh serem gan emoticon-Takut emoticon-Sundul
videonya ada atau gak ya
Serem bgt tuh ularnya emoticon-Takut
hoax tuh gan... abis dari mak er*t trus nampang tuh ular... aslinya mah segede caciing... emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di