alexa-tracking

Pendidikan Plato yang perlu diketathui . Gan!!!!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513ccba5e774b4297c000004/pendidikan-plato-yang-perlu-diketathui--gan
Pendidikan Plato yang perlu diketathui . Gan!!!!
Memang didalam negara ideal plato, pendidikan memperoleh tempat yang paling utama dan mendapat perhatian yang paling khusus dan istimewa, bahkan dikatakan bahwa pendidikan tugas dan panggilan yang sangat mulia yang harus diselenggarakan oleh negara. Dapat dipahami mengapa plato memberi tempat dan peranan yang sangat istimewa bagi pendidikan didalam negara idealnya, karena plato hidup pada massa Athena sedang berada di ambang pintu kehancurannya. Dari pihak luar Sparta menaklukan Athena lalu membatasi kekuasaan Athena dalam wilayah Attica saja, sedangkan dari dalam para penguasa yang korup dan sistem demokrasi yang telah mengarah ke anarki semakin mempercepat proses keruntuhannya itu. Plato menyaksikan norma-norma hidup dan standar moralitas semakin kehilangan tempat dari tengah-tengah kehidupan manusia di negara kota Athena,begitu juga kebajikan, kebaikan, serta keadilan semakin tersingkir, dan salah satu korban yang membuat plato kecewa adalah kematian Socrates. Plato melihat kebobrokan masyarakat Athena yang semakin parah tidak dapat diobati dengan apapun kecuali pendidikan.

Pendidikanlah yang satu-satunya sanggup menyelamatkan manusia dan negara dari kehancuran dan kemusnahannya, itulah sebabnya pendidikan mendapat perhatian yang sangat besar dan amat istimewa didalam negara ideal plato. Apakah sebenarnya pendidikan itu? Jadi pendidikan itu sebenarnya merupakan suatu tindakan dari pembebasan, dalam hal ini, pembebasan dari belenggu ketidaktahuan dan ketidakbenaran. Dengan pendidikan, orang-orang akan mengetahui apa yang benar dan apa yang tidak benar. Dengan pendidikan pula, orang-orang akan mengenal apa yang baik dan apa yang jahat, akan menyadari apa yang patut dan apa yang tidak patut, dan yang paling penting dari semua itu ialah bahwa dengan pendidikan “mereka akan dilahirkan kembali” maksudnya pendidikan harus dapat membentuk manusia seutuhnya, yakni manusia yang berhasil menggapai keutamaan atau moralitas jiwa dengan mengubah secara total sifat, prilaku, tindakan dan perbuatannya sehingga seorang itu menjadi sama sekali baru, bagaikan yang baru saja dilahirkan kembali. Dengan demikian jelaslah pula bahwa peranan pendidikan yang paling utama bagi manusia ialah membebaskan dan membaharui. Pembebasan dan pembaharuan itu akan membentuk manusia yang utuh, yakni manusia yang berhasil menggapai segala keutamaan dan moralitas jiwa, yang akan mengantarnya ke ide yang tertinggi yaitu kebajikan, kebaikan dan keadilan.

Plato berpendapat bahwa pendidikan itu adalah tugas dan panggilan yang paling mulia yang harus diselenggarakan oleh negara. Tugas dan panggilan yang sangat mulia itu harus ditangani oleh pemerintah dan tidak boleh diserahkan kepada pihak lain demi menjamin setiap warga negara dapat memperoleh pendidikan yang baik dan benar dan agar pendidikan itu dapat berperan sebagaimana mestinya. Penyelenggaraan pendidikan oleh pemerintah sesungguhnya merupakan suatu gagasan yang baru, karena pada masa itu, negara Athena dengan pemerintahan yang demokratis sedikitpun tidak mau tahu dengan urusan pendidikan. Setiap orang bebas mendidik anak-anaknya sesuai dengan pandangan dan keinginan masing-masing. Bagi yang mampu, mereka bebas untuk membayar guru yang mana pun yang mereka sukai untuk mendidik anak-anak mereka. Pemerintah pada saat itu benar-benar mengabaikan dan mebelantarkan pendidikan yang sebetulnya amat menentukan jatuh bangunnya suatu negara

Pendidikan Plato

emoticon-I Love Indonesia (S)
reserved yah gan
mmmmm....
mantap gan...BTW
cara pertamax bagaimana ya?
nice inpoh gan

Quote:


latihan terus gan, pantang nyerah.
kasih ilustrasi dong TS biar menarik pembacanyaaa, btw nice share nih TS emoticon-I Love Indonesia (S)
baru tau ane tentang pendidikan plato