alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513c9d0ce974b47811000003/gita-ngawurman-menteri-yg-batasi-impor-buah-dan-sayur-adalah-musuh-masyarakat-sehat
Gita Ngawurman, menteri yg batasi impor buah dan sayur adalah musuh masyarakat sehat
Akhir-akhir ini pemerintah telah melakukan pembatasan impor buah dan sayur yg dikonsumsi sehari-oleh masyarakat. Kalau sayur mungkin ok lah dibatasi krn yg lokal juga banyak yg sudah layak konumsi, tapi membatasi buah adalah tindakan ngawur yg menyengsarakan rakyat. Akibatnya adalah buah yg sampai di toko dan pasar sudah kurang segar (mungkin yg segar dan bagus udah diborong orang kaya) dan harganya melambung hingga 2x lipat.

Logika menteri yg membatasi impor ini yakni si Gita Ngawurman adalah supaya masyarakat mengkonsumsi buah lokal. Dia juga membatasi bawang putih impor yg sebenarnya banyak khasiat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Ini logika orang yg ga tau kualitas buah lokal atau emang dia ga doyan buah.

Mana bisa apel malang mengganti apel cina atau amerika atau australia? Wong bentuknya apel malang itu udah ga karuan, rasa juga ga jelas tambah lagi jarang yg ukurannya sempurna, jadi berasa beli apel boleh nyolong pohon tetangga.

Terus satu lagi argumennya adalah tdk perlu konsumsi buah impor krn pilih aja buah lokal yg ada. Ini juga pendapat orang yg ga ngerti kesehatan. Masa orang yg biasa makan jeruk disuruh makan duren atau duku atau manggis? Khasiat masing2 buah itu beda2 dan ada orang yg karena diet perlu makan buah tertentu dan ini dibatasi. Ngerti ga sih dia bahwa orang diabetes atau darah tinggi itu ga boleh sembarang konsumsi buah, sementara buah itu wajib dikonsumsi agar sehat. Dgn membatasi apa yg sebelumnya dapat dibeli dgn cukup mudah hanya akan menyengsarakan kehidupan rakyat, terutama rakyat yg menderita sakit tertentu yg butuh konsumsi buah atau sayur (misalnya bawang putih) tertentu. Dia pikir buah itu perlu diatur kayak minuman keras emoticon-Mad (S)

Menteri yg pintar tapi bodoh macam gini layak diajukan class action karena menghalangi rakyat untuk hidup sehat. emoticon-Cape deeehh
ijin nyimak.deh....
kalo urusan birokrat cape deh......
mungkin aja pengen memakmurkan produsen sayuran ma buah dalam negeri gan... biar gak kalah terus ma yang impor.
kayak e indonesia bisa deh produksi semua sayuran dan buah yg bergizi..
makanya dilarang ngimprrrooott...
ditunggu aja dampaknya ntar
terserah dah,politik ribet
Quote:Original Posted By rezafre
mungkin aja pengen memakmurkan produsen sayuran ma buah dalam negeri gan... biar gak kalah terus ma yang impor.
kayak e indonesia bisa deh produksi semua sayuran dan buah yg bergizi..
makanya dilarang ngimprrrooott...
ditunggu aja dampaknya ntar


Yah mungkin jga geto gan
jujur kalo ane malah setuju sama kebijakan ini gan. mungkin awalnya terkesan mencekik masyarakat karena harga makin mahal dengan kualitas lokal yang ga sebaik kualitas impor. tapi kalo dibiarin terus, kapan kita mau berkembang gan? indonesia itu negara subur lho, hampir semua jenis produk holtikultura bisa ditumbuhin di tanah kita. tapi ya kurangnya teknologi dan pengetahuan petani, sarana dan prasarana untuk ngebawa hasil pertanian juga kurang. that's why kualitasnya ga sebaik produk impor (kurang seger dll). kasian petani kita gan. emang pemerintah masih kurang persiapan, kurang akurat ngitung supplay sama demand yang bikin harga melonjak naik. dengan adanya kebijakan ini, masyarakat juga 'dipaksa' untuk lebih memilih produk lokal. petani juga diharapkan untuk meningkatkan produksi dan kualitas.
btw ini pembatasan impor loh gan, jadi masih ada impor tapi hanya dikurangi, bukan pemberhentian impor. hehe. maaf kalo ada salah2 kata, just
IMHO emoticon-Smilie