alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! Mau dimodalin 25 Juta untuk acara komunitas? Ceritain aja tentang komunitas lo di sini!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Skala Richter (SR) dalam Gempa Bumi
4.5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/513b88411cd719ff7c000000/mengenal-skala-richter-sr-dalam-gempa-bumi

Mengenal Skala Richter (SR) dalam Gempa Bumi

Mengenal Skala Richter (SR) dalam Gempa Bumi

Selamat malam agan/aganwati

No Repsol gan....
Spoiler for No Repsol:


Langsung aja gan ...

Jika gempa bumi terjadi, maka tak asing bagi kita mendengar istilah Skala Richter (SR). Misal, Gempa bumi yang terjadi di jepang mencapai 9,8 SR. Lalu apa sebenarnya skala richter itu?

Spoiler for Seismograf:


Definisi Skala Richter

[QUOTE=]
Skala Richter atau SR didefinisikan sebagai logaritma (basis 10) dari amplitudo maksimum, yang diukur dalam satuan mikrometer, dari rekaman gempa oleh instrumen pengukur gempa (seismometer) Wood-Anderson, pada jarak 100 km dari pusat gempanya. Sebagai contoh, misalnya kita mempunyai rekaman gempa bumi (seismogram) dari seismometer yang terpasang sejauh 100 km dari pusat gempanya, amplitudo maksimumnya sebesar 1 mm, maka kekuatan gempa tersebut adalah log (10 pangkat 3 mikrometer) sama dengan 3,0 skala Richter. Skala ini diusulkan oleh fisikawan Charles Richter.

Untuk memudahkan orang dalam menentukan skala Richter ini, tanpa melakukan perhitungan matematis yang rumit, dibuatlah tabel sederhana seperti gambar di samping ini. Parameter yang harus diketahui adalah amplitudo maksimum yang terekam oleh seismometer (dalam milimeter) dan beda waktu tempuh antara gelombang-P dan gelombang-S (dalam detik) atau jarak antara seismometer dengan pusat gempa (dalam kilometer). Dalam gambar di samping ini dicontohkan sebuah seismogram mempunyai amplitudo maksimum sebesar 23 milimeter dan selisih antara gelombang P dan gelombang S adalah 24 detik maka dengan menarik garis dari titik 24 dt di sebelah kiri ke titik 23 mm di sebelah kanan maka garis tersebut akan memotong skala 5,0. Jadi skala gempa tersebut sebesar 5,0 skala Richter.
Skala Richter pada mulanya hanya dibuat untuk gempa-gempa yang terjadi di daerah Kalifornia Selatan saja. Namun dalam perkembangannya skala ini banyak diadopsi untuk gempa-gempa yang terjadi di tempat lainnya.
Skala Richter ini hanya cocok dipakai untuk gempa-gempa dekat dengan magnitudo gempa di bawah 6,0. Di atas magnitudo itu, perhitungan dengan teknik Richter ini menjadi tidak representatif lagi.
Perlu diingat bahwa perhitungan magnitudo gempa tidak hanya memakai teknik Richter seperti ini. Kadang-kadang terjadi kesalahpahaman dalam pemberitaan di media tentang magnitudo gempa ini karena metode yang dipakai kadang tidak disebutkan dalam pemberitaan di media, sehingga bisa jadi antara instansi yang satu dengan instansi yang lainnya mengeluarkan besar magnitudo yang tidak sama.[/QUOTE]

Asal Usul Skala Richter

[QUOTE=]Skala yang diukur oleh alat seismograf umumnya adalah Richter. Skala Richter mengukur kuatnya gelombang kejut yang ditimbulkan gempa bumi. Skala ini diciptakan pada tahun 1935 oleh Charles F. Richter, seorang ahli ilmu gempa bumi (seismologi) asal Institut Teknologi California, Amerika. Pada waktu itu Charles Richter dibantu koleganya yang bernama Beno Guttenberg.
Skala Richter pada mulanya hanya dibuat untuk gempa-gempa yang terjadi di daerah California Selatan, Amerika Serikat saja. Dalam perkembangannya, skala ini kemudian digunakan secara luas setelah dimodifikasi terlebih dahulu. Skala Richter ini didasarkan pada pengukuran-pengukuran yang dilakukan oleh alat yang bernama seismograf yang diletakkan sekitar 100 km atau 62 mil dari pusat gempa (epicentre).
Menurut skala Richter, kekuatan gempa bumi digambarkan dengan pecahan desimal dan ada hubungan dengan energi gempa . Sebagai contoh, gempa dengan kekuatan 2.0 atau lebih kecil dianggap gempa mikro, biasanya tidak dapat dirasakan oleh manusia dan hanya tercatat pada seismograf terdekat. Gempa bumi dengan kekuatan 4.5 dapat tercatat pada seismograf di seluruh dunia dan terjadi ribuan kali dalam setahun termasuk gempa kecil. Kekuatan 5.3 dikelompokkan sebagai gempa bumi sedang atau menengah dan kekuatan 6.3 termasuk kelas gempa bumi kuat. Karena skala Richter menggunakan kelipatan logaritma, maka setiap angka mewakili kekuatan yang 10 kali lebih kuat dibandingkan angka sebelumnya.
Sebenarnya, masih banyak satuan lainnya yang dapat digunakan untuk mengukur gempa bumi. Kesemuanya menyatakan seberapa besar kekuatan dan dampak yang ditimbulkan dari gempa bumi tersebut. Namun yang terpenting adalah upaya kita untuk meminimalisir kerusakan dan korban jiwa akibat dari gempa bumi.[/QUOTE]

Neeh ane tambahin Pict nya gan
Spoiler for Alat Ukur:


Spoiler for Hasil Seismograf:


Segitu aja gan penjelasannya..
yang udah ISO mohon hargai jerih payah TS...Biasa IJO IJO...emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Tinggalin jejak ye gan...biar kagak dibilang setan...

Mengenal Skala Richter (SR) dalam Gempa Bumi

Tambahan dari agan Angole...
Quote:
Diubah oleh rocktrap
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pertamax diamanin TS
weew gan emoticon-Matabelo..
Quote:


Kenapa gan...???
Mau di seismograf juga...??
emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
berat gan emoticon-Belo

mantab infonya
Quote:


Berat apanya gan..??
Dibaca dolo makanya gan..
darimana sumbernya gan?
numpang pejwan sambil nunggu jawaban ane bantu ret
Ane tambahin gan

Ukuran Skala Richter Keterangan
1,0 - 3,0 Tidak diberi label oleh manusia.
3,0 - 3,9 Dirasakan oleh masyarakat di sekitar pusat gempa. Lampugantung mulai goyang.
4,0 - 4,9 Terasa sekali getarannya. Jendela bergetar, permukaan air beriak-riak, daun pintu terbuka-tutup sendiri.
5,0 - 5,9 Sangat sulit untuk berdiri tegak. Porselin dan kaca pecah, dinding yang lemah runtuh, dan permukaan air di daratan terbentuk gelombang air.
6,0 - 6,9 Batu runtuh bersama-sama, runtuhnya bangunan bertingkat tinggi, rubuhnya bangunan lemah, retakkan di dalam tanah.
7,0 - 7,9 Tanah longsor, jembatan roboh, bendungan rusak dan hancur. Beberapa bangunan tetap, keretakan besar di tanah, rel kereta api rusak. Terjadi kerusakan total di daerah gempa.
8,0 - … Dapat menyebabkan kerusakan serius di beberapa daerah dalam radius seratus kilometer dari wilayah gempa.

emoticon-Toast
Quote:

HEhehee,, maaf ye gan ane lupa kasih link nya...
http://www.serupedia.com/2013/03/men...lam-gempa.html

Quote:


Quote:


Makasih banyak buat agan Angole neeh yang udah bantu kasih kejelasan... emoticon-Blue Guy Cendol (L)
wahh bacaan yg berat... but nice info.. btw kalau ga salah ada skala pengukuran lain juga ya selain Ritcher ?
Quote:


Alatnya Seismograf gan...
Skala Richter digunakan untuk menggambarkan besaran gempa sedangkan Skala Mercalli digunakan untuk menunjukkan
intensitas gempa, atau pengaruh gempa terhadap tanah, gedung, dan manusia.
CMIIW...
Post ini telah dihapus oleh dpk4212
wahhh nicee inpooo gannn
Quote:


bantu rate dong gan...
Quote:

banti rate dong gan...
sepi amat ya yang komeng...
sundul dolo daaah..emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up
emoticon-Sundul Up
Serem ya gan
masih ada yg lebih besar gan
ane pernah baca artikel yg mengupas tentang skala MSR (Mega Skala Richter) atau gempa di atas 10 SR,
gak bisa bayangin deh kalo sampai terjadi emoticon-Takut

Diubah oleh 8959robert


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di