alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5136c555e674b49c49000001/mencoba-bekerja-di-korea
Mencoba Bekerja di Korea
Mencoba Bekerja di Korea
Meningkatnya informasi mengenai Korea, khususnya Korea Selatan membuat jumlah kunjungan ke negara ini naik tajam. Tujuan kunjungan ke Korea tidak hanya untuk berwisata namun juga bekerja.

Seperti diketahui potensi bekerja di Korea sangatlah besar. Pada tahun 2012 saja, kuota pekerja asing yang masuk ke negeri gingseng ini sejumlah 46 ribu yang berasal dari 15 negara termasuk Indonesia. Pada saat itu bidang kerja yang ditawarkan adalah 39.100 orang untuk sektor manufaktur, pertanian 3.850 orang, perikanan 1.620 orang, konstruksi 1.300 orang dan jasa sebanyak 130 orang.
Mencoba Bekerja di Korea
Kendati kuota pekerja asing di Korea cukup besar namun bukanlah hal yang mudah untuk bisa bekerja di negara yang mempopulerkan boy band Super Junior tersebut. Ada beberapa hal yang harus benar-benar disiapkan oleh calon pekerja.

Syarat utama yang harus dipenuhi oleh para calon tenaga kerja di Korea adalah keahlian dan keterampilan kerja yang bisa bersaing. Ketrampilan dan keahlian ini menjadi faktor yang sangat penting agar Anda bisa berkompetisi dengan ribuan calon pekerja yang yang menyasar posisi sama. Keahlian lain yang cukup spesifik dan sangat dibutuhkan adalah kemampuan berbahasa Korea. Semua calon pekerja harus mengikuti tes yang diadakan oleh HRD Korea dan BNP2TKI. Test of proficiency di Korea ini lebih sering disebut dengan EPS – TOPIK Bahasa Korea. Jika tes kemampuan berbahasa Korea ini sudah diikuti dan lulus, maka calon peserta baru bisa mendaftar kerja di tempat tujuan dengan melampirkan paspor, hasil medical check up, SKKB, STTB, surat Ijin orang tua, ijin istri/ suami bagi yang sudah berkeluarga. Setelah semua persyaratan dipenuhi maka berkas tersebut bisa dikirim ke BNPTKI untuk diteruskan ke Korea. Ya, sistem pengirimkan tenaga kerja ke Korea memang menggunakan sistem EPS yakni Employment Permit System dengan pola penempatan government to government ( G to G). Hal-hal yang berkaitan dengan penerimaan tenaga kerja di Korea dibahas dengan lengkap dalam laman Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia.

Meniti karir di Korea juga bisa dilakukan oleh mereka yang sedang menuntut ilmu di sini. Cara yang paling mudah untuk mendapatkan info pekerjaan sembari kuliah adalah dengan bergabung di beberapa milis komunitas Indonesia di Korea. Dengan banyak bergaul dengan berbagai komunitas mahasiswa dan warga Indonesia di Korea, Anda bisa lebih mudah mendapatkan segala informasi pekerjaan part time.

Oya, sebagai calon pekerja di Korea Anda juga harus menyiapkan fisik sebaik mungkin agar mudah beradaptasi dengan cuaca di segala musim. Seperti diketahui negara yang populer dengan K-POP dan K-Drama ini mengalami 4 musim dalam 1 tahun yakni musim dingin, gugur, panas dan semi. Musim dingin dimulai pada bulan Desember. Saat itu suhu mulai mencapai titik beku dan puncaknya terjadi pda bulan Januari saat titik beku mencapai dibawah 0 derajat. Pada musim ini Anda harus menyiapkan pakaian yang berlapis dan jaket tebal, tutup kepala, telinga, sepatu tertutup dan sarung tangan untuk menahan dinginnya salju.

Pada bulan Maret hingga Mei, Korea memasuki musim semi. Suhu udara mulai naik. Untuk orang Indonesia, cuaca musim dingin mungking masih dirasa dingin. Tetap gunakan pakaian tebal atau jaket ringan dan sepatu untuk menahan hawa dingin. Musim selanjutnya adalah musim panas yakni pada bulan Juni hingga Agustus. Pada saat itu, cuaca di Korea terasa tidak berbeda jauh dengan Indonesia. Bersiaplah untuk mengantisipasi hujan yang datang tanpa diduga dengan menyiapkan payung.

Musim selanjutnya adalah musim gugur yang terjadi pada bulan September hingga November. Hampir sama seperti musim semi pada saat itu cuaca agak dingin. Kenakan pakaian hangat untuk menahan angin yang mulai sering berhembus.

Semakin maksimal persiapan yang Anda lakukan seperti mengetahui tips saat musim dingin di Korea, cara pengurusan visa dan pemahaman terhadap huruf Korea akan mempermudah Anda untuk meniti karir di negara ini.emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
NIce info sist..
Sip bro