CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
Animal Welfare and Five of Freedom
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5135f8e2e374b49805000005/animal-welfare-and-five-of-freedom

Animal Welfare and Five of Freedom

Animal Welfare and Five
of Freedom


Pecinta binatang wajib memahami Animal Welfare dan Five of Freedom sebagai keharusan dasar dalam memperlakukan hewan peliharaan.

Five of Freedom

Merupakan pelaksanaan dari konsep kesejahteraan satwa (animal welfare) yang harus dipenuhi oleh setiap animal lovers (pencinta satwa) untuk memberikan kondisi lingkungan yang sesuai bagi binatang peliharaan.

Animal Welfare

atau kesejahteraan hewan adalah suatu usaha yang timbul dari kepedulian kita sebagai manusia untuk memberikan lingkungan yang sesuai untuk binatang. Tujuannya agar dapat meningkatkan kwalitas hidup hewan peliharaan, khususnya yang terikat dan terkurung.

Prinsip kesejahteraan binatang ini sebenarnya berlaku untuk semua jenis binatang. Baik binatang yang hidup bersama manusia seperti hewan ternak, hewan kesayangan hewan percobaan, binatang untuk kerja, dan binatang pertunjukkan.
Bahkan berlaku juga untuk binatang yang hidup di alam liar.
Dalam Animal welfare dikenal Five of Freedom atau lima kebebasan yang harus dimiliki hewan peliharaan untuk dapat hidup layak dan normal.

Five of Freedom yang dicetuskan oleh Inggris pada tahun 1992 itu terdiri atas;

Freedom from hunger and thirst

Freedom from hunger and thirst atau bebas dari rasa lapar dan haus dilakukan dengan pemberian pakan (makanan dan minuman) yang tepat, proporsional, higienis dan memenuhi kandungan gizi sesuai kebutuhan masing-masing binatang.

Freedom from thermal and physical
discomfort


Freedom from thermal and physical discomfort atau bebas dari panas dan rasa tidak nyaman secara fisik dilakukan dengan menyediakan lingkungan, tempat tinggal, tempat istirahat dan fasilitas lainnya yang nyaman dan sesuai dengan perilaku hewan tersebut.
Paling tidak hewan memerlukan dua tempat yang berbeda yakni tempat terbuka untuk beraktifitas dan tempat tertutup untuk beristirahat.

Freedom from injury, disease and pain

Freedom from injury, disease and pain atau bebas dari luka, penyakit dan sakit dapat dilakukan dengan melakukan perawatan, tindakan untuk pencegahan penyakit , diagnosa penyakit serta pengobatan yang tepat terhadap binatang peliharaan.

Freedom to express most normal pattern of behavior

Freedom to express most normal pattern of behavior atau bebas mengekspresikan perilaku normal dan alami dilakukan dengan penyediaan ruang dan kandang yang memadai dan fasilitas yang sesuai dengan perilaku alami hewan. Termasuk penyediaan teman (binatang sejenis) atau bahkan pasangan untuk berinteraksi sosial maupun melakukan perkimpoian.

Freedom from fear and distress

Freedom from fear and distresss atau bebas dari rasa takut dan penderitaan dilakukan dengan memastikan bahwa kondisi dan perlakuan yang diterima hewan peliharaan bebas dari segala hal yang menyebabkan rasa takut dan stress seperti konflik dengan spesies lain dan gangguan dari predator.

Animal Welfare di Indonesia

Di Indonesia konsep Animal Welfare dengan Five of Freedom–nya masih menjadi hal yang asing. Mungkin lantaran banyak yang menganggap binatang sekedar makhluk yang tidak dapat merasakan apa-apa dan bertindak tanpa kesadaran
Artinya, hewan tidak membutuhkan kesejahteraan. Padahal, harus diakui binatang pun memerlukan lingkungan yang alamiah, aman dan nyaman untuk dapat hidup secara normal. Setiap perlakuan yang tidak wajar, dapat mengakibatkan stres, gangguan kesehatan, perubahan perilaku, gangguan pertumbuhan dan perkembangan hingga bahaya kematian.

Sobat seorang pecinta binatang, merasa sayang dan peduli pada binatang??????

Sudahkah melaksanakan Animal Welfare dengan memberikan Five of Freedom kepada binatang-binatang kita?????



Credit:

Alamendah
http://www.profauna.org/content/id/aware/kesejahteraan_hewan_bagi_kesehatan_manusia.html
en.wikipedia.org/wiki/Animal_welfare
Diubah oleh averroes
Thread sudah digembok
tapi nggak sedikit binatang peliharaan yang cocok dengan konsep animal welfare ini sendiri gan.

mungkin karna sang pemilik takut kehilangan binatang peliharaannya, walau sebenarnya keinginan sang majikan tersebut mungkin ada yang tidak senang oleh binatang tersebut.

contohnya: si kucing/anjing pengen keluar rumah buat jalan2, tapi sang majikan malas ngajak jalan si kucing/anjing di karenakan kesibukan sang majikan.

hal itu bisa buat stres si anjing/kucing itu sendiri loh, nggak sedikit pula kasus binatang peliharaan yang ngacir dari rumah emoticon-Ngacir
Quote:


Hal ini tentu erat kaitannya dengan hewan yang sudah dijadikan komoditi bahkan industri
Quote:


contohnya gimana hnih gan??

ane juga bingung maksud agan dalam hal industri emoticon-Big Grin
Quote:


Klo kaitannya dengan hewan2 yg sudah domestifikasi (kucing/anjing) maka memang agak susah pengaplikasiannya. Tapi "susah" bukan berarti tidak bisa kan?
Mereka lebih memilih kucing/anjing nya di kandang saja karena takut hilang dicuri mengingat nilai jualnya yang tinggi.
Nilai jual yang tinggi jualah yang membuat akhirnya muncul industri2 yang berkaitan dengan hewan peliharaan.
Dalam satu kasus yang saya temui, ada satu Kennel yang dengan teganya hanya menjadikan anjing betina hanya sebagai penghasil keturunan. Si anjing betina tersebut tidak pernah keluar kandang semenjak adult dan bisa hamil. Jadi tugasnya hanya makan, tidur, kimpoi, beranak. Dengan keadaan seperti itu bagaimana menurut Agan?
Quote:


yup seperti itu yang udah ane bilang tadi.

itu contoh studi kasus yang kecil saja, kan juga banyak binatang peliharaan yang lain, maka dari itu konsep tersebut kurang cocok di terapkan pada binatang peliharaan, apalagi untuk orang metropolitan yang tinggal di tempat yang super sibuk tiap jam nya.
Quote:


Simpelnya jangan memelihara jika tidak bisa menerapkannya Gan.. hehehe
Quote:


yup.

tapi ngomong2 apa hubungan dari trit ini ama green lifestyle yak??

emoticon-Hammer2

ini tentang kebebasan binatang kan??

yang harus di bahas musti tentang cara menjaga lingkungan agar tidak terjadinya pemanasan global. emoticon-Hammer2
Quote:


Hehee bener juga sih Gan.. tapi ane juga ga bisa ngepost di forum hewan. Dan setau ane hewan juga bagian dari ekosistem lingkungan. Hilangnya satu link dalam ekosistem tentu dapat mengganggu keseimbangan.
Quote:


mending agan share di the lounge aja gan soalnya disana lebih umum emoticon-Cendol (S)

sorry yah, tritnya ane request closed/di gembok.

jangan kecil hati gan, cek cp yah emoticon-Cendol (S)
gan ave, jangan kapok posting ya.

rambatte rattahayo, marih kitah singsingkanh lenganh bajuh kaloh kitah mauh majhuuu..
Quote:


Siap Gan fahmee.. cek cp nya
perlu pengenaln dlu g ya gan ke masyarakat,emoticon-Bingung (S)
malum indonesia kyanya menganggap ini suatu yg baru emoticon-Malu (S)
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di