alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51336e7c532acf7b49000003/pemerhati-pendidikan-dari-belanda-bahasa-indonesia-lebih-unggul
icon-hot-thread
Pemerhati Pendidikan dari Belanda: Bahasa Indonesia Lebih Unggul
Jakarta—Penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah dinilai lebih unggul dibandingkan dengan bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang konsisten. Struktur penulisannya sangat jelas dan logis.

Pendapat ini dikemukakan oleh psikolog sekaligus pemerhati pendidikan dari Belanda, Annie Makkink pada kunjungannya ke Kantor Kemdikbud, Jakarta, Senin (25/02/2013).
Spoiler for Pic Annie Makkink:


Annie mengatakan, banyak kata yang dibentuk dalam bahasa Indonesia berasal dari sebuah kata dasar, yang diberi awalan dan/atau akhiran. Jika seseorang telah mengenal beberapa kata dasar maka sudah dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia. “Penulisan dalam bahasa Indonesia mempunyai struktur yang sangat jelas. Setiap huruf mempunyai bunyi tersendiri. Apa yang ditulis itulah yang diucapkan,” kata lulusan jurusan psikologi dari Universitas Groningen Belanda ini.

Annie mencontohkan, penulisan huruf b u k u akan diucapkan seperti yang tertulis b/u k/u. Hal ini berbeda dengan bahasa Inggris. Bahasanya tidak konsisten karena tidak ada hubungan murni antara huruf dan suara atau bunyi. “Karena itu, tidak mudah untuk mengucapkan apa yang tertulis,” katanya.

Dia mencontohkan, sejumlah kata yang berakhiran “ough” seperti bough, cough, rough, though, dan through, jiika diucapkan akan terdengar seperti cow, off, puff, no, dan too.

“Anak saya baru berumur enam tahun saat datang ke Indonesia. Saya menyuruh belajar bahasa Indonesia. Saya memberitahu yang berbeda dengan bahasa Belanda. Dia langsung bisa membaca dan mendapat nilai delapan untuk bahasa Indonesia di rapor. Walaupun belum bicara bahasa Indonesia, tetapi bisa membaca, karena strukturnya sederhana,” katanya mengisahkan.

Annie mengenal Indonesia sejak 1980 saat mengikuti suaminya yang bekerja sebagai konsultan teknik untuk sekolah menengah kejuruan. Dia mulai meneliti penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar di sekolah sejak diminta membantu mengajar matematika di sekolah Indonesia.

Dia kemudian pulang kembali ke Belanda pada 1983, namun tetap berhubungan dengan Indonesia. Sejak tahun 1998 dia menjadi penggiat program Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), suatu program untuk meningkatkan mutu pendidikan matematika di sekolah dasar (SD).

Annie melanjutkan, keunggulan bahasa Indonesia juga dapat dilihat saat digunakan sebagai bahasa pengantar pada mata pelajaran matematika. Misalnya, untuk menjelaskan perkalian dalam matematika anak cukup mengetahui kata dasar “kali”. “Kata ini juga mudah terdengar jika diberikan imbuhan menjadi ‘beberapa kali’ atau ‘berkali-kali’,” terang Annie.

Sementara, di sisi lain, bahasa Inggris lebih sulit digunakan. Untuk menjelaskan ungkapan “tiga kali empat” yaitu dengan menyebutkan “three times four”. Guru juga harus menjelaskan bahwa itu perkalian atau multiplication. “Kata-kata dan bunyinya berbeda,” katanya.

“Waktu saya melihat guru mengajar matematika dengan bahasa Inggris sangat menyedihkan. Guru juga tidak lancar bahasa Inggris, dia sibuk dengan menjelaskan kata-kata yang ditulis,” ujarnya .

Hasilnya, kata Annie, bahasa Inggrisnya jelek dan matematika juga jelek. Guru mengajar menggunakan bahasa Inggris, yang dia sendiri tidak begitu paham. “Menterjemahkan kalimat bagi anak makan waktu,” katanya.

Annie mengaku beruntung dapat mengerti bahasa Indonesia. Banyak negara, kata dia, akan merasa iri dengan bahasa Indonesia karena bahasanya jelas. Dan tepat digunakan terutama untuk mengajarkan matematika dan IPA.

“Hanya beberapa kata sudah jelas. Tidak perlu banyak cerita. This is very good (implement) in math. Siswa kelas satu di Indonesia setingkat dengan kelas dua di Inggris. Jangan membuang bahasa yang begitu bagus,” katanya.

Quote:"Annie mengaku beruntung dapat mengerti bahasa Indonesia. Banyak negara, kata dia, akan merasa iri dengan bahasa Indonesia karena bahasanya jelas."
"Jangan membuang bahasa yang begitu bagus,” katanya.


Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud Ramon Mohandas menyampaikan, penggunaan bahasa Indonesia untuk kata-kata istilah teknis di matematika konsisten tidak seperti bahasa Inggris. Dia (Anie) melihat bahwa pengajaran bahasa Inggris pada matematika lebih mudah menggunakan bahasa Indonesia dibandingkan dengan menggunakan bahasa Inggris." Semua sekolah harus menggunakan pengantar bahasa Indonesia," katanya.

Ketentuan ini, kata dia, berlaku juga bagi sekolah RSBI, yang telah dihapus penyelenggaraannya oleh Mahkamah Konstitusi. “Kalau sekolah internasional silakan saja menggunakan bahasa Inggris,” katanya. (ASW)


Spoiler for Kunjungan Ibu Annie Makkink ke SDPN Sabang Bandung:


Spoiler for Pendapat ane::


Sumber: Kemdiknas
Saya pernah ngobrol sama Kepala Balai Bahasa Bandung, dia juga mengungkapkan hal yang sama. Bahasa Indonesia itu yang ditulis sama ama yang diucap. Terus strukturnya juga sederhana, ga ada past, present, future tenses.

Kalo kata dia, kalo Bahasa Indonesia jadi bahasa internasional, warga dunia akan lebih gampang mempelajarinya daripada bahasa Linggis. emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By tret ane yang laen
[Bukan Aceng] Karya Siswa SMAN 1 Garut - Composting Toilet - Air Hemat, Kompos Dapat (pernah jadi HT) emoticon-Recommended Seller
semoga bahasa Indonesia makin populer di dunia internasional emoticon-I Love Indonesia
ngomong campur2 bhs asing biar dikira intelek sekaligus gaul
Bahasa Indonesia emang gampang gan, orang indonesia yg menetap di luar negeri mudah menyesuaikan diri dan dialeknya bisa menyerupai org asli sana, beda dengan org asing yg menetap di Indonesia, walaupun bahasanya bener tp dialeknya kacau, pengucapannya masih terpengaruh bahasa utamanya

nebeng di thread calon HT

memang secara phonetik pengucapan sebuah kata dlm bhs Indonesia adalah konsisten/sama dgn bunyi huruf.

dengan kata lain bahasa Indonesia adl bahasa yg ga munafik, hehe.

Mari berbahasa Indonesia dengan baik, jangan seperti Pak Wapres, yang tdk tahu arti kata "acuh", persepsi beliau, acuh=cuek, padahal acuh=peduli.

Wapres Boediono Sebut Orang Indonesia Malas dan Acuh
wah...menarik sekali....ane aja sekarang lagi di luar negri..bukannya ane belajar bahasa negara itu, malah orang2 international pada belajar bahasa indo...
nice share gan...ane bantu rate ya..
Quote:Original Posted By mbia
ngomong campur2 bhs asing biar dikira intelek sekaligus gaul


Bahasa Indonesia bahasa yang bagus, sederhana. Cuma, menurut saya sih terlalu banyak kata serapan dan terlalu sederhana sehingga kadang-kadang susah dicari padanan kata yang bisa dipakai untuk mengekspresikan apa yang dipikirkan, makanya jadi beralih ke bahasa lain seperti bahasa Inggris. Struktur yang terlalu sederhana juga bermata dua. Selain positif, juga ada hal negatifnya, misalnya kalimat menjadi tidak jelas apakah sudah terjadi atau belum terjadi (tidak ada bentuk lampau atau bentuk masa depan). Terdapat juga kata benda ambigu (misalnya dia laki-laki atau dia perempuan). Jadi selain kelebihan, ada juga kekurangannya.

Belajar bahasa lain tetap bagus, tetapi bahasa pengantar utama di sekolah-sekolah harus tetap bahasa Indonesia.
Quote:Sayangnya bahasa kita yang dinilai bagus oleh bangsa lain, malah oleh orang kita sendiri dibuat2 jadi aneh, alay, dicampur aduk dengan bahasa inggris, korea, atau jepang dengan logat nggak karuan...
Sepakat, TS...
emoticon-2 Jempol
Lebih banyak orang yg ngerasa keren kalo ngomong pake bahasa bule, jepang atau korea, ketimbang pake bahasa Indonesia...
Tragis...
emoticon-Cape d... (S)
yah, setuju banget sama noni yg 1 ini
ane hanya cinta satu bahasa, bahasa Indonesia aksen kaskusemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Kaskus (S)
Memang bahasa indonesia adalah bahasa persatuan.
Mudah mudahan jadi bahasa dunia ... amiinn emoticon-army

Tetangga kayaknya iri pas waktu pidato s kalimantan..
'Ayo pake bahaaasa melayu' padahal d negaranya bnyak yg pake inggris emoticon-Big Grin
Bahasa indonesia memang dashyat. Salut ane.
dan sekarang muncul bahasa2 alay

ciyus miapah emoticon-Nohope
semoga di masa depan bahasa kita menjadi B.internasional
biar ane juga ga perlu pusing belajar B.inggris emoticon-Malu (S)
ciyus? miapah? 3n3l4n? << di rusak. kreatifitas yang salah jalur emoticon-Ngakak (S)
emoticon-Matabelo gimana ceritanya kalo ternyata anaknya dapet nilai 4 ?
Wah ternyata bahasa Indonesia diterima dengan baik di manca negara emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
yup bahasa Indonesia itu bahasa yg konsisten
emang bahasa kita mudah kok, terutama dalam hal penyerapan kata bahasa asing, aturannya jelas dan gampang dimengerti, dibanding bahasa malay yang kalo nyerap bahasa asing sembarangan/ga jelas, atau bahasa inggris yang tensesnya beda2, atau bahasa jepang/cina yang penulisannya pake kanji yang ribuan jumlahnya emoticon-Cool

Quote:Original Posted By 150208
ciyus? miapah? 3n3l4n? << di rusak. kreatifitas yang salah jalur emoticon-Ngakak (S)


kalo kata dosen bahasa ane itu sah2 aja dalam bahasa Indonesia, asalkan dipake sesuai habitatnya masing2 emoticon-Hammer
gue ama anak anak priok laennya ngerasa bangga bray ama bahasa indonesia
doski yang hollander aja demen bray
kali dah yang anak priok kaga demen
bakal gue tampolin abis abisan noh bocah
lo tau gue gemana dah

ah elahhh