alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5127f7020176089469000009/waktu-tidur-yang-sehat-bagi-remaja-dan-dewasa
Waktu Tidur yang Sehat Bagi Remaja dan Dewasa
numpang share aj gan,kali aja blm bnyak yang tw..
maaf seandainya klo repost..
emoticon-Cendol (S)
Quote:Tubuh memang memerlukan istirahat atau tidur untuk mengembalikan energi dan bisa beraktivitas kembali. Waktu tidur yang normal untuk usia 18 tahun atau remaja ialah sekitar 6-7 jam setiap malamnya. Namun kebiasaan buruk yang umumnya dilakukan para remaja ialah begadang. Hal ini yang akan menyebabkan Anda kelelahan pada siang hari serta bangun lebih siang.

Studi terbaru menunjukkan pola tidur yang berbeda antara remaja dengan anak-anak dan orang dewasa. Studi ini menunjukkan bahwa hormon melatonin pada remaja diproduksi di malam hari, berbeda dengan anak-anak dan orang dewasa. Hormon inilah yang menyebabkan remaja lebih sulit untuk tidur lebih awal.

Bila hal ini terus menerus terjadi, disertai dengan beban aktivitas fisik yang berlebih, remaja akan menjadi stres karena hanya memikirkan hal-hal sepele yang membuatnya tidak dapat tidur. Selain itu, kesulitan tidur akan berdampak pada tingkat konsentrasi belajar dan bekerja, serta secara emosional akan menjadi mudah sedih dan depresi.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menetapkan waktu tidur yang teratur. Bagi usia remaja dan dewasa, waktu terbaik untuk tidur ialah antara pukul 9-12 malam. Asumsikan Anda tidur 7 jam, maka Anda akan terbangun pukul 4-5 pagi. Jika aktivitas Anda baru dimulai lebih siang, pergunakan waktu di pagi hari ini untuk aktivitas lain, misalnya belajar. Lakukan pola tidur ini terus selama seminggu hingga tubuh akhirnya terbiasa.
Lakukan juga olahraga rutin pada sore hari, serta kurangi konsumsi stimulan seperti kopi dan rokok saat hendak tidur. Selain itu buatlah suasana kamar menjadi nyaman serta buatlah pikiran Anda lebih rileks. Yang terpenting, bila Anda mengantuk pada siang hari, hindari tidur siang. Ingatkanlah diri bahwa Anda sedang berusaha untuk membentuk pola tidur Anda.


emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)

sumber

up up up emoticon-Cendol (S)
Nice info ts emoticon-Smilie Ane pernah baca gan pada saat remaja hormon pertumbuhan (GH/growth hormone) meningkat saat sedang tidur, jadi bagi para remaja jangan keseringan begadang yeee emoticon-Smilie
Ane sering begadang gan, gmn caranya biar bisa tidur teratur? emoticon-Matabelo
ane belakangan ini juga agak teratur tidurnya, kalo kemarin-kemarin jam 3 baru tidur emoticon-Cape d...
sundul gan,thread bagus kok sepi banget
emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Bingung (S)
Ini masalah ane gan sampe sekarang. Susah tidur yg bener. Giliran nyoba pola tidur yg bener eh malah sakit. Jadi idup ane kaya kolaborasi kelelawar sama uler sawah. Mslam melek, tidur pagi. Kalo uda tidur ga inget bangun. emoticon-Big Grin hibernasi seharian.