- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal kode registrasi pada pesawat


TS
apinkrevous
Mengenal kode registrasi pada pesawat
Agan-agan pasti susah sering melihat kode huruf-angka yang ada pada bagian belakang pesawat. Nah, kode tersebut merupakan nomor identitas dari setiap pesawat dan telah diatur oleh badan penerbangan internasional. Untuk di Indonesia, seperti yang agan-agan lihat diawali dengan PK-AAA hingga PK-ZZZ kemudian dilanjutkan dengan initial airlines seperti G untuk Garuda, L untuk Lion Air, M untuk Merpati Nusantara.
[url]
[/url]
[url]
[/url]
Berikut penjelasan dan sejarah awal dari pemberian kode unik tersebut.
[url]
[/url]
Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat buat agan-agan pecinta aviasi
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Aircraft_registration
Semoga nga
[url]

[url]

Berikut penjelasan dan sejarah awal dari pemberian kode unik tersebut.
Spoiler for Sejarah Awal:
Sebuah pendaftaran pesawat udara adalah unik alfanumerik unik yang mengidentifikasi pesawat sipil, dalam cara yang mirip dengan plat pada mobil. Sesuai dengan Konvensi Penerbangan Sipil Internasional semua pesawat harus terdaftar dengan otoritas penerbangan nasional dan mereka harus membawa bukti pendaftaran ini dalam bentuk dokumen hukum yang disebut Sertifikat Pendaftaran setiap saat ketika beroperasi. Sebagian besar negara juga membutuhkan pendaftaran pesawat yang akan dicantumkan pada piring tahan api permanen dipasang di pesawat untuk tujuan kecelakaan pesawat post-fire/post-crash penyelidikan.
Karena pesawat biasanya menampilkan nomor pendaftaran mereka di pesawat belakang tepat di depan ekor, pada jaman dulu, lebih sering pada ekor sendiri, pendaftaran sering disebut sebagai "nomor ekor".
Meskipun masing-masing pendaftaran pesawat udara adalah unik, beberapa negara memungkinkan untuk digunakan kembali ketika pesawat telah dijual, hancur atau pensiun. Juga mencatat bahwa pesawat individu dapat ditugaskan pendaftaran yang berbeda selama keberadaannya. Hal ini dapat terjadi karena perubahan kepemilikan pesawat, yurisdiksi pendaftaran, atau dalam beberapa kasus untuk alasan batil.
[url]
[/url]
Karena pesawat biasanya menampilkan nomor pendaftaran mereka di pesawat belakang tepat di depan ekor, pada jaman dulu, lebih sering pada ekor sendiri, pendaftaran sering disebut sebagai "nomor ekor".
Meskipun masing-masing pendaftaran pesawat udara adalah unik, beberapa negara memungkinkan untuk digunakan kembali ketika pesawat telah dijual, hancur atau pensiun. Juga mencatat bahwa pesawat individu dapat ditugaskan pendaftaran yang berbeda selama keberadaannya. Hal ini dapat terjadi karena perubahan kepemilikan pesawat, yurisdiksi pendaftaran, atau dalam beberapa kasus untuk alasan batil.
[url]

Spoiler for Standarisasi Internasional:
Penggunaan pertama pendaftaran pesawat didasarkan pada radio callsigns dialokasikan pada Konferensi Internasional London Radiotelegraphic pada tahun 1913. Ini telah diubah dengan kesepakatan oleh Biro Internasional di Berne dan diterbitkan pada tanggal 23 April 1913. Meskipun alokasi awal yang tidak khusus untuk pesawat tetapi untuk setiap pengguna radio, International Air Navigation Konvensi diadakan di Paris pada tahun 1919 alokasi yang dibuat khusus untuk pendaftaran pesawat, berdasarkan daftar callsign 1913. Perjanjian tersebut menetapkan bahwa tanda kebangsaan itu harus diikuti dengan tanda hubung kemudian sekelompok empat huruf yang harus menyertakan vokal (dan untuk Y konvensi dianggap vokal).
Pada Konvensi Telegrapradio Internasional di Washington pada tahun 1927, daftar tanda-tanda telah direvisi dan diadopsi dari 1928, alokasi ini merupakan dasar dari pendaftaran saat ini digunakan. Tanda-tanda telah diubah dan ditambahkan ke selama bertahun-tahun, dan alokasi dan standar dikelola oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).
Pasal 20 dari Konvensi Chicago Penerbangan Sipil Internasional (ditandatangani tahun 1944) mensyaratkan bahwa semua negara penandatangan mendaftar pesawat lebih berat tertentu dengan otoritas penerbangan nasional. Setelah pendaftaran, pesawat menerima unik "pendaftaran", yang harus ditampilkan dengan jelas pada pesawat.
Lampiran 7 untuk Konvensi Penerbangan Sipil Internasional menjelaskan definisi, lokasi, dan pengukuran kebangsaan dan tanda pendaftaran. Pendaftaran pesawat terdiri dari awalan dipilih dari negara prefix callsign dialokasikan oleh International Telecommunication Union (ITU) (membuat registrasi cara cepat untuk menentukan negara asal) dan akhiran pendaftaran. Tergantung pada negara pendaftaran, akhiran ini adalah kode numerik atau alfanumerik, dan terdiri satu sampai lima digit atau karakter masing-masing. ICAO memberikan suplemen untuk Lampiran 7 yang menyediakan daftar terbaru dari Kebangsaan disetujui dan Marks umum digunakan oleh berbagai negara.
[url]
[/url]
[url]
[/url]
Pada Konvensi Telegrapradio Internasional di Washington pada tahun 1927, daftar tanda-tanda telah direvisi dan diadopsi dari 1928, alokasi ini merupakan dasar dari pendaftaran saat ini digunakan. Tanda-tanda telah diubah dan ditambahkan ke selama bertahun-tahun, dan alokasi dan standar dikelola oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO).
Pasal 20 dari Konvensi Chicago Penerbangan Sipil Internasional (ditandatangani tahun 1944) mensyaratkan bahwa semua negara penandatangan mendaftar pesawat lebih berat tertentu dengan otoritas penerbangan nasional. Setelah pendaftaran, pesawat menerima unik "pendaftaran", yang harus ditampilkan dengan jelas pada pesawat.
Lampiran 7 untuk Konvensi Penerbangan Sipil Internasional menjelaskan definisi, lokasi, dan pengukuran kebangsaan dan tanda pendaftaran. Pendaftaran pesawat terdiri dari awalan dipilih dari negara prefix callsign dialokasikan oleh International Telecommunication Union (ITU) (membuat registrasi cara cepat untuk menentukan negara asal) dan akhiran pendaftaran. Tergantung pada negara pendaftaran, akhiran ini adalah kode numerik atau alfanumerik, dan terdiri satu sampai lima digit atau karakter masing-masing. ICAO memberikan suplemen untuk Lampiran 7 yang menyediakan daftar terbaru dari Kebangsaan disetujui dan Marks umum digunakan oleh berbagai negara.
[url]

[url]

Spoiler for Penggunaan spesifik pada beberapa negara:
Ketika dicat pada badan pesawat, awalan dan akhiran biasanya dipisahkan dengan tanda hubung (misalnya, YR-BMA). Ketika masuk dalam rencana penerbangan , dasbor dihilangkan (misalnya, YRBMA). Di negara-negara yang menggunakan akhiran nomor ketimbang huruf, seperti Amerika Serikat (N), Korea Selatan (HL), dan Jepang (JA), awalan dan akhiran yang terhubung tanpa tanda hubung. Pesawat terbang pribadi biasanya menggunakan pendaftaran mereka sebagai radio mereka callsign , tapi banyak pesawat terbang dalam operasi komersial (terutama charter, kargo, dan penerbangan) menggunakan penanda ICAO penerbangan atau callsign perusahaan. Dalam beberapa kasus, mungkin cukup untuk hanya menampilkan huruf akhiran, dengan kode negara dihilangkan. Misalnya, glider terdaftar di Australia akan menghilangkan awalan VH dan hanya menampilkan akhiran. Jelas, ini hanya cocok di mana pesawat tidak terbang di wilayah udara negara lain.
Bahkan jika akhiran biasanya terdiri dari karakter abjad di negara tertentu, glider dan ultralights terkadang menggunakan angka sebagai gantinya. Sebagai contoh, di Jerman, D-ABCD akan menjadi pesawat bertenaga, sementara D-1234 adalah glider. Di Australia, akhiran glider awal pendaftaran dimulai dengan huruf "G-AU", dan tidak jarang untuk menemukan glider tersebut hanya menampilkan dua huruf terakhir dari akhiran, karena mereka tidak memiliki jangkauan untuk perjalanan internasional. Misalnya, VH-GIQ hanya akan ditampilkan sebagai IQ.
Negara yang berbeda memiliki prefiks pendaftaran yang berbeda: pendaftaran di Kanada mulai dengan C, Inggris dengan G, Jerman dengan D, dan sebagainya. Sebuah daftar lengkap yang tertera di bawah ini.
Di Amerika Serikat, nomor registrasi sering disebut sebagai nomor "N", karena semua pesawat terdaftar di sana memiliki nomor dimulai dengan huruf N. Sebuah sistem alfanumerik digunakan karena sejumlah besar pesawat terbang yang terdaftar di Amerika Serikat. Sebuah N-nomor hanya dapat terdiri dari satu hingga lima karakter, harus mulai dengan lainnya digit dari nol, dan tidak dapat berakhir dalam jangka lebih dari dua huruf. Selain itu, N-angka tidak boleh berisi huruf I atau O, karena kesamaan mereka dengan angka 1 dan 0.
Setiap karakter abjad di akhiran dapat memiliki salah satu dari 24 nilai diskrit, sedangkan setiap digit numerik dapat menjadi salah satu dari 10, kecuali yang pertama, yang dapat mengambil hanya sembilan nilai. Ini menghasilkan total 915.399 nomor registrasi mungkin dalam namespace , meskipun kombinasi tertentu dicadangkan untuk penggunaan pemerintah atau untuk tujuan khusus lainnya. Dengan kemungkinan panggilan begitu banyak, cara pintas radio yang digunakan. Biasanya ketika terbang sepenuhnya di Amerika Serikat, pesawat tidak akan mengidentifikasikan diri dimulai dengan "N", karena yang diasumsikan.
Setelah kontak awal dibuat dengan lokasi kontrol pesawat, hanya yang terakhir dua atau tiga karakter yang biasanya digunakan.
Berikut ini adalah kombinasi yang dapat digunakan:
N1 ke N9 - Federal Aviation Administration (FAA) penggunaan internal saja [2]
N1A ke N9Z
N1AA ke N9ZZ
N10 ke N99 - Federal Aviation Administration (FAA) penggunaan internal saja [2]
N10A ke N99Z
N10AA ke N99ZZ
N100 ke N999
N100A ke N999Z
N100AA ke N999ZZ
N1000 untuk N9999
N1000A ke N9999Z
N10000 N99999
[url]
[/url]
[url]
[/url]
Sebuah pesawat tua (terdaftar sebelum 31 Desember 1948) mungkin memiliki surat kedua di identifier nya, mengidentifikasi kategori pesawat. Ini surat tambahan tidak benar-benar bagian dari identifikasi pesawat (misalnya NC12345 adalah pendaftaran sama dengan N12345). Pesawat surat kategori belum disertakan pada setiap nomor pendaftaran yang dikeluarkan sejak 1 Januari 1949, namun mereka masih muncul di pesawat antik untuk tujuan keaslian. Kategori-kategori tersebut adalah:
C = penerbangan, komersial dan swasta
G = glider
L = terbatas
R = terbatas (seperti cropdusters dan pesawat balap)
S = negara
X = eksperimental
Misalnya, NX-211, Ryan NYP pesawat diterbangkan oleh Charles Lindbergh sebagai Spirit of St Louis, telah didaftarkan dalam kategori eksperimental.
Bahkan jika akhiran biasanya terdiri dari karakter abjad di negara tertentu, glider dan ultralights terkadang menggunakan angka sebagai gantinya. Sebagai contoh, di Jerman, D-ABCD akan menjadi pesawat bertenaga, sementara D-1234 adalah glider. Di Australia, akhiran glider awal pendaftaran dimulai dengan huruf "G-AU", dan tidak jarang untuk menemukan glider tersebut hanya menampilkan dua huruf terakhir dari akhiran, karena mereka tidak memiliki jangkauan untuk perjalanan internasional. Misalnya, VH-GIQ hanya akan ditampilkan sebagai IQ.
Negara yang berbeda memiliki prefiks pendaftaran yang berbeda: pendaftaran di Kanada mulai dengan C, Inggris dengan G, Jerman dengan D, dan sebagainya. Sebuah daftar lengkap yang tertera di bawah ini.
Di Amerika Serikat, nomor registrasi sering disebut sebagai nomor "N", karena semua pesawat terdaftar di sana memiliki nomor dimulai dengan huruf N. Sebuah sistem alfanumerik digunakan karena sejumlah besar pesawat terbang yang terdaftar di Amerika Serikat. Sebuah N-nomor hanya dapat terdiri dari satu hingga lima karakter, harus mulai dengan lainnya digit dari nol, dan tidak dapat berakhir dalam jangka lebih dari dua huruf. Selain itu, N-angka tidak boleh berisi huruf I atau O, karena kesamaan mereka dengan angka 1 dan 0.
Setiap karakter abjad di akhiran dapat memiliki salah satu dari 24 nilai diskrit, sedangkan setiap digit numerik dapat menjadi salah satu dari 10, kecuali yang pertama, yang dapat mengambil hanya sembilan nilai. Ini menghasilkan total 915.399 nomor registrasi mungkin dalam namespace , meskipun kombinasi tertentu dicadangkan untuk penggunaan pemerintah atau untuk tujuan khusus lainnya. Dengan kemungkinan panggilan begitu banyak, cara pintas radio yang digunakan. Biasanya ketika terbang sepenuhnya di Amerika Serikat, pesawat tidak akan mengidentifikasikan diri dimulai dengan "N", karena yang diasumsikan.
Setelah kontak awal dibuat dengan lokasi kontrol pesawat, hanya yang terakhir dua atau tiga karakter yang biasanya digunakan.
Berikut ini adalah kombinasi yang dapat digunakan:
N1 ke N9 - Federal Aviation Administration (FAA) penggunaan internal saja [2]
N1A ke N9Z
N1AA ke N9ZZ
N10 ke N99 - Federal Aviation Administration (FAA) penggunaan internal saja [2]
N10A ke N99Z
N10AA ke N99ZZ
N100 ke N999
N100A ke N999Z
N100AA ke N999ZZ
N1000 untuk N9999
N1000A ke N9999Z
N10000 N99999
[url]

[url]

Sebuah pesawat tua (terdaftar sebelum 31 Desember 1948) mungkin memiliki surat kedua di identifier nya, mengidentifikasi kategori pesawat. Ini surat tambahan tidak benar-benar bagian dari identifikasi pesawat (misalnya NC12345 adalah pendaftaran sama dengan N12345). Pesawat surat kategori belum disertakan pada setiap nomor pendaftaran yang dikeluarkan sejak 1 Januari 1949, namun mereka masih muncul di pesawat antik untuk tujuan keaslian. Kategori-kategori tersebut adalah:
C = penerbangan, komersial dan swasta
G = glider
L = terbatas
R = terbatas (seperti cropdusters dan pesawat balap)
S = negara
X = eksperimental
Misalnya, NX-211, Ryan NYP pesawat diterbangkan oleh Charles Lindbergh sebagai Spirit of St Louis, telah didaftarkan dalam kategori eksperimental.
Spoiler for Dekolonisasi dan Kemandirian:
Dampak dekolonisasi dan kemerdekaan pada skema pendaftaran pesawat udara telah bervariasi dari satu tempat ke tempat. Sebagian besar negara, setelah kemerdekaan, telah memiliki alokasi baru yang diberikan, diambil dari salah alokasi ITU ada atau negara mantan alokasi ITU. Misalnya, setelah partisi pada tahun 1947, India mempertahankan penunjukan VT digunakan oleh Raj Inggris , sementara Pakistan mengadopsi penunjukan AP dari callsigns ITU APA-baru dialokasikan ASZ. Hong Kong , yang sebelumnya digunakan penunjukan VR-H, memiliki " VR "diganti dengan Cina" B "atas 1.997 Handover ke Cina , sehingga sebutan pesawat dengan hanya empat huruf secara total (sebagai lawan dari norma internasional dari lima huruf).
[url]
[/url]
[url]

[url]

Sekian dan terima kasih. Semoga bermanfaat buat agan-agan pecinta aviasi
Sumber:
http://en.wikipedia.org/wiki/Aircraft_registration
Semoga nga

Diubah oleh apinkrevous 22-02-2013 15:49
0
10.3K
Kutip
7
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan