- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
10 Permainan Papan Bersejarah dari Berbagai Kebudayaan Dunia


TS
qulil12haqqo
10 Permainan Papan Bersejarah dari Berbagai Kebudayaan Dunia
Selamat Datang
Di Threads 'Qulil'
Agan & Aganwati

Di Threads 'Qulil'
Agan & Aganwati

Spoiler for Cek Repost Dulu Gan:
Quote:

-Board Games-

Quote:
Selama ribuan tahun, berbagai permainan dengan menggunakan papan telah menjadi sumber hiburan bagi orang-orang di seluruh dunia. Banyak peninggalan bersejarah yang menunjukkan bahwa permainan dengan papan bahkan sudah ada sebelum penanggalan dan tulisan dikenal diberbagai kebudayaan. Beberapa permainan itu bahkan memiliki simbol & makna dalam keagamaan.
Apa yang sangat menarik tentang sejumlah permainan ini adalah bagaimana "etika dan moral" (aturan permainan) aslinya telah banyak bergeser & dirubah untuk kepentingan industri. Beberapa permainan ini diadaptasi dan diproduksi massal hingga kita kenal sekarang ini.
Apa yang sangat menarik tentang sejumlah permainan ini adalah bagaimana "etika dan moral" (aturan permainan) aslinya telah banyak bergeser & dirubah untuk kepentingan industri. Beberapa permainan ini diadaptasi dan diproduksi massal hingga kita kenal sekarang ini.
Quote:
Berikut ini sepuluh dari permainan papan yang paling penting dari sejarah kuno dan modern:
Quote:
1. Tafl
Tafl adalah permainan yang sangat populer di kalangan Viking. Satu pemain bertujuan untuk mengamankan rajanya dari pusat papan ke tepi, sementara lawan melakukan segala sesuatu yang dia bisa untuk menangkapnya.
Spoiler for Tafl:
Quote:

Tafl tersebar di seluruh Eropa (seperti gen Viking) dan menjadi seperti permainan catur pada masa itu; bangsawan akan membanggakan kemampuan mereka di papan Tafl.
Tafl menjadi inspirasi untuk permainan Thud, sebagaimana dilansir oleh Discworld Terry Pratchett. Sesekali masih digelar kejuaraan dunia - tapi fakta bahwa ini berlangsung di sebuah pulau dengan delapan puluh enam penduduk, banyak yang meragukan berapa banyak kejuaraan "dunia" itu benar-benar ada. Perubahan dilakukan sedikit pada urutan permainan.
Sumber :tafl.org-uk
Quote:
2. The Landlord’s Game
Spoiler for The Landlord’s Game:
Quote:

The Landlord’s Game diciptakan pada tahun 1903 oleh aktris Maryland Lizzie Magie. Papan permainan terdiri dari jalur persegi, dengan deretan properti di sekitar bagian luar dimana tiap pemain bisa membeli. Papan permainan memiliki empat jalur kereta api, dua utilitas, penjara, dan sudut bernama "Labor Upon Mother Earth Produces Wages," dimana pemain menerima $ 100 setiap kali kali mereka melewatinya.
Nama game ini tentu tidak familiar (dikenal) bagi kita. Namun faktanya adalah, The Landlord’s Game telah dipatenkan tiga dekade jauh sebelum Charles Darrow "menciptakan" Monopoli dan menjualnya kepada Parker Brothers.
The Landlord’s Game - yang lebih dikenal sebagai Permainan Kemakmuran-dimaksudkan untuk menggambarkan ketidakadilan sosial yang diciptakan oleh kepemilikan tanah dan juga menawarkan solusi untuk ketidakadilan ini. Pemain bisa memilih untuk menyewa dari properti yang mereka dimiliki dibayarkan ke dalam panci komunal, yang kemudian akan dibagi untuk setiap pemain, hal ini menjadikan semua orang belajar saling berbagi dengan sesamanya.
Ironi terbesarnya adalah bahwa ketika "ide" itu dicuri oleh Darrow, ide "kemakmuran-untuk-semua" telah dihapus sepenuhnya dari permainan. Monopoli versi Darrow jauh lebih terkenal dan dimainkan oleh lebih dari satu miliar orang. Perbedaan terbesar versi 'Darrow' adalah para pemain saling berlomba untuk membuat lawan mereka bangkrut.
Sumber :harpers-org
Quote:
3. Vaikuntapaali
Permainan abad keenam belas India Vaikuntapaali-juga dikenal sebagai Leela-adalah alat untuk mengajar moralitas dan spiritualitas. Itu adalah pertandingan yang berlangsung akan diluncurkan sebagai Chutes & Ladder di Amerika (dan Ular Tangga tempat lain). Dalam versi aslinya, yang mendaki tangga yang seharusnya adalah untuk menunjukkan pemain tentang nilai perbuatan baik dalam mencari pencerahan, sedangkan peluncuran-atau ular-yang dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa kejahatan seperti pencurian dan pembunuhan akan membawa bahaya rohani untuk orang berdosa .
The Victorians mengubah ajaran moral ketika mereka membawa permainan ini ke Inggris di akhir abad kesembilan belas. Meskipun dalam yang asli bisa mencapai keadaan Nirvana abadi, kebiasaan Inggris untuk meremehkan nilai-nilai 'pemaknaan'nya dalam versi Barat.
Spoiler for Vaikuntapaali:
Quote:

Pada saat Milton Bradley membawanya ke Amerika pada tahun 1943 dengan "sukses.", Semua hal yang orang benar-benar inginkan adalah sedikit gangguan (sesuatu yang harus telah membebani pikiran orang pada awal 1940-an), dan hingga permainan ini menjadi apa yang kita kenal sekarang hanyalah perlombaan dasar untuk mencapai finish.
Sumber :[URL="http://www.princeton.edu/~achaney/tmve/wiki100k/docs/Snakes_and_ladders.html"]princeton-edu[/URL]
Quote:
5. Nine Men’s Morris
Permainan ini adalah asal-usul dari Tick-Tack Toe-, Nine Men’s Morris adalah permainan di mana musuh ditempatkan di kisi dengan tujuan menciptakan baris ketiga. Setelah semua pion jatuh, mereka bisa dipindahkan satu ruang per langkah. Setiap kali seorang pemain membentuk tiga deretan, ia dapat menghapus salah satu dari potongan lawannya dari papan. Pemain pertama yang kehilangan 2 pion dianggap kalah.
Spoiler for Nine Men’s Morris:
Quote:

Kesederhanaan bentuk papan memungkinkan bagi orang-orang di seluruh belahan dunia bisa membuat sendiri tanpa banyak kerumitan. Papan permainan kuno dari 1.440 SM telah ditemukan diukir pada undak dan batu di Sri Lanka, Zaman Perunggu Irlandia, Troy kuno dan Barat Daya Amerika Serikat- (catatan untuk Mormon: ini bukan bukti arkeologi yang mendukung Kitab Mormon).
Sumber :gamescrafters
Quote:
6. The Mansion of Happiness
Spoiler for The Mansion of Happiness:
Quote:

Ketika Parker Brothers mempublikasikan ulang The Mansion of Happiness:menjadi An Instructive Moral and Entertaining Amusement pada tahun 1894. Mereka mengklaim bahwa ini adalah papan permainan yang pertama kali diterbitkan (dgn jalan belakang)di AS pada tahun 1843. Namun sebenarnya ini adalah game kedua yang diterbitkan di Amerika Serikat, tetapi masih dicatat sebagai penerus "race to the afterlife" sebagai tema umum pada banyak permainan agama kuno.
Para desainer game harus menggunakan berbagai cara untuk mengubah beberapa istilah yang menyeramkan sepeti "enam sisi mati adalah setan", menjadi enam-sisi pemintal tidak begitu banyak. Papan terdiri dari roll awal bergerak-dan-jalur jejak langkah-yang harus tepat pada sepotong karton.
Sabat-pelanggar akan dikirim ke pos cambuk (cambuk dijual terpisah), dan pemain yang Bermalas-malasan akan mendarat membuat anda dalam Kemiskinan. Permainan juga mencakup apa yang mungkin aturan terburuk yang pernah diresepkan dalam sejarah permainan papan, dengan pemain kadang diharuskan menunggu "sampai gilirannya datang berputar lagi, dan bahkan tidak memikirkan kebahagiaan, apalagi mengambil bagian dari itu."
Untungnya, "do not partake of happiness" adalah aturan yang tidak benar-benar diterapkan.
Sumber :wikiped-TheMansionOf
Quote:
Senet
Senet adalah permainan papan tertua yang ditemukan ada di dunia. Sets telah ditemukan di ruang pemakaman dari jaman 3.500 SM-termasuk di empat di makam Tutankhamen. Papan permainan terdiri dari tiga kotak lebar dan sepuluh kotak panjang, dan set biasanya memiliki 5-7 buah untuk setiap pemain. Meskipun aturan asli telah hilang, ada kepercayaan umum bahwa tujuannya adalah untuk berlomba menempatkan potongan seseorang di seluruh papan, dengan menggunakan tongkat yang dilemparkan sebagai semacam dadu.
Spoiler for Senet:
Quote:

Lanjut Dibawah Gan



















tolong dibantu
yak 


0
9.7K
Kutip
19
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan