alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Rahasia di Balik Warna Matahari
4.38 stars - based on 109 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/511a1a44552acf8a4c000015/rahasia-di-balik-warna-matahari

Rahasia di Balik Warna Matahari

Rahasia di Balik Warna Matahari

Rahasia di Balik Warna Matahari


Kembali lagi ama ane wahai para ksatria langit, langsung aja ke trit astronomi ane..
sebelumnya siapkan pointer mouse ente di sini Rahasia di Balik Warna Matahari


Spoiler for HT:



Mengambil gambar matahari dengan kamera standar mungkin menghasilkan gambar yang sudah akrab bagi mata kita. Warna yang kuning, corak motif yang lebih sedikit dan warna orange saat matahari terbenam maupun terbit sebagai akibat dari cahaya matahari yang terhamburkan oleh atmosfer bumi. Pada faktanya matahari memancarkan sinar nya dalam semua warna, namun karena kuning adalah panjang gelombang yang paling terang dari matahari, maka warna kuninglah yang terlihat mata telanjang.

Quote:


Instrumen yang telah dibuat khusus untuk mengamati matahari, baik yang ada di bumi maupun yang berada di luar angkasa dapat menangkap cahaya matahari dalam berbagai panjang gelombang yanng berbeda. Panjang gelombang yang berbeda memberikan informasi tentang komponen yang berbeda-beda pula di permukaan dan di atmosfir matahari, sehingga dengan menggunakan tekhnik perbedaan panjanga gelombang ini, ilmuwan dapat mempelajari bintang kita yang selalu berubah-ubah dengan konstan setiap waktu nya .

Sebagai contoh Sinar kuning kehijauan (5500 Angstroms), umumnya berasal dari material yang memiliki kisaran panasn sekitar 5.700 derajat C, Sinar ultraviolet (94 Angstroms) berasal dari atom-atom yang panasnya mencapai 6.300.000 derajat C dan merupakan panjang gelombang yang dapat kita gunakan untuk melihat lidah api atau prominensa. Dengan mempelajari gambar-gambar dari matahari dalam berbagai macam panjang gelombang, ilmuwan dapat mempelajari sekaligus mengenali bagaimana partikel dan panas bergerak di atmosfer matahari. Beberapa contoh teleskop luar angkasa yang digunakan untuk mengamati matahari adalah SDO (Solar Dynamic Observatory), STEREO (Solar Terrestrial Relation Observatory) dan SOHO (ESA/NASA Solar and Heliospheric Observatory)

Cahaya merupakan salah satu contoh gelombang elektromagnetik. Sebuah cahaya yang memancar kemudian menerangi ruangan sekitar kita pada dasar nya disebabkan akibat panjang gelombang cahaya yang dipancarkan diterima oleh mata kita. Namun pada saat panjang gelombang tidak sepanjang yang mata manusia mampu menjangkau nya maka mata manusia tidak akan dapat melihat nya. Dipermukaan matahari berbagai macam atom seperti helium, hidrogen dan besi menjadi ion dan menyebabkan ion-ion memancarkan panjang gelombang yang berbeda pada saat mencapai suhu tertentu. Dari konsep inilah para ilmuwan mengamati matahari dan material-material di permukaan nya menggunakan panjang gelombang dari ion-ion yang berbeda. Sejak tahun 1900-an ilmuwan telah mengkatalogkan atom-atom yang memancarkan panjang gelombang berbeda dan asosiasi-asosiasi telah mendokumentasikannya dengan baik ke dalam daftar yang dapat mencapai hingga ratusan halaman.

Teleskop matahari memberikan kita informasi tentang panjang gelombang dalam dua langkah. Instrumen tertentu yang akrab dikenal dengan spektrometer berfungsi mengamati banyak panjang gelombang secara berkesinambungan dan mampu menghitung berapa panjang gelombang dari sinar yang tersedia. Dengan Hal ini maka dapat membantu menciptakan sebuah pemahaman gabungan tentang jarak suhu berapa yang diperlihatkan oleh material disekeliling matahari. Spektrograf tidak menghasilkan gambar seperti pada umumnya melainkan menghasilkan grafik yang mengkategorikan jumlah dari tiap-tiap gelombang.

Instrumen yang menghasilkan gambar konvensional dari matahari dan hanya terfokus pada sinar di satu panjang gelombang tertentu terkadang tidak dapat memberikan informasi yang relatif kuat. Ilmuwan SDO memilih 10 panjang gelombang yang berbeda untuk diamati melalui instrumen AIA (Atmospheric Imaging Assembly). Tiap panjang gelombang secara garis besar berdasarkan satu, atau mungkin dua tipe ion. Tiap panjang gelombang telah dipilih untuk menandai bagian tertentu dari atmosfer matahari.

Quote:


Mulai dari permukaan matahari ke luar, panjang gelombang yang teleskop SDO amati diukur dalam satuan Angstrom:
Quote:


Rahasia di Balik Warna Matahari


Demikian trit ane, semoga bermanfaat
COMENT PLEASE



Rahasia di Balik Warna Matahari
Trit ini didukung oleh
Rahasia di Balik Warna Matahari
Klik Banner Untuk Berkunjung ke Markas Kami


sumber

Klik gambar untuk berkunjung ke trit berkualiatas ane yang lain
Rahasia di Balik Warna Matahari
Diubah oleh eragon41
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 43
pertamax habis
kayaknya ada yang sirik ni ma ane,masak trit ane di rate teribleemoticon-Sorry
emang nyinggung ente2 sekalian ta ni trit
emoticon-Belo
ternyata tiap instrumen warna punya makna sendiri2 yah

emoticon-Rate 5 Star dulu di thread calon HT
emoticon-Matabelo

jdi gtu yah gan ? emoticon-Malu (S)
meskpun ane ga trlalu ngerti astronomi.. ane kgum aja sma matahari. .dan cahayanya emoticon-Matabelo

keren begitu matahari bisa warna ijo emoticon-Big Grin
Thread nya bagus banget gan, semoga bisa jadi HT ya.
ane bantu emoticon-Rate 5 Star dah
Quote:

thanks bay..ya karena mereka memiliki panjang gelombang yang berbeda, jadi memiliki karakteristik yang berbeda pula

Quote:

gak perlu ngerti faz,dinikmati ajaemoticon-Big Grin

Quote:

emang keren kalo mau neliti ganemoticon-Big Grin
Satu lagi thread bermutu nih

Moga-moga agan-agan sekalian terinspirasi untuk menyebarkan ilmu yang bermanfaat bagi sesama kaskuser
emoticon-2 Jempol
Keren gan
ane udah tau kalo matahari warna warni
tapi baru tau kalo beda panjang gelombang, gambar hasilnya bisa beda
contoh: yang warna turqoise ama kuning lemon di bawahnya
gelombang yang di turqoise langsung putus

btw
gambar pertama
yang 4500 Angstrom ada 3 ya??
Quote:

sip ganemoticon-2 Jempol

Quote:


yang gambar pertama tu hanya ilustrasi aja gan, bukannya terpetak seperti itu..
Quote:


wohhh
emoticon-Matabelo

----------------------------------------------------------

btw,
kalo pake banner sama logo keknya lebih indah nih
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
kok bisa gitu yah. baru tau ane tuh gan... ane kira cuma kuning doang
Quote:


woke,ane edit dahemoticon-Ngakak
nais info gan.
cakep
emoticon-Kiss
walaupun saya ga paham astronomi, paling ga sekarang tau kalo matahari bisa punya banyak warna diliat dari instrumen gelombangnya
emoticon-Kiss

semoga HT om
emoticon-Kiss
saya bantu emoticon-Rate 5 Star
ane kira dulu kn kl gambar cuma kuning ane
gabung sm oren gan atau merah dikit , ternyata
banyak bener ya gan warnanya mata hari , Maha Besar ALLAH emoticon-Cendol (S)
Quote:


sip thanks ganemoticon-Kiss

Quote:

Allohuakbar
nice Thread Gann emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


thanks ganemoticon-Kiss
warnanya kayak permen githu gan emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 43


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di