alexa-tracking

Swasembada Sapi Amburadul

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5118606a5a2acf5e11000009/swasembada-sapi-amburadul
Swasembada Sapi Amburadul
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...Sapi.Amburadul

Swasembada Sapi Amburadul
Sapinya kegedean.

Quote:


Terlepas dari kasus yang kemarin,

sebenarnya pengurusan daging sapi di Indonesia ini pernah beres gak sih? Misalnya pas zaman Orde Baru, gitu... Tapi ya secara tradisional Indonesia bukan negara peternakan sih. Alam dan budayanya belum mendukung.

Mungkinkah kita cari jalan lain yang lebih sesuai dengan kondisi negara kita?
ini mentannya gimana yak?

ganti sekalian deh mentannya sama roy suryo, lebih kompeten..

biar sekalian ngerangkap jabatan.
susahhhhhhh, selama pejabat2 jadi GARONG semua, RAMPOK uang Negara semua,
Legislatif = Pencuri Uang Rakyat
Yudikatif = Garong Uang Rakyat
Eksekutif = Rampok Uang Negara ..

Fitnah ???
Tanya aja sama Sapi di atas ..
KASKUS Ads
sebenarnya kalau untuk di area nusatenggara alamnya cukup mendukung ya?

btw, kalau untuk sapi perah bagaimana ya?

yah bisnis lah, rakyat suruh ternak sapi tapi disaat bersamaan impor sapi hidup jor joran....
akhirnya harga sapi rakyat jatuh emoticon-Embarrassment
Quote:


Idem sama agan ini

Quote:


dapat data dari mana gan Indonesia secara tradisional bukannegara peternakan?
cobalah sekali waktu agan muter-muter di kampung-kampung di jawa
hampir smua rumah di Jawa adalah peternak tradisional
justru peternak modern yg minim.
sebenarnya bukanlah kendala kalo pemerintah serius mau swasembada daging
Kapan Indonesia bisa berpihak kepada peternak? Impor sapi aja gede2an... apalagi sekarang kalo mau impor sapi harus setor daging berbulu 10jt emoticon-Ngakak
Quote:


Mentannya lagi cukur jenggot Gan,..

Sapi Lagie.

Programnya ternak istri emoticon-Ngakak
Quote:


Dari sejarah. Peternakan sapi tradisional di Indonesia terbatas sebarannya, tidak di semua pulau (misalnya, Kalimantan dan Papua tidak ada budaya pelihara sapi), dan skalanya kecil. Bandingkan dengan tradisi peternakan di Eropa, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika dengan kawanan sapi yang sangat banyak. Lahan di Indonesia subur, lebih banyak dijadikan sawah ladang dan perkebunan. Justru kalau di Indonesia banyak padang rumput seperti di Amerika dan Afrika, budaya agrikultura-nya akan berat ke peternakan daripada pertanian (karena di sana ternak sapi bisa lebih efektif mengubah rumput jadi bahan pangan dibanding kalau tanahnya ditanami tanaman pangan, kurang subur).

NTB, NTT cocok alamnya untuk peternakan sapi besar-besaran karena ga jauh beda dengan Australia (cenderung kering & vegetasinya padang rumput, bukan hutan). Cuma emang kalau di sana kendalanya adalah transportasi dan infrastruktur (rumah jagal, pemrosesan daging dll).
=====
Sebenarnya tidak apa-apa kalaupun bangsa Indonesia pada akhirnya memilih untuk tidak berbudaya peternakan dan mengurangi konsumsi daging sapi. Negara Jepang, misalnya, sampai Perang Dunia II tidak punya budaya mengonsumsi banyak daging sapi, tapi bisa memenuhi kebutuhan protein dari hasil laut dan kacang-kacangan. Jepang baru [dipaksa] banyak makan sapi sesudah kalah perang dan dijadikan pasar untuk surplus produksi daging sapi Amerika.
Quote:


wuakakakak setuju gan, ganti sama roysuryo aja dah segala bisa itu orang emoticon-Ngakak
image-url-apps
Udah gan sabar ga makan daging 1 tahun se napa. Ganti makan ikan bwt mengisi otak.
Kalo kebanyakan makan daging tar kena darah tinggi, jantung, stroke.
Apalagi nyoba2 daging sapi berbulu yg 10 jt tuh
emoticon-Ngakak
image-url-apps
Harga daging sapi di singapura lebih murah dari indo emoticon-Big Grin
Wkwkwkwkwkwk.....
Negara seupil gak ada lahan tapi daging murah dan kualitas nya bagus .
Quote:

ya gak fair lah gan klao seluruh pulau di indonesia sebagai parameternya, lah sebaran pendudk indonesia aja terkonsenttrasi di wilayah Sumatera, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara kok, untuk wilayah tersebut tradisi penduduknya untuk beternak sudah sangat kuat.
yang jadi masalah menurut saya bukan tradisinya.
keseriusan Pemerintah dalam Swasembada daging yg seharusnya dipertanyakan
swasembada daging maharani emoticon-Big Grin
Quote:


Mafianya kuat mod, tahun 2011 harga sapi di peternak/petani turun. padahal impor distop, sementara harga di pembeli/konsumen akhir malah naik tinggi! emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
kalo liat kasus kemaren pantes aja makelarnya kuat-kuat emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:


Istri lebih dari 1 itu biayanya muahal om emoticon-Big Grin
Belum penghasilan dipotong setengah buat partai.
Ya cari sambilan
punya kementrian tapi ogah riset, proteksi pasar dan melindungin konsumen begini deh hasilnya.

duit yang ada seharusnya buat penelitian juga gimana biar sapi bisa gemuk dan beranak banyak.

lah ini kerjaannya cuma import, orang gila juga bisa suruh import.

dari alat militer sampe peniti di import.

emoticon-Ngakak

image-url-apps
...........
×