alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Panitia SNMPTN diminta umumkan sekolah Blacklist
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5114fb921a7608033400001a/panitia-snmptn-diminta-umumkan-sekolah-blacklist

Panitia SNMPTN diminta umumkan sekolah Blacklist

Panitia SNMPTN diminta umumkan sekolah Blacklist


APAKAH MAJU PENDIDIKAN INDONESIA ???

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) meminta panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengumumkan sekolah yang masuk daftar hitam (blacklist).

Mendikbud Mohammad Nuh mengatakan, kementerian mendelegasikan kepada panitia SNMPTN untuk mengelola proses pendaftaran dan juga mengumumkan sekolah-sekolah yang masuk daftar hitam karena berbagai pelanggaran.

Pengumuman ini diperlukan sebagai bentuk penghargaan dan hukuman bagi sekolah, agar mereka menaati peraturan pendaftaran yang ada. Tidak hanya itu, ini juga untuk mendidik sekolah yang lain agar mendaftarkan siswanya pada jalur yang benar. Karena jika pelanggaran ini menyebar ke sekolah lain maka siswa akan menjadi korban.

"Ini merupakan konsekuensi. Komunitas itu harus mempunyai konsekuensi yang sama. Seperti naik perahu, kalau perahunya ada yang bocor dan tenggelam maka yang tenggelam itu tidak hanya satu orang melainkan semua orang yang ada di perahu tersebut. Panitia kita berikan kewenangan untuk menindak sekolah tersebut," katanya usai rapat kerja dengan Komisi X DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2013).

Dirjen Pendidikan Menengah (Dikmen) Kemendikbud Hamid Muhammad menambahkan, seharusnya panitia merilis sekolah yang memanipulasi nilai sekolah pada pendaftaran SNMPTN tahun lalu sehingga masyarakat tahu dan menimbulkan efek jera. Karena dapat dipastikan, pelanggaran nilai ini akan berpengaruh pada menurunnya jumlah peminat yang mendaftar di sekolah yang bersangkutan.

Hamid menambahkan, jika panitia merilis nama sekolah tersebut maka akan memudahkan Kemendikbud atau dinas pendidikan di daerah untuk melakukan pembinaan. Berdasarkan data, Panitia Pusat SNMPTN hanya mengumumkan ada 24 sekolah yang masuk daftar hitam karena kecurangan dalam pendaftaran SNMPTN tahun lalu.

Tetapi panitia menolak untuk menyebut nama sekolah itu. Berdasarkan aturan yang berlaku sekolah-sekolah yang masuk daftar hitam itu dipastikan tidak dapat mendaftarkan siswanya untuk mengikuti SNMPTN.

"Sudah menjadi hak masyarakat khususnya orangtua murid untuk mengetahui sekolah-sekolah mana saja yang masuk daftar hitam. Hal ini untuk pembelajaran bagi publik, bahwa kecurangan dan sikap tidak jujur tidak boleh terjadi dalam dunia pendidikan. Ulah guru atau kepala sekolah yang tidak beres ini akan merugikan siswa secara keseluruhan,' ujar mantan Dirjen Pendidikan Anak usia Dini, Non Formal dan Informal (PAUDNI) Kemendikbud ini.

Hamid menyatakan, meski siswa dari sekolah yang masuk daftar hitam ini tidak dapat mengikuti SNMPTN 2013 melalui jalur undangan, namun siswa tetap mendapatkan kesempatan untuk masuk PTN melalui jalur lain. Seperti jalur mandiri dan ujian tertulis 61 PTN di Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

KASKUSER BIJAK MENINGGALKAN JEJAK KOMENTAR.... MARI BIJAKSANA SEPERTI MENTERI INDONESIAemoticon-Ngakak

SDA
Diubah oleh: joherps
Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
pertamax kah? emoticon-Matabelo
Quote:


yg di blacklist itu sekolahnya bukan siswa nya
dengan demikian tuh sekolah gak ada undangan
tapi siswa bisa ikut ujian tertulis untuk ikut seleksi
kok sekolahnya yang diblacklist? bukankah ikut smptn itu siswa yg sudah lulus sekolah, lalu kenapa sekolahnya diblacklist? jangan karna segelintir orang berbuat curang, akibatnya di tanggung oleh orang lain, walaupun satu sekolah.. snmptn kan bukan perwakilan sekolah, tapi pribadi..

cmiiw aja deh klo salah tolong dikoreksiemoticon-Kiss (S)
Diubah oleh Anononymous
contoh pelanggarannya itu kayak gimana ya gan??

dulu gw jaman sma kan mau coba-coba daftar PTN jalur tanpa tes

nah pas itu diwanti-wanti sama guru.. klo dapet musti diambil.. gaboleh dibuang.. klo dibuang ntar sekolah kena blacklist. klo kena blacklist ntar ga ada lagi undangan masuk tanpa tes dari PT yang bersangkutan ke sekolah itu selama beberapa tahun. kasian adek kelasnya...

masih berlaku kah seperti itu??

misalnya ane ikut snmptn jalur undangan trus dapet ke PTN A yang notabene bukan yang ane inginkan. trus ane ikut seleksi tertulis di PTN B yang ane pengen dan lulus. apakah termasuk pelanggaran jika ane ambil PTN B??
Quote:

taun kemaren kalo gak salah ada tuh yang emang sekolahnya ngecurangin nilainya yang didaftarin sama yang di raport beda jauh (cmiiw)

Quote:


Iya gan taun kemaren emang gitu kok. makanya kasian kalo ada yang sekolahnya maksain muridnya ambil ptn/jurusan yang gak diinginkan untuk undangan, kalo keterima gak boleh ditolak.
terserah mau bikin kebijakan apa yang intinya jangan merugikan murid atau calon mahasiswa yang berasal dari sekola yang kena black list.
kasian banget tuh murid sekolah yg di blacklist emoticon-Sorry
Untungnya sekarang nggap pake malsuin nilai kek duluemoticon-Malu (S)
semua skolah kn punya hak dan kewajiban yg sama untk ikutan
mendapatkan gelar itu memang tidak mudah, emoticon-Cool
y itulah gan hidup, yg miskin makin miskin... yg kaya makin kaya.... hukum serigala gan emoticon-Ngakak
konsekuensi yg harus diterima sekolah yg tidak jujur
institusi pendidikan memang selayaknya meluluskan siswa yg berkualitas
Quote:


Maksudnya??? Apa hubungannya gan sama topiknya emoticon-Cape d...
kebanyakan aturan nech dunia pendidikan.

yang diatas-atas sibuk pengadaan.
Quote:


Sekolah ane pernah diblacklist karena seperti yg agan ceritakan, tapi cuma diblacklist sama salah satu perguruan tinggi yg bersangkutan dan masih bisa ikut SNMPTN. Kayaknya masih ada yg memberlakukan.

Mungkin yg dimaksud di berita itu blacklist gara-gara sekolahnya yg curang. Kalo kayak gitu ya ditindak. Soal dipublikasikan sih mungkin perlu biar ada efek jera, tapi ditakutkan menurunkan citra sekolah yg bersangkutan, akibatnya yg mau sekolah di situ jadi berkurang....
IYA GAN, MEMEANG DI PUBLIKASIKAN,..... TAPI KAN MALUU GAN emoticon-Matabelo
sekolah kok ada blacklist segala sih??
kan kasihan siswanya, di indo kan hukum menyamaratakan semua orang untuk menimba ilmu.
Quote:


justru sekolah yang di blacklist itu yang melanggar peraturan gan, biasanya sih ada "cuci nilai" emoticon-Big Grin, apalagi sekarang jalur undangan 60%, harus di manfaatkan sebaik-baiknya emoticon-Cendol (S)
ane sih setubuh aja gan,
biar malu sekalian sekolahnya

lagian sekolah kan harusnya mendidik siswanya, bukannya ngejar popularitas dan nama baik atas nama siswanya emoticon-Hammer2
Kalo ane sendiri sih prefer ujian tulis semua dan diadakan masing-masing Universitas, menurut ane sih tingkat kecurangan bisa ditekan semaksimal mungkin
bukannya snmptn udah dihapus dan cuma pake nilai UN?
ya syukurlah kalo masih ada SNMPTN...
UN aja yg dihapus. gak mutu... rawan kebocoran soal oleh guru
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di