alexa-tracking

Ilmuwan Klaim Buat Printer 3D Jaringan Manusia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5114a6b48127cf3f5b000008/ilmuwan-klaim-buat-printer-3d-jaringan-manusia
Ilmuwan Klaim Buat Printer 3D Jaringan Manusia
Ilmuwan Klaim Buat Printer 3D Jaringan Manusia


EDINBURGH - Sebuah tim ilmuwan yang bekerja sama dengan University of Edinburgh mengklaim berhasil membentuk sebuah printer 3D yang suatu hari mampu memproduksi jaringan hidup. Cetak jaringan 3D manusia ini nantinya dapat digunakan guna pengujian berbagai obat, maupun menumbuhkan organ yang diperlukan untuk operasi transplantasi. Printer inovatif ini menggunakan sel induk yang diambil dari embrio sebagai tinta, dan bekerja dengan memaksa sel-sel untuk membentuk keseragaman ukuran tetesan.
Menggunakan alat ini, para ilmuwan bermaksud untuk memaksa pembentukan berbagai jenis jaringan, yang berasal dari sel induk.Hal tersebut dilakukan karena sel-sel induk embrio manusia (hESCs) mampu tumbuh menjadi sel jenis apa pun yang para peneliti cari serta mereka inginkan. Seperti yang dijelaskan oleh Scientific American, para peneliti ingin memaksa hESCs untuk berkembang menjadi sel jenis tertentu. Dengan menempatkan mereka dalam lingkungan, sel-sel tersebut mendapatkan petunjuk biologis yang mereka butuhkan dalam rangka mengikuti jalur pertumbuhan yang sebelumnya telah dibentuk untuk mereka.
Seperti dilansir dari Softpedia, Kamis (7/2/2013), printer 3D yang telah digunakan oleh para peneliti dalam proyek, diklaim cukup berhasil dalam mencetak keseragaman ukuran tetesan sel. Selain itu, cukup banyak sel-sel yang memiliki ketahanan hidup bahkan mempertahankan kemampuan mereka untuk berkomunikasi menjadi jenis sel yang berbeda. Printer bergantung pada dua bio dispenser, pertama terdiri dari sel induk yang diperbolehkan mengambang dalam lingkungan yang kaya nutrisi, dan bio dispenser kedua merupakan sebuah media. Setelah printer mulai mengeluarkan kedua lapisan tinta, tetesan akan mulai terbentuk.
Yang cukup menarik, sekira 95 persen dari sel-sel yang dicetak dengan cara ini masih hidup setelah percobaan selama 24 jam berakhir, dan 86 persen dari mereka mampu bertahan selama 3 hari."Membangun seluruh organ adalah tujuan jangka panjang, dan itu mungkin cukup jauh dari tempat kita berada saat ini," ujar Utkan Demirci, Biomedical engineer dari Harvard University Medical School. Sebuah laporan lengkap mengenai penelitian ini akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Biofabrication pada 5 Februari...

sumber

__

Wuihhh emoticon-Matabelo
Mantab, bener2 sebuah kemajuan yang luar biasa dalam bidang medis.



Spoiler for Jual Kunci Pintu Digital gan:


asal penemunya ga jadi jumawa ajah emoticon-Embarrassment
KASKUS Ads
tintanya bisa diinfus tidak? emoticon-Big Grin
berarti sdah mendekati.....emoticon-Takut