alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/510353b21b7608791b000004/wta-menstruasi
WTA: Menstruasi
dear all,
ane permisi mau konsultasi di sini yaa.. Kl pernah ada yang mengalami kasus serupa mohon di share juga yaa emoticon-Smilie

saya perempuan, tahun ini umur saya 23.
saya not sexually active.
saya tidak minum alkohol atau minuman keras lainnya, termasuk wine.
berat badan saya tidak over, normal; tidak kurus dan tidak gemuk bgt.

masalah saya, saya sudah lama tidak mendapat menstruasi.
terakhir saya mens itu bulan Agustus. Sebelumnya, bulan Juli, saya konsultasi ke dokter di rumah sakit yang bonafit (berarti kan dapat dipercaya). Setelah di USG, dokter bilang kalau tidak ada masalah apa2 di rahim saya (FYI, dokter tsb adalah dokter yang sama yang mengangkat kista mama saya dan kinerjanya bagus). Malah beliau bilang dinding rahim saya sudah tebal dan sebentar lg akan 'luruh'. Benar saja, sebulan kemudian (Agustus) saya mendapatkan menstruasi.
Namun, setelah itu saya tidak mendapat menstruasi lagi hingga sekarang. Pertanyaan saya:
1. Apakah itu normal?
2. Apa yang sebaiknya saya lakukan? (menjaga pola makan, dsb?)

Ps: Pertengahan tahun kemarin saya memang agak hectic mengerjakan skripsi, yang kebetulan topiknya memang sulit.
Lalu setelah kerja, jadiwal saya juga hectic. Saya tetap masuk ketika weekend. Apa lagi kalau ke luar kota. saya bisa bekerja nonstop selama 1 bulan.
Saya memang tidak merasa stres dan saya merasa lelahnya bisa ditolerir, tp apakah sebenarnya badan saya capek? Apa sih indikasi lelah dan capek?


Terimakasih yaa sebelumnya gaann dan ssiist emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By diandraa
dear all,
ane permisi mau konsultasi di sini yaa.. Kl pernah ada yang mengalami kasus serupa mohon di share juga yaa emoticon-Smilie

saya perempuan, tahun ini umur saya 23.
saya not sexually active.
saya tidak minum alkohol atau minuman keras lainnya, termasuk wine.
berat badan saya tidak over, normal; tidak kurus dan tidak gemuk bgt.

masalah saya, saya sudah lama tidak mendapat menstruasi.
terakhir saya mens itu bulan Agustus. Sebelumnya, bulan Juli, saya konsultasi ke dokter di rumah sakit yang bonafit (berarti kan dapat dipercaya). Setelah di USG, dokter bilang kalau tidak ada masalah apa2 di rahim saya (FYI, dokter tsb adalah dokter yang sama yang mengangkat kista mama saya dan kinerjanya bagus). Malah beliau bilang dinding rahim saya sudah tebal dan sebentar lg akan 'luruh'. Benar saja, sebulan kemudian (Agustus) saya mendapatkan menstruasi.
Namun, setelah itu saya tidak mendapat menstruasi lagi hingga sekarang. Pertanyaan saya:
1. Apakah itu normal?
2. Apa yang sebaiknya saya lakukan? (menjaga pola makan, dsb?)

Ps: Pertengahan tahun kemarin saya memang agak hectic mengerjakan skripsi, yang kebetulan topiknya memang sulit.
Lalu setelah kerja, jadiwal saya juga hectic. Saya tetap masuk ketika weekend. Apa lagi kalau ke luar kota. saya bisa bekerja nonstop selama 1 bulan.
Saya memang tidak merasa stres dan saya merasa lelahnya bisa ditolerir, tp apakah sebenarnya badan saya capek? Apa sih indikasi lelah dan capek?


Terimakasih yaa sebelumnya gaann dan ssiist emoticon-Smilie



perempuan itu kompleks
untung ane bukan perepuan, hal sedikit saja bisa mengganggu proses metabolisme di tubuh
ya klo di lihat dari tulisa sih, udah jelas, karena faktor kelelahan, stress akibat kerja dan skripsi.
1. normal??? tentu tidak, karena ini sudah mengganggu, di samping itu, siklus sudah berubah dari biasanya.
2. itulah yg saya bilang, perempuan itu kompleks, bukan cuman makanan, pola tidur, pikiran, semuanya bisa menganggu kegiatan metabolisme hormon.
coba refreshing sesekali, sempatkanlah, lakukan kegiatan yg tidak memerlukan energi byk, namun enjoy.

indikasi lelah n capek??
susah juga jawabnya emoticon-Big Grin
klo sy pribadi beranggapan, lelah, capek, itu keadaan yang di alami dimana terkuras energi utk melakukan aktivitas baik itu dalam bentuk fisik maupun mental. biasa di alami jika waktu pemulihan terbatas emoticon-Big Grin

jika istirahat dan refreshing serta perbaikan pola istirahat dan kerja tidak memperbaiki keadaan siklus mens, bisa di konsultasikan ke spesialis kandungan.

hanya opini pribadi dari saya emoticon-Big Grin
semoga bisa membantu
dari apa yang anda sampaikan, memang kemungkinan terjadi hormonal imbalance karena faktor stress.
Namun, faktor stress biasanya bukanlah faktor independen penyebab gangguan menstruasi.
Umumnya faktor stress diikuti dengan pola hidup yang kurang sehat seperti jarang berolahraga, diet/asupan gizi yang tidak seimbang.

Anda bisa mulai "menata" hidup anda baik melalui konseling maupun merubah pola hidup anda.
Silahkan berkonsultasi dengan dokter atau terapis kesehatan yang bisa membantu anda.

sedikit saran dari saya: memiliki pola hidup yang sehat jauh lebih baik daripada mengejar berbagai ambisi dalam hidup.
permisi dok
saya mau consultasi
sama spt TS tapi saya ud 1bulan ini blm mens

lalu ad saran bgm agar saya bs kembali mens?
umur saya 22 th ini

saya panik dok
Quote:Original Posted By diandraa
dear all,
ane permisi mau konsultasi di sini yaa.. Kl pernah ada yang mengalami kasus serupa mohon di share juga yaa emoticon-Smilie

saya perempuan, tahun ini umur saya 23.
saya not sexually active.
saya tidak minum alkohol atau minuman keras lainnya, termasuk wine.
berat badan saya tidak over, normal; tidak kurus dan tidak gemuk bgt.

masalah saya, saya sudah lama tidak mendapat menstruasi.
terakhir saya mens itu bulan Agustus. Sebelumnya, bulan Juli, saya konsultasi ke dokter di rumah sakit yang bonafit (berarti kan dapat dipercaya). Setelah di USG, dokter bilang kalau tidak ada masalah apa2 di rahim saya (FYI, dokter tsb adalah dokter yang sama yang mengangkat kista mama saya dan kinerjanya bagus). Malah beliau bilang dinding rahim saya sudah tebal dan sebentar lg akan 'luruh'. Benar saja, sebulan kemudian (Agustus) saya mendapatkan menstruasi.
Namun, setelah itu saya tidak mendapat menstruasi lagi hingga sekarang. Pertanyaan saya:
1. Apakah itu normal?
2. Apa yang sebaiknya saya lakukan? (menjaga pola makan, dsb?)

Ps: Pertengahan tahun kemarin saya memang agak hectic mengerjakan skripsi, yang kebetulan topiknya memang sulit.
Lalu setelah kerja, jadiwal saya juga hectic. Saya tetap masuk ketika weekend. Apa lagi kalau ke luar kota. saya bisa bekerja nonstop selama 1 bulan.
Saya memang tidak merasa stres dan saya merasa lelahnya bisa ditolerir, tp apakah sebenarnya badan saya capek? Apa sih indikasi lelah dan capek?


Terimakasih yaa sebelumnya gaann dan ssiist emoticon-Smilie



faktor stress dan capek banyak jadi pemicu macem2 sakit sist.

1) normal? jelas ga normal.
2) saran ane ya. jangan terlalu banyak pusing tentang banyak hal, kalo ada masalah berdoa aja, serahkan ke tangan Tuhan. itu dari sisi spiritual.
dari sisi praktisnya. coba lebih banyak mengkonsumsi sayuran yang tumbuhnya di atas tanah (sawi hijau, brokoli, dll) jangan terlalu banyak yang tumbuhnya di dalam tanah (wortel, kentang, dll). makan juga buah2an. minum air putih (tidak dingin) yang cukup, olahraga dan makan yang teratur (tidak perlu banyak yang penting cukup dan bergizi).

tambahan: kalo suka jamu, bisa diminum juga jamu seperti kunyit asem, tapi sebaiknya yang alami bukan diproses dan dicampur bahan2 kimia sintetis gitu (contoh: mbok2 jamu keliling)

mudah2an membantu
telat 4hari sih
alhamdulillah yg penting masih mens n normal emoticon-Embarrassment
Wah da lama banget ya sis dari agustus...
saya kalo gak dapet 2-3 bulan uda cemas.
Saya share pengalaman aja ya..
dari awal pertama dapet suka ga teratur... akhirnya pas jaman kul saya cek ke dokter kandungan..
di kasi obat namanya regumen langsung brp hari kemudian mens.
terus saya dikasi obat namanya diane 3 bulan.. pas makan obat ya teratur, lepas obat kacau lagi..
akhirnya disuru tes hormon insulin ama prolaktin.
hasilnya prolaktinnya katanya agak tinggi.. trus ga dikasi apa2 disuru olahraga aja..
saya sempet coba suplemen evening primrose oil..lumayan jadi siklus 40an hari.
trus saya googling lg makanan apa yang bisa ngeblok prolaktin. Ternyata dengan ngerubah gaya hidup alhamdulillah bisa buat mens saya tiap bulan.
gaya hidup yang saya terapin (gak tiap hari): olahraga, puasa, konsumsi kedelai, ama ubi/kentang rebus.
Terus terang saya juga gak ngerasa stress.. tapi entahlah ya... dokter kandungan si berulang kali bilang isi kepala saya yang harus dibenerin.. hehehe
kayakna sista kudu segera ke dokter lagi deh..