alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5102043f2c75b47055000004/apakah-agan-cadel-ato-cedal-bisakah-disembuhkan
Thumbs up 
Apakah agan cadel ato cedal? bisakah disembuhkan?
ane pingin berbagi aja gan. sedikit curhat nih..emoticon-Malu
kenapa ini menjadi penting bagi ane, soalnya ane punya emoticon-Baby Girl yang mulai belajar ngomong. Tiap harinya sikecil bareng ma ane gan mulai pagi sampe siang (bini ane GURU).
ceritanya nih ane takut kalo anak ane nantinya cadel/cedal ato bahkan lebih takutnya GAGAP. kasian kan!!
nah, waktu ane browsing nemuin informasi ini disini
Apakah agan cadel ato cedal? bisakah disembuhkan?

"Sekawwang tawwik nafaaas dan wwileks-kan tubuh anda....."

Quote: Cadel atau cedal atau pelo merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengucapkan suatu huruf, sehingga akan mengucapkan suatu huruf menjadi huruf lainnya (yang paling umum adalah mengucapkan 'R' menjadi huruf 'L').

Fenomena yang berhubungan dengan ini disebut juga Rhotacism. Ketidakmampuan ini umumnya dialami pada usia anak-anak. Namun adapula orang yang cadel hingga usia dewasa.

Sejak dulu banyak orang beranggapan bahwa cadel disebabkan karena lidah yang pendek. Sebenarnya, tidak ada istilah lidah tebal dan pendek. Ini karena panjang lidah untuk setiap orang tidaklah ada perbedaan yang drastis.

Sebenarnya bukan disebabkan oleh lidah yang pendek, tetapi adanya perbedaan pada bagian yang dinamai frenulum linguae, yang menyebabkan gangguan sulit melafalkan salah satu huruf, atau lebih dikenal dengan istilah cadel.

Frenulum linguae dapat dilihat ketika Anda menggerakkan lidah ke atas. Terdapat seperti jaringan yang menghubungkan antara dasar mulut dan lidah; itulah frenulum linguae. Perbedaan panjang dan pendek frenulum linguae inilah yang menyebabkan lidah sulit bergetar, sehingga pada akhirnya menyebabkan kesulitan pelafalan salah satu jenis huruf.

Solusi untuk hal ini adalah dengan speech therapy (terapi bicara) oleh ahlinya asalkan memang betul tidak ada kelainan atau gangguan kesehatan lain yang dapat pula menyebabkan keluhan ini. Latihan ini mencakup gerakan napas atau pelafalan huruf tertentu yang sulit bila dilakukan tanpa bantuan pakar atau ahlinya karena melibatkan koordinasi lidah dan bagian lain di rongga mulut.

Perhatikan:
Bila melihat batita yang belum fasih mengucapkan kata-kata, kita sebagai orang dewasa sering tergoda mengikut cara bicaranya yang cadel. Maksud hati ingin lebih akrab dengan anak, penggunaan bahasa cadel yang keseringan malah bisa bikin anak cadel hingga dewasa.

Beberapa anak kecil seperti memiliki bahasa 'planet' yang kadang sulit dimengerti oleh orang lain. Salah satunya adalah anak berbicara cadel yang terdengar lucu sehingga banyak orang dewasa yang justru mengikuti gaya bahasa si anak.

Namun, jika tidak diberi tahu bahwa si anak salah dalam mengucapkan kata, bisa-bisa kebiasaan cadel tersebut terbawa hingga si anak dewasa yang bisa membuat si anak malu karena diejek oleh teman-temannya.

Orangtua sebaiknya tidak membiasakan anak salah dalam mengucapkan suatu kata, beritahu anak bagaimana cara mengucapkan yang benar. Jika anak mengulanginya terus jangan dimarahi, tapi beritahu secara baik dimana letak kesalahan si anak.

Jika orangtua tidak ingin memiliki anak yang cadel, biasakan untuk mengucapkan semua kata dengan benar agar si anak memiliki contoh yang baik. Mengikuti anak berbicara cadel bukanlah suatu cara untuk mendekatkan diri yang benar dengan si anak.


Quote:
Kesulitan pengucapan bisa bermacam-macam dan berbeda-beda pada setiap anak/orang. Contoh umum adalah:
Mengucapkan R menjadi L (misalnya Berat menjadi Belat)
Mengucapkan S menjadi C (misalnya Siapa menjadi Ciapa)
Mengucapkan K menjadi T (misalnya Dekat menjadi Detat)
Mengucapkan P menjadi B


Quote:
TANYA:
Saya seorang remaja putri yang mempunyai masalah serius pada lidah saya, yaitu tidak bisa mengucapkan huruf "R" . Hal ini sangat membuat minder dan tidak percaya diri dalam setiap pembicaraan dengan orang lain. Dokter, apakah kecadelan saya ini masih bisa di atasi baik secara medis atau alternatif lain? Mohon informasi dan tanggapannya. Terima Kasih dan saya tunggu jawaban secepatnya.
(Novi, Tangerang)

JAWAB :
Kesulitan mengucapkan huruf R, seringkali disebut sebagai cadel/pelo pada seorang anak dan remaja biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya karena kelainan fisiologis dan faktor anatomi.

Cadel yang disebabkan oleh kelainan fisiologis jumlahnya sangat sedikit. Sedangkan faktor anatomi penyebabnya dibedakan menjadi tiga, yakni gangguan pada bagian pendengaran; gangguan pada otak (pusat bicara di otak); dan gangguan di wilayah mulut (kelaianan bentuk langit-langit, lidah dan lainnya).

Tentunya penanganannya tergantung kepada penyebabnya sehingga lebih efektif. Seringkali pula hal ini disebabkan karena pola asuh/kebiasaan orangtua yang menyebutkan kata-kata dengan lafal pelo untuk berbicara kepada anak sehingga menjadi kebiasaan yang terus ia bawa sampai ia besar.

Faktor psikososial seperti lingkungan kehidupan keluarga yang tidak harmonis dan depresif pun diduga dapat menyebabkan kondisi tersebut. Yang penting adalah mengidentifikasi kemungkinan penyebab kondisi putri ibu sehingga pendekatan terapinya menjadi lebih tepat dan terarah. sumber


ingatlah gan, cadel bukanlah penyakit, jangan jadikan ini lelucon. karena kita tidak tahu derita orang yang mempunyai masalah ini.

semoga bisa menambah ilmu agan2 semua!

emoticon-Malubantu reputasi ane gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L), jika trit ane bermanfaat..
trims
Wah baru tau ane gan
Sepupu ane ada yg cadel R
Nice info gan
Quote:Original Posted By lilfingerr
Wah baru tau ane gan
Sepupu ane ada yg cadel R
Nice info gan


wah ente PERTAMAX gan,. trims udah mampir emoticon-Toast
nice info gan..
tapi yg huruf S jadi C (siapa jadi ciapa) itu bukan cadel gan,tapi alay..
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By neroid
nice info gan..
tapi yg huruf S jadi C (siapa jadi ciapa) itu bukan cadel gan,tapi alay..
emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak
berarti anak alay cadel dong emoticon-Ngakak
tapi sih biasanya orang cadel itu bhs inggrisnya bagus loh ganemoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By vansona.stalony
tapi sih biasanya orang cadel itu bhs inggrisnya bagus loh ganemoticon-2 Jempol


ente bs aja ganemoticon-Toast

Kesel 
Reply...

Quote:Original Posted By gudan96edang

emoticon-Ngakak
berarti anak alay cadel dong emoticon-Ngakak


Jangan sembarangan kamu ya! Aku juga cedal R-->L, tapi update status nggak pakai kombinasi huruf dan angka!emoticon-Marah
ane cadel gan, dan ane bangga emoticon-Cool
Ane juga cadel
Tapi ane Pede aja
dulu waktu kecil adek ane cedal gan, nyampe2 di panggil si pelo sama keluarga ane. Tp dgn brtambah nya usia cedal/pelo tersebut ilang! Tapi.. nyampe sekarang ane masih manggil pelo aja emoticon-Ngakak
Baru tahu bisa disembuhkan. Tapi mahal g ya?
Aq cadel tapi tidak sebegitu mengganggu sih emoticon-Malu (S)
Tapi ane seneng sama yg cadel "S" gaan... Apalagi ceweee terdengar cute dan menggemaskan ... emoticon-Matabelo
×