alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / REGIONAL / All / ... / Malaysia /
[INFO] Semuanya tentang PAJAK di Malaysia
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5101e2111cd7198628000005/info-semuanya-tentang-pajak-di-malaysia

[INFO] Semuanya tentang PAJAK di Malaysia

Rangkuman dari semua penjelasan agan my.oh.my
Diubah oleh ajaibman69
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 7

Non-resident Tax

Quote:


Quote:

Kalo gaji 4500 itu pajaknya lebih kurang 5.05% perbulan. Jadi nanti net pay-nya sekitar 4270 RM
Tapi.. itu hanya berlaku untuk resident.

Untuk non-resident, pajaknya flat 26%. Disini Nityo ngebebanin anda 15% dan Nityo-nya subsidi 11%. Trust me.. saya pernah kerja di Nityo.

Bagaimana caranya menjadi resident? Gampang. Cukup stay di malaysia selama 183 hari (6 bulan). Tapi inget... 183 hari itu harus dipenuhi di dalam tahun kalender yang sama. Buat kasus anda, tahun 2013.

Kalo di tahun 2013 anda gagal mencapai 183 hari, hitungan akan direset ulang menjadi 0 di tahun 2014. Hitungan tidak akan direset kalo anda berada di Malaysia pada 31 Desember 2013 dan 1 Januari 2014*. Kedua hari itu berfungsi semacam "jembatan yang menyambungkan" 2013 dan 2014.
Hal ini cukup dilakukan 1 kali dan efeknya permanen.
Notes: Saya agak lupa persisnya, kalau tidak salah cukup yang 1 Januari 2014, tetapi biar aman ya dua-duanya saja.

Setelah 6 bulan, anda menjadi resident dan pajak anda seharusnya hanya 5%. Bagaimana dengan yang 15%? Yang 15% itu akan dikembalikan kelebihannya, yaitu yang 10%. Ini bisa anda klaim pada:
  1. Keluar dari Nityo. Saya dulu seperti ini
  2. Mengisi SPT tahunan pajak di Malaysia di bulan Maret 2014.


FYI, saya buat account kaskus cuma pengen jelasin ini. Biar ga salah kaprah.
Diubah oleh my.oh.my

In General...

Quote:

Visa itu hak untuk keluar-masuk negara asing. Saya kurang tahu berapa lama dependant visa berlaku dan apakah itu single-entry atau multiple-entry.
Kalau itu single-entry dan valid sampai tanggal dd-mm-yyyy, berarti visa itu hanya bisa dipake sebelum tanggal dd-mm-yyyy dan hanya bisa dipake sekali.
Kalau itu multiple-entry dan valid sampai tanggal dd-mm-yyyy (biasanya visa kerja seperti ini), berarti anda bebas keluar masuk negeri itu berkali-kali sampai batas kadaluarsanya tercapai atau visa dicabut oleh imigrasi.

Quote:

Ini pake logika aja ya...

Kalau saya mau kasih tunjangan/privilege kepada anda simply karena anda punya anak/istri, anda harus bisa meyakinkan saya dengan dokumen yang sah yang menyatakan bahwa benar orang-orang itu adalah anak/istri anda.
Bagaimana dengan akta kelahiran? Akta kelahiran (birth certificate) itu kuat secara hukum. Tetapi, akan menjadi lemah kalau ditulis dalam bahasa asing (bahasa Indonesia). Oleh karena itu dia harus ditulis ulang dalam bahasa internasional (bahasa Inggris) dan dilegalkan kembali oleh pihak yang berkuasa. Dengan demikian dia sah secara hukum dan dapat berlaku internasional.
Diubah oleh my.oh.my

Malaysia Tax Rate (Assessment Year 2011)

Sorry kalo udah ada sebelumnya.

Barangkali ada yang perlu, ini Malaysia Tax Rate (Assessment Year 2011) yang udah disederhanakan.
Notes: Nanti kalau yang 2012 udah keluar, saya release yang baru.

Sekedar tambahan, setiap tahunnya (Maret - Juni) itu adalah bulannya melaporkan penghasilan & pajak di Malaysia. Penghasilan dan pajak yang dilaporkan adalah penghasilan yang diterima dan pajak yang dibayarkan pada tahun lalu.

Sebagai contoh: Di tahun 2013, semua orang harus melaporkan penghasilan dan pajak pada tahun 2012. Metode perhitungan pajak akan menggunakan metode pada tahun 2012. Segala kelebihan pajak akan dikembalikan oleh pemerintah Malaysia (sekitar 3 bulanan setelah kita submit laporan) dan segala kekurangan pajak harus segera dilunasi (katanya berbunga loh)

Assessment (kegiatan melaporkan penghasilan & pajak) ini juga berlaku jika employment berakhir. Artinya, jika anda resign atau diberhentikan atau apapun yang mengakhiri hubungan kerja anda dengan perusahaan, anda diwajibkan untuk melaporkan penghasilan & pajak anda. Hal ini harus dilakukan sebagai syarat untuk membatalkan visa kerja. Teknisnya adalah, kantor pajak menerbitkan surat "beres pajak" (semacam itulah) dan surat itu nanti dibawa ke kantor imigrasi atau MDeC sebagai syarat pembatalan visa kerja.
Diubah oleh my.oh.my

Answer to Non-Resident Tax

Quote:

Betul
Dalam 6 bulan pertama, setiap tenaga kerja asing non-resident diharuskan membayar pajak 26%

Quote:

Tergantung income anda perbulannya.

Misalnya income anda adalah 5000, maka pajak yang seharusnya anda bayarkan hanyalah 5.858%. Jadi selisihnya 26 - 5.858 = 20.142%

Tolong dicatat bahwa dalam teknisnya pajak anda tidak mungkin tepat 5.858% Kenapa? Biasanya HR yang baik akan selalu melebihkan pajak anda karena alasan-alasan berikut:
  1. Lebih baik kelebihan membayar pajak daripada kekurangan membayar pajak. Kalau kurang bayar pajak, kemungkinan besar urusannya akan jadi sedikit lebih panjang.
  2. HR akan berasumsi bahwa pendapatan anda di tahun tersebut tidak hanya gaji. Yang paling lazim di Malaysia adalah bonus.
  3. ...


Pastikan juga ke perusahaan anda, apakah kompensasi yang anda terima itu taxable atau non-taxable. Kalau taxable, berarti dia masuk sebagai taxable income anda dan akan berkontribusi untuk perhitungan pajak. Kalau non-taxable, ya anggap aja seperti nemu uang di jalan.

Quote:

Mulai bulan ke-7, pajak yang harus anda bayarkan adalah 5.858%
Notes: Asumsi income bulanan anda adalah 5000

Kalau perusahaan tetap memotong penghasilan anda sebanyak 26%, segera bicarakan dengan HR secara baik-baik.

Quote:

Mulai dari bulan ke-7 anda akan terhitung sebagai resident. Jadi tidak perlu menunggu sampai 1 tahun untuk "menormalkan" pajak.

Yang perlu anda tunggu sampai 1 tahun lebih itu adalah: Kembalinya kelebihan pajak anda yang 20.142% selama 6 bulan pertama.

Secara nominal: 5000 * 20.142% * 6 = 6,042.6
Jadi.. anda harus bersabar menunggu sekitar 1 tahun untuk mendapatkan kembali uang anda yang 6042 ringgit ini.

Ada beberapa perusahaan yang kebijakannya adalah "Kelebihan pajak akan dibayarkan oleh perusahaan pada saat anda berhenti kerja". Akibatnya apa? Nanti anda tidak perlu menagih uang yang 6042 dari pemerintah Malaysia, tapi anda menagihnya ke perusahaan. Saya dulu seperti ini.

Sedikit curhat, ada enak/ga enaknya dengan sistem perusahaan seperti itu. Kalau perusahaannya bener, dia akan cairin uang itu dalam waktu yang sangat singkat. Saya dulu hanya perlu menunggu 1 minggu (kalau pemerintah berbulan-bulan).
Kalau perusahaannya ga bener, dia lama-lamain bayarnya sampai visa anda habis dan anda harus pergi ninggalin Malaysia. Ini true story
Diubah oleh my.oh.my

How to Calculate Your Tax

Quote:

Dengan gaji bulanan 5,000, berarti income setahun adalah 60,000.
Notes: Asumsi tidak ada income lain selain gaji

Dari 60,000 ini, 9,000 diantaranya adalah Tax Exemption (pengecualian pajak, penghasilan tidak kena pajak).

Ada banyak tax exemption di Malaysia, antara lain:
  1. Tax Exemption buat individu, besarnya 9,000 (tahun assessment 2011)
  2. Tax Exemption karena sudah menikah,
  3. Tax Exemption karena punya anak
  4. Tax Exemption karena beli buku, komputer, alat olahraga, dsb
  5. .. dsb..

Maaf, saya hanya ingat besarnya tax exemption untuk individu. Selain itu, poin-poin tax exemption ini berubah-ubah dan besarnya juga berubah-ubah, tergantung tahun assessment-nya.
Contoh 1. Kalau tidak salah, di tahun 2010, buku tidak dimasukkan ke dalam Tax Exemption. Tetapi di tahun 2011 dimasukkan. Mungkin supaya orang Malaysia jadi rajin membaca (sotoy, ga usah diinget-inget).
Contoh 2. Biaya hidup semakin hari semakin tinggi. Mungkin saja di tahun assessment 2012 besarnya Tax Exemption untuk setiap individu menjadi 10,000

Dengan demikian, penghasilan yang kena pajak hanyalah 60,000 - 9,000 yaitu hanya 51,000

Menurut tabel ini:
Penghasilan kena pajak (taxable income) 51,000 jatuh di rentang 50,001 - 70,000. Di rentang ini:
  • 50,000 pertama akan dikenai pajak tetap sebesar 3,325
  • Sisanya akan dikenai pajak variatif sebesar 19%.


Berarti, dengan penghasilan kena pajak sebesar 51,000 setahun:
50,000 akan dipajak sebesar 3,325
1,000 akan dipajak sebesar 19%, yaitu 190
Total pajaknya adalah 3,325 + 190 = 3,515

Dalam persentase, 3,515 adalah 5,858% dari 60,000.
Kalau dibagi 12 bulan, anda hanya perlu membayar pajak sebesar 292.916 ringgit perbulannya.
Diubah oleh my.oh.my

More on Tax Exemption

Quote:

Untuk si pembayar pajak itu sendiri, di tahun 2011, pemerintah Malaysia menetapkan bahwa angkanya adalah 9000.
Kalau saya duga (tidak ada bukti), angka ini datang dengan asumsi si pembayar pajak paling tidak menghabiskan RM 25 setiap harinya. Jadi..
1 bulan (30 hari) = 30 * 25 = 750
12 bulan (1 tahun) = 12 * 750 = 9000
Kenapa tidak dipajak? Karena itu buat kebutuhan mendasar seperti makan dan transportasi. Dan.. sangat mungkin makanan yang dimakan itu sudah dikenai VAT (Value Added Tax = PPN = Pajak Pertambahan Nilai).

Tax Exemption (atau Tax Relief) tidak ada hubungannya dengan penghasilan anda. Yang 9000 itu fix kepada setiap pembayar pajak. Mungkin berubah kalau asumsi "daily spending"-nya juga berubah.

Tax Exemption itu murni bergantung kepada "Apa yang anda lakukan di tahun ini?" atau "Apa yang anda derita di tahun ini?".
Contoh 1. Beli buku (sampai batas tertentu) akan menambah nilai Tax Exemption anda. Mungkin +100 atau +200 atau lebih, tergantung banyaknya buku yang anda beli
Contoh 2: Biaya rumah sakit (sampai batas tertentu) karena sakit parah. Karena anda sudah mengeluarkan banyak uang untuk pengobatan, maka pemerintah malaysia akan memberikan keringanan pajak. Besarnya juga bervariasi, mungkin +1000, mungkin juga +5000.

Misalnya anda di tahun ini membeli buku dengan nilai total 300 dan masuk rumah sakit karena kena bronchitis sehingga mengeluarkan uang sebanyak 2,200, maka tax exemption anda adalah 9000 + 300 + 2,200 = 11,500

Tabelnya ada di sini.

Actual/Effective Tax Rate

Sebelum semakin bingung dan semakin salah kaprah:
Angka yang tertera di dalam table tax itu bukan "actual tax/effective tax" anda.


Contoh 1
Mr. A gaji kotornya 10,000 sebulan atau 120,000 setahun.
Taxable income-nya adalah 111,000.
Menurut tabel:
  • 100,000 pertama akan dipajak sebesar 14,325
  • 11,000 sisanya akan dipajak sebesar 26%, yaitu 2,860

Total pajak yang harus dibayar oleh Mr. A = 14,325 + 2,860 = 17,185
Pajak sebesar 17,185 ini hanyalah 14.32% dari penghasilan dia setahun.
Pajak ini akan dicicil selama 12 bulan, yang berarti tiap bulannya gaji Mr. A akan dipotong sebanyak 17,185 / 12 = 1,432.083

Contoh 2
Mr. B gaji kotornya 40,000 sebulan atau 480,000 setahun.
Taxable income-nya adalah 471,000.
Menurut tabel:
  • 100,000 pertama akan dipajak sebesar 14,325
  • 371,000 sisanya akan dipajak sebesar 26%, yaitu 96,460

Total pajak yang harus dibayar oleh Mr. B = 14,325 + 96,460 = 110,785
Pajak sebesar 110,785 ini adalah 23.08% dari penghasilan dia setahun.
Pajak ini akan dicicil selama 12 bulan, yang berarti tiap bulannya gaji Mr. B akan dipotong sebanyak 110,785 / 12 = 9,232.08

Dari kedua contoh di atas:
  • Walaupun keduanya jatuh di rentang pajak yang sama, pada kenyataannya (actually) pajak keduanya jauh berbeda
  • Pajak yang benar-benar dibayar (effectively) Mr. A adalah 14.32% sementara Mr. B adalah 23.08%
  • Komponen pajak Mr. A adalah 14,325 + 2,860 sementara Mr. B adalah 14,325 + 96,460.
    • Untuk Mr. A, 14,325 masih merupakan faktor dominan. Sementara untuk Mr. B, angka 14,325 hanya seperti pelengkap. Itulah sebabnya mengapa pajak efektif Mr. B semakin mendekati 26%.



Spoiler for Sebelum kau bosan, sebelum aku menjemukan..:


Spoiler for Please allow me to ask once again..:
Terima kasih agan my.oh.my emoticon-Rate 5 Star

akhirnya ada juga yg bisa kasi penjelasan detail di Tax emoticon-Smilie


emoticon-Cendol (S)
Gan, share pengalaman dong buat yang sudah keluar dari MY dan masuk balik.
login ane di lembaga hasil dalam masih pakai passpor yang lama (masih valid), masalahnya nomor passpor ane sudah ganti.
Boleh nanya gan, mengenai status Resident yang permanen itu, kalau kita udah tinggal 183 hari dalam 1 tahun, aplikasinya diajuin kemana yah?
Quote:


bantu jawab. dateng aja ke HASIL alamatnya bisa di liat di http://hasil.gov.my/ . ane dulu dateng yg deket kantor. cyberjaya.

cukup bawa :
pasport asli
fotokopi pasport seluruh halaman (termasuk yg di halaman kosong)

setelah itu mereka validasi cap2 keluar masuk agan di pasport itu. dan disuruh tunggu 5 hari kerja.

setelah selesai dan lancar, agan di panggil untuk ngambil surat residen status dehemoticon-Cendol (S)

semoga membantu
Quote:


Thanks infonya masbro! emoticon-I Love Indonesia (S)
maaf nanya dikit tentang resident lagi...


Istri saya orang Malaysia dan saya ada visa social visit selama 1 tahun (perpanjang tiap tahun), apakah saya bisa apply permanent resident juga ? kalo bisa, bagaimana caranya ?
itu yg dimaksud harus tinggal 183 hari, apakah terus menerus (tidak keluar Malaysia sama sekali) atau bagaimana ?
mohon pencerahannya...
thx before
Quote:


ga yakin tentang jenis visa agan. tapi seandainya agan pake visa itu, apakah agan dapat bekerja di malaysia (legal + bayar pajak 26%)

share aja visa ane multi entry visa dan perpanjang juga tiap tahun. residen status disini sepertinya bukan artinya agan bisa stay terus menerus tanpa visa (CMIIW)

183 hari stay di malaysia maksudnya agan wajib di malaysia minimal 183 hari. kecuali
- social visit max 14 day (maaf, syarat yang ini ane ga paham juga,jadi kalo nanya case2 agan, ane ga bisa bantu jawab. bisa agan liat dokumen ini untuk lebih jelasnya.)
- medical
- bussines trip
Quote:


bukan gan, ane gk bekerja di MY, tapi tinggal di MY dengan jaminan istri...
jadi gk ada visa kerja sama sekali, cuma numpang tinggal dan gk boleh bekerja di MY tanpa visa kerja
yg saya tanyakan, cara apply untuk permanent resident di kasus saya gmn ?
karena denger2 untuk apply kerja lebih mudah kalo ada permanent resident
trus, bisa gk nantinya saya dapat IC merah ?
makasih banyak sebelumnya

sorry mod kalo salah kamar...
pindahin aja kalo salah kamar...
emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin

[WTShare] ane bayar pajak RM 0

Sama kaya di Indonesia, bulan maret april biasanya di sibukan oleh kegiatan pajak ini.

Tahun ini adalah tahun pertama ane melapor pajak di malaysia. sejak juni 2012 ane bekerja di salah satu company di cyberjaya.

dari awal juni 2012, company men-cut salary ane sebesar 26% langsung karena belum residen status.

setelah 2012, january 2013 ane di kenakan pajak kira2 4%. karena berhasil stay di malaysia 182 hari di tahun 2012. ane pun dah dapat sertifikat residen status.

expektasi ane pajak yg kembali ke ane adalah 26 - 4 atau sekitar 21%. jadi kalo ane lapor pajak di bulan maret kira2 ane terima kembali 21% dari pajak yg ane bayar di tahun 2012. atau bisa di bilang kewajiban ane membayar di tahun 2012 itu hanya 4%.

ternyata ane salah. 4% gaji ane itu bisa kembali SEMUA.

ane bisa claim berbagai hal saat pelaporan pajak. contohnya yg ane tau:
- Sudah bekeluarga : 1000 RM
- sudah mempunyai anak : 3000 RM
- berlangganan broadband : max 500 RM
- pembelian buku : (lupa)
- pembelian laptop : 1000 / 3 tahun
- insurance : (lupa)

misalkan 4% itu adalah 5000 RM. dan ane status bekeluarga dan anak 1. berlangganan broadband, beli laptop di tahun 2012

5000 - 1000 - 3000 - 500 - 1000 = - 500 (minus 500)

jadi artinya 4% itu balik ke ane semua (karena maximum yg bisa di kembalikan negara adalah 5000 itu, minus di anggap 0)

ane kaget, karena baru kali ini ane ga bayar pajak secara sah. emoticon-Frown
dan ini sangat membantu rakyat2 kecil, bisa di bilang rakyat kecil bebas pajak, karena di kembalikan. hanya orang yg gajinya melebihi itu wajib bayar pajak.

Salud banget ane. dan prosesnya mudah dan cepat. ga sampe 10 menit. rata2 penduduk pake efiling, jadi ga ada antrian di kantor pajak. ( ane takut salah, jadi dateng langsung)

semoga Indonesia kedepannya bisa seperti ini. rakyat kecil pun merasakan.
Jangan lupa terakhir lapor pajak per tgl 30 April......emoticon-Cape d... (S)
Gan mo tanya dong. Awal agustus 2013 besok ane baru mulai kerja di daerah petaling jaya. Nah sampe akhir desember 2013 ane blm nyampe angka 182 hari stay disana. Berarti 1 januari 2014 di reset balik ke 0 lagi ya gan? Ane musti bayar pajak 26% sampe juni 2014?

nah kalo memang iya, pas juli 2014 pajak ane jadi 6% kan gan?

Dan 20% dari agustus 2013-juni 2014 pajak ane di balikin ga gan?

Tapi seriusan itu gan klo ganti tahun, di reset lagi dari 0? Berarti klo mulai dari agustus, totaly hampir setahun ya buat ngedapetin residen? -__-
Quote:


Untuk residence status, hitungan harinya tidak kembali jadi 0. Akan disambung hitung harinya. TAPI pajak 26% ente dari agustus ke Desember yang ane tau ga bisa di refund karena untuk tahun 2013 (aug - dec) ente masih non residence.

Kalau hitungan ane bener, Januari 2014 ente bakal masih kena 26% rate, Feberuary 2014 dan seterusnya baru ngikut normal rate. Nah, 26% yang januari 2014 itu yang bisa di refund pada lapor pajak di tahun 2015.

CMIIW
Waduh... sayang banget ga bisa di refund 20% dari agustus - desember 2013. emoticon-Frown tapi kantor yg ane apply bilangnya bisa gan, boongin ane kli ya tu kantor...
Halaman 1 dari 7


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di