alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5100d6762d75b40174000011/sejarah-dan-terbentuknya-simbol-angka-di-dunia
Sejarah Dan Terbentuknya Simbol Angka Di Dunia
emoticon-rainbow Welcome to my thread emoticon-rainbow

Quote:
Spoiler for no repsol:
Spoiler for Rate :


Quote:Sejarah Dan Terbentuknya Simbol Angka Di Dunia
Hampir tak ada negara di dunia yang tak mengenal angka (bilangan). Semuanya mengenal angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, dan 0. Angka-angka itu menjadi roh dalam ilmu matematika. Sulit dibayangkan, andai tak ditemukan angka-angka tersebut.

Dalam berbagai literatur yang ada, tak disebutkan siapa orang yang pertama kali menemukan angka-angka atau bilangan tersebut. Yang pasti, menurut Abah Salma Alif Sampayya, dalam bukunya Keseimbangan Matematika dalam Alquran , catatan angka pertama kali ditemukan pada selembar tanah liat yang dibuat suku Sumeria yang tinggal di daerah Mesopotamia sekitar tahun 3.000 SM.

Bangsa Mesir kuno menulis angka pada daun lontar dengan tulisan hieroglif yang dilambangkan dengan garis lurus untuk satuan, lengkungan ke atas untuk puluhan, lengkungan setengah lingkaran menyamping (seperti obat nyamuk) untuk ratusan, dan untuk jutaan dilambangkan dengan simbol seorang laki-laki yang menaikkan tangan. Sistem ini kemudian dikembangkan oleh bangsa Mesir menjadi sistem hieratik.

Bangsa Roma menggunakan tujuh tanda untuk mewakili angka, yaitu I, V, X, L, C, D, dan M, yang dikenal dengan angka Romawi. Angka ini digunakan di seluruh Eropa hingga abad pertengahan.Sementara itu, angka modern saat ini, berasal dari simbol yang digunakan oleh para ahli matematika Hindu India sekitar tahun 200 SM, yang kemudian dikembangkan oleh orang Arab. Sehingga, angka tersebut disebut dengan angka Arab.

Dibandingkan dari seluruh angka yang ada (1-9), angka 0 (nol) merupakan angka yang paling terakhir kemunculannya. Bahkan, angka nol pernah ditolak keberadaannya oleh kalangan gereja Kristen. Orang yang paling berjasa memperkenalkan angka nol di dunia ini adalah al-Khawarizmi, seorang ilmuwan Muslim terkenal. Dia memperkenalkan angka nol melalui karyanya yang monumental Al-Jabr wa al-Muqbala atau yang lebih dikenal dengan nama Aljabar . Angka nol ini kemudian dibawa ke Eropa oleh Leonardo Fibonacci dalam karyanya Liber Abaci , dan semakin dikenal luas pada zaman Renaisance dengan tokoh-tokohnya, antara lain, Leonardo da Vinci dan Rene Descartes.

Pada mulanya, angka nol digambarkan sebagai ruang kosong tanpa bentuk yang di India disebut dengan sunya (kosong, hampa).Hingga kini, angka nol memiliki makna yang sangat khas dan memudahkan seseorang dalam berhitung. Namun, ada kalanya keberadaan angka nol ini dapat menimbulkan kekacauan logika.

''Jika suatu bilangan dibagi dengan nol, hasilnya tidak dapat didefinisikan. Bahkan, komputer sekalipun tidak bisa terhitung jika tiba-tiba bertemu dengan pembagi angka nol,'' jelas Sampayya.Komputer diperintahkan berhenti berpikir bila bertemu dengan sang divisor nol. Hasil yang tertera pada komputer angka menunjukkan #DIV/01.

Dibawah ini terbentuknya simbol angka...

Quote:Angka 1, 2, 3, yang kita kenal selama ini ternyata mempunyai sejarah. Mengapa angka satu disimbolkan dengan "1" lalu angka dua disimbolkan dengan "2" dan seterusnya hingga 9.

Sebelum mengenal angka ini, orang sudah mengenal penulisan angka seperti I, II, III, IV, V, dst. Ini kita mengenalnya dengan angka Romawi. Karena dari sanalah angka ini lahir.

Lalu angka sebagaimana yang kita dapatkan dalam Al Qur'an.Kita mengenal itu dengan sebutan angka arab. Padahal itu salah. Itu adalah angka persia.

Sedangkan angka arab yang sebenarnya adalah sebagai mana yang kita sering tulis. Yaitu 1, 2, 3, 4, dst.

Kembali ke topik tadi. Kenapa angka satu ditulis dengan 1, lalu dua ditulis dengan 2 hingga angka 9? Ceritanya begini.

Lalu, sekarang, coba perhatikan bentuknya. Angka-angka dibawah ini membentuk banyak sudut. Coba hitung sudut-sudut yang ada dalam angka tersebut. Berapa sudut yang agan-agan dapatkan? Yuk kita hitung satu persatu.
Selamat menghitung....



Spoiler for angka:


Sumber
Sumber

Spoiler for Budayakan:

Spoiler for TS Mengharapkan:

Spoiler for TS Tidak Mengharapkan:


Spoiler for #Respect:
nice info gan... emoticon-I Love Kaskus (S) ane bantu emoticon-Rate 5 Star

ane pertamax emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By rifamanchester
nice info gan... emoticon-I Love Kaskus (S) ane bantu emoticon-Rate 5 Star

ane pertamax emoticon-2 Jempol


emoticon-Selamat agan pertamax emoticon-Selamat
woo begitu gan emoticon-Matabelo
tp untuk sudut-sudut di angka,sepeti angka 7
cuma 1 sudut gan emoticon-Bingung (S) jd yang bener yang mana kalau saya mau menulis
mantap tritnya gan emoticon-Matabelo kayak begini nih yg ane butuhin. nambah pengetahuan emoticon-Cendol (S)
oohhh, begitu ya sejarah angka, baru tau ane emoticon-Matabelo
ternyata huruf yang kita pakai selama ini (1,2,3 dst) bahasa arab

nice info gan, saya kasih emoticon-Rate 5 Star
De ja vu gan, tapi nice trit lah emoticon-Rate 5 Star
kalo 0 darimana ya???
emoticon-Ngakak (S)
nice thread gan...ane baru tau emoticon-Matabelo
ane bantu emoticon-Rate 5 Star
Keren ni gan..
Mdah2n HT gan.. emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By ReinhardRawel
woo begitu gan emoticon-Matabelo
tp untuk sudut-sudut di angka,sepeti angka 7
cuma 1 sudut gan emoticon-Bingung (S) jd yang bener yang mana kalau saya mau menulis


kayanya sesai font yang di pake deh gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By lazy.fiend
mantap tritnya gan emoticon-Matabelo kayak begini nih yg ane butuhin. nambah pengetahuan emoticon-Cendol (S)

makasih gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By riccoenggo
oohhh, begitu ya sejarah angka, baru tau ane emoticon-Matabelo
ternyata huruf yang kita pakai selama ini (1,2,3 dst) bahasa arab

nice info gan, saya kasih emoticon-Rate 5 Star

makasih gan emoticon-Rate 5 Star

Quote:Original Posted By GamerGoKillZ
De ja vu gan, tapi nice trit lah emoticon-Rate 5 Star


emoticon-Rate 5 Star jangan makasih udah berkunjung

Quote:Original Posted By The_gun
kalo 0 darimana ya???
emoticon-Ngakak (S)


0 terbentuk karena ga ada sudutnya gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Quote:Original Posted By aryaapd
nice thread gan...ane baru tau emoticon-Matabelo
ane bantu emoticon-Rate 5 Star


makasih gan ratenya emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By dientzrasta
Keren ni gan..
Mdah2n HT gan.. emoticon-Smilie


aamiin gan bantu emoticon-Rate 5 Star
yang 7 sama 9 nya maksa banget gan emoticon-Ngakak
ternyata dari jumlah sudut yg ada yaaa. nice gan
thanks gan nice info emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By Raediaufar31
yang 7 sama 9 nya maksa banget gan emoticon-Ngakak

gapapa gan haha emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ipangest
ternyata dari jumlah sudut yg ada yaaa. nice gan

iya gan bantu emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By softwareretail
thanks gan nice info emoticon-2 Jempol

sama sama gan bantu emoticon-Rate 5 Star
Quote:Original Posted By kaka_itachi
abis baca,ane langsung praktekin gan ternyata 8/0 hasile cannot divide by zero
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
titipin forex mu 5% per bulan
www.infovalas.com


wah agan ini langsung mempraktekan haha bantu emoticon-Rate 5 Star gan
ternyata dihitung sudutnya???
kayaknya mustahil tuh emoticon-Big Grin
Nice trit gan. klo angka 23 begimana tuh gan emoticon-Ngakak
emoticon-Matabelo
informatif banget nih
Quote:Original Posted By .2921061.
ternyata dihitung sudutnya???
kayaknya mustahil tuh emoticon-Big Grin

tapi faktanya betul kok gan hehe emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By ladumboo23
Nice trit gan. klo angka 23 begimana tuh gan emoticon-Ngakak

gabungin aja gan 2 sama3 wahaha
Quote:Original Posted By littlerobber
emoticon-Matabelo
informatif banget nih

bantu rate gan biar HT hehe