alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50ff8fd0017608f712000008/imho-kemiripan-lambang-amerika-dan-indonesia
[IMHO] Kemiripan Lambang Negara Amerika dan Indonesia
[IMHO] Kemiripan Lambang Amerika dan Indonesia

Permisi agan2 senior, nubi mau numpang posting emoticon-Malu (S)
Dan, ini trit pertama ane gan emoticon-Betty (S)

Tulisan ini tidak bermaksud menggugat atau mempertanyakan fakta sejarah ditetapkannya lambang negara (The Great Seal) dari dua negara dengan ciri keragaman yang sama, namun hanya merupakan observasi amatir yang bersifat iseng saja. Anda perhatikan kedua lambang negara ini, maka saya percaya Anda akan sependapat bahwa keduanya memiliki cukup banyak kemiripan.

Pertama, satwa yang dipakai untuk pencitraan sama yaitu burung rajawali/garuda. AS memilih burung rajawali sebagai lambang, karena mereka memiliki bald eagle yang dibanggakan keperkasaannya. Indonesia memilih burung garuda, karena satwa mitologis ini sudah diagungkan berabad-abad sebelumnya. Persamaan yang lainnya, kedua burung perkasa ini merentangkan kedua sayapnya dan kepalanya menghadap ke kanan. Kedua burung ini juga menyandang perisai di dadanya. Dan yang cukup menggelitik pikiran adalah semboyan yang tertulis pada pita (scroll) yang menyertai lambang negara ini.

Pada lambang (seal) AS tertulis semboyan ’E Pluribus Unum’, sedangkan pada lambang RI tertulis semboyan ’Bhinneka Tunggal Ika’. Kedua semboyan ini mempunyai makna yang persis sama yaitu ’dalam keberagaman menjadi satu’. Lambang garuda Pancasila diciptakan oleh Sultan Hamid II yang waktu itu adalah menteri kabinet RIS dan setelah melalui beberapa revisi akhirnya ditetapkan sebagai lambang negara pada Maret 1950.

Yang menarik revisi yang disarankan oleh Presiden Soekarno adalah menyangkut kepala garuda yang pada waktu itu masih gundul. Melalui pelukis istana Dullah, Bung Karno meminta agar burung garuda ini diberi jambul, supaya tidak menyerupai bald eagle yang menjadi lambang negara AS. Secara harfiah bald eagle memang bermakna ’rajawali gundul atau rajawali botak’. Jadi nampaknya Bung Karno sudah ’menyadari’ bahwa simbol negara yang disahkan ini mempunyai banyak kemiripan dengan dengan simbol negara AS.

Kemiripan lain yang sempat saya amati (secara amatiran) adalah pada Pembukaan (Preamble) UUD 1945. Pada alinea pertama antara lain disebutkan: Quote:Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan. Coba Anda perhatikan preamble pada ’Declaration of Independence’ AS yang berbunyi: Quote:We hold these truths to be self-evident, that all men are created equal, that they are endowed by their Creator with certain unalienable Rights, that among these are Life, Liberty and the pursuit of Happiness. Cukup banyak kemiripan bukan?

Ada satu kemiripan lainnya yang menurut pendapat pribadi saya perlu dikaji ulang, karena ada kerancuan diksi. Yang saya maksudkan di sini adalah sebutan ‘Negara Kesatuan Republik Indonesia’ yang nampaknya ‘meniru’ (mengadopsi) dari sebutan ’United States of America’. Sebutan ‘united states’ memang tepat adanya, karena Amerika Serikat memang terdiri dari 50 negara bagian dan semua negara ini di-united (dijadikan kesatuan) sebagai negara Amerika. Tetapi kiranya kurang tepat kalau kita menyebutkan negara kita sebagai ‘negara kesatuan’, karena Indonesia tak terdiri dari negara-negara bagian seperti AS. Di tahun 1950an memang pernah ada sebutan ‘United States of Indonesia’, tatkala Indonesia terdiri dari 16 ‘negara bagian’ sebagai hasil dari Perundingan Meja Bundar dengan pihak Belanda. Dari 16 ‘negara bagian’ ini, Jawa Sumatra menjadi ‘milik’ Indonesia dan 15 negara bagian lainnya menjadi ‘milik’ Belanda. Tapi itu dulu, waktu negara kita diberi nama Republik Indonesia Serikat (RIS). Sekarang, penyebutan ’Negara Kesatuan’ menurut hemat saya terdengar ganjil, karena alasan yang sudah saya uraikan di atas. Cukuplah disebut dengan Republik Indonesia, karena dengan istilah ini sudah secara gamblang menyiratkan bahwa seluruh warganya adalah suatu kesatuan yang bulat. Bagaimana menurut pendapat agan - agan semua?

Mudah2an tulisan ini ga emoticon-Blue Repost
emoticon-Cendol (S) ataupun emoticon-Bata (S) tetap ane terima dengan rasa syukur emoticon-Salaman
Lambang Apa Maksudnya?
Quote:Original Posted By matz44
Lambang Apa Maksudnya?


Lambang negara gan maksudnya emoticon-Malu
Lambang gmn ya mksdny
Ane blm paham
Jd nyimak aja dlu ya
Quote:Original Posted By JR.F
Lambang gmn ya mksdny
Ane blm paham
Jd nyimak aja dlu ya


maksudnya gini gan,
lambang negara kita, Garuda Pancasila, mirip banget sama lambang negara amrik
kira2 begono gan emoticon-I Love Indonesia (S)
kok pada gtau lambang negaraa?emoticon-Sorry
....emg sii diliat jga mirip gan
In God we trust
Quote:Original Posted By dhikfidh
kok pada gtau lambang negaraa?emoticon-Sorry
....emg sii diliat jga mirip gan


nah, akhirnya ada yang paham juga emoticon-Hammer2
nyimak dulu gan.
wah mirp ghan
Quote:Original Posted By matz44
Lambang Apa Maksudnya?


Sarap nih oranggg anjrottt nya minta ampon dahh, ngeJunk tapi P'A'

BTW emang mirip gan hehehehe lambangnyaa
ya jelas beda gan, beda jauh
Quote:Original Posted By JR.F
Lambang gmn ya mksdny
Ane blm paham
Jd nyimak aja dlu ya


Lambang Negara Lho ToD!!!!!!!
gak mirip2 amat sih gan hehe emoticon-Big Grin
sama2 garuda gan, emoticon-Bingung
Iyèe gan..
Mirip...
mungkin yang bikin lambang negara kita punya filosopinya sendiri..
jadi kita harus tetap bangga dengan lambang negara kita..
emoticon-I Love Indonesia (S)
sayangnya beda nasib gan emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kambinkzzzz
mungkin yang bikin lambang negara kita punya filosopinya sendiri..
jadi kita harus tetap bangga dengan lambang negara kita..
emoticon-I Love Indonesia (S)


bijak sekali komen agan satu ini emoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:Original Posted By Reinhard12
sayangnya beda nasib gan emoticon-Ngakak


klo nasib mah yang diatas yang nentuin gan emoticon-Ngakak
Tetep aja gan masih gagah lambang negara Indonesia.... emoticon-I Love Indonesia (S)