alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fedfa5582acf080e000000/sejarah-perkembangan-roda-ban
Sejarah Perkembangan Roda/Ban
Quote:Sejarah Perkembangan Roda/Ban

Quote:Thread perdana ane mudah-mudahan bisa memberi sumbangsih positif bagi kaskuser semua

Spoiler for intermezzo:


sejarah rodaQuote:Roda dipercaya ditemukan pertama kali di Mesopotamia.Hal ini dibuktikan dengan penemuan roda pembuat pot di Ur di Mesopotamia pada 3500 tahun SM,sehingga diduga,fungsi roda saat pertama kali ditemukan adalah untuk membuat tembikar.Penemuan paling lama tentang pemakaian roda sebagai kereta kuda ditemukan di selatan Polandia.Kira-kira antara tahun 3500-3350 SM.Roda mencapai Asia timur dan Eropa pada tahun 4000 SM dan Lembah Indus pada tahun 3000 SM.

Penemuan roda terjadi di akhir masa Neolithikum dan kemungkinan juga merupakan kemajuan teknologi yang memulai zaman perunggu.

Pemakaian roda sebagai alat transportasi secara luas kemungkinan tertunda karena roda membutuhkan jalan yang halus untuk dimanfaatkan sehingga orang pada masa itu lebih memilih kuda.

Roda pada awalnya hanya terbuat dari kayu cakram yang dilubangi untuk as.Sampai Celtic memperkenalkan pemakaian pelek besi disekitar roda.Model Celtic ini digunakan sampai tahun 1870-an tanpa perubahan berarti.Sampai ditemukannya ban angin dan ban kawat.Sampai sekarang roda digunakan secara luas mulai dari sepeda sampai turbin pesawat

Roda berangsur menjadi bagian dari budaya dan teknologi. Orang sadar, bahwa gerak mekanis bagi penciptaan apa pun, hanya bisa dilakukan dengan roda. Lompatan ilmu pengetahuan ini terjadi ketika manusia menemukan roda bergigi, yang mula pertama digunakan pada roda tenaga air. Kemudain pada abad I SM, gabungan roda dari berbagai ukuran dan masing-masing dihubungkan dengan tali. Inilah yang belakangan diketahui sebagai prinsip perpindahan beban, percepatan dan perlambatan putaran. Prinsip ini kemudian menjadi mekanisme dasar penciptaan jam.

Pada tahun 1515 untuk pertama kalinya orang menemukan wheel-lock, roda yang bisa diputar dan berhenti oleh sebuah benda pengganjal. Prinsip ini kemudian dikembangkan menjadi roda gerigi pemantik bom - dan korek api.

Pada tahun 1839, Charles Goodyear berhasil menemukan teknik vulkanisasi karet. Vulkanisasi sendiri berasal dari kata Vulkan yang merupakan dewa api dalam agama orang romawi. Pada mulanya Goodyear tidak menamakan penemuannya itu dengan nama vulkanisasi melainkan karet tahan api. Untuk menghargai jasanya, nama Goodyear diabadikan sebagai nama perusahaan karet terkenal di Amerika Serikat yaitu Goodyear Tire and Rubber company yang didirikan oleh Frank Seiberling pada tahun 1898. Goodyear Tire & Rubber Company mulai berdiri di tahun 1898 ketika Frank Seiberling membeli pabrik pertama perusahaan ini dengan menggunakan uang yang dia pinjam dari salah seorang iparnya.

Pada tahun 1845 Thomson dan Dunlop menciptakan ban atau pada waktu itu disebut ban hidup alias ban berongga udara. Sehingga Thomson dan Dunlop disebut Bapak Ban. Dengan perkembangan teknologi Charles Kingston Welch menemukan ban dalam, sementara William Erskine Bartlett menemukan ban luar

Thomson, seorang insinyur Inggris, mengembangkan “ban mati” di sekeliling pelek kendaraan menjadi “ban hidup” alias berongga udara yang dipatenkan pada tahun 1845. Karya Thomson kemudian dikembangkan oleh Dunlop, seorang dokter hewan asal Belfast, Irlandia. Jika Thomnson menggunakan kulit binatang sebagai bahan dasarnya, Dunlop menggantinya dengan karet. Penemuan yang dipatenkannya tahun 1870 itulah cikal-bakal roda kendaraan masa kini.

Tokoh lain pun menyusul. Charles Kingston Welch menemunakn “ban dalam” yang tidak langsung terkena permukaan tanah karena diberi lapisan tambahan. Sedangkan William Erskine Bartlett, menemukan ban luar yang dilengkapi penguat pada tepinya, agar tidak mudah lepas ketika dipasang pada pelek.

Sejak itu, teknologi ban berkembang pesat. Perbaikan, baik dari segi teknik pembuatan maupun materi dasarnya, tumbuh dari waktu ke waktu. Sampai sekarang, ragam, macam dan jenis ban sangat beraneka. Jumlahnya tak kurang dari 3.500 macam. Baik ban luar yang mengharuskan pemakaian ban dalam, maupun jenis tubeless alias tanpa ban dalam

Charles goodyearQuote:Sejarah Perkembangan Roda/Ban
Charles Goodyear (lahir di New Haven, 29 Desember 1800 – meninggal di New York, 1 Juli 1860 pada umur 59 tahun) adalah seorang berkebangsaan Amerika Serikat yang menemukan cara vulkanisasi karet pada tahun 1839. Ia kemudian mematenkan penemuannya itu pada tahun 1844. Pada Agustus 1824, Goodyear menikahi Clarissa Beecher dan mereka dikaruniai 7 orang anak, salah satunya adalah William Henry Goodyear


Robert william thomson]Quote:Sejarah Perkembangan Roda/Ban
Robert William Thomson (lahir di Stonehaven, Skotlandia, 26 Juli 1822 – meninggal 8 Maret 1873 pada umur 50 tahun) adalah seorang penemu ban pneumatik


John boyd dulopQuote:Sejarah Perkembangan Roda/BanJohn Boyd Dunlop (lahir di Skotlandia, 5 Februari 1840 – meninggal di Dublin, 23 Oktober 1921 pada umur 81 tahun), lahir di Skotlandia, beliau merupakan penemu yang mendirikan salah satu perusahaan ban yang bernama Dunlop Pneumatic Tyre Company.
Pada tahun 1887, John Boyd Dunlop mengembangkan ban yang berisi angin yang pertama untuk sepeda roda tiga putranya.
Dua tahun kemudian tepatnya pada tahun 1889, John Boyd Dunlop mendirikan pabrik pertama Dunlop Tyres di Dublin, Irlandia. Dan pada tahun 1891 dibangunlah Fort Dunlop Factory di Birmingham, Inggris yang kini menjadi kantor pusat Dunlop
Dunlop meninggal di Dublin pada tanggal 23 Oktober 1921.


Komponen banQuote:Sejarah Perkembangan Roda/Ban
1. Tread
bagian telapak ban yang berfungsi untuk melindungi ban dari benturan, tusukan obyek dari luar yang dapat merusak ban. Tread merupakan bagian ban yang menggunakan bahan karet paling banyak. Ketebalannya sekitar 6 mm. Bahan karet untuk tread merupakan kombinasi antara karet alam dan sintesis. Natural Rubber memberikan daya lengket ke aspal, sedang Synthesis Rubber berguna menambah daya tahan ban karena gesekan. Tread dibuat banyak pola (kembangan) yang disebut Pattern.

2. Breaker dan Belt
Bagian lapisan benang (pada ban biasa terdiri dari 4 lapis) yang diletakkan diantara tread dan Casing. Berfungsi untuk melindungi serta meredam benturan yang terjadi pada Tread agar tidak langsung diserap oleh Casing.

3. Casing
Lapisan benang pembentuk ban dan merupakan rangka dari ban yang menampung udara bertekanan tinggi agar dapat menyangga ban.

4. Sidewall
Sisi samping kiri dan kanan ban. Berfungsi sebagai penopang/dinding ban.

5. Bead
Bundelan kawat yang disatukan oleh karet yang keras dan berfungsi seperti angkur yang melekat pada Pelek (velg).

6. Rimline
Garis yang menandakan posisi bibir pelek. Dapat juga dipakai sebagai pedoman lurusnya ban mendekap pelek.



Spoiler for Roda:


Quote:sekian thread dari seorang nubi, diambil positifnya aja gan

jangan baca aja gan, dirate juga emoticon-Rate 5 Star
bagi yang udah iso bagi donk emoticon-Blue Guy Cendol (L)
pertamax hanya untuk TS
Kualitas ban skrng sangat buruk. emoticon-Cape d...


baru tahu ane gan emoticon-Matabelo




Best Regards,
WSSChanger
makin hari makin keren gan emoticon-Big Grin
ijin nyimak emoticon-Salaman
ane baru tau nih emoticon-Matabelo

nice share gan emoticon-2 Jempol
ternyata sejarah nya panjang ya gan
mantab nih buat skrg