alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50feaed47c1243aa2f00000a/saatnya-untuk-berubah-gan--how-to-improve-ceative-industry-in-indonesia
Saatnya untuk berubah gan!! -How to improve Ceative Industry in INDONESIA-
Moga-moga thread ini bisa ngasih inspirasi ke agan-agan sekalian untuk mengembangkan Indonesia dengan dimulai dari hal kecil, yaitu diri agan sendiri..
emoticon-Angkat Beer emoticon-Angkat Beer

Be DIfferent be Creative

Pada awalnya industri kreatif dipandang semakin penting dalam mendukung kesejahteraan dalam perekonomian, sebab industri abad kedua puluh satu akan tergantung pada produksi pengetahuan melalui kreativitas dan inovasi. Pengaplikasian industri kreatif lebih ditekankan kepada pemanfaatan kreativitas untuk dapat mendukung terbentuknya lapangan pekerjaan.

Melalui pemahaman ini, saya setuju bahwa untuk menciptakan industri kreatif diperlukan suatu pemahaman akan kreativitas itu sendiri dari dalam diri anda, dan pada akhirnya akan secara tidak langsung membuat anda semakin kreatif. Nah, kreativitas itu sendiri adalah sebuah kebiasaan, bukan diturunkan dari orang tua. Kreatif tidak ada hubungannya dengan IQ yang anda miliki, melainkan sejauh mana anda bisa open minded terhadap apa yang anda lihat dan rasakan. Terkadang kita bertanya, “tapi, pekerjaan saya tidak mengharuskan saya untuk kreatif?”, namun sesungguhnya kreativitas dapat membantu anda melakukan segala hal dengan lebih baik, baik itu dalam karir, bisnis, maupun hidup. Misalnya, sebagai pebisnis, langkah yang terlalu mainstream dan hanya mengikuti tren tidak akan memberikan pengaruh banyak terhadap bisnis anda. Lain halnya apabila anda sebelumnya telah menciptakan produk yang kuat, ditambah dengan sistem pemasaran yang hebat. Intinya, tidak peduli sekecil apapun kreatifitas yang anda lakukan, semua akan berdampak positif pada diri anda.

Apa gunanya suatu kreativitas, jika kreativitas tersebut tidak dapat “dijual”, yang nyatanya sukses dalam industri kreatif berarti berhasil atau tidaknya suatu karya dijual kepada publik. Terjualnya pun tidak harus selalu dalam bentuk uang, ungkapan apresiasi juga merupakan indikator berhasilnya karya anda terjual. Memahami bahwa sebuah kreativitas haruslah sesuatu yang dibutuhkan masyarakat, sehingga sebuah kreativitas haruslah bersifat ekonomis. Jangan menciptakan sesuatu yang hanya berbeda, melainkan harus ada alasan yang melatarbelakangi munculnya perbedaan tersebut.

Munculnya suatu ide kreatif sangat didasari oleh pengetahuan anda. Pengetahuan baru adalah sumber utama munculnya ide-ide baru di dalam pikiran, dan bila dikombinasikan dengan pengetahuan yang sudah ada, akan menghasilkan suatu ide yang cemerlang. Because knowledge makes you powerful, taruhlah lebih banyak effort kedalamnya. Pengetahuan bisa ditambah melalui membaca buku, seminar, film, games, bahkan musik pun merupakan saran penambah pengetahuan. Tapi jangan asal ikut, asal baca, melainkan diharuskan untuk sesuai bidang yang anda geluti, misal dalam membaca buku, bacalah yang sesuai keperluan anda.

Suatu proses dalam berbisnis, selain kemajuan dan keberhasilan, juga dipenuhi oleh yang namanya kegagalan. Pada akhirnya semua itu merupakan acuan bagi kita untuk mencapai titik puncak. Andapun janganlah setengah-setengah dalam mengambil suatu keputusan, percayakan pada keputusan anda sepenuhnya, dan hadapilah resiko yang akan datang. Sebab hal tersebut akan turut mendewasakan diri anda. Jangan putus asa ketika ide anda ditolak, sebab proses adalah bagian utama dari suatu keberhasilan. Hasil yang didukung proses yang matang akan menjadikan bisnis anda lebih sustainable.

Jauhkan diri dari yang namanya kebiasaan “latah”, yang berarti latah ikut-ikutan bisnis yang telah sukses tanpa memikirkan market serta diferensiasi yang mau dituju. Bisnis yang baik harus dibarengi oleh sentuhan kreativitas dan riset yang memadai. Buat suatu kekeliruan pada produk yang anda jual, baik dari sisi produk anda, pemasaran, serta inner perusahaan anda sendiri. Coba sesuatu yang bertolak belakang, yang jika seseorang mendengar atau melihat, akan merangsang ia untuk melirik 2 kali. Sesuatu yang bisa mengusik rasa penasaran konsumen akan membuat ide kreatif anda lebih menjual.

Pemilihan bidang yang kita geluti merupakan kunci sukses dalam berbisnis. Semakin anda cinta dan memiliki passion terhadap bidang anda, maka semakin semangatlah anda untuk bekerja. Jadikanlah gaji bukan sebagai motivasi utama dalam bekerja, pekerjaan itu harus membuat anda happy, tapi tetap memperhatikan nilai ekonomisnya.

Hal yang juga sangat berpengaruh terletak pada inner perusahaan itu sendiri. Buatlah agar semua anggota perusahaan ikut berkontribusi dalam memberikan inovasi. Adakan pertemuan semi-formal dengan sistem brainstorming, dimana setiap orang bebas untuk mengemukakan pendapatnya, sebab sebuah ide bisa lahir dari siapa aja. Kalau diperlukan sewalah seorang consultant, sebab jika dalam suatu pertemuan hanya diisi oleh orang dalam, kita tidak akan sensitif terhadap masalah yang ada di dalam perusahaan sendiri. Kehadiran mentor pun bisa mendukung cepat lambatnya progress suatu perusahaan, kehadiran seorang mentor menjadikan kalimat “Practice Makes Perfect” menjadi “Perfect Practice Makes Perfect”. Langkah tersebut akan membuat perusahaan memiliki spirit yang kreatif, sistem kerja yang dinamis dan tidak konvensional. Dengan kebiasaan kreatif tersebut kelak dapat mendukung terciptanya bisnis yang kreatif.


Thanks for our mentor Yoris Sebastian and his inspiring book "OH MY GOODNESS: Buku Pintar Seorang Creative Junkies"
Awalnya diketawain Gan selanjutnya tepuk tangan
istimewaaa
good job

emoticon-Jempol
emoticon-Salaman
walaupun agak panjang mohon dibaca ya gan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)
ayo berubah
Quote:Original Posted By avalon700
walaupun agak panjang mohon dibaca ya gan emoticon-Malu (S) emoticon-Malu (S)


Oke gan
industri kreatif memang pasar yg menjanjikan gan