alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fe1af44f6ea1ae4e000000/hikmah-di-balik-asinnya-air-laut
Hikmah Di Balik Asinnya Air LAut
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَمَا يَسْتَوِي الْبَحْرَانِ هَذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ سَائِغٌ شَرَابُهُ وَهَذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَمِن كُل تَأْكُلُونَ لَحْمًا طَرِيا وَتَسْتَخْرِجُونَ حِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُوا مِن فَضْلِهِ وَلَعَلكُمْ تَشْكُرُونَ
”Dan tidaklah sama (antara) dua laut; yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan dari masing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapat mengeluarkan perhiasan yang dapat kamu pakaip, dan pada masing-masingnya kamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencari karunia-Nya dan supaya kamu bersyukur.” (QS. Faathir: 12)


Penjelasan Ilmiah

Jika salah seorang di antara kita mengunjungi pabrik pembuatan es krim, niscaya akan didapati bahwa pembekuan es krim dengan menggunakan es saja tidak cukup karena es tidak dapat mendinginkan hingga di bawah 0 (nol) derajat celcius. Oleh karena itu, para pekerja mencampurkan garam ke dalam es, sehingga membentuk campuran cairan asin yang meleleh pada derajat di bawah nol derajat (yang perlu diperhatikan bahwa pendinginan dengan cara ini –yaitu peningkatan konsentrasi garam- tidak dapat dilakukan sampai suhu di bawah 12 derajat celcius). Dan pengamatan sederhana ini termasuk hal yang penting yang terjadi di perairan laut.

Maka keberadaan kadar garam di laut ini membuat air laut baru membeku pada derajat di bawah 0 (nol) derajat, suatu hal itu yang memungkinkan air laut tetap mengalir/tidak beku (karena ia cair) pada derajat kurang dari 10 derajat. Sehingga hal itu memudahkan pelayaran pada musim dingin pada waktu yang lebih lama (karena air laut tidak membeku pada suhu di bawah nol derajat). Sementara kita mencermati bahwa air sungai telah membeku pada musim dingin.

Dan ini, di samping keadaan air garam yang memmudah binatang, ikan, dan manusia untuk berenang, karena ia (air garam) memperingan berat badan. Sebagaimana salinitas (kadar garam) laut berfungsi untuk mensterilkan air, sehingga mencegah terjadinya pembusukan, dan perkembangbiakan penyakit. Kalau tidak demikian niscaya laut menjadi menjadi pusat (markas) yang baik bagi wabah dan penyakit yang menyebar ke seluruh negara dan bangsa.

Dan kita dapati diri kita berada dalam keheranan ketika kita mengingat bahwa dari benda cair ini (air), Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan segala jenis makhluk, sebagai bukti dari firman Allah Subhanahu wa Ta’ala:

وجَعَلْنَا مِنَ الْمَاءِ كُل شَيْءٍ حَي أَفَلاَ يُؤْمِنُونَ (30)
””Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tidak juga beriman?” (QS. Al-Anbiya’: 30)

Maka air masuk ke dalam komposisi beberapa tumbuhan dengan kadar 99%, sedangkan pada manusia dan hewan terkadang kadarnya lebih dari 75 %. Air masuk ke dalam komposisi semua unsur cairan dalam tubuh (seperti darah merah, getah bening/sel darah putih, dahak, hormon, berbagai jenis kelenjar dan lain-lain). Dan jika jumlah air dalam tubuh berkurang, maka cairan tubuh ini dianggap tidak lagi mampu berpartisipasi secara khusus dalam tubuh tersebut. Dan dimungkinkan bagi manusia untuk tetap hidup tanpa makanan dalam waktu satu bulan atau lebih, akan tetapi dia tidak bisa hidup tanpa air lebih dari beberapa hari.

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

Sumber:ملوحة البحار dari http://www.bytocom.com/vb/showthread.php?t=34213. Diterjemahkan dan dipsoting oleh Abu YusufSujono

Jika berkenan..
emoticon-Blue Guy Cendol (L)
semua ada hikmahnya gan
sepi amat tret hikmah emoticon-Sundul Up
Quote:Original Posted By jesenstefan
sepi amat tret hikmah emoticon-Sundul Up



iya nih gann..
TAnya kenapa..???
emoticon-Sorry

thread ente menambah wawasan sekaligus memperdalam iman gan emoticon-Jempol
Klo udh mlam bgni Agan yg lain dah pda kga ngrus air laut Mas Bro TS.... Mngkin bsok pgi... Nenek Moyang agan" Kan seorang plaut, sblum mlaut bca gnian dlu..... Kwakwakwkakwakwka...
Quote:Original Posted By mitra21
thread ente menambah wawasan sekaligus memperdalam iman gan emoticon-Jempol


makasih gan..
just share.. emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By firmanbp
Klo udh mlam bgni Agan yg lain dah pda kga ngrus air laut Mas Bro TS.... Mngkin bsok pgi... Nenek Moyang agan" Kan seorang plaut, sblum mlaut bca gnian dlu..... Kwakwakwkakwakwka...


hhaa..
terkadang hal2 sperti ini sering luput gan dari penglihatan kita..
padhal merupakan suatu Tanda kebesaran-Nya..
emoticon-2 Jempol
ane baru tau nih gan...
semakin nambah iman ane jadinya gan emoticon-Malu (S)
Quote:Original Posted By Besabu
ane baru tau nih gan...
semakin nambah iman ane jadinya gan emoticon-Malu (S)


yoii gann..
smoga berkah buat ane'a juga.. emoticon-Maaf Agan