alexa-tracking
Kategori
Kategori
Pengumuman! KASKUS punya fitur baru: MENTION! Berkomunitas jadi makin seru! Cekidot!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Alasan Bahaya Minum Sambil Berdiri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fccb731b76089e23000016/alasan-bahaya-minum-sambil-berdiri

Alasan Bahaya Makan dan Minum Sambil Berdiri

Alasan Bahaya Minum Sambil Berdiri

Dalam hadist disebutkan "janganlah kamu minum sambil berdiri". Dari segi kesehatan, air yang masuk dengan cara duduk akan disaring oleh sfringer. Sfringer adalah suatu struktur maskuler berotot yang bisa membuka dan menutup agar air kemih bisa lewat. Dan ternyata sfringer ini hanya bekerja pada saat kita duduk. Sehingga jika kita minum atau makan sambil berdiri, air yang masuk ke dalam tubuh akan masuk begitu saja tanpa disaring oleh sfringer.

Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada `pos-pos' penyaringan yang berada di ginjal. Jika kita minum sambil berdiri, air yang kita minum otomatis masuk tanpa disaring lagi. Langsung menuju kandung kemih. Ketika menuju kandung kemih itu terjadi pengendapan di saluran sepanjang ureter. Karena banyak limbah-limbah yang menyisa di ureter inilah awal mula munculnya bencana. Yaitu mulai muncul penyakit kristal ginjal, salah satu penyakit ginjal yang sungguh berbahaya.

Bahkan Rasulullah sendiri sejak 1400 tahun yang lalu melarang minum sambil berdiri. Apalagi jika makan sambil berdiri, itu justru lebih berbahaya. Pada saat duduk, apa yang diminum atau dimakan seseorang akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lambat. Jika minum sambil berdiri, maka cairan minuman akan jatuh dengan keras ke dasar usus, menabraknya dengan keras. Dan jika hal ini terjadi berulang-ulang dalam waktu lama maka akan menyebabkan melar dan jatuhnya usus, yang kemudian menyebabkan disfungsi pencernaan.

Adapun Rasulullah SAW pernah sekali minum sambil berdiri, tapi itu disebabkan ada sesuatu yang menghalangi beliau untuk duduk, seperti penuh sesaknya manusia. Dan ini bukan merupakan kebiasaan beliau. Ingat azas darurat!
Pada saat berdiri tubuh manusia dalam keadaan tegang. Setiap organ keseimbangan dalam pusat saraf sedang bekerja keras untuk mempertahankan semua otot tubuh agar tetap tegak. Ini menyebabkan manusia tidak bisa mencapai ketenangan yang merupakan syarat terpenting pada saat makan dan minum. Ketenangan ini hanya bisa dihasilkan pada saat duduk, di mana syaraf berada dalam keadaan tenang dan tidak tegang, sehingga sistem pencernaan dalam keadaan siap untuk menerima makanan dan minum dengan cara cepat.
Makanan dan minuman yang disantap pada saat berdiri, bisa berdampak pada refleksi saraf yang dilakukan oleh reaksi saraf kelana (saraf otak kesepuluh) yang banyak tersebar pada lapisan endotel yang mengelilingi usus. Refleksi ini apabila terjadi secara keras dan tiba-tiba, bisa menyebabkan tidak berfungsinya saraf (vagal inhibition) yang parah. Akibatnya bisa mematikan detak jantung, sehingga menyebabkan pingsan atau mati mendadak.
Bila terbiasa makan dan minum sambil berdiri secara terus-menerus terbilang berbahaya bagi dinding usus dan memungkinkan terjadinya luka pada lambung. Para dokter melihat bahwa luka pada lambung 95% terjadi pada tempat-tempat yang biasa berbenturan dengan makanan atau minuman yang masuk.
Diubah oleh metaphysic
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2

Tiada Pertamax Dianatara Kalian~

Alasan Bahaya Minum Sambil Berdiri

wah bahaya juga donkk????
ane biasa minum sambil berdiri soalnya gan
Diubah oleh parfumku.net
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
asal jangan sambil tidur gan, lebih berbahaya lagi emoticon-Big Grin
wah baru tau ane ... mantab gan inponya emoticon-2 Jempol
Tuntunan Rasululllah untuk duduk waktu minum berarrti bener gan emoticon-Matabelo
kok kaya pernah baca ya gan...repsol kah?
ah,belum terbukti gan,,,
engkong ane sering minum sambil berdiri,sehat2 aje smp sekarang
owh jadi kalau kita minum sambil berdiri ga bakal si saring yah

berbahaya juga yah emoticon-Cool
ane biasa minum sambil berdiri nih gan
sekarang ane mesti disiplin minum sambil duduk kayaknya emoticon-Cool
bahaya juga yah gan
waw...mantab gan,..
sunah rasul tp ada penjelasan ilmiahnya,..
emoticon-Cool
kalo minum sambil kencing gan
Ane dulu taunya dari jaman SMP gan dari pak Guru ane
sejak itu kalo minum atau makan ya mesti ane duduk, inget pesen guru ane
wah serem juga ya, ane sering tuh minum sambil berdiri
Untung ane jarang banget minum sambil berdiri gan, kecuali emang lagi terpaksa banget. Ternyata memberi efek buruk juga ya emoticon-Sorry
nice info gan
ane percaya kalo hadist nabi memang benar2 mempunyai fakta dan menghindari keburukan..subhanallah
ane juga suka minum sambil diri apalagi habis jogging...
wah bahaya juga ya gan
ada penjelasan ilmiahnya ternyata emoticon-Matabelo
ane coba dulu ngejalanin,
padahal biasanya minum ambil berdiri rada biasa emoticon-Malu
emang bahaya kok gan
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di