alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50fb7be6562acf1e1100000f/inilah-beberapa-faktor-penyebab-terjadinya-banjir-di-jakarta
Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta
Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta
Banjir seolah menjadi momok bagi warga ibukota Jakarta dan daerah sekitarnya seperti Bekasi, Depok dan Tangerang. Berpuluh-puluh tahun bahkan ratusan tahun tak kunjung usai diselesaikan. Pemerintah Pusat maupun Pemerintah daerah DKI seperti tak berdaya. Berkali-kali berganti-ganti Kepala Daerah namun tetap saja persoalan banjir seakan tidak menemui titik terang.

Warga pun hanya bisa pasrah, disaat banjir menerjang tak ada pilihan lain kecuali mengungsi ke tempat yang lebih aman dahulu, rumah-rumah pun banyak yang tenggelam, tak ketinggalan kendaraan, baik roda dua maupun roda empat. Bisa jadi seusai banjir mereda bengkel penuh karena banyak kendaraan yang rusak dan mogok akibat masuknya air kedalam mesin.

Sebenarnya apa saja penyebab banjir di Jakarta dan sekitarnya? Berikut penjelasannya :
Quote:1. Sistem Drainase yang buruk

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta

Sistem drainase yang telah dibagun saat ini memang sangat minim, menurut pengakuan pihak terkait, sistem drainase yang ada hanya mampu mengalirkan 30% banjir yang ada. Berarti selebihnya 70% berada di permukaan dan menjadi banjir. Kalo kita tengok di luar negeri, Jepang sudah membuat gorong-gorong berukuran raksasa yang fungsinya mngalihkan air supaya tidak menggenang di permukaan tetapi masuk ke dalam tanah, sementara itu di Jakarta hanya membuat gorong-gorong berukuran 1m, jelas bukan tandingannya.

Quote:2. Alih Fungsi Lahan

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta
Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta
Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta

Betonisasi terjadi dimana-mana, baik di hulu maupun di hilir. Di hulu pemukiman berupa vila, resort, sampai hotel menjamur. Bogor, Bandung dan daerah sekitarnya yang seharusnya menjadi daerah tangkapan dan resapan air kini berubah manjadi daerah pemukiman yang padat. Semakin sedikit daerah yang menjadi resapan air semakin banyak juga yang menjadi limpasan dan masuk ke sungai. Debit sungai yang membludak jelas tidak akan mampu ditampung dan akhirnya membuat banjir didaerah hilir yaitu Jakarta dan sekitarnya.
Tapi bukan hanya banjir dari daerah hulu, tapi juga hujan di Jakarta sendiri sudah tidak bisa lagi ditampung akibat ketiadaannya daerah resapan air. Padahal seharusnya terdapat minimal 30% dari total wilayah Jakarta, namun baru yang terealisasikan hanya kurang dari 10%.

Quote:3. Curah Hujan Tinggi

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta

Curah hujan yang tinggi dan durasi yang panjang juga menciptakan debit air yang besar. Dengan perubahan iklim yang mencolok dibeberapa dekade terakhir menciptakan curah hujan yang ekstrim yang belum pernah diprediksi sebelumnya sehingga drainase yang dirancang sebelumnya berdasarkan curah hujan yang tidak ekstrim tidak mampu menampung debit air ekstrim.

Quote:4. Penurunan Permukaan Tanah

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta

Pengambilan air tanah secara massif luar biasa mengakibatkan terjadinya proses konsolidasi tanah terjadi lebih cepat. Turunnya tanah akibat dari fungsi air sebagai pengisi tanah telah hilang. Hasil dari penurunan tanah 5-10cm ini menimbulkan cekungan dan membuat permukaan air laut lebih tinggi daripada permukaan tanah. Sehingga air lebih mudah menggenang meskipun hujan yang terjadi tidak besar.

Quote:5. Sampah dan Sedimentasi di sungai

Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta

Bisa dilihat dari kebiasaan buruk warga Indonesia yaitu membuang sampah pada tempatnya, tapi tempatnya adalah Sungai, selokan, got, kali sampai tanah kosong. Dan apa yang terjadi bisa ditebak, memperparah drainase yang memang sudah buruk, sudah drainase nya tidak mampu menampung ditambah sampah yang menyumbat.

Ditambah dengan kenyataan tingginya angka sedimentasi membuat daya tampung sungai menurun drastis.

Kerugian akibat banjir sudah tidak lagi bisa lagi dikalkulasikan dengan uang, karena memang berdampak sangat besar dan sangat luas. Oleh karena itu permasalahan banjir bukan lah persoalan Pemerintah saja semata-mata, tetapi permasalahan kita semua, agar kita sama-sama berjuang menghadapi dan menanggulangi banjir.


semoga dgn adanya musibah ini bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk bisa lebih memperhatikan lingkungan
karena kita tidak dapat menyalahkan pemerintah semata, tetapi perlu kerjasama masyarakat juga untuk membantu pemerintah membangun Jakarta yg lebih baik emoticon-Cendol (S)
saya dukung pa Jokowi dh biar bisa cepat menyelesaikan masalah-masalah Jakarta dengan ide-ide brilian nan nekatnya
emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

SUMBER
reserved emoticon-Cool
kebanyakan karena perbuatan manusia itu sendiri.emoticon-Turut Berduka
tukang baju nongol lagi tuh.emoticon-Takut
udah kaya laut gan sekarang emoticon-Cape d...
Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta
emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry
Quote:Original Posted By big.green
kebanyakan karena perbuatan manusia itu sendiri.emoticon-Turut Berduka
tukang baju nongol lagi tuh.emoticon-Takut


bnr bgt gan emoticon-Cape d... (S)

tukang baju?
emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kangunjan


bnr bgt gan emoticon-Cape d... (S)

tukang baju?
emoticon-Ngakak


Aahaahaahaa...tukang baju

Quote:Original Posted By yoshi123
udah kaya laut gan sekarang emoticon-Cape d...


huuh bnr gan emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By rizkiamirulloh
Inilah Beberapa Faktor Penyebab Terjadinya Banjir di Jakarta
emoticon-Sorryemoticon-Sorryemoticon-Sorry


knp gan?
emoticon-Bingung
menurut ane sampah menjadi faktor besar gan,ane liat orang" enak banget buang sampah di sungai,jadinya ya mereka sendiri yg rugi emoticon-Angkat Beer
Quote:Original Posted By KepankGBA
menurut ane sampah menjadi faktor besar gan,ane liat orang" enak banget buang sampah di sungai,jadinya ya mereka sendiri yg rugi emoticon-Angkat Beer


ia gan
bnr2 bingung hrs gmn buat mreka sadar emoticon-Cape d... (S)
nays impoh gan
Tukang peninggi badan kalah cepat oleh tukang baju emoticon-Ngakak
kesadaran masing" pribadi aja gan skrg..
Quote:Original Posted By aboyoni
Tukang peninggi badan kalah cepat oleh tukang baju emoticon-Ngakak


emoticon-Ngakak
bsa aja si agan
memindahkan ibukota adalah solusi kabur dan membunuh semua warga jakarta dan sekitarnya

JAKARTA HARUS DIPERBAIKI, bukan kabur


jangan sampai warga jakarta ditinggal dapet sampah2 bencana-nya saja
(tidak ada pembangunan berkelanjutan, cuma jadi sarana pemerasan pajak)


==========

turut duka buat korban

lebih duka lagi kalo ada yang memanfaatkan untuk pencitraan

Spoiler for liat nih:

.
bila ingin mengatasi masalah ya pemerintah, pengusaha & masyarakat harus bersama2 mengatasinya kalau enggak ya pasti akan berulang2 terus dan dapat image wisata banjir di jakarta
semoga seteleh banjir selesai pemerintah jakarta dan sekitarnya bisa jalanin program2 biar tahun depan gak banjir lagi... masyarakatnya juga harus bisa berubah cara hidupnya...
Quote:Original Posted By fivesh
bila ingin mengatasi masalah ya pemerintah, pengusaha & masyarakat harus bersama2 mengatasinya kalau enggak ya pasti akan berulang2 terus dan dapat image wisata banjir di jakarta


betul itu gan emoticon-Cendol (S)
Iyah gan paling pada nuntut doang gan di suru jaga lingkungan gak mau..