alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50faea4c2c75b4c97a00000b/cara-menanggulangi-banjir-di-jakarta-jangka-panjang
Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang
Kita perlu meniru malang dan belanda untuk menanggulanggi banjir di Jakarta

Daerah hulu sungai kita bias mencontoh bendungan karang kates yang berada di malang ,jawa timur
Bendungan Sutami (Karangkates)
Bendungan Sutami merupakan bendungan nasional kedua yang dibangun oleh Departemen Pekerjaan Umum seyelah Bendungan Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat. Bendungan yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1977 ini terlatk di Desa Karangkates. Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang. Bendungan terbesar di propinsi Jawa Timur selain didesain mampu mengendalikan banjir juga dirancang sebagai sumber debet air bagi irgasi daerah hilir. Dengan debet mencapai 24 m perditik pada musim kemarau. Itu artinya, Bendungan ini bisa menjamin ketersediaan pasokan air untuk irigasi 34.000 hektar sawah di wilayah hilir sepanjang tahun. Selain itu bendungan Sutami ini juga bernama Bendungan Karangkates ini. Juga merupakan pembangkit listrik dengan daya 2 x 35.000 kwh ( 400 Juta kwh/tahun) serta area publik yang bisa dijadikan sebagai tempat pariwisata dan perikanan air tawar.

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang


Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang]

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang

sumber : http://pustaka.pu.go.id/new/infrastr...ail.asp?id=160

Klo infrastruktur ini di buat maka debit air yang masuk ke kali ciliwung bisa di kontrol.nanti nya kali ciliwung bisa di gunakan sebagai sarana transportasi air.
yang pertama harus dilakukan pihak pemerintah iyalah menata kali ,mengeruk
dan mendisiplinkan warganya untuk tidak jorok.



Daerah hilir sungai kita bias mencontoh belanda dengan membuat Dam .
Belanda nama negeri itu. Tentu anda tahu kalau bentuk permukaan tanah Belanda termasuk yang unik. Terletak di benua Eropa dengan berbatasan langsung dengan Laut Utara, Belanda memiliki permukaan tanah yang sangat rata. Hampir separuh dari negara Belanda berada kurang satu meter dari permukaan laut. Permukaan tertingginya hanya 321 meter di permukaan laut, yaitu propinsi Limburg, yang berada di bagian tenggara negeri Belanda. Bagaimana dengan permukaan terendahnya? Daerah bernama Nieuwerkerk aan den Ijssel berada berada 6.76 dibawah permukaan laut!

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang
Sumber:
http://upload.wikimedia.org/wikipedi..._map_small.png

Wah, jika begitu bagaimana penduduk di sana bertahan dari bentukan alam yang tidak mendukung tanah negerinya? Belajar dari tempaan alam asli, ternyata malah membuat Belanda menjadi lebih kreatif. Banjir besar dan lautan badai yang berulang kali menerpa mendorong negara Oranye ini pantang menyerah pada keadaan, Si Oranye ini tetap optimis membangun masa depannya.
Sampai di sini, Anda pun tentu paham mengapa Belanda disebut negara bendungan? Betul, untuk bertahan dari terjangan air maka dibuatlah bendungan-bendungan untuk menahan air yang mengelilingi tanah Belanda. Bendungan pertama dibangun seribu tahun lalu (bisa dibayangkan? Itu 1000 tahun yang lalu!). Caranya: danau-danau dikeringkan, polder (tanah reklamasi) dibangun, dan ketinggian air dikontrol. Sampai pada akhirnya pembangunan bendungan berujung pada suatu karya raksasa.
Afsluitdijk nama karya tersebut. Pada monumen bendungan Afsluitdijk tertulis: “Bangsa yang hidup, membangun masa depannya”. Dari kalimat tersebut dapat tercermin gigihnya perjuangan para penggagasnya. Afsluitdijk adalah salah satu mahakarya modern Belanda, satu keping bendungan yang membentang sepanjang 32 km lurus-lempeng, dengan lebar 90 m, seolah seperti garis yang membelah lautan. Dengan ketinggian 7,25 meter dari permukaan laut, di atas bendungan tersebut terbentang jalan bebas hambatan dan jalur khusus untuk sepeda. Afsluitdijk sungguh merupakan pemandangan indah bagi orang yang berkendara di atasnya.

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang

Cara menanggulangi banjir di Jakarta jangka panjang
Sumber: http://www.goingdutchtours.com/afbee...fsluitdijk.jpg
Sumber: http://mw2.google.com/mw-panoramio/p...m/10759290.jpg

Afsluitdijk mulanya dibangun pada tahun 1927 dan 1933. Didorong oleh terjadinya banjir besar yang tiada hentinya, akhirnya pemerintah Belanda pun meloloskan rencana pembangunan bendungan ini. Pada tahun 1920 dimulailah suatu proyek ambisius yang dimulai dengan: ‘menguras dan mengeringkan’ laut. Terbayangkah oleh Anda bagaimana menguras kaut? Untuk menguras air tergenang akibat banjir di komplek perumahan saja sulit, apalagi menguras laut?
Lalu, apakah sampai di situ saja perjuangan negeri tulip ini dalam membangun bangsanya? Ternyata belum, alam telah mengajarkan mereka untuk tangguh dan kreatif bertahan. Maka suatu pekerjaan mahakarya konstruksi modern yang jauh lebih besar dan rumit dari Afsluitdijk dirancang. Delta Works namanya, proyek ini adalah pembangunan tanggul penahan gelombang laut. Perencanaan tata ruang dan konstruksi difokuskan pada pemisahan air dan dataran. Delta Works yang dibangun berkelanjutan dari tahun 1950an–1997 ini masih dilanjutkan lagi konstruksinya karena situasi terakhir pemanasan global dan naiknya permukaan air laut. Dengan tembok setinggi 13 meter dari permukaan laut, sistem ini diyakini mampu menahan badai besar yang terjadi di Belanda.
Sumber: http://www.cityguiderotterdam.com/up...awerken_01.jpg

Dengan total panjang 16.500 km, yang terdiri dari 2.420 km bendungan utama dan 14.080 km bendungan sekunder, jumlah totalnya adalah 300 struktur raksasa. Tentu tidak diragukan lagi Afsluitdijk dan Delta Work, dua mega proyek tersebut kini dipercaya menjadi salah satu keajaiban konstruksi raksasa di dunia modern ini.
Belajar dari tuntutan alam dan ‘dipaksa’ berkreasi untuk dapat bertahan di negara sendiri memanglah tidak mudah. Mungkin itulah yang menyebabkan bidang konstruksi Belanda berkembang sedemikan pesat.
Berkaca dari negara kincir angin ini, banyak hal yang bisa kita ambil hikmahnya:melihat kekuatan dari pembelajaran alam, membangun sesuatu yang sulit menjadi mungkin, d an mewujudkan hidup di bawah lautan! Saatnya kita kembali menelaah diri sendiri. Seperti yang Koes Plus bilang, tanah kita tanah surga, mungkin kita sudah terlalu terlena dengan surga yang kita miliki. Saatnya bangkit, belajarlah dari alam!

sumber: http://moniqblueprint.wordpress.com/...-di-bawah-air/

saya berharap para pejabat di indonesia jangan melihat peroyek2 besar sebagai lahan dia buat korupsi, masalah nya masih banyak persoalan di negri ini yang harus di selesaikan.biar kelak negara kita tidak dipandang sebelah mata.





pertamax dulu gan
semoga banjir dijakarta cepet selesai deh gan emoticon-I Love Indonesia (S)
semoga banjir tetep berlalu gan,,,,
jokowi smga bs nyelesaiin,,,
Semoga banjir gk ada lg di jakarta....
belanda mah pintar pintar negara eropa yang maju
indonesia jangan harap bisa bikin
indeks pembangunan manusianya saja rendah
nais infoh gan, bisa di coba nih teknologi
mendingan bikin big tunnel aja dah
susah dan mustahil buat negara kita mh msh banyak koruptor emoticon-Hammer (S)
ijin baca gan