alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50f9f2841b7608f32e000008/melihat-keindahan-kota-bontang-kalimnta-timur
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimantan Timur
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Pernahkah anda mendengar nama Kota Bontang? Mungkin pernah, sesekali atau tidak pernah sama sekali.

Kota Bontang merupakan kota otonom, yang terletak di pesisir selat makassar. Kota ini dikelilingi oleh lautan dan pantai yang sangat indah. Pantai di bontang sangat Indah dan masih terjaga, karena masyarakat bontang tidak pernah mengambil keuntungan dari laut sebagai tempat wisata. Jika dijadikan tempat wisata, akan sangat banyak orang berkunjung dan mengakibatkan kerusakan buatan, seperti sampah dan lain-lain

Kota Bontang merupakan penghasil Gas Alam, Batubara, dan Pupuk terbesar di Indonesia. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) edisi Agustus 2010 , pendapatan PDB per kapita bontang adalah Rp368,05 juta dan upah minimun regional di kota ini adalah Rp 2,15 juta per bulan. Pendapatan ini merupakan terbesar kedua di Indonesia, setelah Kab. Timika di Papua.

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Namun, Jika berbicara kota bontang sebagai kota terkaya di Indonesia, siapapun telah mengetahuinya, namun kali ini saya mengajak anda untuk melihat sisi lain kota bontang yang tidak pernah dipublikasikan, yaitu keindahan kota kecil ini.

Keindahan Alam Kota Bontang meliputi :

1. Pantai Marina
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Gambar diatas merupakan pantai marina, yang terletak di daerah selatan bontang. pantai marina merupakan pelabuhan yang di gunakan oleh PT. Badak NGL (perusahaan gas Alam) sebagai tempat bongkar muat kapal tanker. Pantai ini terkenal karena kebersihannya, pasir putih dan juga pohon cemara di sekitar pantai.

2. Pulau Beras Basah
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Merupakan sebuah pulau yang terletak di luar kota bontang. Siapapun akan sangat terkesima dengan keindahan pulau ini. Jarak pulau ini dengan kota bontang adalah + 15 menit dengan speedboat. Pulau ini memiliki pasir putih, ombak yang sangat tenang, dan keindahan wisata bawah laut di pinggir pulau yang menyenangkan. Selain itu, pulau ini memiliki mercusuar dan menggunakan solarcell sebagai sumber tenaga listrik.

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

3. Hutan Lindung Sangkimah
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Hutan sangkimah merupakan sebuah hutan lindung bagian dari Taman Nasional Kutai. Hutan ini terletak di jalan lintas kota bontang-sangatta tepatnya di km 45. Hutan sangkimah adalah hutan tropis yang didalamnya tumbuh pohon ulin terbesar di dunia. Pohon ini kelilingnya mencapai 4 kali rentangan tangan orang dewasa.

4. Wisata Keramba desa selangan dan tihi-tihi
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Desa selangan dan tihi-tihi merupakan sebuah desa yang terletak di selatan kota bontang. Desa ini berada di tengah-tengah lautan (selat makassar). Desa selangan dan tihi-tihi merupakan desa wisata keramba, dimana nelayan tradisional disini membudidayakan rumput laut. hasil dari rumput laut ini di ekspor Surabaya, Jakarta hingga ke Jepang. Untuk mencapai ke desa selangan, membutuhkan waktu + 45 menit menggunakan kapal.
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

5. Wisata desa di atas laut Bontang Kuala
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Bontang kuala merupakan batas utara kota bontang. Wisata di bontang kuala dapat ditempuh dengan perjalanan darat + 10 menit dari pusat kota Bontang. Bontang kuala merupakan tempat paling menyenangkan untuk menghabiskan sore hari bersama keluarga, karena di tempat ini banyak terdapat cafe dan restoran di pinggir lautan. Menu yang paling lezat adalah ikan bakar yang di sajikan dengan sambal gammi, yaitu sambal yang pembuatannya dicampur dengan terasi khas bontang. Rasa dan aroma khas dari terasi sangat menimbulkan rasa lapar bagi siapapun yang melihatnya. Selain itu, bontang kuala juga merupakan sentra pembuatan terasi dan berbagai macam olahan rumput laut.

6.Pabrik Pupuk Kaltim
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur
Sebagai perusahaan produsen pupuk Urea dan Amoniak terbesar di Indonesia dengan kapasitas produksi 2,98 juta ton urea per tahun dan 1,85 juta ton amoniak per tahun, serta produksi pupuk NPK 500 ribu ton per tahun, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mampu memenuhi kebutuhan pupuk nasional maupun internasional. Program pemasaran terpadu (integrated marketing) yang berorientasi pada pelayanan unggul ditujukan untuk mencapai sasaran enam tepat, yaitu tepat waktu, tepat jumlah, tepat jenis, tepat tempat, tepat mutu dan tepat harga.

7.Pabrik NGL Badak

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Badak LNG Plant merupakan salah satu dari 2 Kilang gas alam cair yang mendukung bisnis LNG Indonesia, terletak di Bontang, Kalimantan Timur. Nama Badak berasal dari lokasi pertama ditemukan gas untuk memasok gas ke kilang LNG Badak.

Konstruksi dimulai pada pertengahan 1974 dan sekitar 36 bulan kemudian, pada tanggal 5 Juli 1977, LNG yang diproduksi dari LNG Train pertama, yaitu Train A. Kilang ini diresmikan pada tanggal 1 Agustus, dan pengapalan pertama LNG Indonesia dilaksanakan dari Bontang pada tanggal 9 Agustus 1977 oleh tanker Aquarius dengan tujuan Senboku LNG, Jepang.

TAMBAHAN

8.Danau Pupuk Kaltim

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Danau ini berada di areal perumahan PT. Pupuk Kaltim Bontang. Wisatawan dapat menikmati panorama danau dan taman-taman yang sambil menghirup udara sejuk dan bersantap siang di Rumah Makan Bontang Kuring.

9.Teluk Kaba

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

eluk Kaba merupakan salah satu bagian dari Taman Nasional Kutai. Disini dapat disaksikan keindahan alam berupa pohon-pohon bakau, hutan berpadang rumput, dan hutan hujan. Wisatawan yang mencintai keindahan alam dapat secara langsung menyaksikan kehidupan satwa seperti orangutan, rusa sambar dan kera. Di tempat ini juga bisa dengan mudah ditemukan “kantung semar”, yakni tanaman khas Taman Nasional Kutai.

10.Taman Nasional Kutai
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

Taman Nasional Kutai atau biasa disingkat TNK adalah sebuah taman nasional yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan sebagian kecil wilayah Kota Bontang yang memiliki lahan total seluas 198.629 ha. Kantor atau balai pengeloloa TNK berada di Kota Bontang. Namun seiring masuk tahun 2000-an, wilayah TNK ini mulai dirambah penduduk untuk dijadikan pemukiman dan lahan perkebunan sehingga wilayah TNK yang masih benar-benar asli mungkin jauh dibawah lahan yang seluas 198.629 ha pada akhir tahun 1990-an.

12. Singapore Cafe

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur
Singapore Café adalah sebuah café yang memiliki miniatur patung Merlion seperti yang terdapat di Negeri Singapura.

UPACARA ADAT MASYARAKAT KOTA BONTANG


PESTA LAUT (BONTANG KUALA)

1. MENJAMU KAMPUNG (Mencera’ Buluh) : Upacara ini merupakan pemberitahuan kepada penjaga Kampung bahwa di Kampung tersebut akan diadakan perhelatan Pesta Laut.

Mencera’ adalah : penyucian peralatan yang akan digunakan.

2. BEBALAI : merupakan upacara adat yang dilakukan setelah Menjamu Kampung (Mencera’ Buluh).

3. PELAKSANAAN UPACARA ADAT MELABUH PERAHU : Perahu sedang, berbentuk perahu

Layarberwarna kuning yang diberi nama “MAKDANAKAN” yang berarti PRESAUDARAAN.

4. ANCE’ : Upacara adat ini biasanya dilakukan seseorang karena terikat oleh niat (hajat) yang bersangkutan. Misalnya terhindar dari penyakit, cita-citanya terkabul dan lain sebagainya.

5. PAGAR MAYANG : Acara adat ini biasa dilakukan untuk pengobatan tradisional khususnya bagi yang sakit ingatan (gila) dan juga dikerjakan bagi yang mempunyai niat (hajat).

6. BELIAN SAMPER : Upacara Adat ini merupakan acar sakral yang dilaksanakan biasanya untuk pengobatan tradisional bagi orang sakit atau hajatan (niat) bilamana maksud yang diharapkan telah tercapai atau setelah panen dan tangkapan hasil laut berhasil.


NOTE :
Untuk berkunjung ke kota bontang ada dua cara :

1. Perjalanan Udara :
Tidak ada penerbangan reguler, semua penerbangan dari Bandara sepinggan - bandara Bontang melalui 2 pesawat perusahaan yang terbang pada pagi hari dan siang hari.

2. Perjalanan Darat :

dari bandara sepinggan balikpapan, naik travel (banyak tersedia di bandara setiap saat) seharga Rp.125.000 dengan waktu tempuh 6-8 jam.
dari samarinda : naik bis dari terminal lempake (ada setiap jam) seharga Rp. 20.000 dengan waktu tempuh 2 jam dan turun di terminal bontang, kemudian dilanjutkan naik angkutan umum ke tengah kota.

Terima Kasih telah Mengunjungi Thread Kami,Semoga Bermanfaat


Spoiler for :
PERTAMAX Dolo gan

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

emoticon-Belomatabelo emoticon-Matabelo
mau dong gan...ambil foto disitu
wah jadi kangen bontang nih.
udah lama kagak pulang
Quote:Original Posted By deblontegal
PERTAMAX Dolo gan

Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur

emoticon-Belomatabelo emoticon-Matabelo
mau dong gan...ambil foto disitu


selamat gan ente pertamax hehe
Quote:Original Posted By berukband
wah jadi kangen bontang nih.
udah lama kagak pulang


pulang dong gann kalau kangen hehe,agan penduduk asli bontang juga ya ?
Bontang National Park juga keren emoticon-thumbsup

gimana dg Stadion markas klub bolanya gan ? emoticon-Betty (S)

Quote:Original Posted By barsaman
Bontang National Park juga keren emoticon-thumbsup

gimana dg Stadion markas klub bolanya gan ? emoticon-Betty (S)



stadion klub bola di bontang baguss kok gan,ada 2 stadion yang bertaraf internasional ada stadion Mulawarman dan Stadion Taman Prestasi

ini gan penampakanya
Spoiler for stadion Bontang FC:

Quote:Original Posted By gondwana77

Wisata desa di atas laut Bontang Kuala
Melihat Keindahan Kota Bontang Kalimnta Timur


Ane belum pernah ke Bontang gan, tapi untuk obyek yang satu ini suatu saat harus ane kunjungi kalo ke bontang... emoticon-Matabelo

MANTAFFF

Gan jgn lupa miniatur merlion singapore yg ada di bontang jgn lupa di pajang...

it's nice place...

Quote:Original Posted By shreek21


Ane belum pernah ke Bontang gan, tapi untuk obyek yang satu ini suatu saat harus ane kunjungi kalo ke bontang... emoticon-Matabelo



ayoo gan berkunjung ke bontang gaan..walaupun kotanya kecil tapi indah gan,gak kotor lagii
Quote:Original Posted By zeecowgan
Gan jgn lupa miniatur merlion singapore yg ada di bontang jgn lupa di pajang...

it's nice place...



oiyaa gan anee sampe lupa pasangin miniatur merlion singapore,ntr deh ane pasang hehehe
kangennn Bontang "Kota Taman"
emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By T-iren
kangennn Bontang "Kota Taman"
emoticon-Jempol


heheh iyaa gan bontang sloganya bontang kota taman

memang cocok sloganya untuk bontang
kali2 pgn lah adventurean kesana emoticon-I Love Indonesia (S)
huwaaa pantai marina
sayang dah gak di buka utk umum lagi :c
Quote:Original Posted By Pancegdinugalur
kali2 pgn lah adventurean kesana emoticon-I Love Indonesia (S)


Untuk berkunjung ke kota bontang ada dua cara gan:

1. Perjalanan Udara :

Tidak ada penerbangan reguler, semua penerbangan dari Bandara sepinggan - bandara Bontang melalui 2 pesawat perusahaan yang terbang pada pagi hari dan siang hari.
2. Perjalanan Darat :

dari bandara sepinggan balikpapan, naik travel (banyak tersedia di bandara setiap saat) seharga Rp.125.000 dengan waktu tempuh 6-8 jam.
dari samarinda : naik bis dari terminal lempake (ada setiap jam) seharga Rp. 20.000 dengan waktu tempuh 2 jam dan turun di terminal bontang, kemudian dilanjutkan naik angkutan umum ke tengah kota.
Quote:Original Posted By ParkYounseoVIP
huwaaa pantai marina
sayang dah gak di buka utk umum lagi :c


iyaa,pantai marina udh gk dibuka lagi,entah kenapaa emoticon-Turut Berduka
cibodas kok gk dimasukin tuh gan emoticon-Embarrassment
emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By akoeakbar
cibodas kok gk dimasukin tuh gan emoticon-Embarrassment
emoticon-Takut (S)


hehee iyaa gan ane kelupaan,makasih telah mampir thread ane gan
wow masih asri gan emoticon-2 Jempol