alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e53fb67e1243b01b000013/tips-agar-anak-balita-rajin-mandi-penting
tips agar anak balita rajin mandi [penting]
Quote:BISMILLAHIRAHMANIRAHIM

ane pastiin no repsol gan

Spoiler for bukti:


sebelumnya

emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


berikut penjelasan tentang anak agar rajin mandi



Quote:tips agar anak balita rajin mandi [penting]

tips agar anak balita rajin mandi [penting]

tips agar anak balita rajin mandi [penting]


Ketika masih berusia satu sampai empat bulan, mungkin anak kita masih dengan manis menikmati suasana mandi. Namun seiring beranjaknya usia, perilaku tersebut berubah. Ada bayi yang semakin suka mandi bahkan sampai menangis ketika mau diangkat dari air, tetapi ada juga yang malas mandi bahkan takut air.

Mendapati hal ini, Anda tentu menjadi resah. Karena bagaimanapun juga, mandi merupakan aktivitas yang harus dijalani secara rutin minimal dua kali sehari. Selain untuk menjaga kesehatan, mandi juga penting agar tubuh selalu bersih dan segar. Biasanya bagi anak yang malas mandi, ada saja alasan yang selalu dilontarkan.

Sebenarnya mengapa anak kadang susah diajak mandi? ”Bagi anak yang baru bisa berjalan, salah satu tugas utama orangtua adalah memberikan pengetahuan seputar anatomi tubuh manusia. Mereka adalah individu yang berbeda, seorang pribadi yang kuat,” kata Gretchen Kinnell, Education Director of Child Care Solu-tions di Syracuse, New York, Amerika Serikat.

Salah satu fase saat memperlihatkan kekuatannya sebagai seorang individu adalah menolak untuk mandi. Anak-anak seakan memperlihatkan kepada semua orang bahwa dia memiliki tubuh sendiri dan berhak menentukan apakah mau mandi atau tidak. Jika anak Anda berhasil menunda waktu mandinya dengan mengeluarkan amarah tak terkendali atau mengulur-ulur waktu, dia akan melakukannya lagi dan lagi.

Sebelum Anda menyiasati agar anak bisa menikmati mandi dengan senang, Anda perlu mengetahui terlebih dulu apa saja kesukaan anak di kala mandi dan apa saja yang membuat dia malas, bahkan takut mandi. Mungkin anak kita pernah terpeleset saat mandi waktu kecil hingga masuk ke dalam air, perih terkena sabun, atau tidak suka diguyur (dikucurkan air langsung dari atas kepala), tidak suka dingin, atau secara psikis memang tidak suka mandi.

Dengan mengetahui kesukaan dan ketidaksukaan anak pada acara mandi, Anda dapat meramu kiat-kiat menjadikan suasana mandi menjadi lebih menyenangkan. Jadi, bagaimana cara yang tepat agar anak menikmati mandi?

Ketika anak bertambah usia, dia akan dapat melakukan lebih banyak hal sendiri dan tidak selalu mempergunakan waktu mandi untuk membuktikan kemerdekaannya sebagai seorang pribadi. Dia juga akan mulai mengerti hal-hal yang berguna di balik kegiatan mandi. Untuk menanggulanginya sementara, Anda bisa mulai dengan mengurangi ”pertikaian” saat mandi, kecuali betul-betul perlu.

”Orangtua sebaiknya memeriksakan anak ke dokter dan mendiskusikan bagaimana cara terbaik untuk menyuruh anak sering-sering mandi,” ujar Kinnell seperti dikutip laman babyzone.com. Mandi setiap hari sebenarnya belum terlalu diperlukan oleh anak. Jika mandi menjadi sebagian rutinitas sebelum tidur, anak Anda pasti akan menolak juga untuk beranjak ke tempat tidur dan segala hal yang berhubungan dengannya.

Coba terapkan waktu mandi lebih cepat saat malam hari dan yakinkan dia bahwa akan ada kesenangan yang selalu terjadi setelah dia selesai mandi. Jadi, kreatiflah pada waktu mandi dan anak Anda akan menanti-nantikan mengetahui kejutan apa lagi yang menunggu dia. Misalnya, gunakan pewarna agar air di bak lebih cantik atau susun mainan di dalam kamar mandi secara bergantian setiap hari.

Bahkan, mengagetkan dia dengan membelalakkan mata saat berenang atau menggunakan pelampung lengan yang bisa membesar bisa memberikan kesenangan tersendiri saat dia mandi. Hal itu juga bisa menolong untuk memberikan anak Anda sesuatu yang diinginkannya, yaitu penguasaan diri. Biarkan dia memutuskan apakah mau mandi di bak mandi atau hanya dilap badannya.

”Atau biarkan juga saat dia memilih mau mandi sendiri atau bersama kakak atau adiknya. Lebih banyak Anda membiarkan dia memutuskan sendiri apa yang dia mau, akan lebih baik,” katanya. Biarkan dia memasuki bak mandi dan basuh tangan dan kakinya. Cara ini membuat dia diberi semacam ”pekerjaan” sendiri dan ini dilakukan juga di tempat lain, tidak hanya saat dia berada di bak mandi.

Jika hal ini tidak berjalan dengan baik, tetap berpegang teguh pada pendirian Anda dan katakan, ”Kamu bisa mencuci punggung kamu sendiri atau Ibu yang melakukannya karena kamu harus mandi”.

”Orangtua harus tahu bahwa beberapa anak memiliki tubuh yang peka dengan air saat dimandikan,” imbuh Kinnell. Jika anak Anda benar-benar membenci waktu mandi, buatlah dalam jangka waktu yang pendek.

Banyak anak-anak secara spesifik sebal saat rambut mereka basah saat dimandikan, terutama saat membalikkan punggung untuk membilasnya. Mencuci rambut mungkin tidak perlu menjadi bagian yang dilakukan setiap mandi. Lagi-lagi, variasi saat mandi adalah kuncinya. Anda juga bisa membiarkan dia untuk mencuci rambut terlebih dulu.

Selalu mengajak anak untuk berbicara atau bercerita tentang hal-hal yang menyenangkan juga bisa jadi trik jitu. Tidak jarang orangtua banyak malas mengajak buah hatinya berbicara atau bercerita dengan anggapan anak tak akan mengerti apa yang dibicarakan. Padahal, bila komunikasi antara orangtua dan anak dijalin sejak dini, akan tercipta kedekatan yang erat antara keduanya.

Atau bisa mengajak anak untuk mandi bersama. Hal ini bisa menjadi solusi untuk membantu anak mengatasi rasa takut atau keengganan untuk mandi. Tak hanya akan menciptakan peluang kebersamaan antara anak dan orangtua, mandi bersama juga bisa dimanfaatkan untuk mengajarkan betapa penting dan menyenangkannya acara mandi



Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak mau mandi tanpa harus berteriak-teriak terlebih dahulu, yaitu:

LANJUTANNYA DI BAWAH GAN
Kalo adek ane justru seneng gan main aer..jadi klo di suruh mandi itu ga pke lama deh gan psti langsung ngacir ke kamar mandi emoticon-Hammer2

nulis lanjutan ceritanya jangan buruburu gan.. emoticon-Blue Guy Peace
Spoiler for santai:
Nais Inpoh gan,, membantu buat nambah wawasan,, ntar langsung dipraktekan sama anak ane emoticon-Big Grin


Quote:TIPS-TIPS

tips agar anak balita rajin mandi [penting]

1. Bujuklah anak agar mau mandi dengan menggunakan sesuatu yang disukainya, bisa dengan mainan atau lagu.
Jangan merampas mainan anak atau menggendong anak secara paksa ke kamar mandi, hal ini akan membuat anak semakin takut dan tidak mau untuk mandi.
2. Buatlah suasana mandi menjadi hal yang menyenangkan bagi anak, misalnya biarkan anak membantu membilas sabun atau sampo dari tubuhnya.
3. Jangan memarahi anak jika ia ingin membawa mainannya saat mandi, karena mainan bisa memberinya pengetahuan serta membuat anak merasa nyaman saat mandi.
4. Mengatur kegiatan khusus seperti menonton video kesukaannya atau membaca buku cerita setelah mandi, sehingga anak memiliki sesuatu yang diharapkan setelah ia mau mandi.
Jangan lupa untuk selalu mengawasi saat si kecil sedang mandi, karena biasanya lantai kamar mandi licin sehingga anak berisiko terjatuh.

Sebaiknya sejak anak berusia 4-5 tahun, orangtua sudah mengajarkan anak untuk mandi sendiri. Secara bertahap orangtua bisa mulai mengajarkan bagaimana cara menggunakan sabun dan sampo yang benar, terutama di daerah-daerah tertentu yang bisa menjadi sarang bakteri.

Memberi pengertian pada si kecil secara perlahan-lahan. Katakan jika tidak mau mandi maka kotoran di tubuhnya akan menumpuk dan bisa menjadi sumber penyakit serta membuat ia dijauhi oleh teman-temannya.

ada tips lainnya nya gan

Mengahadapi tingkah polah si kecil yang memasuki usia balita memang terkadang membuat kita geleng kepala. Namun di balik keusilannya, ternyata si kecil mulai mengembangkan daya kreativitasnya. Rasa ingin tahunya yang sangat besar membuatnya kerap sibuk mengeksplorasi lingkungan sekitar. Untuk urusan kuman dan debu, tidak perlu ditanya lagi, bahkan tak jarang si kecil pun akrab dengan berbagai macam noda. Bila sudah begini biasanya saat disuruh mandi ada saja alasannya. Padahal mandi penting untuk menjaganya tetap bersih dan segar, juga baik untuk kesehatannya

Apakah Bunda juga mengalami pengalaman seperti ini dengan si kecil? Jangan patah semangat dulu Bunda, sebab masih ada cara agar si kecil menyenangi kegiatan mandi

1. Beri pengertian pada si kecil kalau aktivitasnya saat ini akan lebih seru setelah mandi, atau bila memungkinkan bawa serta mainan yang tengah dimainkannya untuk ikut mandi
2. Biasakan si kecil untuk mandi pada jam yang sama setiap hari. Ini penting untuk melatihnya belajar disiplin dan kesadaran dirinya
3. Sediakan mainan seru di kamar mandi dan perlengkapan mandi lucu yang sesuai dengan karakter si kecil
4. Jangan lupa, karena kulit si kecil berbeda dengan kulit orang dewasa, untuk itu si kecil butuh sabun khusus untuk anak seusianya, plus aroma yang sangat disukainya. Bentuk uniknya yang menyerupai jelly akan memberi pengalaman menyenangkan saat mandi, tidak hanya lembut untuk kulitnya, formula Dermaclens® nya juga memberikan perlindungan anti bakteri alami terhadap kuman
5. Cari tau penyebab si kecil tidak mau mandi, bila si kecil tetap menolak meski berulang kali di bujuk, ada kemungkinan si kecil sedang tidak enak badan namun belum dapat mengutarakannya secara langsung


terima kasih agan agan and sista sudah mengunjungi thread ini emoticon-2 Jempol

Spoiler for jangan lupa:

Spoiler for jangan di:

Spoiler for boleh kasih:


KASKUSER YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN JEJAKNYA BERUPA KOMENG


Quote:
SUMBER



kunjungi juga thread ane yang lain gan emoticon-thumbsup

Quote:
kekuasaan allah swt terhadap lalat dan kegunaan lalat [muslim dan non masuk] pentingrahasia keajaiban allah di telapak tangan agan [muslim masuk] [no sara]
14 tangan yang unik
agan berani ga kalo di makan hiu ini?
Koleksi Boneka Hyper-realistis Karya Glenda Ewart [SEREM GAN]
manusia kursi pertama di dunia
nice tips....laikdis gak.....

semoga nanti berhasil bwt ank ane kelak emoticon-Matabelo





Best Regards,
WSSChanger
Nice inpo, Gan
Moga anak ane rajin mandi emoticon-Smilie
Nice share gans emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kiss
nice trit gan, untuk anak yg susah mandi emoticon-Kiss
pantes saat mandi bawa mainan dia di sabun dan di kramasin ngak berontak..
pas kagak bawa apa" malah brontak dan nangis mulu..

nice info gan..
jadi menjadwalkan mandi itu bisa melatih kedisiplinan ya..

triknya mantap nich
mudah" an berhasilemoticon-Big Grin
kalo pagi pd males mandi gan kalo siang berendem mulu