alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e536b88327cf8e1d00000a/mungkinkah-manusia-mengebor-bumi-sampai-tembus
Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
Tentu saja tidak mudah menjawab pertanyaan itu. Sekarang, tampaknya mustahil manusia bisa mengebor bumi sampai tembus. Entah di masa-masa mendatang, barangkali manusia menemukan teknologi yang lebih maju di bidang pengeboran.

Yang jelas, bola bumi memiliki diameter sepanjang 12.756 kilometer atau lebih dari 12 juta meter. Jadi, kalau manusia ingin mengebor bumi sampai tembus, diperlukan alat bor yang panjangnya lebih dari 12 juta meter. Wow…, panjang sekali. emoticon-Matabelo

Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?

Kulit bumi adalah tempat yang kita tinggali ini. Di bawahnya adalah mantle (mantel), berupa materi berbentuk pasta seperti bubur. Inti bumi sangat panas dan memiliki tekanan yang sangat tinggi. Tubuh manusia akan hancur seperti perkedel jika datang ke pusat inti bumi karena tekanan yang sangat tinggi.

Manusia melakukan pengeboran bumi untuk beragam alasan. Untuk penelitian, mencari minyak, air, atau tujuan lain. Manusia sudah berhasil meneliti lapisan kulit bumi, tetapi inti bumi masih menjadi misteri.

Pengeboran minyak bumi biasanya ”tidak dalam”. Pada kedalaman 6.000 meter, minyak sudah ditemukan. Pengeboran terdalam yang pernah dilakukan manusia adalah yang dilakukan di Kola Peninsula, Rusia.

Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?

Pengeboran itu dimulai pada 1970 dan mencapai kedalaman 12.262 meter pada tahun 1994. Teknik pengeboran tidak dengan memutar alat bor, tetapi ditekan sedikit demi sedikit sambil mengeluarkan lumpur.

Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?
Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?

Tujuan pengeboran Kola Peninsula adalah 15 ribu meter. Tetapi tidak berhasil. Pada kedalaman itu, suhu bisa mencapai 300 derajat celcius atau bahkan lebih tinggi lagi. Terlalu panas untuk mengoperasikan alat bor di sana.

Pengeboran lain yang cukup dalam dilakukan di laut Kaspia. Mencapai kedalaman hampir sedalam di Kola Peninsula. Selain itu, ada pengeboran untuk riset di Bertha Rogers, Oklahoma, Texas dengan kedalaman 9.583 meter.

Pada pengeboran di Peninsula, tidak ditemukan minyak atau sumber alam. Tetapi ilmuwan berhasil mempelajari susunan lapisan bumi, termasuk lempeng yang berkaitan dengan gempa bumi serta komposisi fisik dan kimia dari inti bumi.

Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?

Tidak selamanya manusia melakukan pengeboran dari darat. Manusia juga melakukan pengeboran di laut. Bisa dengan mendirikan pangkalan bor di laut, biasa disebut rig. Bisa juga mengebor melalui kapal, seperti kapal “Joides Resolution”. Kapal Joides Resolution memiliki tujuh lantai, milik Joint Oceanographic Institute yang bergerak di bidang penelitian ilmiah.

Mungkinkah Manusia Mengebor Bumi Sampai Tembus?

Nah, manusia telah mampu mengebor ke bumi sedalam lebih dari 12 ribu meter. Padahal diameter bumi mencapai 12 juta meter. Jadi, baru satu dibanding seribu. Mungkinkah suatu saat manusia bisa mengebor bumi sampai tembus?emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)

sekian dan trimakasih emoticon-Sundul Gan (S)
buju buneeeeng jauh amir 1:1000,, emoticon-Matabelo
sampe kiamat pun gak bakalan bisa manusia ngebor bumi sampe tembus emoticon-Big Grin
Mungkin aja, soalnya serakah sih..
Dasar Manusia.. Ada2 saja.. emoticon-Cape d...
muke gile jaunya gan
gak aman kalau ngebor sampe tembus, sebenarnya ada lapisan lahar di tengah2 yang mana besi ataupun baja pasti meleleh, apalagi sampe inti bumi yang panasnya mencapai ribuan celcius emoticon-Big Grin
wah gimana caranya ngebor bumi sampai tembus

terlalu dalem tp gatau jg ane mungkin aja bisa emoticon-Bingung (S)
kalau ada niat semua bisa terjadi emoticon-Ngakak
ga akan lah, emoticon-Hammer
________________________________________________________________
faisalIamri

Bakrie ngebor dikitnya aja dah jadi tuh lumpur lapindo.
Kalo bumi di bor sampe tembus bisa keluar lumpur magma donk.

Orang yang pernah ngebor dan tembus luar negeri ya mbak inul.
kyaknya ga tmbus gan..
jadi belum pernah sampe tembus ya??... berati struktur bumi yang sebenarnya jg belum pasti kan... baru sebatas teori/hipotesis.
tidak ada yang mustahil jika Tuhan menghendaki, tapi kayaknya hampir tidak mungkin
mungkin ga ya...
hmm kayaknya susah gan,,
karena kita kan ngebornya pake logam
sementara logam bisa meleleh di suhu sepanas inti,,
harus sama si inul ngebor nya gan... emoticon-Ngakak
Gak yakin bisa gan emoticon-Ngakak
G mungkin, ntar bornya meleleh kena magma
kyknya gk bkal ampe tembus emoticon-Sundul Gan (S)
Manusia itu memiliki sifat dasar egoisme yang tinggi dan cenderung tamak.

Jadi tentu ada kemungkinan manusia dapat meraih yang mereka inginkan.

Spoiler for Slogan: