alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e4f12d7e12431e4e00000c/pentingkah-sekolah--menurut-deddy-corbuzier
Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)
Quote:Original Posted By TS GAK
emoticon-Repost

Pentingkah Sekolah?

Sebelum baca Silahkan Download MP3nya Dulu emoticon-Big Grin

Spoiler for "MP3 Pentingkah Sekolah ?":



Quote:Melalui jejaring sosial berbasis audio tersebut Deddy mengemukakan pendapatnya yang diberi judul “Pentingkah Sekolah?” dengan durasi selama 10 menit 07 detik. Deddy mengakui bahwa pernyataannya tersebut pernah menjadi kontroversi terutama bagi guru-guru dan kepala sekolah karena dianggap pro siswa. Mungkin jika anda mendengarkannya saat ini, anda juga akan berpendapat yang sama. Namun jika dipikir lebih dalam sangat masuk akal. Ia berpendapat bahwa ada yang salah dengan sekolah dan sistem pendidikan saat ini. Ia bahkan mengatakan masa depan tidak ditentukan oleh sekolah, masa depan ditentukan bagaimana kita bersosialisasi dan memiliki pengetahuan tentang hal yang kita sukai yang dapat didapat dari berbagai sumber. Namun Deddy tidak mengatakan kalau sekolah itu tidak penting.

Menurut Deddy, sekolah hanya mengarahkan murid untuk menjadi guru dalam artian guru ingin murid menjadi sepandai gurunya. Guru matematika ingin muridnya pintar matematika, begitu juga guru-guru yang lain. Apabila ada 12 mata pelajaran, maka siswa dituntut untuk menguasai semua mata pelajaran tersebut dengan baik, padahal tidak ada manusia yang sempurna. Lha wong gurunya juga hanya expert pada satu bidang studi saja, kok siswanya dituntut untuk menguasai semua. Apabila ada anak yang mempunyai nilai bagus di mapel kesenian sedangkan nilai matematikanya jelek maka banyak orang tua yang justru mengarahkan anaknya untuk les matematika dibanding les seni. Potensi yang dimiliki anak justru dimatikan hanya untuk mengejar mapel yang mungkin tidak disukai anak. Sebaiknya anak les seni sedangkan matematika dibantu hanya untuk mencapai nilai secukupnya. Untuk lebih jelasnya bisa mendengarkan souncloudnya Deddy Corbuziernya di sini

Mungkin banyak guru maupun orang tua yang tidak setuju dengan pernyataan Deddy Corbuzier tersebut. Namun jika dilihat faktanya, memang pendidikan di Indonesia memang hanya mengedepankan kognitif terutama kecerdasan matematis. Padahal menurut Edward Gardner ada 8 macam kecerdasan pada manusia yaitu kecerdasan lingustik, kecerdasan matematis-logis, kecerdasan spasial, kecerdasan kinestetis jasmani, kecerdasan musikal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, dan kecerdasan naturalis. Hal ini menjadi salah satu alasan yang mendasariku menolak sistem Ujian Nasional, karena Ujian Nasional belum bisa mengakomodasi potensi anak yang berbeda-beda.


Spoiler for "TS Tidak Mencari Masalah Harap Jangan Di":


Spoiler for "Jika Ini Bermanfaat Mohon:


Quote:Original Posted By Rangkuman Dari Di Atas
Menurut Ane sih, kata Deddy "Sekolah itu Penting" tapi jangan di Tuntut supaya jadi Gurunya. jadi kita boleh belajar MTK,IPA,IPS tapi jangan kejauhan. Ya dasar-dasarnya aja. yang di gunain di kehidupan sehari-hari.
Kalau si anak gak suka ini, ya biarin. ikutin kemauan dia. soalnya kalau misalnya si anak suka "INI" terus harus belajar "INI" - "ITU" pasti si anak dengan senang hati belajarnya ,gak setengah hati.. soalnya itu emang kemauan dia. bukan paksaan
Yang Ngalamin Juga Nih Gan emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By galaurock
Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier) Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)
ni ane contoh murid yang buandel jaman sekolah gan. bahkan cowok2 kalah badung sm ane soal cabut pelajaran. sampe ortu pernah hampir mo dipanggil ke sekolah krna hampir tiap pagi telat mulu. untung ga jadi krna ane dah kelas 3 jadi biar fokus sm ujian kelulusan. pas kuliah, lulusnya paling lama dibanding tmn segeng ane, hampur 5 taun Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)
skrg ane dah kerja dan alhamduliah gan bs masuk odp bank bumn. tmen2 ane yg dulu rajin + pinter2 malah kerja di tempat yang biasa2 aja, maaf bukan bermaksud merendahkan ya gan. tp kan memasuki dunia kerja ga bisa diukur dgn nilai raport jaman sekolah Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)


Quote:Original Posted By yogiyogas
Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)
ini dia thread yang ane demen,
Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)
yah menurut ane emang bener juga sih gan, secara nobody perfectt, sama halnya dalem pelajaran, jujur, waktu ane sekolah sih ane suka banget sama fisika and biologi, but you know? entah kenapa ada yang menarik di bidang Musik, ane tertarik sama yang namanya Gitar, but apa yang terjadi? My Parents gak ijinin ane beralih ke dunia Musik,, Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)

dan akhirnya ane malah kuliah di Bidang Komputer, yang waktu sekolah ane gak ahli gan sama bidang ini. emang Bener Sistem Pendididkan di Negara kita udah salah Kaprah, tapi denger2 kurikulum 2013 mao menghasilkan yang beda. Semoga dengan kurikulum yang berbeda Indonesia bisa menghasilkan Generasi Yang Cerdas dan Kreatif dalam segala Hal.
Pentingkah Sekolah ? (Menurut Deddy Corbuzier)


mendua gan emoticon-Matabelo
ane sebagai siswa setuju gan, tapi gimana lagi? Sekarang kan ijazah jadi segalagalanya buat cari kerjaan, jadi mau nggak mau ya tetep harus sekolah lah
Quote:Original Posted By Zatriakillers01
ane sebagai siswa setuju gan, tapi gimana lagi? Sekarang kan ijazah jadi segalagalanya buat cari kerjaan, jadi mau nggak mau ya tetep harus sekolah lah


berarti ente tergantung ke Ijazah ya ?



Posted with kaskusQR
ane gan rakingnya malah kalah sama temen ane yg kerjaannya nyontek melulu... gan... ane sih sebernya gak trima tp gmana lagi.....
ane bantu emoticon-Sundul Gan (S)
ane setuju gan ama master deddy.

setelah ane melakukan penelitian trhadap pngalaman ane dan lingkungan sekitar ternyata hanya beberapa hal yang dapat di praktekan dalam kehidupan sehari2, dari apa yang kita dapatkan dalam pelajaran2 di sekolah dan itu pun hanya sebagian yang dasar. sedangkan aspek lain yang penting untuk menunjang kehidupan tidak didapatkan dalam pelajaran disekolah.

selain itu, sistem pendidikan yang di terapkan di negeri kita ini terlalu membebani daya kreatifitas dan imajinasi siswa, karena tidak ada pelajaran atau kurikulum yang di buat oleh sekolah untk mendukung dua aspek tersebut, mungkin ada pelajaran kesenian tetapi itupun hanya terbatas waktunya.

kalo ada yg mengatakan liat tuh siswa dari sekolah A kreatif, tapi dapat di selidiki bahwa kreatifitasnya ini tidaklah di dapat dari mata pelajaran di sekolah. sudah banyak buktinya, orang2 yg kreatif dan imajinatif bukan lulusan sekolah yang tinggi. malah orang yg sekolah tinggi dengan nilai baik malah tidak memiliki pekerjaan, karena mereka di tuntut dengan nilai. ya benar pendidikan di negeri kita ini kebanyakn diukur dengan nilai, bukan dari segi mana sang peserta didik memiliki kecerdasan.
deddy kalau ga salah punta background lulusan psikologi loh..
Quote:Original Posted By FishaNafis
ane setuju gan ama master deddy.

setelah ane melakukan penelitian trhadap pngalaman ane dan lingkungan sekitar ternyata hanya beberapa hal yang dapat di praktekan dalam kehidupan sehari2, dari apa yang kita dapatkan dalam pelajaran2 di sekolah dan itu pun hanya sebagian yang dasar. sedangkan aspek lain yang penting untuk menunjang kehidupan tidak didapatkan dalam pelajaran disekolah.

selain itu, sistem pendidikan yang di terapkan di negeri kita ini terlalu membebani daya kreatifitas dan imajinasi siswa, karena tidak ada pelajaran atau kurikulum yang di buat oleh sekolah untk mendukung dua aspek tersebut, mungkin ada pelajaran kesenian tetapi itupun hanya terbatas waktunya.

kalo ada yg mengatakan liat tuh siswa dari sekolah A kreatif, tapi dapat di selidiki bahwa kreatifitasnya ini tidaklah di dapat dari mata pelajaran di sekolah. sudah banyak buktinya, orang2 yg kreatif dan imajinatif bukan lulusan sekolah yang tinggi. malah orang yg sekolah tinggi dengan nilai baik malah tidak memiliki pekerjaan, karena mereka di tuntut dengan nilai. ya benar pendidikan di negeri kita ini kebanyakn diukur dengan nilai, bukan dari segi mana sang peserta didik memiliki kecerdasan.


Iya gan Ane juga setuju sama ente emoticon-I Love Indonesia (S)
ane juga setuju sama kata" Deddy Corbuzie....
ane bantu emoticon-Rate 5 Star
dihitam putih juga udah dijelaskan gan. ane sangat ndukung banget pernyataan deddy . ane pengen sekolah sesuai minat dan bakat yg ane miliki emoticon-Sorry
mnurut gw ga penting dah
setubuh gan emoticon-Big Grin
menurut ane ya gan.. sekolah di indonesia itu udh bener2 salah gan.. skrg hampir semua murid udh pada terpaku sama nilai, bukan sama prosesnya.. jam sekolah aja udh bener2 gila.. dari masuk jam setengah 7 balik bisa jam 1 atau jam 2.. di luar negeri aja ga gitu2 amat jam sekolahnya.. ane sebagai pelajar cuman bisa berharap dinas pendidikan memperbaiki sistem sekolah di negeri tercinta ini emoticon-Sorry
Bener gan, manusia paling sempurna aja (Rosulullah SAW) gak sekolah
Menurut ane justru sekolah lebih membawa efek negatif daripada positif, mulai penuhanan nilai, gengsi, pergaulan bebas, dsb
Perlu banget sekolah, cuma sistem kita aja yang jelek semua dinilai dengan nilai
iya nih gan, ane juga sempat dengarkan kata katanya langsung di acara hitam putih gan,
itu fakta d lapangan gan, d paksa mengusai nya gan

ane sering masuk 3 bsar d sklh gan, tp smpai skrg banyak materi yang gak ane simpan d kepala gan, banyak lupa.... tp msih aj bisa menjadi lebih d bandingkan org lain emoticon-Malu (S)
intinya sih bagimana anda berusaha bukan bagaimana anda menghapal gan
Quote:Original Posted By yokowasis
Perlu banget sekolah, cuma sistem kita aja yang jelek semua dinilai dengan nilai


benar bget tuh gan, selain itu juga sistem penilaian tidak memiliki standar,
beda guru beda nilai gan, ane udah ngerasain gan d ajar 2 guru berbeda d dlm 1 semester dan 1 mapel gan, nilainya beda bget gan
hhahah pelajaran yang didapet di kuliah penting bro. soalnya ilmu2 bbuat kerja sesuai jurusan dipake smua
Sekolah itu penting, kalo ga sekolah darimana kita bisa baca tulis hitung hayo, tapi memang beban pelajaran untuk siswa sekolah saat ini cukup berat, dan kebanyakan hanya menilai pada bidang akademik saja. apalagi dengan adanya UAN yg notabene menentukan layak tidaknya siswa lulus.

Ane udah 2 kali kerja sebagai FO dan staff pajak, dan menurut ane keduanya hanya memanfaatkan pengetahuan ane selama kuliah cuma 10%. jadi ane setuju kalo sistem pendidikan kita ini dirubah.