alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e4e1f71c7608637d00000d/inilah-bukti-kejeniusan-pak-habibie
INILAH BUKTI KEJENIUSAN PAK HABIBIE
Gw baru nonton film Habibie Ainun, trus gw browsing2 nyari biografi singkatnya. Ternyata emang jenius banget si bapak satu ini gan.. gw baru tau ternyata banyak teori2 dan temuannya yang dipatenkan oleh dunia penerbangan internasional.

Berikut Biografi Singkat Pak Habibie

Prof. DR (HC). InFoto : BJ Habibieg. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie atau dikenal sebagai BJ Habibie (73 tahun) merupakan pria Pare-Pare (Sulawesi Selatan) kelahiran 25 Juni 1936. Habibie menjadi Presiden ke-3 Indonesia selama 1.4 tahun dan 2 bulan menjadi Wakil Presiden RI ke-7. Habibie merupakan “blaster” antara orang Jawa [ibunya] dengan orang Makasar/Pare-Pare [ayahnya]. Dimasa kecil, Habibie telah menunjukkan kecerdasan dan semangat tinggi pada ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya Fisika. Selama enam bulan, ia kuliah di Teknik Mesin Institut Teknologi Bandung (ITB), dan dilanjutkan ke Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule – Jerman pada 1955. Dengan dibiayai oleh ibunya, R.A. Tuti Marini Puspowardoyo, Habibie muda menghabiskan 10 tahun untuk menyelesaikan studi S-1 hingga S-3 di Aachen-Jerman.

Berbeda dengan rata-rata mahasiswa Indonesia yang mendapat beasiswa di luar negeri, kuliah Habibie (terutama S-1 dan S-2) dibiayai langsung oleh Ibunya yang melakukan usaha catering dan indekost di Bandung setelah ditinggal pergi suaminya (ayah Habibie). Habibie mengeluti bidang Desain dan Konstruksi Pesawat di Fakultas Teknik Mesin. Selama lima tahun studi di Jerman akhirnya Habibie memperoleh gelar Dilpom-Ingenenieur atau diploma teknik (catatan : diploma teknik di Jerman umumnya disetarakan dengan gelar Master/S2 di negara lain) dengan predikat summa cum laude.

Pak Habibie melanjutkan program doktoral setelah menikahi teman SMA-nya, Ibu Hasri Ainun Besari pada tahun 1962. Bersama dengan istrinya tinggal di Jerman, Habibie harus bekerja untuk membiayai biaya kuliah sekaligus biaya rumah tangganya. Habibie mendalami bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Terbang. Tahun 1965, Habibie menyelesaikan studi S-3 nya dan mendapat gelar Doktor Ingenieur (Doktor Teknik) dengan indeks prestasi summa cum laude.

Inilah Kehebatan-kehebatan Beliau :

Bukti 1 : Penemu Teori Habibie
Pemakai dan produsen pesawat terbang sama-sama tidak tahu persis, sejauh mana bodi pesawat terbang masih andal dioperasikan. Akibatnya memang bisa fatal. Pada awal 1960-an, musibah pesawat terbang masih sering terjadi karena kerusakan konstruksi yang tak terdeteksi. Kelelahan (fatique) pada bodi masih sulit dideteksi dengan keterbatasan perkakas. Belum ada pemindai dengan sensor laser yang didukung unit pengolah data komputer, untuk mengatasi persoalan rawan ini.Titik rawan kelelahan ini biasanya pada sambungan antara sayap dan badan pesawat terbang atau antara sayap dan dudukan mesin. Elemen inilah yang mengalami guncangan keras dan terus-menerus, baik ketika tubuhnya lepas landas maupun mendarat. Ketika lepas landas, sambungannya menerima tekanan udara (uplift) yang besar. Ketika menyentuh landasan, bagian ini pula yang menanggung empasan tubuh pesawat. Kelelahan logam pun terjadi, dan itu awal dari keretakan (krack).Titik rambat, yang kadang mulai dari ukuran 0,005 milimeter itu terus merambat. Semakin hari kian memanjang dan bercabang-cabang. Kalau tidak terdeteksi, taruhannya mahal, karena sayap bisa sontak patah saat pesawat tinggal landas. Dunia penerbangan tentu amat peduli, apalagi saat itu pula mesin-mesin pesawat mulai berganti dari propeller ke jet. Potensi fatique makin besar.Habibie-lah yang kemudian menemukan bagaimana rambatan titik krack itu bekerja. Perhitungannya sungguh rinci, sampai pada hitungan atomnya. Oleh dunia penerbangan, teori Habibie ini lantas dinamakan krack progression. Dari sinilah Habibie mendapat julukan sebagai Mr. krack. Tentunya teori ini membuat pesawat lebih aman. Tidak saja bisa menghindari risiko pesawat jatuh, tetapi juga membuat pemeliharaannya lebih mudah dan murah.

Bukti 2 : Penemu Faktor Habibie
Sebelum titik krack bisa dideteksi secara dini, para insinyur mengantispasi kemungkinan muncul keretakan konstruksi dengan cara meninggikan faktor keselamatannya (SF). Caranya, meningkatkan kekuatan bahan konstruksi jauh di atas angka kebutuhan teoritisnya. Akibatnya, material yang diperlukan lebih berat. Untuk pesawat terbang, material aluminium dikombinasikan dengan baja. Namun setelah titik krack bisa dihitung maka derajat SF bisa diturunkan. Misalnya dengan memilih campuran material sayap dan badan pesawat yang lebih ringan. Porsi baja dikurangi, aluminium makin dominan dalam bodi pesawat terbang. Dalam dunia penerbangan, terobosan ini tersohor dengan sebutan Faktor Habibie.Faktor Habibie bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Namun pengurangan berat ini tak membuat maksimum take off weight-nya (total bobot pesawat ditambah penumpang dan bahan bakar) ikut merosot. Dengan begitu, secara umum daya angkut pesawat meningkat dan daya jelajahnya makin jauh. Sehingga secara ekonomi, kinerja pesawat bisa ditingkatkan.
Faktor Habibie ternyata juga berperan dalam pengembangan teknologi penggabungan bagian per bagian kerangka pesawat. Sehingga sambungan badan pesawat yang silinder dengan sisi sayap yang oval mampu menahan tekanan udara saat tubuh pesawat lepas landas. Begitu juga pada sambungan badan pesawat dengan landing gear jauh lebih kokoh, sehingga mampu menahan beban saat pesawat mendarat. Faktor mesin jet yang menjadi penambah potensi fatique menjadi turun.

Bukti 3 : suma cum laude gan !
Gelar doctor ingenieur-nya disabet dengan predikat suma cum laude pada 1965. Rata-rata nilai mata kuliahnya 10. Presatsi ini membuatnya dipercaya jadi Kepala Departemen Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di Hamburger Flugzeugbau (HFB). Tugas utamanya adalah memecahkan persoalan kestabilan konstruksi bagian belakang pesawat Fokker 28. Luar biasa, hanya dalam kurun waktu enam bulan, masalah itu terpecahkan oleh Habibie.

Bukti 4 : Bikin Pesawat !
Ia meraih kepercayaan lebih bergengsi, yakni mendesain utuh sebuah pesawat baru. Satu diantara buah karyanya adalah prototipe DO-31, pesawat baling-baling tetap pertama yang mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal, yang dikembangkan HFB bersama industri Donier. Rancangan ini lalu dibeli oleh Badan Penerbangan dan Luar Angkasa Amerika Serikat (NASA).Hasil lainnya antara lain pesawat terbang pertama buatan Indonesia CN-235 dan N-250.Pesawat Airbus A-300 yang diproduksi konsorsium Eropa (European Aeronautic Defence and Space) tak lepas dari sentuhan Habibie. Maklumlah dalam konsorsium ini tergabung Daimler, produsen Mercedes-Benz yang mengakuisisi MBB.

Bukti 5 : Jabatan di MBB
Tahun 1969 Habibie dilirik oleh Messerschmitt Boelkow Blohm Gmbh (MBB), industri pesawat terbesar yang bermarkas di Hamburg. Jabatan Vice President/Direktur Teknologi MBB disabetnya tahun 1974. Hanya Habibie-lah, orang diluar kebangsaan Jerman yang mampu menduduki posisi kedua tertinggi itu.

Bukti 6 : Penghargaan
Sedangkan dalam bentuk penghargaan, Habibie menerima Award von Karman (1992) yang di bidang kedirgantaraan boleh dibilang gengsinya hampir setara dengan Hadiah Nobel. Dan dua tahun kemudian menerima penghargaan yang tak kalah bergengsi, yakni Edward Warner Award. Beliau juga mendapat gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.

Bukti 7 : Jadi Presiden RI ke – 3 !
Ini mungkin puncak karier beliau…. Masa jabatannya sebagai presiden hanya bertahan selama 512 hari. Meski sangat singkat, kepemimpinan Presiden Habibie mampu membawa bangsa Indonesia dari jurang kehancuran akibat krisis. Presiden Habibie berhasil memimpin negara keluar dari dalam keadaan ultra-krisis, melaksanakan transisi dari negara otorian menjadi demokrasi. Sukses melaksanakan pemilu 1999 dengan multi parti (48 partai), sukses membawa perubahan signifikan pada stabilitas, demokratisasi dan reformasi di Indonesia.

Bersambung ke page 2....

Habibie : Bapak Teknologi Indonesia

Tanggal 26 April 1976, Habibie mendirikan PT. Industri Pesawat Terbang Nurtanio dan menjadi industri pesawat terbang pertama di Kawasan Asia Tenggara (catatan : Nurtanio meruapakan Bapak Perintis Industri Pesawat Indonesia). Industri Pesawat Terbang Nurtanio kemudian berganti nama menjadi Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) pada 11 Oktober 1985, kemudian direkstrurisasi, menjadi Dirgantara Indonesia (PT DI) pada Agustuts 2000. Perlakuan istimewapun dialami oleh industri strategis lainnya seperti PT PAL dan PT PINDAD.

Sejak pendirian industri-industri statregis negara, tiap tahun pemerintah Soeharto menganggarkan dana APBN yang relatif besar untuk mengembangkan industri teknologi tinggi. Dan anggaran dengan angka yang sangat besar dikeluarkan sejak 1989 dimana Habibie memimpin industri-industri strategis. Namun, Habibie memiliki alasan logis yakni untuk memulai industri berteknologi tinggi, tentu membutuhkan investasi yang besar dengan jangka waktu yang lama. Hasilnya tidak mungkin dirasakan langsung. Tanam pohon durian saja butuh 10 tahun untuk memanen, apalagi industri teknologi tinggi. Oleh karena itu, selama bertahun-tahun industri strategis ala Habibie masih belum menunjukan hasil dan akibatnya negara terus membiayai biaya operasi industri-industri strategis yang cukup besar.

Industri-industri strategis ala Habibie (IPTN, Pindad, PAL) pada akhirnya memberikan hasil seperti pesawat terbang, helikopter, senjata, kemampuan pelatihan dan jasa pemeliharaan (maintenance service) untuk mesin-mesin pesawat, amunisi, kapal, tank, panser, senapan kaliber, water canon, kendaraan RPP-M, kendaraan combat dan masih banyak lagi baik untuk keperluan sipil maupun militer.

Untuk skala internasional, BJ Habibie terlibat dalam berbagai proyek desain dan konstruksi pesawat terbang seperti Fokker F 28, Transall C-130 (militer transport), Hansa Jet 320 (jet eksekutif), Air Bus A-300, pesawat transport DO-31 (pesawat dangn teknologi mendarat dan lepas landas secara vertikal), CN-235, dan CN-250 (pesawat dengan teknologi fly-by-wire). Selain itu, Habibie secara tidak langsung ikut terlibat dalam proyek perhitungan dan desain Helikopter Jenis BO-105, pesawat tempur multi function, beberapa peluru kendali dan satelit

Karena pola pikirnya tersebut, maka saya menganggap beliau sebagai bapak teknologi Indonesia, terlepaskan seberapa besar kesuksesan industri strategis ala Habibie. Karena kita tahu bahwa pada tahun 1992, IMF menginstruksikan kepada Soeharto agar tidak memberikan dana operasi kepada IPTN, sehingga pada saat itu IPTN mulai memasuki kondisi kritis. Hal ini dikarenakan rencana Habibie membuat satelit sendiri (catatan : tahun 1970-an Indonesia merupakan negara terbesar ke-2 pemakaian satelit), pesawat sendiri, serta peralatan militer sendiri. Hal ini didukung dengan 40 0rang tenaga ahli Indonesia yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan pembuat satelit Hughes Amerika akan ditarik pulang ke Indonesia untuk mengembangkan industri teknologi tinggi di Indonesia. Jika hal ini terwujud, maka ini akan mengancam industri teknologi Amerika (mengurangi pangsa pasar) sekaligus kekhawatiran kemampuan teknologi tinggi dan militer Indonesia.

Daripada teriak2 g jelas kaya P***tikus2 yg hanya bisa bersuara2 tapi nothing, mending berkarya kaya pak habibie. Bisa mengharumkan nama Indonesia. Ayo para pemuda Indonesia, contohlah kesuksesan beliau. Sebagai pengaggum beliau, sangat saya sesalkan kenapa beliau disia2kan dinegeri ini, padahal diluar sana beliau sangat dihormati. INILAH INDONESIA

Sumber: http://negeridiawan.com/informasi/inilah-bukti-kejeniusan-pak-habibie/comment-page-1/#comment-464
coba habibi waktu itu dikasih waktu lebih banyak lagi untuk jadi presiden, akan banyak keputusan2 yg bikin indonesia lebih baik. ane liat tiap keputusan yg dia buat memang bener2 dia pelajari sendiri. gila banget deh tuh pak habibie jadi presiden pas indo multi krisis, gwe mah ogah hahaha.. semoga banyak "habibie" jenius, kritis, & jujur yg lahir di Indonesia & dapat dukungan dr rakyat & pemerintah.. sayang ya rakyat kita gampang diprovokatorin, mau presiden sebagus apa juga yg diekspos cuma kejelekannya.. uhm kejelekan waktu jaman pak habibie apaan ya? ngelepasin timtim? menurut gwe sih melepaskan tim2 itu lebih baik drpd mempertahankannya, terutama melihat sejarah dll nya. IMHO emoticon-Smilie

semoga Indonesia lebih baik ke depannya, semoga Indonesia segera mendapat pemimpin yg bener2 amanah..
tokoh yang satu ini emang jenius banget gan emoticon-Big Grin,karena kejeniusannya di indo bkn film tentang percintaan pak habibie dan sang istri
Kalo yang laen mah pada sedih liat percintaannya Pak Habibie, ane malah sedih pas adegan Pak Habibie--sudah tidak jadi presiden lagi--ngedatengin pesawat lama yang dulu pernah beliau buat yg dulu dibangga2kan, sampai dibikin sambutan sama Soeharto, yang beliau kerjakan dengan susah payah di Jerman. Pesawatnya disimpan disebuah ruangan, gelap, pengap. Habibie dan Ainun kesana mengecek pesawatnya. Pesawatnya udah berdebu pula.

Disitu digambarin kalau Habibie sebenernya kecewa mengapa proyek pesawatnya tidak dilanjutkan?

Dan itu bikin ane sedih sih. emoticon-Berduka (S)

Tapi ane memang ngefans dengan Pak Habibie. Waktu beliau dikritik koran Malaysia aja beliau santai banget menanggapinya. Akhirnya beritanya cuma bertahan sehari deh. Kalo.. hehe.. orang Indonesia lain pasti pada marah gan. Sampai2 beritanya tahan 1 bulan.. haha emoticon-Ngakak (S)
wah, jenius sekali gan
sayang kalo gak di manfaatin buat kemajuan negeri
Orang pinter pada dibuangin orang korup pada di piarain, miris liat negeri tercinta ini..emoticon-Mad (S)
Salah satu faktor ane bangga sama indonesia adalah beliau ini..emoticon-Matabelo
Semoga beliau selalu diberikan kesehatan...ayo pak bikinin indonesia pesawat tempur buat lawan malaysia..emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By kerjobengi
Orang pinter pada dibuangin orang korup pada di piarain, miris liat negeri tercinta ini..emoticon-Mad (S)
Salah satu faktor ane bangga sama indonesia adalah beliau ini..emoticon-Matabelo
Semoga beliau selalu diberikan kesehatan...ayo pak bikinin indonesia pesawat tempur buat lawan malaysia..emoticon-I Love Indonesia (S)


ane setuju neh sama yg ini emoticon-Big Grin
wahh nice info gan
orang jenius yg disia-siakan oleh ........... (isi sendiri, pilihannya bisa masyarakat, atau pemerintah)
Orang genius yg terabaikan gan emoticon-Mewek
Abis nonton habibie n ainun kemaren. Jadi ngerasa bangga punya sosok habibie di Indonesia, tapi sayang keberadaannya kurang diakui pemerintah. Padahal jenius banget. emoticon-Mewek
Quote:Original Posted By hollywooddess
Kalo yang laen mah pada sedih liat percintaannya Pak Habibie, ane malah sedih pas adegan Pak Habibie--sudah tidak jadi presiden lagi--ngedatengin pesawat lama yang dulu pernah beliau buat yg dulu dibangga2kan, sampai dibikin sambutan sama Soeharto, yang beliau kerjakan dengan susah payah di Jerman. Pesawatnya disimpan disebuah ruangan, gelap, pengap. Habibie dan Ainun kesana mengecek pesawatnya. Pesawatnya udah berdebu pula.

Disitu digambarin kalau Habibie sebenernya kecewa mengapa proyek pesawatnya tidak dilanjutkan?

Dan itu bikin ane sedih sih. emoticon-Berduka (S)

Tapi ane memang ngefans dengan Pak Habibie. Waktu beliau dikritik koran Malaysia aja beliau santai banget menanggapinya. Akhirnya beritanya cuma bertahan sehari deh. Kalo.. hehe.. orang Indonesia lain pasti pada marah gan. Sampai2 beritanya tahan 1 bulan.. haha emoticon-Ngakak (S)


setuju ama agan..yg lain pada heboh keromantisan nya pak habibie..padahal menurut ane biasa aja..ane lebih romantis malah emoticon-Stick Out Tongue ana ama bokap ane itu lebih ter-enyuh saat gatotkaca terbang di Indonesia..

kalau saja pejabat2 di Indonesia ini ga mentingin perutnya sndiri dan Amerika ga ikut campur pesawat Indonesia bisa lebih canggih dr Boeing..itulah perang bis nis emoticon-Frown semoga ke depannya Indonesia bisa trus maju dan lebih baik emoticon-I Love Indonesia (S)
hanya sayang tidak diapresiasi di negara sendiri
sayangnya orang2 jenius di negeri kita selalu terbuang sia sia di negaranya sendiri
gila keren nya saik banget, bener" terharu gua
pak habibi emang jenius gan mantan president yang sgt pintar gann
Sedih banget gan waktu Gatotkaca terbang perdana. Tapi yang bikin sedih komentar orang2 Indonesia sendiri yang menyangsikan kemampuan pesawat tsb. Sampe dulu guru SD ane juga ikut2an ngata2in pesawatnya Habibie ga laku dijual sampe mau dituker beras ketan sama Thailand.

Paling sedih banget waktu Habibie ngecek pesawatnya lagi sudah rusak dan berdebu, tapi yang paling sedih waktu Habibie bilang "Bangsa Indonesia belum percaya pada kemampuan bangsanya sendiri..."

Info lebih lanjut: Jual Redmi 1S di Jakarta

Info lebih lanjut: Jual Redmi 1S di Jakarta

Beruntung Indonesia masih punya Ilham Habibie, anak bungsu Habibie yang meneruskan membangun pesawat dengan bantuan investasi Amerika.

Breaking News! 

Subhanallah jenius bgt Pak Habibie emoticon-Matabelo ..
semoga di masa skrg dan yg akan dtg akan lebih banyak lgi next generationnya habibie .. emoticon-Smilie
×