alexa-tracking

Ini Daftar Software yang Sering Dieksploitasi Hacker

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e44df10975b4917400000f/ini-daftar-software-yang-sering-dieksploitasi-hacker
Ini Daftar Software yang Sering Dieksploitasi Hacker
[img]http://static.liputan6.com/201301/cybercrime-130102-logo.jpg[/img]

Perusahaan antivirus Kaspersky merilis software yang paling sering dieksploitasi oleh pelaku kejahatan cyber di sepanjang tahun 2012.

Hasilnya, Oracle Java tercatat menjadi software yang paling sering dimanfaatkan oleh para pelaku cybercrime. Tempat kedua ditempati oleh Adobe Reader, sedangkan tempat ketiga dipegang oleh Adobe Flash Player.

Dikutip dari rilis Kaspersky yang diterima Liputan6.com, Rabu (2/1/2012), eksploitasi kerentanan menjadi salah satu cara utama yang digunakan oleh para penjahat cyber untuk menginstal malware ke dalam komputer korban. Penjahat cyber mengeksploitasi aplikasi atau software yang memiliki kerentanan keamanan yang belum ditutup (unpatched).

Keberadaan celah atau kerentanan ini ini disebabkan pengguna jarang memperbarui atau update sistem keamanan terbaru. Ini dilakukan oleh pengguna personal, juga korporat.

Pada 2012 terjadi beberapa perubahan signifikan dalam hal pemanfaatan kerentanan pada software populer. Tahun sebelumnya aplikasi yang paling banyak dieksploitasi adalah Adobe Reader, yang menyumbang 35 persen insiden. Java saat itu masih berada di tempat kedua dengan 25 persen insiden dan berbagai versi Microsoft Windows menyumbang 11 persen dari seluruh insiden eksploitasi.

Pada tahun 2012 fokus para penjahat cyber pindah ke Java. Pemanfaatannya mencapai 50 persen. Sementara pemanfaatan kerentanan Adobe Reader turun menjadi 28 persen. Komponen Windows dan Internet Explorer yang dimanfaatkan untuk eksploitasi keamanan hanya sebesar 3 persen.

Turunnya peringkat Adobe Reader menjadi Indikasi bahwa Adobe kini memberi fokus lebih untuk mengatasi masalah kerentanan pada versi terbaru Adobe Reader. Agar Adobe Reader lebih tahan terhadap eksploitasi, Adobe mengimplementasi langkah keamanan baru misalnya dengan Adobe Sandbox. Langkah-langkah ini mempersulit pemanfaatan eksploitasi yang efektif pada Adobe.

Eksploitasi Android

Mulai 2011 kerentanan Android mulai sering muncul dalam daftar kegagalan atau kerentanan software yang paling banyak dieksploitasi. Meski jumlahnya kecil, hanya 2 persen dari seluruh insiden eksploitasi pada 2012, namun tren ini sangat signifikan. Apalagi mengingat pesatnya pertumbuhan malware untuk smartphone dan tablet berbasis Android.

Beberapa program jahat tertentu yang didesain untuk platform Android memanfaatkan kerentanan pada operating system mobile yang memungkinkan pelaku serangan mendapatkan akses dan kontrol penuh atas perangkat mobile yang dieksploitasi.[URL=\"[url]http://tekno.liputan6.com[/url]/read/478998/ini-daftar-software-yang-sering-dieksploitasi-hacker"]link[/URL]
gagal pertamax deh ane??
nice share daftarnya
Ane bukan hacker jadi dikit2 tau