alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50e4080d8027cf2177000028/hujan-meteor-terjadi-kamis-subuh-nanti-3-januari-2013
Hujan Meteor Terjadi Kamis Subuh Nanti 3 Januari 2013
Hujan Meteor Terjadi Kamis Subuh Nanti 3 Januari 2013
[JAKARTA] Deputi Sains, Pengkajian, dan Informasi Kedirgantaraan (Lapan) Prof Dr Thomas Djamaluddin mengatakan hujan Meteor Quadranteds bisa dilihat oleh penduduk Indonesia pada Kamis subuh (3/1) sekitar pukul 04.00 WIB.

"Masyarakat bisa melihat hujan meteor pada Kamis menjelang subuh dan secara umum bisa dilihat di seluruh wilayah Indonesia," ujar Thomas di Jakarta, Rabu.

Hujan meteor tersebut bisa terlihat dengan jelas asalkan memenuhi tiga persyaratan yakni cuaca cerah, jauh dari polusi cahaya dan tidak ada pohon ataupun gedung yang menghalangi.

Masyarakat bisa melihat hujan meteor tersebut pada arah timur laut yakni pada rasi bintang Bootes.

"Sebaiknya melihat dengan mata telanjang karena memerlukan medan pandang yang luas." Hujan meteor Quadranteds rutin terjadi setiap tahunnya. Pada tahun ini, lanjut Thomas, terjadi pada 1 hingga 10 Januari. Namun puncaknya terjadi pada 3 Januari.

"Hujan meteor itu terjadi saat bumi melintasi gugusan debu yang berulang setiap tahunnya dan masuk ke rasi Bootes," jelas dia.

Berdasarkan catatan dari Badan Antariksa Amerika Serikat atau NASA, Meteor Quadranteds berasal dari asteroid 2003 EH1 yang diobservasi pertama kali pada tahun 1825. Saat debu-debu asteroid tersebut mengalami kontak dengan atmosfer Bumi, terjadilah hujan meteor itu.

Meteor akan memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan sekitar 145.000 km/jam

Source
Spoiler for Suara Pembaruan:


Gak Menolak dikasih emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Semoga bermanfaat
like this gan emoticon-2 Jempol
Ane mau liat ah gan emoticon-I Love Indonesia
kalo di Surabaya bisa liat gak nih ? emoticon-Belo
beneran gak nih gan'?? besok '??
ane mau liat. bisa keliatan enggak ya? emoticon-Matabelo
hujan meteor... emoticon-Matabelo
bisa lihat ga ya?
soalnya banyak awan (mendung) melulu
ane mau liat tapi bisa ga kliatan dengan mata telanjang ?









i emoticon-heart kaskus
emoticon-Matabelo berita bagus nih,, habis subuhan liat hujan meteor
Quote:Original Posted By xlynd
kalo di Surabaya bisa liat gak nih ? emoticon-Belo


kayaknya bakal susah deh gan
mendung terus, seharian tadi hujan emoticon-Sorry
pas ane lari pagi tuh
Di jogja kena gk ya gan ? emoticon-Bingung (S)
beneran gan besok subuh?
Aduh di papua bisa liat ga yah,secara disini jam 6 pagi
Wah, beneran ada gan hujan meteor emoticon-Belo
Mau coba ikut nungguin jam 4 nanti akh, siapa tau bs ikut"an make a wish gt emoticon-Ngakak (S)...
thx infonya emoticon-Angkat Beer
nanti ya? mau ah bela2in bangun pagi liat
jam 3 pagi mah ane masih molor kali gan.. emoticon-Ngakak
ane mau liat ah gan...
udah ngelihat gan, kemarin (eh tadi pagi) jam 1 dini hari ane ngelihat 2x, sayang kaga sempet moto emoticon-Berduka (S).... cuman sempet ngucapin permohonan emoticon-Malu (S)