alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/50dcb09d017608d72b000005/manfaat-buah-manggis-buat-kesehatan-dan-kecantikan-kita
Poll: Gimana Pendapat agan tentang tulsan ini
Tidak Menarik 0% (0 votes)
Menarik 0% (0 votes)
Manfaat Buah Manggis Buat Kesehatan dan Kecantikan kita
Izin share gan, ini thread pertama ane, setelah sekian lama menjadi silent reader aja...Mungkin agan-agan udah pada tau buah manggis? ya buah manggis adalah buah yang sudah tidak asing buat masyarakat Indoesia sebab pohon manggis banyak tumbuh di negara kita ini.

Namun taukah agan-agan kl ternyata buah yang mempunyai rasa manis ini mempunyai khasiat yang cukup besar buat kesehatan…? Berikut kita akan mengenal sedikit tentang buah manggis, zat-zat yang terkandung didalamnya serta khasiat dari buah yang banyak digemari masyarakat ini.

Di tengah-tengah kemajuan ilmu kedokteran buah manggis bisa kita pilih sebagai salah satu alternatif lain untuk mendapatkan antioksidan guna mencegah perusakan sel yang disebabkan radikal bebas. Buah eksotis yang sering dijuluki queen of fruit ini ternyata memiliki banyak kandungan antioksidan pada kulit dan buahnya malahan bisa buat obat kanker juga tuh.

Manggis merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara, yaitu hutan belantara Indonesia dan Malaysia. Dari Asia Tenggara, tanaman ini menyebar ke daerah Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Sri Lanka, Malagasi, Karibia, Hawaii, dan Australia Utara.

Dalam pengobatan tradisional di Asia Tenggara, buah manggis dan kulitnya telah digunakan selama beberapa abad. Sementara itu, secara ilmiah dibuktikan pada tikus percobaan yang mengonsumsi jus manggis setara dengan tiga liter jika pada manusia, hasilnya tikus tersebut tidak mengalami kerusakan jaringan apa pun.

Dari hasil suatu penelitian, buah asli Asia Tenggara ini dapat menghasilkan suatu zat yang disebut xanthone, yaitu zat yang terbentuk dari hasil isolasi kulit buah manggis. Kadarnya mencapai 123,97 mg per ml. Nah Xanthone ini mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Penelitian xanthone telah dimulai sejak tahun 1970 dan hingga kini telah ditemukan lebih dari 40 jenis xanthone, di antaranya adalah alpha-mangostin dan gamma mangostin yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis xanthone tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan cara menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkan inflamasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma-mangostin mempunyai efek anti radang lebih baik daripada obat antiinflamasi lain yang dijual di pasaran. Xanthone jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti artritis dan alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak).

Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebihi vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif. Kandungan alpha-mangostin dan gamma-maostin pada buah manggis juga bersifat sebagai antibakteri. Alpha-magodtin juga diketahui mempunyai efektivitas yang sama baiknya dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicillin dan minocycline.

Image manggis merupakan komoditas buah yang berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan karena memiliki antioksidan yang menangkap radikal bebas dan mencegah keruakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat. Tidak cuma daging buah manggis yang kaya vitamin C-66 mg, tetapi juga kulit yang multi khasiat yaitu antikanker, antioksidan, mujarab mengatasi jantung koroner, HIV, dan sebagainya wah lengkap banget ya ganManfaat Buah Manggis Buat Kesehatan dan Kecantikan kita.

Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu ekstrak itu juga bersifat apotosis penghancur sel kanker. Xanthone mampu merawat beberapa jenis penyakit kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru dan sebagainya. Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, antiinflamasi, dan antidiare.

Penelitian terbaru menemukan satu dari empat rakyat Amerika Serikat mengidap kanker dan 1 dari 5 orang akan meninggal pada usia dini. Solusi terbaik dari masalah ini adalah pencegahan. Konsumsi manggis secara rutin membuat awet muda karena antioksidan super yang berfungsi menjaga serta memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan menjadi lebih baik. Manggis membantu menghancurkan semua penyakit dalam tubuh dan memperbaiki sistem antibodi dalam tubuh.

Buah manggis dapat disajikan dalam bentuk segar, sebagai buah kaleng, dibuat sirop/sari buah. Secara tradisional buah manggis adalah obat sariawan, wasir dan luka. Kini sudah banyak perusahaan yang berminat mengolah manggis, sehingga secara praktis bisa dikonsumsi masyarakat.

Namun jika anda adalah salah satu penderita reumatik/gout anda dapat mencoba ramuan manggis berikut:

1. Ambil Kulit buah manggis iris kecil kemudian jemur sampai kering

2. Ambil 1 gelas air panas, celupkan 2-3 iris kulit buah manggis kering tadi.

3. Minum ramuan setelah hangat dan warna air jadi ungu.

Semoga ramuan tersebut dapat bermanfaat dan selamat mencoba
wah buah kesukaan ane nih emoticon-thumbsup